fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Statistik Blog 2018 – Analisa Traffic Blog & Top Post

4 min read

statistik blog 2018

Biasanya, di akhir tahun akan dapat laporan dari WordPress.com untuk statistik blog. Namun, tahun ini beda. Kenapa? Karena tepat akhir tahun 2018 saya melepas plugin Jetpack (dan kesempatan monetasi lewat Jetpack Ads).

Alhasil, untuk menulis tentang statistik blog 2018 ini, saya pun menggunakan source satunya, yaitu Google Analytics.

Tulisan ini bukanlah untuk bragging atau menyombongkan diri. Namun lebih kepada apa yang sudah dilakukan dan refleksi diri serta untuk membuat resolusi tahun baru untuk blog saya ini. Moga teman-teman berkenan membacanya.

Mengolah Data Google Analytics untuk Statistik Blog 2018

Nah… satu lagi nih masalah yang saya buat sendiri. Di pertengahan tahun kemarin, saya mengaktifkan AMP di blog dan memasang kode analytics yang berbeda.

Hasilnya? Traffic blog di GA pun harus saya olah kembali. Gak bisa langsung ambil data doang.

Plus… kalau sudah aktifkan AMP di blog, harus hati-hati untuk dapatkan Top Post. Karena akan ada url tanpa AMP dan url AMP. Kita harus tambahkan juga.

Untuk mengolah data ini, saya cuma memanfaatkan apa yang sudah diberikan oleh Google Analytics – unduh ke excel dan olah menggunakan spreadsheet ini.

Data yang Diambil dari Google Analytics

Ada beberapa data yang saya ambil dari akun Google Analytics ini, yaitu:

  1. Audience Data – demografi berdasarkan age & gender serta interest.
  2. Behavior Data – data traffic blog (Pageviews) dan juga detail pagenya.
  3. Acquisition Data – mengambil data source dan referral serta query dan top landing page berdasarkan query.

Ketiga data tersebut saya olah hingga mendapatkan statistic blog 2018 yang akan saya sampaikan di bawah.

Ketika unduh data #GoogleAnalytis, jangan lupa ganti periodenya ya. Periode 1 Jan – 31 Des 2018 – kan lagi cek #StatisticBlog2018 Tweet Me dong…. *wink wink*

Statistik Blog 2018 – Febriyanlukito.com – Menurun Bangets Dibanding 2017

Bingung… mulai dari mana ya? Hmmm. Yang pasti, memang traffic blog ini menurun dibandingkan 2017 kemarin. Sedih…

statistic blog 2018 febriyan lukito
Secara rata-rata, blog ini mendapat 35K per bulan.

Tahun 2017, pageviewsnya sendiri 2 kali dibandingkan yang di atas. Salah satu yang paling terlihat penurunannya karena penurunan traffic dari search engine.

Tulisan paling berasa turunnya itu adalah tulisan soal penyebab dan cara memperbaiki iphone mati tiba-tiba. Turun sebanyak 200K dalam setahun. Serta beberapa top post lainnya yang juga dari Search Engine. Kayaknya perlu mengedit postingan lama lagi nih.

statistik blog 2018
Tulisan terpopuler di 2018 – bukan tulisan baru, walau ada sih yang ditulis 2018 sendiri.

Untungnya, di samping yang turun, ada juga yang baru dan jadi top seperti tulisan tentang depresi dan cara mendaftar adsense di youtube, yang merupakan Guest Post. Jadi, yang mau nulis di sini monggo ya.

Siapa tahu tulisannya bisa jadi TOP di sini dan nyumbang traffic ke blog sendiri atau jadi juara lomba blog seperti tulisan Yudha dari bilikreview.com tentang Aplikasi Pinjaman Online (Biro Jodoh Plus-Plus) itu.

Demografi Pengunjung Blog Febriyanlukito.com 2018

Untuk pengunjung, ternyata blog ini dikunjungi hampir sama rata antara pria dan wanita. Range umur terbesar di usia 18-24 tahun dan diikuti oleh 25-34 tahun.

demografi pengunjun blog febriyanlukito.com 2018
Statistic blog 2018 – demografi pengunjung

Apa saya harus mulai ubah cara nulisnya ya? Ikuti gaya anak muda kekinian gitu. Hmmm.

Kalau dari sisi interest, demografi pengunjung 2018 seperti ini:

statistik blog 2018 - interest pembaca
Statistik pengunjung blog 2018: interest.

Yang datang kebanyakan adalah technology enthusiast dan juga shoppers. Plus lebih dalam lagi, suka tentang mobile phone dan juga traveling. Apa lebih baik masuk ke niche travel blog ya?

Gimana? Perlu gak febriyanlukito.com jadi #TravelBlog? Kan interest pengunjung #blog banyakan tentang wisata. RT untuk Setuju, Like untuk Gak Setuju Twit yuk

Tulisan 2018 – Statistik Tulisan Selama 2018

Nah, selama 2018 ternyata saya ada menulis 51 post – dengan 37% nya merupakan sponsored post. Dikit juga ya ternyata. Gak kayak mbak Carra yang salah satu media onlinenya bisa 200 artikel setahun.

statistik blog 2018
Jumlah tulisan di 2018. Blogging memang jadi salah satu fokus utama dalam blog ini.

13 tulisan adalah terkait blogging – tips ngeblog ataupun curhatan dan juga tips seo. 14 tulisan terkait inspirasi hidup di sekitar. Yang review kurang ya… memang tahun 2018 itu tahun di mana saya jarang nonton film atau baca buku.

Top Post 2018

pageviews tulisan 2018
Total pageviews untuk seluruh tulisan 2018 di blog ini berdasarkan kategori.

Dari total PV: 18K dari 51 artikel, berikut ini adalah top tulisan yang diterbitkan tahun 2018 ini.

1. Cara Mudah Daftar Ulang Kartu Prabayar Smartfren Mifi

Tulisan ini saya rasa jadi top karena perfect timing dalam menerbitkannya, yaitu di Januari 2018 kemarin. Bulan berikutnya (Februari) adalah batas waktu untuk daftar ulang kartu prabayar. Total PV tulisan (bukan sponsored post) ini adalah 9K.

Baca juga: Review 4G Smartfren Mifi

2. Pilih Pro & Kontra Aturan Baru Youtube Soal Monetasi + Tips untuk Pemula Nih…

Tulisan ini pun juga sepertinya memang masalah waktu penerbitan. Saya menerbitkan tulisan ini juga di Januari 2018. Tak lama setelah aturan baru itu muncul. Untungnya sempat wawancara mas Shegario, mas Aldy Terren dan juga Lia Harahap untuk tulisan ini. Total PV: 1,2K.

Sekalian promo youtube boleh dong ya… hehehe

3. Kacamata Kesehatan untuk Blogger (dan yang Sering Menatap Layar Komputer) agar Tidak Cepat Lelah

Nah yang ini adalah salah satu tulisan Sponsored. Dalam hal ini K-Link Indonesia. Tulisan bulan Oktober ini mendapat total PV 922. Terima kasih mbak Kartina Ika dari MB Communication untuk sponsored postnya. O iya, mungkin tulisan ini dapat traffic tinggi karena pasang iklan di Facebook kali ya.

Baca juga: Tips dan Trik Mendapatkan Traffic Blog via Facebook Ads

4. 5 Sumber Traffic Blog ini Sudah Dimanfaatkan untuk Menaikkan Pengunjung Blog Kalian Belum?

Tulisan bulan Mei 2018 ini malah lebih dikit dari tulisan kacamata di atas. Mungkin karena kurang promosi kali ya. Atau mungkin gaya tulisan saya yang salah. Berisi tentang cara memanfaatkan channel yang ada untuk mendapatkan traffic blog. Total PVnya 666.

cara menaikkan pengunjung blog dengan melihat sumber traffic blog

5. Apa Kerikil Kehidupan Kamu? Ini 4 Cara Menghadapi Kerikil dalam Hidup ala Saya

Salah satu tulisan inspirasi hidup yang dapat PV tinggi, yaitu 484 hingga akhir tahun kemarin. Ini sebenarnya adalah tulisan lama yang saya edit kembali. Jadi bukan benar-benar baru. Tentang prioritas dalam hidup dan cara menghadapi masalah dalam hidup.

Selain 5 tulisan di atas, yang termasuk top tulisan 2018 di blog ini adalah:

Kenapa ya, setiap tulisan soal ngeblog malah sepi pembaca. Hihi. Hmmm…

Statistik Blog 2018: Sumber Traffic

Para penyumbang traffic blog ini. Ada banyak yang saya dapat dari analisa statistik blog 2018 ini. Termasuk sumber traffic yang saya dapatkan.

sumber traffic blog
Secara keseluruhan, organic search (SEO) tetap jadi sumber traffic terbesar – Statistik Blog 2018 febriyanlukito.com

Namun, ketika saya cek lebih dalam, ternyata sumber referral dan social media memberi informasi yang bikin saya happy.

SourcePageviews
AMP2.006
Google Browser1.903
Search Engine2.928
Social Media2.128
Total8.965

Search Engine di atas adalah selain Google ya, seperti Yahoo, Bing, DicksDucks, Ask, MySearch dan lainnya. Lumayan juga kan ya. Sedangkan AMP adalah dari halaman AMP klik ke web juga. Google Browser di sini adalah Google Weblight yang memang mempercepat loading blog.

Yang menarik buat saya adalah Social Media ini. Ternyata di dalamnya itu ada dari Pinterest dan jumlahnya cukuplah menurut saya, mengingat sebelumnya saya cek hanya dikit banget.

statistik blog 2018
Statistik blog 2018: PV dari social media

Terima Kasih Juga Untuk…

Ada beberapa sumber traffic lain yang juga tidak bisa dilupakan. Referral dari mereka ini juga memberi traffic ke blog saya ini:

Terima kasih @innnayah, @danirachmat, @carolinaratri, @mrs_muhandoko, @lianny & @sashy507 untuk bikin #StatistikBlog2018 ini makin berwarna Terima kasih

Kokgituya adalah salah satu website UGC yang bisa kita manfaatkan. Saya tidak kasih link di sini karena belum menemukannya lagi. Sedangkan untuk KEB, ini mungkin karena komen dan juga tulisan saya di sana.

Baca juga: Membuat Pilar Post untuk Blog

Saya sendiri memang suka menulis di Medium, Kaskus dan Quora. Salah satu alasannya ya karena bisa mendatangkan traffic ke blog ini.

Target Baru?

Melihat statistik blog 2018 ini, saya jadi mulai berpikir lagi apa resolusi tahun baru untuk blog ini di 2019. Saya sendiri masih belum memutuskan sih. Masih menimbang-nimbang.

Apa yang akan jadi target 2019 ini. Setidaknya sih memang harus ada perbaikan sana-sini di blog nih. Biar SERPnya gak makin turun.

Kalau kamu sendiri, gimana statistik blog 2018 kalian punya? Apakah kalian puas? Atau sudah ada resolusi tahun baru 2019 untuk blog kaliankah? Share yuk.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

22 Replies to “Statistik Blog 2018 – Analisa Traffic Blog & Top Post”

    1. Untuk blogspot itu gak perlu menerapkan AMP sih mas. itu ada saya bahas juga di tulisan soal AMP di KEB yang ada di tulisan. Karena pada dasarnya blogspot sendiri sudah cepat untuk masalah loadingnya jadi gak akan beda jauh antara aktifkan AMP atau tidak.

  1. Beberapa kali melihat detail Google Analitik sih di blog. Tahun ini lumayan blogku. Semoga tahun depan masih banyak kontennya hahahahah.
    Seru baca analisis seperti tulisanmu mas, jadi kepikiran pas dikasih kesempatan diskusi bareng sesama blogger yang masih baru latihan merintis blog dikasih materi seperti ini. 🙂

    1. Amin. Semoga tahun ini lebih ya mas.

      Senang kl bisa bermanfaat mas. Kmrn lg analisis ini agak takut sih, akan berguna atau hanya sebatas “brag” doang.

  2. Wah, tampilan blognya berubah 🙂
    Traffic blogku menurun drastis, mulai lebaran lalu, tinggal 1/4 dari traffic biasanya, dan nggak ngerti juga kenapa. Kayaknya harus lebih rajin posting lagi nih, terutama post makanan haha

    1. Wahh menurun ya Ci? Memang kondisinya kmrn itu ada beberapa perubahan algoritma Google sih ci, jadi bbrp pasti kena. Aku pun kena dikit dampaknya di bulan Agustus-an. Ada yg kena di akhir Desember gitu. Moga nextnya meningkat ya ci.

  3. Keren dah ini keren! Gue sendiri ga berani analisa- analisa karena takut sama kenyataan kalo top post ternyata bukan dari postingan berteman keuangan. ?

  4. weldone mas, haaa saya senang baca ginian. ada pelajaran analisis nya.. wheheh

    kalau saya sendiri ga lakukan ini sih,

    200k hilang trafik itu besar lho… banget malahan…. kok bisa hilang trafik? apa kalah saing sama artikel lain?

    1. Wahhh jadi belajar analisis ya. hihi. Padahal maksudnya mah bukan ke sana.

      Kenapa gak dilakukan mas?

      Iya. gede itu mas. Itu memang salah satunya karena SERP postku menurun. Kayaknya memang harus update postingan untuk informasi lebih lagi. hiks.

  5. quora!!!
    wow celah yg belum aku manfaatin nih buat naruh link. biasanya cuma nyari ide doang dari sana.
    pinterest di aku juga naik, padahal selama ini kukira cuma buat gambar2 cantik dan lucu aja ahhaa

    1. Wahhh sama ya kita. Sering emang cm share aja gambar dari blog ke pinterest. terus lupakan. eh tahu2 th ini dpt traffic lumayan dari sana.

      Iya. Quora bisa banget jadi backlink – trik SEO juga ini sih. Jawab2 pertanyaan terus kasih link ke blog deh.

      1. Enggak. Bukan gitu maksudnya.
        Tapi selalu from A to Z.

        Bandingin aja sama year in review-ku. Langsung kasih list, gapake kasih liat ina inu. Mamak pemalas.

      2. Kalau kebanyakan bilang ya mak. pan itu tulisan jadi panjang krn a-z nya.
        eh tapi… sbnrnya masih ada yg belum. nanti jadi tulisan baru aja ah. hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *