fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Yang Harus Kamu Punya Kalau Mau Kerja

3 min read

keahlian yang perlu dimiliki untuk kerja kantoran

Siapa yang sedang cari kerja? Nah, saya mau coba tulis beberapa hal, yang menurut saya, harus kamu punya kalau kamu mau kerja kantoran. Tips keahlian yang harus dimiliki untuk kerja kantoran ini memang secara general aja ya. Mudah-mudahan sih bisa membantu – terus kalau saya perhatikan, sepertinya yang kerja non kantoran juga setidaknya diharapkan mempunyai ini juga.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Untuk Kerja Kantoran

Kenapa secara general? Karena kalau saya bahas secara spesifik, sudah pasti ada minimum kualifikasi yang kamu harus miliki – seusai dengan jenis pekerjaan yang sedang dicari. Misalnya, untuk bagian teknisi ya harus punya keahlian teknisi, notaris ya harus paham soal hukum, dan lainnya. Keahlian yang harus dimiliki untuk kerja kantoran yang saya sebutkan itu gak akan saya bahas di sini secara detail.

Yang kita bahas itu keahlian-keahlian yang “HARUS” dipahami – seakan sudah satu paket standard. Tentunya, sama seperti pos-pos lainnya, seperti dalam tips mencari kerja atau wawancara yang pernah saya post, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Baca juga: Tips Agar Lolos Interview Kerja

Saat kamu mencari kerja, sudah barang tentu kamu sudah ada dalam benak kan, apa sih jenis pekerjaan yang kamu cari? Nah, berangkat dari jenis pekerjaan yang dicari itu, mari kita lihat, apakah keahlian yang harus dimiliki untuk kerja kantoran ini cocok dan sudah dipunya atau belum?

Keahlian Yang Dibutuhkan Dunia Kerja: Hard Skill

Jenis pekerjaan mempengaruhi skill yang dibutuhkan. Jadi saat kamu memutuskan mau kerja, satu hal penting yang perlu kamu miliki adalah ya hard skill ini. Misalnya, saya ingin bekerja di bagian pembukuan, ya saya harus mengerti, memahami dan bisa melakukan pembukan itu. Termasuk aturan-aturannya.

keahlian yang dibutuhkan untuk kerja kantoran
Berkomunikasi – salah satu soft skill yang dibutuhkan

Contoh lainnya Teller dan Customer Service di bank, selain perlu skill komunikasi (lisan maupun tulisan), dia juga butuh pengetahuan akan industri perbankan pada umumnya dan aturan perbankan bank yang ingin di-apply tersebut.

Hard skill ini bisa dan lebih mudah untuk dipelajari oleh siapapun. Selama kita menjalani dunia pendidikan, sebenarnya, apapun jurusan kuliah kita, kita sedang diajarkan hard skill ini. Dan pada saat melamar pekerjaan (yang gak gampang juga untuk dilakukan), pewawancara – calon atasan langsung – akan lebih fokus pada keahlian yang dibutuhkan di bagiannya nanti kalau diterima kerja.

Baca juga: Tips Dalam Memilih Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu

Nah skill-skill yang saya sebutkan di atas sering disebut dengan hard skill. Alias kemampuan terkait langsung dengan jenis pekerjaan itu sendiri dan juga yang dapat diukur dengan mudah. Biasanya dimasukkan dalam list CV kita.

Seperti contoh saya tadi, saat ingin melamar pekerjaan pembukuan, maka skill pembukuan saya dapat dilihat dari CV saya mengenai jurusan kuliah saya, IPK dan kalau melampirkan daftar nilai, ya akan spesifik melihat nilai mata kuliah Akuntansi saya.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Untuk Dunia Kerja Nomor 2: Soft Skill

Belakangan ini, banyak perusahaan lebih mementingkan soft skill daripada hard skill itu sendiri. Kenapa? Karena soft skill ini pada dasarnya adalah mengenai kualitas diri pribadi kita sendiri sebagai seseorang. Salah satunya yang saya sebutkan di atas, yaitu skill komunikasi lisan dan tulisan. Kenapa hal ini penting?

Oke… sekarang gini. Saat kamu bekerja di perusahaan, kamu tidak bekerja sendiri kan? Banyak orang di sana. Dan sebagian besar (bahkan semuanya) adalah orang yang baru kamu kenal. Gimana caranya kamu membawa diri kamu di dalam pekerjaanmu jika kamu sendiri tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan yang lainnya. Apalagi kalau jenis pekerjaanmu jenis yang membutuhkan hubungan antar bagian.

Salah satu yang dilihat sekarang ini adalah kemampuan Leadership. Apa itu leadership? Mungkin nanti dibahas terpisah aja ya. Nah, yang saya anjurkan pada kawan-kawan yang masih sekolah atau kuliah sekarang ini, perbanyaklah aktivitasmu di organisasi sekolah atau kampusmu. Inilah bagian yang menunjukkan kemampuan soft skill-mu.

Baca juga: Inspirasi: Bekerja Di Bidang Yang Berbeda Dengan Pendidikan

Setidaknya Kamu Harus Punya Bisa Ini Untuk Bekerja

keahlian yang harus dimiliki untuk kerja
Bisa Olah Microsoft Office itu adalah keharusan sekarang ini

Sekarang ini, dunia semakin maju. Semakin canggih. Teknologi berkembang dengan pesat. Jadi, janganlah kaget kalau di masa seperti ini ada persyaratan minimal yang diminta oleh perusahaan, yaitu paham mengoperasikan komputer. Tidaklah perlu yang advance mode. Tapi setidaknya ada beberapa program yang perlu kamu bisa operasikan.

Paham Microsoft Excel Untuk Olah Data

Ini untuk mengolah data, angka dan biasa digunakan untuk pembuatan laporan manual. Kalkulasi dan formula dasar di microsoft excel seperti IF, SUMIF, VLOOKUP, HLOOKUP serta pembuatan grafik mungkin adalah hal basic yang setidaknya kamu bisa kuasai. Saya ingat, ketika saya melakukan tes untuk rekrut karyawan, saya memberikan tes soal untuk penjumlahan dan pengurangan (menuliskan rumusnya) saja tidak bisa. Langsung saya tidak lirik.

Contoh penggunaan formula dasar di Excel yang sering dipakai dalam dunia kerja berdasarkan pengalaman selama ini adalah:

Fungsi If dalam Excel digunakan untuk bermain dengan logika atas suatu pernyataan. Biasanya digunakan dalam hal perhitungan pajak atas penghasilan (gaji – PPh 21).

Fungsi SumIf dipakai di Excel untuk menjumlahkan beberapa data dengan kriteria tertentu. Misalnya dalam bahasa seperti ini: “Jumlah karyawan berjenis kelamin laki-laki yang THP (Take Home Pay) nya lebih dari PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

Bisa Membuat Surat Dengan Microsoft Word

Ini untuk surat-menyurat. Sudah pasti perlu karena semua jenis pekerjaan pasti akan ada surat-menyuratnya, apalagi yang bekerja sebagai sekretaris. Kalau kamu melamar jadi sekretaris, keahlian menggunakan merge address adalah hal yang perlu kamu kuasai. Tapi kalau bagian lain, mungkin ya setidaknya kecepatan mengetikmu, melakukan format tulisan adalah hal yang perlu kamu kuasai.

Yang tidak bekerja sebagai sekretaris tidak perlu pelajari Microsoft Word? Salah besar! Mengerti Word itu adalah keahlian yang harus dimiliki untuk kerja sekarang ini.

Membuat Slide dengan Microsoft Powerpoint

Ini untuk presentasi (slideshow). Nah, ini agak berat ya. Karena biasanya terkait juga dengan Excel dan Word juga. Kita harus bisa memahami bagaimana membuat slide show yang menarik. Trust me, ini bukan hal yang mudah.

Karena saya baru saja mengalaminya kemarin (saya belajar banyak karenanya). Kapan-kapan saya siapkan post khusus aja ya untuk ini. Untuk referensi sekarang, bisa buka slideshare.com untuk lihat contoh presentasi dengan microsoft powerpoint yang bagus.

Dunia Kerja Sekarang Ini

Pada akhirnya, kemampuan kamu, baik hard skill ataupun soft skill memang kembali lagi pada kebutuhan dunia kerja. Apakah mereka membutuhkan yang super dalam komunikasi atau tidak, atau mereka membutuhkan keahlian yang dasar doang.

Namun, dalam pandangan saya, mengerti komputer dalam hal menguasai microsoft office (Excel, Word dan Powerpoint), adalah keahlian yang harus dimiliki untuk kerja oleh kita semua. Minimal requirement kalau kata pencari kerja sekarang mah. Kalau menurut kamu, keahlian apa yang dibutuhkan?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

86 Replies to “Yang Harus Kamu Punya Kalau Mau Kerja”

  1. Ping-balik: Hospitality | Ie'
  2. Makasih buat tips & sarannya, kebetulan saya baru aja lulus S1 & sedang mencari pekerjaan yang cocok dengan skill saya.

    1. Sama-sama. Moga membantu ya dalam mendapatkan pekerjaannya. Kalau ada yang mau ditanya, monggo tanya. Ada beberapa tips soal mencari kerja juga dalam blog ini.
      Klik aja di tips dan bagian tips dunia kerja.

  3. kalo di bidangku ada 1 lagi, yaitu bahasa tubuh (selain penampilan /cara berpakaian). Bahasa tubuh ini meliputi:
    – cara berdiri dan berjalan
    – cara menatap / arah mata/penglihatannya
    – cara menegakkan kepala
    – cara tersenyum
    – cara duduk

    😀

      1. perhotelan mas..

        Ada banyak bagian di hotel, dan syarat2 untuk diterima di masing2 bagiannya berbeda satu sama lain.

        – Resepsionis
        – F&B Service / F&B product
        – House Keeping
        – dll

      2. Dan harus punya kontrol diri bagus. Karena pundak / dada sedikit turun, mata sedikit “gimana” udah bisa beda arti

        😀 😀 😀

    1. Iya nih Ms Orange. Maafkeun. Hehehe.
      Penampilan mungkin lebih pada saat wawancara ya Mba. First impression really matter (bener gak?)

      1. Like it or not sejujurnya iya. Apalagi di posisi2 marketing. Trus klo yg posiis admin gt, sering kali juga kita bs agak liat sih dari cara bicara ato kerapihan dia. I guess klo udah karakter bisa keliatan hehehe

      2. Hmm aku bukan expert nih tapi aku coba liat dr cara bicaranya misalnya. Org yg sistematis thought process dan ngomongnya juga teratur. Trus list cvnya jg bisa bantu tau teliti ato ga. wktu dis jawab pertanyaan, jawsb yg ditanya ato muter2.. Ya dikit2 bisa diliat thought processnya

      1. hahaha kalo diambil jadi seangkatan kali ya? eh mbak nita angkatan berapa?
        pengumuman snmptn emang duluan, dulu juga sempet di Psikologi Unpad numpang ospek, trus aku ambil STAN, karena mikirnya bakal lebih cepet lulus 😛 sekarang malah pengen lanjut psikologi *hadeeh labil 😀

  4. Di pabrik saya, untuk yang berkecimpung dengan kegiatan produksi lebih dipentingkan kepada drawing dan presentasi (Auto CAD, CAMCAD, solidwork, dan Power point). Untuk yang berkecimpung dengan kegiatan Supply chain lebih dipentingkan kepada analisis (Excel dan ERP). Untuk yang berkecimpung dengan administratif lebih dipentingkan kepada laporan (Word dan power point)

    1. Nah itu mas. Masing-masing skill yang dibutuhkan sesuai pekerjaan masing-masing lagi.
      Tapi sepertinya Word, Excel dan Powerpoint itu standard kan? Minimum. Saya sendiri gak paham Auto CAD dan kawan2nya. 😀

      1. Nasib baik a.k.a rizki kali ya mas. Kadang ada yg sulit di psikotes ada yg gagal di interview.. Kadang udh lolos smua eh yg lolos banyak dan harus dirangking. Gugur jga. 😀

  5. untuk MS word kayaknya dah banyaklah yang bisa sekarang ini, karena aplikasi ini yang paling sering digunakan. Kalau excel dan powerpoint kayaknya lebih sedikit yang bisa.
    *Jadi ingat pas lulus kul dulu, nggak bisa aplikasi komputer. Pertama ke kantor langsung shock lihat anak2 muda mengoperasikan laptop dimana-mana di area kantor

    1. Iya Mba. Word memang lebih umum dibandingkan yang dua. Tapi ada loh yang masih gak bisa juga (pengalaman sendiri – mungkin karena umur kali ya).

      Terus gimana mba pengalaman pertama di kantor itu? *penasaran*

    1. Iya nih. Barusan Grant juga tambahkan itu. Dah kenal Grant belum. Member BEC juga loh.

      Sebagai admin BEC saya malu karena sampai lupa memasukkan Inggris. hahaha

  6. Ikut menambahkan, ah. Kemampuan bahasa juga penting, tuh. Bahasa Inggris yang terutama. Minimal pasif (ngerti kalo ada orang ngomong, bisa memahami bacaan).
    Kalo mau melamar di perusahaan besar yg biasanya dlm bekerja memakai program komputer, bahasa inggris tuh penting. Biasanya program komputernya pakai bahasa Inggris. Minimal ngerti istilah-istilah akunting dlm bahasa Ingris.

    1. Ah iya… Bener banget Grant. Bahasa Inggris sekarang penting. Makanya ikutan BEC *tetep promo* hahaha.

      Tapi memang sekarang ini sih bahasa itu penting. Makasih ya tambahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *