fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Update Januari 2018] Cara Mudah Mendaftar Google Adsense dengan Youtube

6 min read

cara mendaftar adsense di youtube - tutorial dan panduan lengkap mendaftar adsense youtube

[Update Januari 2018] Per 16 Januari 2018, Youtube mengeluarkan ketentuan baru lagi. Untuk yang ingin mendapatkan uang dari Adsense Youtube, harus memenuhi kriteria berikut:ย 

Starting today weโ€™re changing the eligibility requirement for monetization to 4,000 hours of watchtime within the past 12 months and 1,000 subscribers. 

Jadi channelnya sekarang harus ditonton 4.000 jam dalam kurun waktu 12 bulan dan punya 1.000 subscriber. 

[Update April 2017] Ketentuan baru Adsense di Youtube: iklan Adsense di Youtube hanya akan tampil di video channel yang sudah tayang setidaknya 10.000 (lifetime). Artinya, kalau kamu memiliki channel dengan 2 video dan total penayangan masih 5K sejak upload sampai kamu mendaftar Adsense di Youtube Channel kamu, status pengajuan itu akan dalam status Review.

Cara mendaftar adense youtube jadi makin susah dengan aturan baru ini.

Setelah mencapai 10k views alias ditonton setidaknya 10.000 kali ini, channel youtube kamu pun akan direview kembali. Untuk dicek apakah sudah sesuai dengan ketentuan Adsense. Setelahnya, kamu akan dapat info deh. Apakah pendaftaran Adsense kamu diterima atau ditolak.

Selain perubahan itu, prosedur atau cara mendaftar Adsense Youtube di bawah masih berlaku.

Guest Post terbaru ini tentang cara mendaftar Adsense Youtube (terbaru). Tulisan kali ini cukup panjang dan penuh gambar. Moga panduan lengkap ini bisa jadi panduan kamu saat mendaftar Adsense di Youtube kamu, terutama untuk para vlogger yang sudah punya cukup traffic di Channel Youtube nya.

***

Berikut ini adalah panduan lengkap cara mendaftar Google Adsense. Tapi bukan untuk blog, melainkan cara mudah mendaftar Adsense di Youtube.  Yang mana menurut saya relatif lebih mudah untuk disetujui.

Menjadi publisher Adsense sekarang ini adalah sesuatu yang paling diinginkan oleh para blogger maupun Youtuber di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Para blogger dan youtuber berlomba-lomba dan bekerja sangat keras agar akun Adsense mereka disetujui.

Sekilas Tentang Google Adsense

Apa sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menjadi seorang publisher iklan terfavorit ini? Keuntungan yang kita dapatkan adalah kita akan mendapatkan uang yang tidak terbatas jumlahnya dari blog yang kita buat atau dari video yang kita upload atau unggah ke youtube. Tentunya untuk blog atau video yang ditempati iklan oleh pihak Google.

Sudah banyak sekali para blogger dan juga para youtuber di Indonesia khususnya yang mampu menghasilkan uang puluhan juta sampai ratusan juta rupiah per bulannya dari blog dan juga video yang mereka buat.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa menjadi seorang publisher adsense dan bisa menghasilkan uang dari iklan adsense?

Tentunya kita harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Adsense dan mendapatkan persetujuan dari mereka. Prosesnya pun boleh dikatakan susah-susah gampang. Susah karena untuk sekarang ini memang sudah sangat banyak sekali saingannya yang tersebar di seluruh dunia. Gampang jika kita tahu trik mendaftar Google Adsense dan juga caranya yang tepat.

Febriyan: saya sendiri sampai ditolak 7 kali untuk pengajuan Google Adsense blog ini. Salah satunya ya karena gak baca-baca pengalaman sebelumnya. Saya mendaftar begitu domain saya aktif. Hehehe.

Di artikel ini saya akan coba menuliskan tentang bagaimana caranya mendaftar Adsense yang relatif lebih mudah diterima dan sangat berpeluang akan di setujui oleh pihak Google Adsense.

cara mendaftar adsense di youtube - tutorial dan panduan lengkap mendaftar adsense youtube
Cara Mendaftar Adsense di Youtube – Guest Post berisi panduan lengkap mendaftar adsense nih

Cara Mendaftar Adsense Youtube – Panduan Lengkap dan Mudah untuk Blogger dan Vlogger

Agar lebih mudah, permohonan atau pengajuan dilakukan dengan cara mendaftar Adsense di Youtube. Berikut ini adalah cara mudah mendaftar Adsense di Youtube:

1. Langkah Pertama adalah Membuat Akun Gmail

Mengingat Youtube dan Adsense adalah produknya Google, ya agan harus mendaftarkan diri ke gmail kalau memang belum punya (klik: Gmail). Dan nantinya Agan akan memiliki alamat email dan juga akun google yang bisa di gunakan untuk masuk ke semua produk layanan Google, seperti: Blogger, Adsense dan juga Youtube.

2. Mendaftarkan Diri ke Youtube

Setelah Agan memiliki alamat email, agar bisa mendafar Adsense di Youtube, Agan perlu mendaftarkan diri ke Youtube. Tinggal klik Youtube dan kemudian login dengan email dan juga pasword akun google tersebut.

3. Masuk ke Pengaturan Video Manager Youtube

Setelah Agan masuk ke akun Youtube, langkah selanjutnya adalah pengaturan “Video Manager” pada akun Agan.

Silahkan Agan lihat tampilan akun Youtube di bawah ini! Pada gambar bagian pojok kanan atas ada gambar profile Agan. Lalu cari dan klik  “Creator Studio” seperti yang di beri tanda panah pada gambar di bawah ini:

mendaftar adsense di youtube dengan mudah

Lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini:

tips mendaftarkan adsense di youtube
Buat Youtube Channel untuk bisa monetasi youtube dengan Adsense

a. Langkah selanjutnya adalah membuat saluran dengan klik “Buat Saluran”

b. Upload Video

Jangan lupa untuk upload video ke youtube minimal 3-5 buah video! Ingat’ video harus asli buatan sendiri! Perhatikan gambar di bawah ini dengan tanda panah:

cara upload video di youtube channel

Jika sudah akan muncul gambar di bawah ini, lalu klik upload atau unggah video seperti yang di tunjukkan tanda panah!

cara mendaftar adsense di youtube
Unggah Video – setidaknya 3-5 video sebelum kamu mendaftar adsense di youtube

Lalu mulai upload atau mengunggah video-video dari komputer Agan deh! Ikuti semua langkah yang ada.

c. Perhatikan ini Saat Upload Video

Memilih judul video, deskripsi video dan juga tags yang sesuai. Semua harus diisi sesuai dengan video yang Agan upload!

Video yang diperbolehkan untuk daftar ke Youtube adalah video yang tidak melanggar hak cipta,

Agan bisa membuat video sendiri seperti contoh: video tutorial tentang cara memasak, cara memakai jilbab yang baik dan benar atau bisa juga video anak-anak yang sedang bermain. Buatlah video dengan menggunakan kamera handphone Agan! yang penting video asli buatan sendiri.

Notes dari febriyan: Sama seperti halnya ngeblog, video ini juga haruslah video yang berkualitas dalam artian konten yang bermanfaat dan juga SEO Friendly. Dengan mengisi judul, deskripsi dan lainnya, sebenarnya kamu sudah bermain SEO untuk video.

d. Publikasikan Video Agan

Jika sudah selesai meng-upload video…. jangan lupa klik publikasikan ya.

4. Aktifkan Monetasi Youtube – Mendaftar Adsense di Youtube Kamu

Langkah selanjutnya adalah kembali ke menu “Creator Studio” seperti contoh gambar di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube
Mau mendapatkan uang dari youtube? Nah klik Aktifkan Monetasi

Jika sudah, lalu masuk ke menu “Saluran>status dan fitur“.

tutorial lengkap mendaftar adsense di youtube

Di kolom “Monetisasi”, klik “Aktifkan” dan akan muncul gambar seperti di bawah ini:

panduan lengkap mendaftar adsense di youtube
Jangan lupa… cek syarat dan ketentuan saat mendaftar adsense di youtube ini

Beri tanda cheklist pada semua kolom kotak yang tersedia seperti contoh gambar di atas lalu klik “Saya setuju”. Berikutnya akan muncul gambar seperti ini:

menjadi youtube adsense publisher
Pilih jenis iklan yang ingin ditampilkan di youtube Channel kamu

Beri tanda cheklist pada kolom kotak dengan tanda panah pada gambar di atas, lalu klik “Monetisasi”,dan akan muncul gambar di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube
Klik Paham!

Sampai tahap ini berarti Agan sudah hampir selesai membuat akun adsense, dan video yang Agan kirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

mendapatkan uang dari youtube
Tanda kalau kamu sudah monetasi video kamu

Perhatikan gambar di atas dengan tanda panah, bahwa video yang di upload sudah berhasil di monetisasi, dengan tanda dollar dalam lingkaran berwaran hijau.

Langkah selanjutnya adalah kembali ke menu “Saluran”! Jika semua langkah-langkah di atas Agan lakukan dengar benar, maka gambar yang akan muncul adalah seperti di bawah.

Bisa Agan lihat pada menu “Status dan fitur”, bahwa kolom “Monetisasi” sudah berhasil diaktifkan.

cara mengaktifkan adsense di youtube
Salah satu tahap dalam cara mendaftar adsense di youtube adalah kamu harus pastikan kalau monetasi video kamu sudah aktif

5. Kaitkan Adsense Youtube

Lalu klik menu “Monetisasi”, seperti contoh gambar di bawah ini dengan tanda panah ,lalu klik “Bagaimana saya akan di bayar”, lalu klik “Mengaitkan akun adsense“.

cara mendaftar adsense di youtube
Next! Mengaitkan akun youtube dengan Google Adsense

Selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube
Cara mendaftar adsense di youtube – alternatif mendapatkan uang online

Klik “Berikutnya” seperti contoh gambar di bawah dengan tanda panah! Agan akan dibawa ke gambar seperti di bawah ini:

mengaitkan akun youtube dengan adsense

Lalu mengklik tombol “Masuk“.

Berikutnya, agan perlu isi semua kolom seperti yang dicontohkan dengan tanda panah!

mengisi akun adsense

Lalu skrol ke bawah dengan tampilan gambar seperti ini:

panduan lengkap mendaftar adsense di youtube dalam bahasa indonesia
Isi data akun Adsense kamu dengan lengkap saat mendaftar adsensi di youtube ataupun di blog

Isi sesuai dengan data diri Agan! Dan pada kolom preferensi email isi saja dengan ya atau tidak terserah Agan saja – apakah mau menerima email dari Google Adsense atau tidak. Klik “Kirim permohonan saya” seperti contoh dengan tanda panah.

Setelah proses pengiriman selesai, Agan akan di kembalikan ke akun youtube, seperti contoh gambar di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube - panduan lengkap
Setiap pengajuan adsense akan ditinjau atau direview oleh Google

Pada gambar di atas tertera bahwa pengajuan adsense Agan telah di kirimkan dan sedang dalam tahap peninjauan (review pengajuan Adsense).

6. Pasang Unit Iklan Adsense di Youtube

Agan akan menerima email tentang status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu (ini beda-beda ya Gan). Nantinya jika pengajuan permohonan adsense diterima, Agan akan dapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat email Agan. Jadi sering-seringlah membuka email Agan!

Jika proses mendaftar Adsense di Youtube Agan diterima, maka akan ada kiriman email dari Adsense (perhatikan email penerimanya ya… jangan sampai kena tipu atau email SCAM) yang isinya kurang lebih seperti ini:

cara mudah mendaftar adsense di youtube
Selamat! Adsense di Youtube kamu telah disetujui

Dalam email yang sama, kamu akan diminta untuk memasang unit iklan – sama kalau mengajukan Adsense untuk blog.

cara mendaftar adsense di youtube
Mulai pasang unit iklan di Youtube

Lalu klik “Mulai”, seperti contoh gambar di atas dengan tanda panah, dan akan muncul gambar seperti ini:

cara mendaftar adsense di youtube
Dashboard pendapatan Adsense

Inilah tampilan akun adsense Agan, jika permohonan yang Agan kirimkan berhasil diterima. Jika sudah sampai tahap ini.

Saya ucapkan selamat karena Agan sudah berhasil memiliki akun adsense yang aktif.

Febriyan: Walau kamu sudah disetujui Adsense di Youtube kamu, jangan sekali-sekali melanggar ketentuan Google ya. Google bisa dengan segera melepaskan Adsense kamu kalau melanggar. Kalau dalam video seperti ini, penggunaan musik yang memiliki Hak Cipta akan menutup kesempatan kamu monetasi video.

Baca juga: Pro & Kontra Aturan Terbaru Youtube 2018 tentang Monetasi Adsense

Kesimpulan

Mendaftar Adsense di Youtube ini boleh dibilang masih jauh lebih mudah dari mendaftarkan blog. Dan berdasarkan trend SEO 2017, video akan menjadi pilihan banyak orang nih. Jadi ada baiknya mengajukan diri untuk menjadi publisher Adsense Youtube sejak sekarang.

Info Penulis:

Penulis adalah Rio Saswono, blogger yang fokus berbagi tips dan trik terkait Adsense di blognya: Do It Adsense.

[Update Januari 2018] Per 16 Januari 2018, Youtube mengeluarkan ketentuan baru lagi. Untuk yang ingin mendapatkan uang dari Adsense Youtube, harus memenuhi kriteria berikut: 

Starting today weโ€™re changing the eligibility requirement for monetization to 4,000 hours of watchtime within the past 12 months and 1,000 subscribers. 

Jadi channelnya sekarang harus ditonton 4.000 jam dalam kurun waktu 12 bulan dan punya 1.000 subscriber. 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

109 Replies to “[Update Januari 2018] Cara Mudah Mendaftar Google Adsense dengan Youtube”

  1. Hai mas… sangat bermanfaat nih paparan nya..
    Saya mau tanya.. dari paparan nya diatas kan menurut mas sebaiknya akun kita di daftarkan adsense dan monetasi nya setelah syarat minimum terpenuhi…
    Namun apakah ada syarat minimum usia akun sudah aktif berapa bulan?
    Apakah kalau saya buat akun hari ini..lalu langsung upload video-video..misal dalam 3 bulan sudah terpenuhi syarat minumal…bisa langsung di daftarkan adsense dan monetasi nya?
    terimakasih atas masukannya…

  2. Mas saya mau coba bikin akun adsense tp gk bisa ya ? Saya mau monetisasi video yg viewers nya udah 190rb dan subs saya sdh 1.000 .. tp di creator studio tidak ada pilihan monetisasi spt foto yg mas cantumkan diatas… apa ada yg salah dgn channel saya ?

  3. Mas Febriyan numpang nanyak ni mas, akun youtube saya udh lebih 4000 jam tayang, tapi subscribe nya baru mencapai 600 subscribe. Yang jadi pertnyaan waktu saya buka monetisasi ada tulisan “LAYAK DIAKTIFKAN”, jadi andai kita daftar adsennya apa diterima? Mohon jawaban dan bimbingannya mas…

      1. mau nanya pak, saya sudah buat akun youtube 3 tahun yang lalu. terus pas saya mau aktifin monitize kok ngak bisa ya? krna saat saya klik gambar saya di ujung kanan ngak ada tulisan creator studio? justru tampil ke channel saya. mohon bantuannya terimakasih

  4. selamat pagi mas febriyan.. saya mau tanya.. kalo nama kita panjang di ktp apakah kita menulis semua nama tersebut di youtube adsen mas? contoh “budi setyo agung nugroho”…

  5. Saya sudah ada akaun google adense untuk blog, boleh gak diguna untuk mohon adsense youtube mas..atau boleh terus buat iklan di youtube menggunakan akaun lama..

    1. Halo mas Arman, utk akun adsense blog bisa digunakan utk youtube – asalkan akunnya adalah utk yg hosted sendiri ya. bukan di blogspot.
      Namun, gak disarankan sih mas oleh praktisi. karena kl ada masalah sm youtubenya bakalan efek ke blog juga.

  6. pagi mas, ketika saya mengisi nomor ponsel di bagian data pribadi adsense saya cuma nulis 81222xxxxxx , karena sebelah kiri kolom no. hp itu sudah ada lambang bendera negara indonesia, jadi saya pikir biasanya kode +62 itu otomatis terisi

    jadi apakah seharusnya diisi +6281222Xxxxxx atau cukup seperti yang saya tulis itu?
    saya khawatir jd salah masukin no.hp hehe
    mohon jawabannya ya mas
    terima kasih

  7. Saya sudah ikutin TOS google, trus masih ditolak, katanya web saya kebanyakan gambar, padahal gambarnya normal aja kayak biasanya, bingung ๐Ÿ™

  8. jadi garis besarnya yg saya tangkap, bisa daftar google adsense [yutub] tanpa harus upload video terlebih dahulu, tapi boleh tanya tipsnya gak mengenai “monetisasi” ? video yg pertama kali di upload tunggu view 10rb dulu baru diaktifkan monetisasi atau setelah upload lsg aktifkan monetisasinya ? mohon pencerahannya

    1. Untuk daftar bisa kapan aja – tapi kl gak ada video – monetasi apanya mas?

      Untuk skrg, dengan aturan baru, saya sih sarankan untuk monetasi dan daftarkan adsense youtubenya setelah minimum requirementnya dicapai.

  9. Saya mengajukan AdSense, tpi blm ada response (entah ditolak/diterima) Sudah hampir sebulan, kira2 apa masalahnya, Bantu jawab klo tau ya

    1. Sudah cek lagi di akun youtube nya kah? Apakah sudah ada laporan adsense? kadang memang suka gak dpt info, tapi sebenarnya sudah aktif dan sudah monetasi adsense nya.

  10. Maaf pak, saya ikut tanya : apa harus via PC. saya udah punya akun Gmail sejak 2014 n udah pernah upload video di youtube lebih dr 5 video, apakah saya harus bikin chanel trus upload ulang video trus aktifkan monetisasi n daftar adsense???
    Thanks…..

    1. Mas Arif, setahu saya memang settingannya muncul di desktop deh mas. Lagipula lebih mudah lakukannya di PC.

      Utk video yang mas sudah upload blm dibuat channel ya?
      Mas bisa bikin channel terus pindahkan video2ny ke channel kl mas mau.
      Utk monetasi, sifatnya ke akun setahu saya, jadi walau gak channel, video2 mas bisa mas setting utk monetasi kok.

  11. Tanya pak. Saya coba coba daftar andese, padahal chanel saya baru 500 penayangan. Dan saya pakai url blogger yang baru saya buat. Tapi tidak ada email atau pemberitahuan misalnya ditolak atau gimana. Kira kira apa memang tidak bisa daftar atau gimana pak. Cara saya mendaftar saya membuka google andese dan saya mendaftar sekarang seperti saya daftar email baru gitu, terimakasih atas penjelasannya. Mohon direspon

    1. Halo,

      Untuk adsense blog memang skrg lebih susah. Ini mas daftar utk yg blog ataukah youtube? Karena kalau urlnya blog, akan masuknya ke blog. dan kalau blog mas baru, ya kemungkinan besar ditolak. Biasanya utk blog disarankan min 6 bln dengan traffic dari search engine sudah fixed dulu.

  12. Wah, lengkap banget ni Mas. Updated lagi. Hehehe, kecantol ke sini gara-gara bingung gimana caranya bikin channel di youtube yang baru. Padahal di youtube yang dulu kok sudah bisa bikin channel. Lupa gimana dulu how to-nya. Rencana tahun depan mau aktif main Youtube, bikin video-video cerita anak. TFS ya Mas.

  13. maaf numpang tanya akun youtube saya kan udah dapet monetasi dari google nih. Terus video juga udah di monetasi tapi monetasinya masih tetep aja nol….. padahal udah 1 minggu

  14. Gan saya mau nanya, saya udah ikutin semua langkah langkah di atas. Tapi email full approve dari yt belum kunjung datang udah sminggu. Penghasilan BPK dll udah bisa d taksir, iklan udah muncul d video, tpi kadang2 apakah itu udah d trima apa gimana ya? Mohon pencerahannya gan please

    1. Halo mas Dizay,

      Untuk email terkadang memang agak lama. Coba ditunggu atau cek folder spam.
      Selama ads muncul, seharusnya sih sudah tidak masalah mas. tinggal tunggu email aja.

  15. Artikel nya bagus mas.
    Saya mau tanya nih.
    Kalau saya mau daftar adsense di yt tp blm dpt 10rb view,otomatis bakalan di tangguhkan dan setelah saya dpt 10rb view apakah nanti langsung otomatis di terima? Atau apakah kita harus daftar lagi.?

    Kedua. Apakah ada batasan waktu utk dpt 10rb views? Contoh ketika saya daftar view di bawah 10rb, dan dalam waktu 1 bulan harus dpt 10 rb view, kalau tdk adsense tdk di aprove. Apakah ada peraturan yg seperti itu?
    Di tunggu jawaban nya ya.
    Thanks

    1. Halo mas Hendro, setahu saya sih gak ada batasan waktu utk mencapai 10rb views nya itu ya. Dan dr yg saya baca sih otomatis, tapi ada baiknya ajuin ulang.

  16. Permisi mas febri, sya kmaren daftar adsense lwat youtube, trus d tolak, gara2 dlw sya prnah punya akun adsense, dan skrg fitur monetosasix di non aktifkan, gmn cara meng aktifkan kembali fitur monetisasix yaa? Mohon pencerahanx…

  17. Halo mas February..

    Saya dapat notif dari youtube.., ini maksudnya apa yaa mas apakah youtube saya sudah keterima oleh google adsense? Atau apaa???

    Akun AdSense yang terhubung ke saluran YouTube Anda Agung Hermawan telah berhasil diubah. Semua pembayaran berikutnya akan diproses melalui akun AdSense baru ini. Melihat rincian

    ID AdSense:

    1249310929365861

    Status:

    Tertunda

    Tanggal yang terkait:

    5 Agustus 2017 jam 17:37

    Tidak meminta perubahan ini?
    Jika Anda tidak mengetahui perubahan ini, orang lain mungkin baru saja mengakses akun Anda. Agar akun Anda tetap aman, segera lakukan hal berikut:

    Setel ulang sandi AndaUbah akun AdSense yang terkait

    Jika Anda memerlukan bantuan tambahan, silakan kunjungi Pusat Bantuan kami.

    Terima kasih,

    Tim Dukungan YouTube

    1. Halo mas Agung, terima kasih banyak sudah mampir dan komentar di sini.
      Email yg mas terima itu bukan email bahwa sudah disetujui sih. Tapi koneksi akun adsense mas dengan youtube mas. Nanti akan ada email lain utk yg sudah di review atau disetujui.

      1. Mas saya dapat email/gmail seperti itu juga… dan penayangan video saya udah lebih dari 10k view ..lalu sya cari lagi di monetosasi nya ..katanya waktu yang diperlukan kira2 1 minggu untuk disetujui.. apakah itu benar??? Dan bagaimana email nya jika disetujui atau tidaknya??

      2. Dear mas Triadi,

        memang biasanya ada jeda 1-2 minggu untuk proses review dan approve dr Google nya. Sementara menunggu proses itu, mas pastikan monetasi di channel mas sudah aktif saja. Dia akan cek dan review konten channel mas di sana. Nanti kalau sudah fully approved, akan ada email kembali dari Adsense biasanya. Moga membantu mas.

        Semangat membuat video.

      3. Monetisasi yg mana yg hrus di aktifkan mas???? Bisa di jelaskan… sama lagi satu gimana kira2 isi dari adsense jika akun kta disetujui? Atau sebalik jika tdak disetujui gmna isi emailnya?

      4. Tab monetasi di youtube channel mu mas. Itu sudah mas pastikan aktif dan di masing-masing video juga sudah terpasang kan?

        Disebutkan kok dalam emailnya… approved atau tidaknya.

  18. Halo mas… Mohon arahannya… Kami kemarin udah lama ngumpulin viewers hingga akhirnya 10.000… Tapi kami pernah di claim dan akhirnya menghapus video yg diklaim , … Setelah itu monetisasi channel kami di nonaktifkan…. Ini kami bingung , gimana , krn kami mau aktifkan monetisasi tapi ga ada tulisan aktifkannya lagi , yang ada cuma tulisan monetisasi dinonaktifkan….

    Mohon arahannya , apakah ada cara agar bisa aktif kembali monetisasinya ?
    Ataukah kamk harus membuat akun youtube baru dan memulai lagi pengumpulan viewers dari awal ?

    Mohon solusinya mas…

    1. Halo Mas Akbar,

      Saya coba jawab yg saya bisa ya.
      Untuk pelanggaran hak cipta spt yg mas alami itu biasanya akunnya kena banned oleh Youtube(Google) karena dianggap melanggar ketentuan mereka. Tapi kl mnrt mas itu adalah kesalahan, mas bisa ajukan banding ke Google – tentunya butuh proses

      Ada baiknya mas bikin akun baru dan memulai kembali. Jangan ada koneksi dengan akun lama dan juga jangan melakukan pelanggaran lagi.

  19. Assalamualaikum
    Pak saya heri saya mau tanya tentang youtube channel saya sudah 10 rb tapi belum bisa dimonetisasi dan harus ajukan daftar adsense ulang bulan depan kenapa? Mohon jawabannya pak
    Wassalamualaikum

    1. Halo Pak heri,

      Apakah saat pengajuan ulang Bapak ada mengisi langkah pendaftaran spt dalam post ini?
      Memang updates dari Google terkait youtube adsense ini ada yg blg akan direview otomatis saat sudah 10K views, tapi ada juga yg apply ulang.

  20. Om, febriyan.. barangkali ada yang minat baca artikel saya (klik nama) baru saja di approve pakai cara yang baru. Hanya sekedar referensi saja sih, kemarin juli 2017 lalu di approvenya.

  21. Kasusnya sama punya mas, punya akun YouTube udah, belum punya video tapi AdSense nya sudah aktif. Nah, sekarang baru mulai ni upload-upload video, walaupun masih pakai sound bawaan google & views nya juga belum banyak.. Hehe
    Yang jadi pertanyaan, viewer berapa yaa $ nya mulai merangkak? Kalau akun baru kan minimal 10rb baru di approve AdSense nya, nah saya akun lama, jadi upload video udah bisa langsung di monetisasi. Apa tetap minimal 10rb baru $ nya berjalan ? Terima kasih mas.

  22. Jika akun sudah ditolak, apakah bisa dengan akun yg sama di daftarkan kembali..?
    Denger denger ada yg bilang kalo 1 akun 1 kali

    1. Kayaknya tergantung penolakannya dulu karena apa mas. Kalau alasan penolakan sudah diperbaiki, bisa saja coba lagi pakai akun yang sama.
      Tapi memang kalau daftar dengan akun lain, peluangnya lbh besar lagi – tp jangan ada koneksi ke akun lama yang ditolak itu sama sekali ya.

      1. Saya mau ndaftar bingung barang kali ditolak nanti susah ganti akun,,, kalo ganti akun repot lagi soalnyaa,,
        Akun ini udah buat banyak keperluan, nek ganti repot lagii

      2. Tapi persyaratannya kan disurih sampe 6 bulan,, lama lagi yahh
        Yaudah trimakasih buat saran dan masukannyaa

  23. Jika jika akun yg sudah ditolak apakah bisa diaftarkan kembali..???
    Dengrr denger ada yg bilang kalo 1 akun 1 kali pakai,,,

  24. Daftar adsense jaman 2008 dulu ternyata jauuuuuhhh lebih mudah.
    mau coba main lagi ah
    ๐Ÿ˜€

    1. Memang kalau daftar adsense dulu-dulu itu gampang mas. Saya sendiri coba daftar per 2014 dan ditolak 8 kali utk blog. tapi saat yg sama mendaftar adsense di youtube lgs diterima padahal saat itu blm punya video hahahaha.

      1. Sebenarnya asallkan semua aturan dan kebijakan dilaksanakan insyaallah cepat disetujui, saya menggunakan blogspot padahal usia baru 1 bulan blognya, kemudian saya sewa domain dan saya pasang di blog langsung saya daftarkan, hari itu juga langsung full approve. waktu itu artikel ada 28. buatlah konten hasil karya sendiri dan seunik mungkin. jangan putus semangat, saya juga pernah ditolak 8 x tapi tetap semangat terus belajar membenahi kesalahan.

        Untuk yutuber sebaiknya jangan reupload karena itu juga menyalahi aturan. buat video sendiri, tidak bagus juga tidak apa2 yang penting made in sendiri, tinggal bagaimana membuat narasi dalam video itu menjadi menarik.

      2. Bener banget mas Sumaryanto. memang kenyataannya gitu. kalau saja kita ikuti aturan yang ada maka semua akan diterima dengan cepat.

        Makasih infonya loh mas.

  25. Mas kalau kita daftar adsense lewat youtube apakah nanti akun itu bisa langsung digunakan untuk blog (adsense for content)?
    Atau nantinya tetap ada review lagi (second review) untuk blog/website walau kita sudah punya akun adsense via youtube?

  26. Mantap mas saya dulu pernah nyoba2 aja tapi nggak tau langkah pastinya terus sampai sekrang belum tau apakah memang diterima atau nggak,, Tapi nanti saya mau coba kayak langkah2 yg mas febrian tulis. Tapi video saya jga ada yg melanggar copyright karena menggunakan backsound lagu orang. Next video mungkin saya lebih bijak pakai backsound.

    1. Untuk lagu, bisa kamu pakai sound yang bawaan youtube – tapi harus edit video di video managernya Youtube langsung Anjar. Moga berhasil ya mendaftarnya nanti.

  27. Widih..
    Saya dulu sempet sih main adsense.. tapi lambat laun uda enggak lagi..
    Mungkin ke depan mau belajar adsense lagi biar profitnya lumayan..

    thanks mas buat youtube adsense nya..
    ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *