fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

5 Tips Blogging yang Sering Diucapkan Namun Bisa Bikin Salah Jalan

6 min read

tips ngeblog yang menyesatkan tapi paling sering disebut-sebut

Saat memulai ngeblog, tujuan awal saya ya hanya untuk menuliskan apa yang saya alami dalam hidup. Semacam jurnal online gitu deh. Namun, semakin ke sini, saya semakin belajar soal blogging.

Mulailah saya mencari-cari tips blogging. Tidak sedikit yang memberi info tips blogging yang menyesatkan. Ini juga saya yakin gak dialami oleh saya doang. Banyak yang mengalaminya juga, apalagi blogger pemula hingga akhirnya melakukan kesalahan blogger pemula.

Nah, saya mau coba ulas beberapa tips blogging tersebut di tulisan kali ini. Moga gak ada yang tersingung sih. Baca sampai akhir dulu ya… :p

5 Tips Ngeblog yang Menyesatkan yang Paling Sering Dibagikan

Saya gak akan bahas banyak sih soal tips blogging yang agak “menyesatkan” di sini, hanya beberapa yang umum aja. Selain itu, menyesatkan di sini bisa diartikan sebagai:

Kurang lengkap informasinya.

Maksud saya, sebenarnya tips ngeblog yang disebut itu bisa jadi benar adanya. Namun karena ada beberapa informasi yang tidak disertakan saat membagikan tips, jadilah kayak berita “hoax“.

Seringnya saya mendapatkan anjuran soal ngeblog pas dulu nyari info tuh kayak gini.

Termasuk soal tips SEO juga. Dikasih tips A. Tapi rupanya, dibalik tips A ini, ada banyak informasi yang gak dishare. Apapun alasannya, menyimpan informasi ini jadi bikin tips yang diberikan “menyesatkan” untuk diikuti begitu saja.

tips ngeblog yang menyesatkan namun sering disebut-sebut
Di bawah ini 5 tips ngeblog yang menyesatkan namun sering disebut-sebut oleh banyak orang…

1. Bikin Blog Buat Dapet Duit! Beneran, Sudah Terbukti

Beberapa kali dapat tips ngeblog kayak gini, terutama ke mereka yang masih belum punya blog. Bikin aja… ntar bisa kayak kita-kita yang sudah dapat sekian banyak Rupiah (biasa juga diikuti dengan foto atau SS transferan).

Nah, kenyataannya gimana?

Gak segampang itu kawan!

Kenapa tips blogging ini saya anggap menyesatkan? Gak lain karena:

Gak kasih informasi, seperti apa mendapatkan uang dari blog?

Apakah dengan jual produk di blog? Atau terima sponsored post? Atau dengan Adsense? Ada banyak banget memang jenis yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog.

Namun, semuanya itu gak serta merta bisa dilakukan begitu kita membuat blog.

Contohnya saja – sponsored post.

Yang sudah biasa menerima job sponsored article ataupun content placement pasti tahu, apa yang dicari oleh para agency ataupun brand.

Mereka akan mengecek berapa Domain Authority blog kita. Berapa trafficnya? Seperti apa sih tulisan kalian – enak dibacanya gak?

Nah… kalau baru bikin, terus dah berharap dapat uang dan bahkan berharap untuk ongkang kaki dan uangnya mengalir terus, well…

belajar investasi reksadana online
Kalau emang mau dapat duit banyak, mending belajar investasi juga – klik aja langsung untuk belajar…

Tips untuk Blogger Pemula:

Jangan membuat blog hanya untuk mendapatkan uang dari blog. Belajar untuk konsistensi dulu dalam mengembangkan blog kita. Perbanyak traffic blog dengan menerapkan SEO on Page saat menulis.

Buatlah blog kamu lebih menarik agar orang ingat dan mau membaca blog kamu tanpa harus diminta.

Beli domain sejak awal akan lebih baik. Kenapa? Karena Domain Authority juga dipengaruhi usia domain yang kamu pakai. Kalau kamu sudah beli dari awal, kamu sudah bisa mengembangkan DA PA kamu dengan segera.

Tapi ya yang paling penting untuk diingat tuh:

Mendapatkan uang dari blog itu bukan hal instant!

O iya, buat blogger baru juga nih. Jangan lupa untuk daftarkan dan setting Google Search Console setelah bikin blog.

2. Tulis Setiap Hari Biar Blognya Ramai

Menulis tiap hari itu gak gampang. Beneran. Sekalipun seorang penulis buku kelas atas sekalipun. Kenapa? Ada kalanya ya kita burnt out – kehabisan ide. Atau mengalami yang disebut writer block.

Nah, apalagi di blog. Setiap hari menulis? Tentang apa? Mungkin di awal kita bisa menulis banyak hal. Namun, semakin lama, bahan tulisan kita sendiri akan habis dengan sendirinya.

Ini tips ngeblog yang menyesatkan yang mungkin kamu juga pernah terima. Tulis tiap hari agar traffic tinggi. Padahal belum tentu. Lah sudah menerapkan SEO aja bisa gak mendapatkan traffic kok.

Dengan nulis tiap hari, bukan hanya kita bisa kehabisan ide tulisan, kita pun gak memaksimalkan waktu tayang artikel kita agar dapat traffic.

Baru juga publish artikel. Belum banyak yang baca, eh sudah ada artikel baru. Follower setiamu sih bakalan baca. Tapi namanya manusia ya, tipikalnya itu, selalu akan membaca yang terbaru dibandingkan yang sebelumnya.

Solusi untuk Tips Menulis Tiap Hari

Daripada mengejar tulisan tiap hari, lakukan jadwal. Scheduling. Biar tulisan di blog kita itu lebih teratur dan konsisten. Seperti yang disampaikan oleh banyak blogger luar. Pernah juga ditulis oleh mbak Carra di Tips Sukses Ngeblog.

Lebih gampang untuk konsisten? Well, gak juga. Saya sendiri masih belum bisa konsisten dalam membuat tulisan secara berkala di blog ini. Karenanya butuh juga komitmen dalam ngeblog. Seperti yang disampaikan oleh mbak Ranny di IG TBI tuh. Ngeblog bukan hal mudah!

Follow Instagram Tulisan Blogger ya

Atau kalau memang ingin menulis tiap hari, tulis yang terkait apa yang lagi trending – setidaknya akan dapat traffic tinggi juga.

3. Bikin Konten yang Berkualitas Karena Content is the King

Emang bener sih. Content is the king. Algoritma Google pun suka konten yang memang relevan dengan yang dicari oleh user mereka.

Eh tapi ya…

Sebagus-bagusnya artikel yang kamu tulis, orang gak akan tahu kalau kamu sudah menulisnya, kalau kamu gak woro-woro.

Yes, Content is the King – Promotion is the Queen.

Apalagi kalau kamu itu blogger baru. Gak ada yang tahu siapa dirimu! Makanya, jangan terlalu fokus pada kata-kata content is the king-nya aja. Tapi juga perhatikan nextnya – promosikan artikel kamu.

Terus ada juga yang bilang:

Content is the king – Google loves long form article. Jadi tulis aja di atas Xribu kata setiap kali menulis.

Well, walaupun saya menulis ini juga panjang ya, tapi gak berarti harus Xribu kata setiap kali saya menulis.

Saya akan berhenti menulis saat apa yang ingin saya sampaikan sudah disampaikan.

Ditambah lagi, kalau kita gabungkan tips ngeblog yang menyesatkan nomor 3 ini dengan yang sebelumnya. Kita diminta membuat artikel yang berkualitas tapi juga harus menulis tiap hari!

Apa gak capek tuh?

Dua tips ngeblog ini tuh bertolak belakang banget. Bikin konten berkualitas itu butuh waktu banget.

Buat saya, konten berkualitas itu harus insightful – jadi perlu research. Nah, kalau sudah gini, gak mungkin saya menulis dalam 10 menit dan udah jadi.

Trik untuk Blogger:

Lupakan daily post kalau mau membuat artikel berkualitas dan sebaliknya. Pilih salah satu.

Keduanya strategi dalam ngeblog yang bisa dimaksimalkan. Asal tahu caranya. Tapi jangan lakukan keduanya sekaligus. Gak akan ada yang tercapai.

Fokus pada strategi ngeblog mana yang memang cocok untuk kamu!

Saya pribadi lebih suka mengambil strategi ngeblog yang gak tiap hari tapi kalau pas menulis memberi insight baru, yang semoga sih bermanfaat buat yang baca.

4. Ambil Semua Topik alias Jadi Lifestyle Blogger Aja, Biar Bisa Masuk Semuanya

Karena saya memang suka pelajari yang namanya SEO dan perkembangannya, saya mau kasih info nih. Kalau blog kita itu campur-campur banget, siap-siap kalah saing di pencarian.

Tips ngeblog yang “menyesatkan” ini memang bener dalam hal bisa mengambil brand apa saja yang mau kerjasama. Ya kan kita membahas segala hal. Mau produk A – Z masooook semua.

Namun ya, seperti yang saya bilang, algoritma Google sekarang itu lebih suka yang EAT – Expertise, Authority dan Trustworthy dari sebuah blog dan orang di baliknya.

Misalnya, kalau bicara soal keuangan, tulisan saya akan kalah dibandingkan tulisan Dani, Diskartes ataupun Slave Berdasi. Ya mereka ini memang sudah “ahlinya” dalam keuangan. Apalagi dalam hal analisa saham, Slave Berdasi boleh beud jadi patokan deh.

Itu dari sisi Google – yang mana salah satu sumber traffic blog yang bagus banget. Di sisi lainnya…

Blog kita pun gak dikenal sebagai SESUATU! Kitanya pun gak.

Iya, branding blog kita itu jadinya gak ada sama sekali. Kita itu maunya dikenal sebagai blogger yang gimana? Travel blogger? Finance? Technology?

Terus mengakalinya gimana, kalau sudah terlanjur?

Baca juga: Guest Post: Cara Menulis Sesuai Kebiasaan Orang Indonesia
tips menulis untuk blogger indonesia

Trik

Saya pernah membahasnya di blog Medium saya. Tulisan tentang Lifestyle Blogger. Nah di sana saya bilang:

Segado-gadonya blog kamu, temukan benang merah utama di sana. 80% bahasan harus tentang 1/2 topik utama. Sisanya boleh bahas yang lain dan setiap tulisan lainnya ini, sebisa mungkin dihubungkan juga ke benang merah tadi itu.

Ribet? Ya iya… kan sudah dibilang, ngeblog apalagi kalau tujuannya ingin mendapatkan uang dari blog, itu gak gampang.

5. Rajin Komen di Blog Lain Biar Dikenal

Well, memang sih, dengan meninggalkan jejak di blog lain, peluang kita dikenal pastinya ADA BANGED. Tapi bukan berarti juga komen spamming dengan link dalam komentar.

Atau sehari mengunjungi 50 blog dengan komentar:

Pertamax

emangnya situ jualan Pertamax ya? Kalau yang punya blog nyarinya Pertalite gimana?

Apalagi kalau ada tujuan lain di balik komentar ini, seperti “Ada udang di balik bakwan” gitu.

Yang sering terdengar sebagai tips ngeblog yang menyesatkan buat saya tuh: komentar di 50 blog setiap hari dan meninggalkan link biar domain authority/seo blog nya bagus.

5 Tips Blogging yang Sering Diucapkan Namun Bisa Bikin Salah Jalan 1
Saya pas baca tips ngeblog yang menyesatkan….

Well…

To be honest ya, saya itu jarang banget BW dan meninggalkan komentar di blog lain. Bukan karena sombong dan gak mau kenal sama yang lain ya. Ada beberapa alasan sih:

  1. Sayanya memang gak sempat BW rutin per hari. Sekarang ini, menulis artikel kayak gini aja saya sudah agak kewalahan. Apalagi sampai BW.
  2. Topik bahasannya bukan topik yang saya suka. Biasanya saya akan datang yang bahasannya terkait digital marketing, blogging, seo dan sejenisnya. Terkait kerjaan euy… perlu upgred diri dengan baca ginian.
  3. Sudah datang dan baca, tapi sayanya bingung mau komentar apa. Daripada saya spamming di komentar, mendingan saya gak komen sama sekali.

Lagipula, jujur juga, saya belum pernah mendapatkan bukti kalau komentar dengan link di blog orang lain – 50 per hari – bisa menaikkan DA. Kalau misalnya punya buktinya, mohon dikasih tahu ya sayanya.

Sebenarnya ada triknya…

Kalau memang mau dikenal sebagai blogger melalui komentar, sebenarnya ada tuh triknya.

Yang pasti gak spamming sih – eh ini berlaku juga di social media sih. Pas share artikel pun, ya jangan spamming lah. Seperti yang saya tweet beberapa waktu lalu:

Triknya adalah:

Berkomentarlah terkait isi tulisan dan berikan opini kamu terkait isi tulisan. Setuju atau tidak. Sertakan alasannya. Bikin orang yang baca komentarmu itu tergoda untuk mengunjungi blog kamu.

Ini sering saya lakukan kalau memang topik bahasannya menarik dan memang berhasil menarik orang untuk visit ke blog kita. Sayangnya, tidak jarang yang datang balik dengan komen:

“Tfs…”

Kalau sekadar itu komennya ya….

Semua Bisa Dipelajari

Saya sendiri sering mengatakan ini saat sharing soal SEO untuk Blogger.

Apapun yang saya katakan, belum tentu benar. Monggo dicek dan ricek dulu ya.

Eh bukan berarti saya gak pede atau salah sharing soal SEO. Namun, dikarenakan, SEO itu sesuatu yang selalu berubah. Bergerak. Gitu juga ngeblog.

Menurut saya, tips ngeblog yang menyesatkan bisa jadi karena tips itu bagus di jaman dulu. Saat negara api belum menyerang. Tapi sekarang? Ya harus disesuaikanlah.

Kalau memang kita sudah punya tujuan beda dalam hal ngeblog, misalnya sekarang motivasinya adalah uang. Ya sudah, ubah tips blogging yang didapat itu ke arah itu. Masih cocok gak? Jangan menelannya mentah-mentah.

Terus saran saya juga:

Ikuti tips ngeblog yang memang cocok untuk kamu.

Gak harus ngikutin semua tips yang dibagikan kok. Terapkan yang memang cocok dengan gaya kamu dan target kamu. Kamu gak ikuti trik yang saya share di atas pun juga gak apa kok. Hehehe.

Kalau teman-teman ada pernah dapat tips ngeblog lainnya, boleh dishare di komen.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

2 Replies to “5 Tips Blogging yang Sering Diucapkan Namun Bisa Bikin Salah Jalan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *