fbpx
cara meningkatkan penjualan dengan mudah

[Guest Post] 3 Cara Mudah yang Akan Meningkatkan Penjualan Anda

Kamu sedang berjualan saat ini? Atau malah penjualan kamu belum sampai dengan target yang ingin dicapai? Lalu dengan hal tersebut kamu ingin meningkatkan penjualan kamu sampai 2 kali lipat dari sebelumnya.

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara meningkatkan penjualan itu? Jika kamu sedang mencari cara untuk bisa melakukan hal tersebut maka kamu telah melakukan langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan kamu.

Dalam dunia marketing menjual sesuatu bisa dikatakan sebagai hal yang mudah dan tidak mudah.

Baca juga: Tips Seputar Menjual Produk

Kita bisa ambil sebuah perbandingan mana yang lebih mudah, apakah menjual sebuah buku atau menjual sebuah mobil?

cara meningkatkan penjualan dengan mudah
Guest Post: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Mudah untuk Pengusaha… Simak aja langsung ya…

Tentu jawabannya akan lebih susah menjual mobil. Karena permintaan dari sebuah mobil lebih sedikit dari permintaan dari sebuah buku. Hal tersebutlah yang menyebabkan pembeli buku lebih banyak dari pembeli mobil.

Jadi mudah dan tidak mudahnya sebuah penjualan akan sangat tergantung dari produk apa yang kamu jual.

Sebaiknya sebelum kamu menjual produk yang ingin kamu jual, kamu melakukan riset terlebih dahulu dan mengetahui seluk beluk dari produk yang kamu jual sehingga kamu akan lebih mengetahui produk kamu dari pelanggan.

3 Cara Meningkatkan Penjualan yang Mudah Dilakukan Pengusaha

Oke langsung saja ke pembahasan utamanya, Inilah 3 Cara Yang Akan Meningkatkan Penjualan Kita.

1. Ketahuilah Produk Kamu Lebih Banyak Dari Seorang Pembeli

Kebanyakan dari seorang penjual yang gagal menjual barangnya adalah karena dia tidak tahu informasi lengkap dari produknya. Lebih parahnya lagi calon pembeli malahan mengetahui informasi produknya lebih banyak.

Hal ini menjadi sebuah kesalahan fatal dari seorang penjual.

Jika kamu ingin meningkatkan penjualan kamu maka belajarlah terlebih dahulu untuk mencari informasi lengkap dan detail tentang produk kamu.

Jangan takut untuk meluangkan beberapa waktu untuk belajar tentang produk kamu karena hal tersebut juga menjadi sebuah investasi.

Jika kamu kekurangan informasi mengenai produk yang ingin kamu jual maka kamu bisa mencari informasinya melalui google. Atau bahkan kamu bisa langsung bertemu dengan supplier dari produk yang kamu jual tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan.

Jangan lupa cek juga apa saja kelebihan dan kelemahan dari produk yang akan kamu jual.

cara meningkatkan penjualan dengan promosi
Bagaimana cara meningkatkan penjualan? Salah satunya dengan PROMOSI!

2. Tingkatkan Promosi

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan penjualan kamu adalah dengan melakukan promosi. Tidak ada langkah lain lagi yang akan meningkatkan penjualan kamu selain meningkatkan promosi.

Simak juga Tips Wirausaha dari Pemenang Astra StartUp Challenge ini

Saat ini orang-orang lebih banyak beraktivitas di dunia maya manfaatkan kesempatan untuk berpromosi di dunia maya tersebut sebab hal itu akan jauh lebih efektif ketimbang kamu berpromosi di dunia yang real.

Kamu bisa mencoba untuk berpromosi ke Facebook, Google, atau bahkan Instagram. Jangan lupa juga untuk memasukan produk kamu ke Marketplace Indonesia atau Internasional.

Baca juga: Tips Promosi di Facebook

Sesuaikan produk yang ingin kamu promosikan dengan beberapa marketplace yang ada.

Untuk beriklan di situs-situs tersebut tentunya butuh dana. Menurut saya hal tersebut memang harus dilakukan. Jika melihat hasil akhirnya tentunya dana yang kamu keluarkan untuk beriklan nanti akan kembali lagi ketika kamu menentukan target market yang tepat untuk beriklan.

Jika kamu ingin belajar soal periklanan dan beberapa peluang usaha untuk pemula yang lebih lengkap lagi maka kamu bisa mengunjungi blog ini: Panduan dan Peluang Usaha Lengkap

3. Buatlah Strategi Marketing

Untuk menentukan strategi marketing harus disesuaikan dengan produk yang kamu jual. Sebab menjual sebuah mobil dengan sebuah pen adalah hal yang berbeda dan membutuhkan strategi yang berbeda.

Membuat Strategi Marketing yang tepat untuk produk adalah salah satu cara meningkatkan penjualan kamu. #GuestPost #TipsUsaha Klik kalau setuju

Misalnya, produk kamu adalah sebuah barang yang punya persaingan ketat. Namun permintaan sedikit maka kamu harus memberikan pernyataan yang menarik mengenai keuntungan dari produk tersebut.

Kamu juga harus bisa menjelaskan dengan menarik apa saja masalah yang bisa diselesaikan. Boleh juga kamu membandingkan produk kamu dengan produk saingan kamu.

Sebaliknya, produk kamu adalah barang yang penuh dengan persaingan. Dan juga diiringi dengan permintaan yang tinggi. Kamu bisa mencoba untuk menekan harga dengan memberikan harga murah.

Misalnya seperti produk buku, pen, atau barang-barang yang dibutuhkan orang banyak lainnya.

Kamu juga bisa mencoba untuk menerapkan metode marketing dengan memberikan diskon atau beberapa penawaran menarik agar orang-orang ingin membeli produk tersebut.

Jika produk kamu adalah barang yang eksklusif maka kamu bisa mencoba untuk menekan para konsumen. Dengan menyebutkan stok terbatas atau memberi penawaran terbatas dan terus lakukan langkah follow-up kepada konsumen tersebut.

memahami pembeli
Memahami Konsumen dan kenapa dia menolak untuk membeli adalah salah satu cara meningkatkan penjualan

2 Tipe Konsumen yang Menolak Produk

Dalam dunia marketing sebenarnya hanya ada dua tipe konsumen yang menolak produk yang kamu tawarkan.

  1. Yang pertama adalah konsumen yang ingin membeli produk kamu namun dananya tidak mencukupi.
  2. Yang kedua tidak membeli produk kamu karena produk kamu tidak menyelesaikan masalah yang dia hadapi.

Jadi buatlah strategi marketing yang menarik dan dapat mengatasi kedua hal tersebut.

Cara meningkatkan penjualan dengan mudah dimulai dari memahami KONSUMEN.

Itulah 3 cara meningkatkan penjualan kamu dengan mudah. Semoga dengan artikel ini penjualan kamu semakin meningkat dan tercapai target penjualannya.

Tentang Penulis

Teddy Juwandi adalah pemilik blog Serbabisnis.com. Sebuah blog yang menyediakan beberapa panduan dan peluang usaha bagi para calon pebisnis sehingga mereka mendapatkan beberapa referensi untuk membuka usaha tersebut.

Leave a Reply