fbpx
review hosting yang cocok untuk blog

Review Qwords – Hosting Yang Cocok Untuk Blog Kamu

Disclaimer – Review Qwords: Hosting Yang Cocok Untuk Blog Kamu ini bukanlah post berbayar. Hanyalah sharing yang pernah saya alami serta modifikasi atas post untuk lombanya sih dulu.

Apa masalah yang dihadapi saat memutuskan pindah dari free-hosting blog platform ke self-hosted blog? Dari pengalaman saya yang gak seberapa ini, pas pindahan blog ini dan juga blog lainnya, yang paling susah itu bukan masalah memindahkan postingan, setting plugin ataupun mencari theme yang sesuai di hati. Tapi lebih susah lagi adalah mencari hosting yang cocok untuk blog, baik di hati ataupun di kantong (curcol dikit).

Kalau salah pilih, bisa-bisa kita berakhir dengan mengeluarkan biaya yang lebih lagi dari yang seharusnya. Makanya kita, blogger, harus cerdas (cermat) dalam memilih webhosting yang tepat untuk diri kita. Apalagi dengan begitu banyaknya web hosting yang beredar di luaran sana dengan iklannya yang menggiurkan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Hosting

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih hosting. Yang paling utama menurut saya yang harus diperhatikan saat memilih webhosting adalah tujuan membuat web.

Apakah untuk personal branding alias personal blog seperti blogger atau untuk usaha online alias usaha di internet.

Beda tujuan dalam membuat website akan sangat mempengaruhi jenis paket hosting yang kita pilih nantinya. Makanya, di sini saya mau share dikit ya tentang memilih hosting yang cocok untuk blog ataupun usaha online.

cara cerdas memilih hosting terbaik yang coook untuk blogger dan pengusaha online

Cara Mencari Hosting Yang Tepat Untuk Blog

Nah ini tips dari saya untuk memilih webhosting yang tepat setelah memiliki yang saya sebutkan di atas – tujuan menggunakan hosting, yaitu:

Mengumpulkan Daftar Hosting Dalam Memilih Web Hosting Yang Tepat

Penyedia jasa hosting saat ini sudah banyak, baik lokal maupun luar negeri. Pertanyaan saya saat mencari hosting kemarin itu adalah manakah hosting terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan saya. Sebelumnya, saat saya membeli paket domain dan hosting, saya tidak memperhatikan berapa kebutuhan saya – hanya fokus pada murah. Ternyata, kebutuhan saya melebihi yang disediakan. Saya pun berakhir dengan tidak bisa lakukan apapun.

Jangan berpatokan pada murahnya saja – tapi banyak faktor yang terkait dalam memilih hosting ini yang perlu diperhatikan, seperti support, kemudahan akses panel hosting kita, besarnya kapasitas yang diberikan dan lainnya.

Karena itulah perlu banget menurut saya untuk mencari info sebanyak-banyaknya tentang hosting yang ada, mau lokal maupun internasional. Jangan hanya karena iklan tertentu jadi hanya fokus pada satu jasa hosting yang ada saja. Seperti sedang mencari kerja, kita kan mencari info sebanyak-banyaknya tentang daftar perusahaan yang mungkin kita apply kan?

Teliti, Teliti dan Teliti atas Jasa Web Hosting

Dengan banyaknya pilihan jasa hosting yang ada, sebenarnya kita memiliki keuntungan, yaitu kita bisa membandingkan antara yang satu dengan yang lainnya. Dari sisi harga, paket yang diberikan, dari segala sisi yang memungkinkan untuk kita bandingkan. Belum tentu hosting luar lebih bagus dari yang lokal kok. Dari sisi harga mungkin penyedia jasa web hosting lokal bisa lebih mumpuni tapi dengan paket fasilitas yang tak kalah dengan yang luar itu.

Teliti semua informasi yang diberikan dari masing-masing penyedia jasa itu, apakah ada syarat dan ketentuan berlaku juga – seperti promosi kartu kredit itu loh. 😀 Jangan sampai juga kita terjebak dengan jasa hosting yang ada.

Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Nah, seperti kata pepatah di atas, banyak-banyak baca review tentang hosting yang akan jadi pilihan kalian. Sekarang ini suara pengguna kan jadi satu faktor penentu juga, seperti review tentang snack dan review lainnya. Semua bisa kita baca hanya dengan satu pencarian. Coba baca dengan detail apa yang dialami oleh orang untuk hosting yang masuk dalam daftar pilihan kita.

Ibaratnya, jangan percaya yang jualan saja. Pasti akan memberikan yang bagus-bagus – namanya juga iklan atau promosi kan. Pasti menaikkan “harga” produknya, tapi review dari yang menggunakan atau pernah menggunakan jasanya bisa lebih kita percaya. Salah satu caranya bisa juga tanya ke teman-teman blogger yang sudah menggunakan domain dan pengalamannya, eh tapi harus ingat juga ya, domain bukan berarti self-hosted loh.

Support Penyedia Jasa

Nah salah satu hal yang menurut saya sangat penting, gak hanya dalam hal hosting, adalah support dari si penyedia jasa. Layaknya beli mobil, kita kan perlu pastikan juga kalau nanti service centernya gampang digapai. Kalau susah di daerah kita, ah lebih baik gak usah ambil kan?

Seperti itu juga dalam hal layanan hosting, support yang standby alias online 24/7 menurut saya sih sangat penting. Pas saya pindah hosting kemarin itu, saya mengalami beberapa kendala, seperti memindahkan service dari hosting lama ke yang baru. Kalau saja hosting baru itu tidak stand by, ya mungkin saya gak akan jadi self-hosted sama sekali.

Hosting Yang Cocok Untuk Blog

Saat memutuskan untuk pindah ke self-hosted, saya masih agak trauma dengan jasa hosting lokal, makanya gak melirik yang lokal. Tapi setelah mengikuti dan membaca detail informasi soal hosting lokal untuk blog, saya pun melihat kalau Qwords ini salah satu hosting yang cocok untuk blog yang bisa saya rekomendasikan.

review hosting yang cocok untuk blog
Qwords – Hosting yang cocok untuk blog kamu

5 Kelebihan Qwords Sebagai Hosting Yang Cocok Untuk Blog

Kalau Qwords ini adalah jasa layanan hosting (dan juga domain) lokal dengan service luar biasa. Apalagi ditambah dengan pengalaman saat membantu Blog Mbak Ristin saat pindahan kemarin. Supportnya sangat menolong. Setiap ada masalah, tinggal buka web (bisa mobile juga), kita sudah bisa chatting dengan support dan pasti akan dibantu. Nah apa aja sih yang disediakan oleh Qwords untuk kita?

  1. Kemudahan memilih domain (com, co id, dan lainnya). Kita bisa memilih puluhan domain yang bisa kita pakai untuk website kita.
  2. Tak perlu kartu kredit, salah satu kesulitan membeli hosting luar adalah harus menggunakan kartu kredit atau akun paypal. Di Qwords kita pakai transfer ke rekening doang kok.
  3. Akses CPanel yang lengkap. Salah satu yang penting dalam self-hosted adalah akses ke cPanel, yang memungkinkan kita untuk konfigurasi website dengan mudah. Di Qwords, kita diberikan akses ke cPanel jadi bisa setting dengan mudah (sangat berguna pas ada problem plugin dan lainnya terus jadi banyak belajar juga).
  4. Support siap membantu dengan ramah. Keramahan para support ini berasa banget karena saya ini kan bawelnya minta ampun, tanya ini itu mulu. Mereka itu balas dengan ramah loh. Gak ada tuh marah-marah. Dikasih petunjuk perlahan.
  5. Pilihan paket lengkap, setidaknya menurut saya. Buat para blogger bisa pilih paket personal (paket personal ini saja ada beberapa macam). Salah satu hosting yang cocok untuk blog ya yang personal ini. Tapi boleh juga kok kalau mau yang profesional, apalagi kalau sudah menjadi blogger pro.

Itu sih 5 hal tentang Qwords yang menurut saya sebenarnya adalah kelebihan Qwords dibanding jasa hosting lokal lainnya.

Gimana? Ingin pindah ke self-hosted atau ingin membuat online shop? Gak usah ragu buat pakai Qwords loh, tinggal klik Qwords ini aja, dalam hitungan jam, domain dan hosting sudah dalam genggaman. Tapi siapin dulu pilihan nama domain kalian ya….

Kesimpulan Mencari Hosting Yang Cocok Untuk Blog

Memang mencari hosting yang cocok untuk blog ini bukan masalah mudah, seperti mencari jodoh gitu deh. Tapi kalau sudah ada satu layanan yang memang dirasakan cocok, kenapa gak. Betul gak? Nah Qwords ini sendiri bisa menjadi pilihan deh. Review saya untuk hosting lokal yang satu ini adalah 4 dari 5 bintang.

Review Qwords Hosting
  • Akses Website Mudah
  • Layanan support cepat
  • Support mobile
4

Cocok Untuk Blog Kamu

Kalau bicara soal hosting yang cocok untuk blog itu memang gak mudah. Tapi berbeda dengan memilih theme di mana kita bisa coba-coba, di sini gak bisa loh. Nah, saya sendiri sudah menggunakan qwords untuk beberapa domain yang saya punya dan so far salah satu hosting lokal yang saya rekomendasikan untuk blogger.

63 Comments

  1. Nadiar 30 Juni 2018
    • Febriyan 1 Juli 2018
      • Nadiar 1 Juli 2018
      • Febriyan 4 Juli 2018
  2. Bisma 17 Juli 2017
    • Febriyan 18 Juli 2017
  3. KomentarMu 24 April 2017
    • Febriyan 25 April 2017
  4. Helena 8 Oktober 2016
    • Febriyan 10 Oktober 2016
  5. Si mang 14 Februari 2016
    • Febriyan 14 Februari 2016
  6. Liz Prayitno 9 Februari 2016
  7. Anne Adzkia 5 Februari 2016
    • Febriyan 5 Februari 2016
  8. Choirul Huda 5 Februari 2016
    • Febriyan 5 Februari 2016
  9. Ira 4 Februari 2016
    • Febriyan 4 Februari 2016
  10. Kingkin Kinamu 3 Februari 2016
    • Febriyan 4 Februari 2016
  11. Jarwadi MJ 3 Februari 2016
    • Febriyan 3 Februari 2016
  12. Ferdi Lpu 2 Februari 2016
    • Febriyan 3 Februari 2016
      • Ferdi Lpu 3 Februari 2016
      • Febriyan 3 Februari 2016
  13. abah shofi 2 Februari 2016
    • Febriyan 2 Februari 2016
  14. Hidayah Sulistyowati 2 Februari 2016
    • Febriyan 2 Februari 2016
  15. selvy 2 Februari 2016
  16. damarojat 2 Februari 2016
    • Febriyan 2 Februari 2016
  17. Adelina 2 Februari 2016
    • Febriyan 2 Februari 2016
  18. dani 2 September 2015
  19. ithazhumarooh 31 Agustus 2015
    • Febriyan 31 Agustus 2015
  20. For Guides 27 Agustus 2015
  21. dani 26 Agustus 2015
    • Febriyan 26 Agustus 2015
      • dani 26 Agustus 2015
  22. prih 25 Agustus 2015
  23. bintangtimur 25 Agustus 2015
    • Febriyan 26 Agustus 2015
  24. kangjum 25 Agustus 2015
    • Febriyan 27 Agustus 2015
  25. arbiyanti 25 Agustus 2015
    • Febriyan 25 Agustus 2015
  26. Mechta 25 Agustus 2015
    • Febriyan 25 Agustus 2015
  27. Nandito Silaen 25 Agustus 2015
    • Febriyan 25 Agustus 2015
      • Nandito Silaen 25 Agustus 2015
      • Febriyan 25 Agustus 2015
      • Nandito Silaen 25 Agustus 2015
      • Febriyan 25 Agustus 2015
      • Nandito Silaen 3 September 2015

Leave a Reply