fbpx
brain-of-a-blogger-tulisan-blogger-indonesia

Apakah Kamu Seorang Blogger? Kalau Iya, Baca Deh Infografis Ini

Infografis tentang isi otak seorang blogger ini bagus banget. Semacam tahap-tahap yang perlu diketahui blogger. Brain of a blogger – infografis ini bukan infografis buatan saya ya.


Are you a blogger? Kalau dulu saya ditanya seperti ini, saya masih akan menjawab antara iya dan tidak. Saya suka menulis di blog, itu aja kok. Entah itu pantas disebut dengan blogger atau tidak.

Pokoknya, masih malu-malu kucing deh kalau menyematkan kata blogger. Tapi kalau sekarang ditanya: “apakah kamu seorang blogger?”, saya akan jawab:

“Iya… saya seorang blogger. Blogger Indonesia.”

Walaupun pengetahuan saya soal blogging masih terbatas sih, tapi selalu pengen belajar lagi soal ngeblog. Nah, beberapa waktu lalu saya membaca tulisan Mbak Yo soal Brain of A Blogger yang berisikan infografik tentang seorang blogger.

Sebenarnya saya sudah membaca ini juga sebelumnya dari sumber yang Mbak Yo sebutkan (makasih banyak mbak Yo, sejak pertama dikenalkan ke problogger, saya follow dia untuk inspirasi ngeblog).

Infografis Brain of A Blogger

Di dalam infografis ini sendiri sebenarnya sudah menjelaskan begitu banyak hal yang perlu kita ketahui mengenai blog dan menjadi seorang blogger, apalagi jika kita ingin menjadi blogger profesional. Atau mungkin mendapatkan uang dari blog kita.

isi otak seorang blogger brain of a blogger
Infografis tentang blogger

Keren kan infografik-nya? Semua dibahas di sana dengan pas. Cocok kalau memang kita ingin menjadi seorang blogger.

Tulisan Blogger Indonesia – Dari Dan Untuk Blogger

Nah, belakangan ini, tepatnya sejak pertengahan 2015, saya sendiri mulai merasa kalau ingin fokus pada dunia blogging Indonesia.

Jadi mulai mencari resources yang bisa saya dapatkan untuk menjadi blogger. Apalagi kalau sudah terkait dunia blogging.

Hal ini juga yang membuat saya belajar mengenai SEO sedikit demi sedikit. Dan juga beberapa hal lainnya saya coba pelajari, termasuk dari blogger keren lainnya.

Ternyata dunia blogging itu luas banget dan banyak banget yang harus dipelajari kalau memang kita mau. Mulai dari Desain, branding, seo, serp, alexa, dan masih banyak lagi. Dan semua sebenarnya tersedia dengan gratis kalau kita mau, tinggal baca dan kemudian pelajari perlahan.

Baca juga: Belajar Blog dari Buku Blogging: Have Fun And Get The Money

Nah, dari beberapa yang saya baca itu, semua pada setuju kok kalau sebenarnya tujuan akhir blogging adalah menjadi blogger profesional dan mendapatkan uang dari blog. Tapi… disarankan jangan langsung berharap mendapatkan uang begitu membuat blog. It takes time.

Setidaknya itu yang saya rasakan setelah beberapa kali ditolak Adsense (dan masih sampai sekarang). Mendapatkan uang dari blog itu bukan hal mudah.

Begitu banyak yang perlu kita ketahui tentang blog lebih dalam lagi. Sepertinya saya sendiri sih terpukau (tsah) dengan yang saya dapatkan soal blogging.

tulisan-blogger-indonesia-tips-blogging-seo-review
Tulisan Blogger Indonesia – Tempat saya sharing soal blog

Karenanya saya bikin blog khusus, Tulisan Blogger Indonesia – Tips Blogging, untuk menuliskan apa saja tips blogging yang saya dapatkan selama ini dan berharap sih tips blogging itu pun berguna buat yang lainnya.

Eh tapi bukan berarti tips blogging di FebriyanLukito.com ini pun akan berhenti ya. Masih akan banyak share juga kok di sini. Dan mudah-mudahan sih semangat saya sendiri gak berhenti *maklum orangnya suka angot2an juga*.

Akhirnya, saya pun ada bikin beberapa “blog” lain yang bisa dipakai juga, siapa tahu ada yang mau baca-baca, boleh loh. Atau kalau mau nulis di sana juga boleh:

  • Pikiran Random – kebanyakan isinya adalah buat pikiran-pikiran yang suka muncul secara random di otak saya (bukan brain of a blogger ya… hahaha maksacom).
  • Tempat Nongkrong Seru – untuk review tempat nongkrong yang murah (di bawah 100rb per orang lah kalau nongkrong untuk 1 makanan dan 1 minumannya).
  • Tips dan Trik Indonesia – khusus untuk tulisan yang untuk format tips dan trik.
  • Perjalanan Senja – ini khusus untuk tulisan-tulisan fiksi tentang cinta, hidup dan lainnya.
Salah satu fiksi di PerjalananSenja

Never Stop

Kenapa sih sampe perlu bikin blog baru khusus untuk tips blogging gitu? Karena biar lebih fokus aja sih kalau buat saya pribadi. Dan buat memacu diri saya untuk lebih rajin update blog, hehehehe. Kan sayang sudah beli domain terus bikin blog kayak gitu kalau gak diupdate rutin.

Kalau kita kaitkan dengan Infografik Brain of A Blogger di atas, sebenarnya saya lagi menerapkan What should I Blog About? Biar gak terlalu campur-campur di sini semuanya. Biar gak kalah juga sama Dani yang mulai mendadakwp itu loh. Hahahaha. Peace Dan!

37 Comments

  1. Hendricus Widiantoro 14 Februari 2016
    • Febriyan 14 Februari 2016
  2. iyoskusuma 18 Januari 2016
    • Febriyan 18 Januari 2016
  3. fee 12 Januari 2016
    • Febriyan 12 Januari 2016
  4. diba 12 Januari 2016
    • Febriyan 12 Januari 2016
  5. Wawan Rachmat 11 Januari 2016
    • Febriyan 11 Januari 2016
      • Wawan Rachmat 11 Januari 2016
      • Febriyan 12 Januari 2016
  6. adelinatampubolon 11 Januari 2016
  7. adelinatampubolon 11 Januari 2016
    • Febriyan 11 Januari 2016
  8. Dita 11 Januari 2016
  9. Arman 10 Januari 2016
    • Febriyan 10 Januari 2016
  10. BaRTZap 10 Januari 2016
    • Febriyan 10 Januari 2016
  11. Danan Wahyu Sumirat 10 Januari 2016
    • Febriyan 10 Januari 2016
  12. ihwand 10 Januari 2016
    • Febriyan 10 Januari 2016
  13. Atabelle 10 Januari 2016
  14. puputs 10 Januari 2016
  15. Lia Harahap 10 Januari 2016
  16. Bang El 10 Januari 2016
  17. winnymarlina 10 Januari 2016
    • Febriyan 10 Januari 2016

Leave a Reply