fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

5 Sumber Traffic Blog ini Sudah Dimanfaatkan untuk Menaikkan Pengunjung Blog Kalian Belum?

4 min read

cara menaikkan pengunjung blog dengan melihat sumber traffic blog

Jujur ya. Kalau ada blogger yang bilang, saya tak perlu traffic, saya kok rasanya ndak percaya ya. Beneran ya gak perlu traffic di blog? Gak perlu atau malas ya sebenarnya?

Saya merasa agak BS sih, apalagi kalau blogger itu termasuk yang aktif monetasi blog. Entah monetisasi dengan adsense, sponsored post ataupun giat datang ke event.

Kalau memang monetasi blog, apalagi dengan Adsense, traffic blog itu penting. Bangeddd! Lagipula, kalau blog kita punya traffic yang bagus, daya jual kita sebagai blogger naik kan. Masa sih gak mau? Atau memang rela menjadi blogger remahan rengginang (seperti yang sering saya dengar?).

sumber traffic blog

Nah, kali ini saya mau menuliskan beberapa sumber traffic blog yang bisa kita coba. Gak ada satu sumber traffic yang pasti untuk blog. Misalnya, sumber traffic blog ini 80-90% dari SEO. Tapi di blog lain yang saya punya, ada juga yang sumbernya dari sosial media.

Kalau kita fokus pada yang memang mendatangkan view ke blog kita, yah… setidaknya, ketika dapat job dengan pageview tertentu, kita gak perlu: “minta view dan komennya ya”.

Sumber Traffic Blog yang Bisa Kita Optimalkan Sebagai Blogger Indonesia

Dalam tulisan ini saya akan share beberapa cara meningkatkan pengunjung/traffic blog kalian. Mulai dari yang paling biasa dilakukan hingga yang mungkin tidak terpikir untuk dilakukan selama ini (termasuk saya sih hehehe).

1. Search Engine Optimization (SEO) – Sumber Traffic Blog Gratis dan Banyak, Asal…

Kita menerapkan optimasi di blog dan tulisan kita untuk search engine ini. Ya iyalah… kalau gak diterapkan, gimana ceritanya bisa dapat traffic?

Apalagi kalau kita ini:

#BloggerIndonesia, pemula atau baru, sangat disarankan untuk menerapkan #SEOonPage sejak awal. Alasannya ada di sini… Click To Tweet

Kenapa? Karena, siapa kita?

Atau dalam bahasa gaoelnya, siapa elohhh???

Kecuali kalau kita ini adalah sosok selebriti yang udah terkenal di mana-mana dan baru bikin blog. Beda cerita.

Saya selalu menganjurkan kalau blogger pemula menggunakan SEO sebagai sumber traffic di awal-awal – terutama untuk yang tidak punya budget untuk pasang AdWords.

Terus gimana cara menerapkan SEO on Page di blog dan artikel kita? Well, kalian langsung cek aja kategori tips SEO di Tulisan Blogger Indonesia atau ada juga beberapa tulisan di sini sih.

2. Media Sosial

Entah itu Twitter, Facebook, Google Plus, Pinterest dan lainnya. Media sosial sebenarnya adalah tambang dalam mendapatkan pengunjung blog. Asal…

Kita tahu kapan harus #share dan bagaimana cara share di Sosial Media kita sebagai salah satu #SumberTrafficBlog kita. Click To Tweet

Setiap media sosial memiliki karakteristik tersendiri. Kalau kita manfaatkan dengan baik, semua itu akan menjadi sumber traffic blog yang cukup signifikan – sekalipun kita itu gak punya banyak follower.

mendapatkan sumber traffic blog melalui sosial media
Mengoptimakan Media Sosial untuk mendapatkan pengunjung blog dari Kissmetrics

A. Twitter

Untuk mengoptimalkan pengunjung blog dari Twitter, kita harus tahu kapan sharingnya, hastag apa yang dipakai dan seberapa sering share di twitter.

Eh tapi jangan juga sampai hashjacking ya…. Itu termasuk spamming di Twitter. Apalagi kalau kalian nebeng hastag yang trending tapi gak sesuai sama isi artikel kita.

Cara paling gampang untuk memaksimalkan pengunjung blog dari Twitter adalah dengan memantau Twitter Analytics kita. Udah dikasih gratis kan, napa gak dimanfaatkan.

Di analytics itu bisa kita lihat jam berapa follower kita pada aktif. Interest mereka apa aja. Demografinya seperti apa. Twit seperti apa yang bagus engagement nya. Terus mana yang diklik mana yang gak. Sudah pernah analisa mendalam gak soal ini?

B. Facebook

Beda dengan Twitter yang semakin sering share semakin bagus, di Facebook agak beda. Semakin sering share dalam kurun waktu singkat itu bisa dianggap SPAM kakkk…

Pernah lihat yang share di 10 group FB sekaligus?

saya pernah dong… sering malah.

Nah… itu dianggap spamming sekarang. Apalagi algoritma Facebook sekarang udah semakin ketat untuk masalah ini. Jangan sampai akun FB kita malah kena block. Sayang kan.

Daripada share sekaligus, terapkan seperti dalam gambar di atas juga boleh loh.

Saya hanya bahas detail untuk 2 sosial media di atas ya. Karena dua itu sih yang saya perhatikan aktif dan bisa dimanfaatkan banget untuk menjadi sumber traffic blog kita di Indonesia ini.

Meningkatkan #TrafficBlog di Sosmed bisa dengan menaruh tombol sharing di blog. Sudah belum? Click To Tweet

Saya sendiri juga menggunakan plugin Revive Old Post untuk share otomatis tulisan lama di blog ini ke Twitter.

3. Sumber Traffic Blog: Email Marketing

Untuk di Indonesia, terutama di kalangan blogger, saya melihat penggunaan Email Marketing masih belum seperti di luar sana. Kebanyakan email marketing ini digunakan oleh situs belanja online ataupun bisnis. Padahal, kita bisa meningkatkan pengunjung blog dengan newsletter.

sumber traffic blog email
Email newsletter ini masih jarang dilakukan dan dianggap sebagai sumber traffic blog yang perlu dipertimbangkan di sini…

Ada banyak yang mengaktifkan widget subscriber yang meminta alamat email. Namun kemudian tidak memanfaatkannya dengan maksimal (malah menyalahgunakan sih ada juga pernah kejadian).

Saya pribadi mengamati bagaimana blogger luar negeri seperti NeilPatel, Problogger dan lainnya memanfaatkan newsletter ini. Mereka tidak menggunakan otomasi email saat tulisan terbit.

Namun menyusun ulang newsletter mereka dan memberi pengantar yang membuat banyak yang tertarik dan klik.

4. Guest Posting di Blog Orang Lain

Hahhh? Ngapain? Buat apa sih! Nulis di blog sendiri aja udah ngos-ngosan. Ini malah disuruh nulis di blog orang lain. Padahal manfaat Guest Posting itu banyak loh, salah satunya ya untuk meningkatkan pengunjung blog kita dari pembaca setia blog yang kita titipkan artikel itu.

Di blog ini sendiri (untuk all time traffic ya), jumlah klik ke blog yang pernah Guest Post di sini, yaitu Dani Rachmat dan juga Carolina Ratri itu cukup tinggi loh. Lihat aja gambar di bawah. Masa gak mau sih dapat tambahan pengunjung ke blog?

5. Menulis di Platform Lainnya…. Seperti Medium atau AGC dan UGC.

Selain untuk tujuan SEO off Page, saya sering menulis di Medium. Di sana saya memasukkan link ke artikel yang ada di blog. Nah, ini juga salah satu sumber traffic blog yang cukup bagus kok. Lihat saja traffic yang saya dapat dari Medium (ini periode sehari aja sih waktu ngecek…)

sumber traffic blog selain seo
Ini traffic dari Medium. Lumayan kan? Saya sih lebih suka karena Bounce Rate nya kecil.

Medium ini hanya salah satu contoh aja sih. Banyak platform lain seperti Medium kok. Selain platform ngeblog juga seperti Medium, sebenarnya ada satu sumber traffic blog yang bagus juga, yaitu AGC dan UGC.

AGC – Aggregate Generated Content – situs yang mengambil feeds artikel dari situs lainnya, termasuk blog. Contohnya itu dreamcoid atau kalau dulu ada kokgituya.com. UGC itu User Generated Content, di mana kontennya itu dibuat oleh user langsung di situs tersebut. Sebut saja Hipwee sebagai contoh.

Nah… kita bisa memanfaatkan kedua tipe situs ini untuk sumber traffic blog kita loh sebenarnya. Hanya saja harus diperhatikan khusus:

AGC nya hanya sebatas "preview" harus baca lanjut di blog kita. Saat kita menulis di #UGC pun jangan sampai #DuplikatKonten Click To Tweet

Hasilnya kira-kira gimana? Kalau saya sendiri pernah mengalami sampai seperti dalam gambar ini:

sumber traffic blog untuk meningkatkan pengunjung
Ini traffic blog ini dari kokgituya (Daihatsu.co.id) untuk all time. Sayangnya sudah gak ada lagi… hiks

Kesimpulan

Selain 5 sumber traffic blog di atas, masih ada lagi sumber traffic lainnya untuk blog kita sebenarnya. Seperti Ads. Kalau kita targeting saat setting iklan di FB ataupun di Google itu sudah benar, itu akan sangat efektif dalam meningkatkan pengunjung blog kita.

Saya sendiri pernah menggunakan FB Ads untuk salah satu tulisan sponsor dan mendapatkan traffic yang cukup lumayan (sekitar 200an kalau tidak salah ingat) dengan budget yang gak besar. Tapi memang, ini kalau kita punya uang alias dana ya. Sedangkan sumber traffic blog di atas itu free.

Nah, kalian sendiri punya sumber traffic blog lainnya? Share yukkk….

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

49 Replies to “5 Sumber Traffic Blog ini Sudah Dimanfaatkan untuk Menaikkan Pengunjung Blog Kalian…”

  1. Wah mntap nih, yang sering ane lakuin adalah share di facebook.. Moga gak kenapa napa aja facebook ane gan hhe salam sukses

  2. Mas, saya tertarik dengan cara ques posting orang lain karena susah nulis artikel apalagi ada artikel seo tidak plagiat dll. Penawaran yg suka nulis artikel di blog saya. Bisa hub email saya atau lihat blog saya mengenai topiknya. Trims atas perhatia

  3. mak jleeb judulnya. persis dengan masalah yang gue alami. pusing kok selama setahun trafik di blog kok masih stagnan ya… ternyata artikel ini solusinya. makasih om infonya…

  4. terima kasih ilmunya bermanfaat untuk saya yang baru belajar bikin2 blog tapi masih susah buat naikin ratingnya.
    Salam kenal – syahrul mitsubishi

  5. Aku suka tampilan blog Mas Ryan yang sekarang, tulisannya gede-gede. Aku kemarin pengen bikin newsletter itu tapi kawatir ga kehandle ke depannya. Lame excuse ya :p

    1. Yahhh… padahal mau ganti tampilan lagi nih Nia. gimana dong? tp emang kmrn itu ngerasa tulisannya kekecilan sih. makanya digedein.

      Perlu dijitakinkah? hihihi

  6. Aku langsung klik google analytic untuk traffic sepanjang Mei 2018.

    Traffic lewat Organic Search menduduki posisi utama diikuti Direct, Social dan terakhir Referral.

    Itu tandanya apa ya Mas?

  7. Nah nah nah.. aku setuju! Kebanyakan kita bukan share di sosmed tapi lebih ke spamming dan ujung2nya malah rusak image sendiri hehe

    Thx mas,Ilmunya keren

  8. traffic blogku belakangan ini menurun drastis mas…
    yg paling kerasa sih kayakny krn aku jarang share (gak serajin dulu) di medsos dan gak hampir gak sempet lagi BW…
    yg dateng kayaknya ke tulisan2 lama yg orang cari lewat google

  9. Sangat bermanfaat mas, apalagi untuk blogger remah remah rengginang macam saya. Hehe..cuma saya masih bingung caranya bikin subscribe buag blog kita. Ahh, cupu sekali ๐Ÿ™

    1. Mbak Meykke pakai self-hostedkah?
      Kl self-hosted bisa aktifkan plugin spt sumome dan juga wp subscribe mbak. saya ada tulis di Tulisanbloggerindonesia.com utk plugin ini.

  10. kalo aku masih ngandelin traffic dari seo aja mas, lumayan meskipun lagi lama absen posting, tapi ada lah pv minimal 300an sehari.. share sosmed padahal lumayan juga ya mas untuk naikin traffic, tp anaknya suka malesan hehe

    1. Iya. Apalagi kl yg dishare ndak ada yg reaksi. Lebih baik sih jgn share langsung. pelan2 aja share nya. Skrg share… 2/3 jam lagi share lagi.

  11. Paling ngarep sih trafik dari google, kalau dapat pegunjung jd bisa 2x lipatnya. Misalnya hari ini 500 masuk dari google, trafik sekitar 1000-1200 sdh pasti dapat. Untuk share sosmed paling kuatur tayang pagi atau siang hari waktu Indonesia ya, bukannya pas jam tidur di tanah air hehe ๐Ÿ˜€ . Pernah dengar sih analitik twitter, nanti aku coba buka lagi deh, tertarik pengen tahu lebih dalam ๐Ÿ˜€ . Btw nih ketiga kalinya deh, aku mau komen dari chrom ga ada tombol โ€žpublishโ€œ nya.Jadi 2 sblmnya di blog self hosted juga ga ada tombol tsb.

    1. Huaduhhh… gak ada tombol publish ya? Hiks… bingung kl udah yg itu mbak.

      Iya, kl dirimu share itu memang hrs dijadwalkan. Pakai apa mbak selama ini utk jadwal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *