cara mendaftar adsense di youtube - tutorial dan panduan lengkap mendaftar adsense youtube

[Update Januari 2018] Cara Mudah Mendaftar Google Adsense dengan Youtube

[Update Januari 2018] Per 16 Januari 2018, Youtube mengeluarkan ketentuan baru lagi. Untuk yang ining mendapatkan uang dari Adsense Youtube, harus memenuhi kriteria berikut: 

Starting today we’re changing the eligibility requirement for monetization to 4,000 hours of watchtime within the past 12 months and 1,000 subscribers. 

Jadi channelnya sekarang harus ditonton 4.000 jam dalam kurun waktu 12 bulan dan punya 1.000 subscriber. 

[Update April 2017] Ketentuan baru Adsense di Youtube: iklan Adsense di Youtube hanya akan tampil di video channel yang sudah tayang setidaknya 10.000 (lifetime). Artinya, kalau kamu memiliki channel dengan 2 video dan total penayangan masih 5K sejak upload sampai kamu mendaftar Adsense di Youtube Channel kamu, status pengajuan itu akan dalam status Review.

Setelah mencapai 10k views alias ditonton setidaknya 10.000 kali ini, channel youtube kamu pun akan direview kembali. Untuk dicek apakah sudah sesuai dengan ketentuan Adsense. Setelahnya, kamu akan dapat info deh. Apakah pendaftaran Adsense kamu diterima atau ditolak. Selain perubahan itu, prosedur atau cara mendaftar Adsense di Youtube di bawah masih berlaku.

Guest Post terbaru ini tentang cara mendaftar Adsense di Youtube. Tulisan kali ini cukup panjang dan penuh gambar. Moga panduan lengkap ini bisa jadi panduan kamu saat mendaftar Adsense di Youtube kamu, terutama untuk para vlogger yang sudah punya cukup traffic di Channel Youtube nya.

***

Berikut ini adalah panduan lengkap cara mendaftar Google Adsense. Tapi bukan untuk blog, melainkan cara mudah mendaftar Adsense di Youtube.  Yang mana menurut saya relatif lebih mudah untuk disetujui.

Menjadi publisher Adsense sekarang ini adalah sesuatu yang paling diinginkan oleh para blogger maupun Youtuber di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Para blogger dan youtuber berlomba-lomba dan bekerja sangat keras agar akun Adsense mereka disetujui.

Sekilas Tentang Google Adsense

Apa sih keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menjadi seorang publisher iklan terfavorit ini? Keuntungan yang kita dapatkan adalah kita akan mendapatkan uang yang tidak terbatas jumlahnya dari blog yang kita buat atau dari video yang kita upload atau unggah ke youtube. Tentunya untuk blog atau video yang ditempati iklan oleh pihak Google.

Sudah banyak sekali para blogger dan juga para youtuber di Indonesia khususnya yang mampu menghasilkan uang puluhan juta sampai ratusan juta rupiah per bulannya dari blog dan juga video yang mereka buat.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa menjadi seorang publisher adsense dan bisa menghasilkan uang dari iklan adsense?

Tentunya kita harus mendaftar terlebih dahulu ke Google Adsense dan mendapatkan persetujuan dari mereka. Prosesnya pun boleh dikatakan susah-susah gampang. Susah karena untuk sekarang ini memang sudah sangat banyak sekali saingannya yang tersebar di seluruh dunia. Gampang jika kita tahu trik mendaftar Google Adsense dan juga caranya yang tepat.

Febriyan: saya sendiri sampai ditolak 7 kali untuk pengajuan Google Adsense blog ini. Salah satunya ya karena gak baca-baca pengalaman sebelumnya. Saya mendaftar begitu domain saya aktif. Hehehe.

Di artikel ini saya akan coba menuliskan tentang bagaimana caranya mendaftar Adsense yang relatif lebih mudah diterima dan sangat berpeluang akan di setujui oleh pihak Google Adsense.

cara mendaftar adsense di youtube - tutorial dan panduan lengkap mendaftar adsense youtube

Cara Mendaftar Adsense di Youtube – Guest Post berisi panduan lengkap mendaftar adsense nih

Cara Mudah Mendaftar Adsense di Youtube – Panduan Lengkap untuk Blogger dan Vlogger

 

Agar lebih mudah, permohonan atau pengajuan dilakukan dengan cara mendaftar Adsense di Youtube. Berikut ini adalah cara mudah mendaftar Adsense di Youtube:

1. Langkah Pertama adalah Membuat Akun Gmail

Mengingat Youtube dan Adsense adalah produknya Google, ya agan harus mendaftarkan diri ke gmail kalau memang belum punya (klik: Gmail). Dan nantinya Agan akan memiliki alamat email dan juga akun google yang bisa di gunakan untuk masuk ke semua produk layanan Google, seperti: Blogger, Adsense dan juga Youtube.

2. Mendaftarkan Diri ke Youtube

Setelah Agan memiliki alamat email, agar bisa mendafar Adsense di Youtube, Agan perlu mendaftarkan diri ke Youtube. Tinggal klik Youtube dan kemudian login dengan email dan juga pasword akun google tersebut.

3. Masuk ke Pengaturan Video Manager Youtube

Setelah Agan masuk ke akun Youtube, langkah selanjutnya adalah pengaturan “Video Manager” pada akun Agan.

Silahkan Agan lihat tampilan akun Youtube di bawah ini! Pada gambar bagian pojok kanan atas ada gambar profile Agan. Lalu cari dan klik  “Creator Studio” seperti yang di beri tanda panah pada gambar di bawah ini:

mendaftar adsense di youtube dengan mudah

Lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini:

tips mendaftarkan adsense di youtube

Buat Youtube Channel untuk bisa monetasi youtube dengan Adsense

a. Langkah selanjutnya adalah membuat saluran dengan klik “Buat Saluran”

b. Upload Video

Jangan lupa untuk upload video ke youtube minimal 3-5 buah video! Ingat’ video harus asli buatan sendiri! Perhatikan gambar di bawah ini dengan tanda panah:

cara upload video di youtube channel

Jika sudah akan muncul gambar di bawah ini, lalu klik upload atau unggah video seperti yang di tunjukkan tanda panah!

cara mendaftar adsense di youtube

Unggah Video – setidaknya 3-5 video sebelum kamu mendaftar adsense di youtube

Lalu mulai upload atau mengunggah video-video dari komputer Agan deh! Ikuti semua langkah yang ada.

c. Perhatikan ini Saat Upload Video

Memilih judul video, deskripsi video dan juga tags yang sesuai. Semua harus diisi sesuai dengan video yang Agan upload!

Video yang diperbolehkan untuk daftar ke Youtube adalah video yang tidak melanggar hak cipta,

Agan bisa membuat video sendiri seperti contoh: video tutorial tentang cara memasak, cara memakai jilbab yang baik dan benar atau bisa juga video anak-anak yang sedang bermain. Buatlah video dengan menggunakan kamera handphone Agan! yang penting video asli buatan sendiri.

Notes dari febriyan: Sama seperti halnya ngeblog, video ini juga haruslah video yang berkualitas dalam artian konten yang bermanfaat dan juga SEO Friendly. Dengan mengisi judul, deskripsi dan lainnya, sebenarnya kamu sudah bermain SEO untuk video.

d. Publikasikan Video Agan

Jika sudah selesai meng-upload video…. jangan lupa klik publikasikan ya.

4. Aktifkan Monetasi Youtube – Mendaftar Adsense di Youtube Kamu

Langkah selanjutnya adalah kembali ke menu “Creator Studio” seperti contoh gambar di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube

Mau mendapatkan uang dari youtube? Nah klik Aktifkan Monetasi

Jika sudah, lalu masuk ke menu “Saluran>status dan fitur“.

tutorial lengkap mendaftar adsense di youtube

Di kolom “Monetisasi”, klik “Aktifkan” dan akan muncul gambar seperti di bawah ini:

panduan lengkap mendaftar adsense di youtube

Jangan lupa… cek syarat dan ketentuan saat mendaftar adsense di youtube ini

Beri tanda cheklist pada semua kolom kotak yang tersedia seperti contoh gambar di atas lalu klik “Saya setuju”. Berikutnya akan muncul gambar seperti ini:

menjadi youtube adsense publisher

Pilih jenis iklan yang ingin ditampilkan di youtube Channel kamu

Beri tanda cheklist pada kolom kotak dengan tanda panah pada gambar di atas, lalu klik “Monetisasi”,dan akan muncul gambar di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube

Klik Paham!

Sampai tahap ini berarti Agan sudah hampir selesai membuat akun adsense, dan video yang Agan kirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

mendapatkan uang dari youtube

Tanda kalau kamu sudah monetasi video kamu

Perhatikan gambar di atas dengan tanda panah, bahwa video yang di upload sudah berhasil di monetisasi, dengan tanda dollar dalam lingkaran berwaran hijau.

Langkah selanjutnya adalah kembali ke menu “Saluran”! Jika semua langkah-langkah di atas Agan lakukan dengar benar, maka gambar yang akan muncul adalah seperti di bawah.

Bisa Agan lihat pada menu “Status dan fitur”, bahwa kolom “Monetisasi” sudah berhasil diaktifkan.

cara mengaktifkan adsense di youtube

Salah satu tahap dalam cara mendaftar adsense di youtube adalah kamu harus pastikan kalau monetasi video kamu sudah aktif

5. Kaitkan Adsense Youtube

Lalu klik menu “Monetisasi”, seperti contoh gambar di bawah ini dengan tanda panah ,lalu klik “Bagaimana saya akan di bayar”, lalu klik “Mengaitkan akun adsense“.

cara mendaftar adsense di youtube

Next! Mengaitkan akun youtube dengan Google Adsense

Selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube

Cara mendaftar adsense di youtube – alternatif mendapatkan uang online

Klik “Berikutnya” seperti contoh gambar di bawah dengan tanda panah! Agan akan dibawa ke gambar seperti di bawah ini:

mengaitkan akun youtube dengan adsense

Lalu mengklik tombol “Masuk“.

Berikutnya, agan perlu isi semua kolom seperti yang dicontohkan dengan tanda panah!

mengisi akun adsense

Lalu skrol ke bawah dengan tampilan gambar seperti ini:

panduan lengkap mendaftar adsense di youtube dalam bahasa indonesia

Isi data akun Adsense kamu dengan lengkap saat mendaftar adsensi di youtube ataupun di blog

Isi sesuai dengan data diri Agan! Dan pada kolom preferensi email isi saja dengan ya atau tidak terserah Agan saja – apakah mau menerima email dari Google Adsense atau tidak. Klik “Kirim permohonan saya” seperti contoh dengan tanda panah.

Setelah proses pengiriman selesai, Agan akan di kembalikan ke akun youtube, seperti contoh gambar di bawah ini:

cara mendaftar adsense di youtube - panduan lengkap

Setiap pengajuan adsense akan ditinjau atau direview oleh Google

Pada gambar di atas tertera bahwa pengajuan adsense Agan telah di kirimkan dan sedang dalam tahap peninjauan (review pengajuan Adsense).

6. Pasang Unit Iklan Adsense di Youtube

Agan akan menerima email tentang status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu (ini beda-beda ya Gan). Nantinya jika pengajuan permohonan adsense diterima, Agan akan dapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat email Agan. Jadi sering-seringlah membuka email Agan!

Jika proses mendaftar Adsense di Youtube Agan diterima, maka akan ada kiriman email dari Adsense (perhatikan email penerimanya ya… jangan sampai kena tipu atau email SCAM) yang isinya kurang lebih seperti ini:

cara mudah mendaftar adsense di youtube

Selamat! Adsense di Youtube kamu telah disetujui

Dalam email yang sama, kamu akan diminta untuk memasang unit iklan – sama kalau mengajukan Adsense untuk blog.

cara mendaftar adsense di youtube

Mulai pasang unit iklan di Youtube

 

Lalu klik “Mulai”, seperti contoh gambar di atas dengan tanda panah, dan akan muncul gambar seperti ini:

cara mendaftar adsense di youtube

Dashboard pendapatan Adsense

Inilah tampilan akun adsense Agan, jika permohonan yang Agan kirimkan berhasil diterima. Jika sudah sampai tahap ini.

Saya ucapkan selamat karena Agan sudah berhasil memiliki akun adsense yang aktif.

Febriyan: Walau kamu sudah disetujui Adsense di Youtube kamu, jangan sekali-sekali melanggar ketentuan Google ya. Google bisa dengan segera melepaskan Adsense kamu kalau melanggar. Kalau dalam video seperti ini, penggunaan musik yang memiliki Hak Cipta akan menutup kesempatan kamu monetasi video.

Baca juga: Pro & Kontra Aturan Terbaru Youtube 2018 tentang Monetasi Adsense

Kesimpulan

Mendaftar Adsense di Youtube ini boleh dibilang masih jauh lebih mudah dari mendaftarkan blog. Dan berdasarkan trend SEO 2017, video akan menjadi pilihan banyak orang nih. Jadi ada baiknya mengajukan diri untuk menjadi publisher Adsense Youtube sejak sekarang.

Info Penulis:

Penulis adalah Rio Saswono, blogger yang fokus berbagi tips dan trik terkait Adsense di blognya: Do It Adsense.

Advertisements
2

95 Responses

  1. Arman
    8 Agustus 2018
    • Febriyan
      8 Agustus 2018
      • Arman
        8 Agustus 2018
  2. lusy
    3 Mei 2018
    • Febriyan
      3 Mei 2018
  3. Tips Smartphone
    23 April 2018
    • Febriyan
      23 April 2018
  4. micah
    27 Maret 2018
    • Febriyan
      27 Maret 2018
  5. Gefin
    3 Januari 2018
    • Febriyan
      5 Januari 2018
  6. rizal
    31 Desember 2017
  7. arif habibillah
    29 Desember 2017
    • Febriyan
      30 Desember 2017
  8. Qowiyatul qolbiah
    17 Desember 2017
    • Febriyan
      17 Desember 2017
  9. Ika Maya Susanti
    15 Desember 2017
    • Febriyan
      17 Desember 2017
  10. SmART AfiliaXE
    26 November 2017
  11. aldi septiana
    20 November 2017
    • Febriyan
      29 November 2017
  12. Dizay92
    16 November 2017
    • Febriyan
      29 November 2017
  13. Hendro
    5 November 2017
    • Febriyan
      29 November 2017
  14. datagatget
    25 Oktober 2017
    • Febriyan
      26 Oktober 2017
  15. raden mas adi
    10 Oktober 2017
    • Febriyan
      11 Oktober 2017
  16. rani kania anggraeni
    6 Oktober 2017
  17. Rahman Auf
    5 Oktober 2017
    • Febriyan
      12 Oktober 2017
  18. Holil nawawi
    1 Oktober 2017
    • Febriyan
      3 Oktober 2017
  19. mr.agung
    23 September 2017
    • Febriyan
      25 September 2017
      • triadi
        20 Desember 2017
      • Febriyan
        20 Desember 2017
      • Triady
        21 Desember 2017
      • Febriyan
        21 Desember 2017
  20. dina
    19 September 2017
    • Febriyan
      19 September 2017
  21. Nurdin Sikalem
    16 September 2017
    • Febriyan
      18 September 2017
      • Nurdin Sikalem
        20 September 2017
      • Febriyan
        20 September 2017
  22. Akbar natsir
    7 September 2017
    • Febriyan
      7 September 2017
  23. heri
    4 September 2017
    • Febriyan
      4 September 2017
    • Febriyan
      30 Juli 2017
  24. Fadli
    15 Juli 2017
    • Febriyan
      17 Juli 2017
  25. aryo
    7 Juli 2017
    • Febriyan
      10 Juli 2017
    • Febriyan
      10 Juli 2017
  26. Bangkit GP
    24 Juni 2017
    • Febriyan
      29 Juni 2017
      • Bangkit GP
        1 Juli 2017
      • Febriyan
        1 Juli 2017
      • Bangkit GP
        1 Juli 2017
      • Febriyan
        2 Juli 2017
      • Bangkit GP
        2 Juli 2017
  27. Bangkit GP
    24 Juni 2017
  28. inspirasi traveler
    24 Juni 2017
  29. technopada
    15 Juni 2017
    • Febriyan
      15 Juni 2017
  30. dimas
    25 Maret 2017
    • Febriyan
      27 Maret 2017
  31. iKurniawan
    2 Maret 2017
    • Febriyan
      3 Maret 2017
      • Simbah Buyut
        16 Juni 2018
      • Febriyan
        16 Juni 2018
  32. Kevin
    2 Maret 2017
    • Febriyan
      2 Maret 2017
  33. Green Coffee
    27 Februari 2017
    • Febriyan
      27 Februari 2017
  34. nia nastiti
    23 Februari 2017
  35. contoh surat mou
    23 Februari 2017
    • Febriyan
      24 Februari 2017
  36. Inayah
    23 Februari 2017
    • Febriyan
      23 Februari 2017
  37. Ragil K. Niti Putro
    21 Februari 2017
    • Febriyan
      22 Februari 2017
  38. Ristin
    21 Februari 2017
  39. Anjar Setyoko
    21 Februari 2017
    • Febriyan
      21 Februari 2017
  40. Kartes
    21 Februari 2017

Write a response

%d blogger menyukai ini: