fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Adv] 5 Cara Tepat Merawat Sepatu Kerja Pria Berbahan Kulit Agar Tahan Lama

2 min read

tips merawat sepatu kulit pria

Sepatu kerja pria adalah salah satu item yang perlu diperhatikan untuk melengkapi busana kerja. Apa lagi kalau kamu yang merupakan pekerja kantoran, di mana penampilan diharuskan menarik. Ya kan?

busana kerja pria yang elegan
Untuk pekerja kantoran, 5 cara merawat sepatu pria berbahan kulit ini perlu dibaca

Jadi selain harus memadukan busana atasan dan bawahan, sepatu juga tidak boleh luput dari perhatian.

Baca juga: 7 Aksesoris Busana Pria yang Wajib Dimiliki

Pada dasarnya sepatu berfungsi sebagai alas kaki yang mana ditujukan untuk melindungi kaki. Akan tetapi kini fungsi sepatu sudah bertambah, yakni sebagai pelengkap penampilan.

Untuk itulah pemilihan sepatu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kamu harus benar-benar mempertimbangkan bahan, warna, model maupun harga sepatu yang akan dibeli. Eh, jangan lupakan juga masalah nyaman di hati eh kaki.

5 Cara Merawat Sepatu Kerja Berbahan Kulit yang Tepat

Mendapatkan sepatu yang tepat bukan lantas membuat kita bisa bebas tanpa perlu merawatnya. Yup, sepatu semahal dan sebagus apa pun bisa rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Apa lagi jika sepatunya berbahan dasar kulit, di mana cara perawatannya berbeda dengan sepatu bahan lainnya.

cara merawat sepatu pria berbahan kulit
Memiliki sepatu berbahan kulit itu agak lebih rumit dalam merawatnya…

Berikut adalah cara merawat sepatu kerja pria berbahan kulit yang perlu diketahui.

1. Kenali Bahan Sepatu

Meski secara umum sepatu kita sama-sama terbuat dari kulit, namun bahan ini juga memiliki beberapa jenis. Untuk itu kenali dulu karakter kulit pada sepatu yang kita pakai.

Apakah bahan tersebut elastis atau tidak, tahan di segala cuaca atau tidak serta kenali juga tingkat kelembabannya. Ini untuk memudahkan kita sendiri dalam merawatnya.

2. Semir Sepatu

Sepatu yang belum terlalu kotor sebaiknya tidak langsung dicuci. Alternatifnya adalah dengan menyemir sepatu setiap kali sepatu mau dipakai.

Menyemir sepatu akan membuat sepatu kerja kita tampak lebih bersih dan terlihat seperti baru. Kendati demikian, gunakan semir yang memang diperuntukkan sepatu berbahan kulit ya.

Selain itu cara menyemir juga perlu diperhatikan. Lakukan menyemir ini sebaiknya dalam gerakan satu arah.

3. Hindari Udara yang Terlalu Lembab

Apabila kamu menyimpan sepatu di dalam box, usahakan untuk memasukkan silica gel ke dalam sepatu. Ini bertujuan agar tidak ada jamur yang muncul di area sepatu. Jamur muncul pada kondisi sepatu yang lembab dan perlahan ini akan membuat bahan kulit menjadi lapuk.

Ini salah satu cara merawat sepatu pria yang seringkali diabaikan – entah disengaja ataupun tidak.

4. Tata Sepatu dengan Benar

Sepatu kerja pria yang jarang dipakai mungkin akan disimpan di dalam kotak, namun biasanya sepatu yang sering dipakai akan ditaruh di rak sepatu agar lebih mudah mengambilnya. Supaya sepatu yang ditaruh di rak sepatu tetap bagus, usahakan untuk menatanya dengan benar.

[Adv] 5 Cara Tepat Merawat Sepatu Kerja Pria Berbahan Kulit Agar Tahan Lama 1
Cara merawat sepatu kerja pria berbahan kulit: menata yang tidak dipakai dengan baik

Jangan menata sepatu dengan jarak yang terlalu dekat antar sepatu lainnya.

Ini bertujuan agar sepatu kulit favorit kita tidak bergesekan dengan sepatu lainnya sehingga memungkinya adanya bekas baret. Terdengar sepele memang, tapi ini berpengaruh pada kualitas sepatu kerja kita.

5. Cuci dan Keringkan Sepatu

Selain cara penyimpanan dan peletakkan, cara mencuci hingga cara mengeringkan sepatu juga turut berpengaruh pada ketahanan sepatu yang kita punya.

Manfaatkan sponge khusus (tekstur halus) untuk mencuci sepatu.

Sedangkan cara mengeringkan sepatu, upayakan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari berlebih.

Tips fashion: Cara merawat sepatu pria berbahan kulit yang benar!

Itu Cara Merawat Sepatu Berbahan Kulit yang Benar… Ada Tambahan?

Demikianlah 5 cara yang merawat sepatu kerja pria berbahan kulit. Bahan kulit ini memang dikenal lebih awet karena memiliki ketahanan lebih dibandingkan sepatu dengan jenis bahan lainnya.

Meski begitu sepatu ini juga harus dirawat dengan tepat agar kualitasnya terjaga. Namun apabila sepatu kulitmu terlanjur rusak karena tidak dirawat dengan baik, coba cek deh Bukalapak. Kamu bisa membeli yang baru di Bukalapak.

Marketplace Bukalapak menyediakan berbagai pilihan sepatu kerja hingga blazer pria yang berkualitas. Banyaknya pilihan yang disediakan tentu memudahkan kita mendapatkan sepatu maupun fashion item lainnya. Lebih dari itu, transaksi di Bukalapak juga sangat aman, jadi belanja pun makin nyaman.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *