fbpx
keamanan dunia online dan ngobrol santai soal keamanan

Seberapa Aman Dunia Online? Ngobrol Santai #3 – Bicara Soal Keamanan Dunia Online Bersama Ahlinya

Pernah gak sih bertanya, dengan kita bikin blog, punya sosial media (hampir semuanya – termasuk yang terbaru, Steller – kemarin notifikasi sekaligus diborong temen blogger semua yang join), keamanan dunia online sendiri gimana sih sebenarnya?

Masih inget tulisan soal Hati-hati Sama Link Ini – SCAM? Itu cuma salah satu contoh doang dan masih tergolong level rendah karena tidak terkait dengan uang secara langsung. Padahal jenis kejahatan online itu banyak banget dan jauh lebih dari yang SCAM itu.

keamanan dunia online dan ngobrol santai soal keamanan
Keamanan Dunia Online, Seberapa kita bisa percaya?

Keamanan Dunia Online Atau Digital

Gak usah jauh-jauh deh, kita bicara aja soal akun blog masing-masing. Berapa banyak yang keep or remember password? Jadi gak repot-repot pas buka lagi, dah otomatis login. Bahaya gak berbuat seperti itu? BAHAYA BANGET.

Itu kata penjaga warnetnya… baiknya yak… Saya yang waktu itu masih duduk di kelas 1 SMA – duduk di sebuah warnet di bawah mall yang cukup besar di bilangan Manggarai. Masih cupu sama yang namanya dunia online atau dunia maya gini. Diingatkan!

Kenapa diingatkan seperti itu?

Ya karena itu adalah tempat umum – komputer yang digunakan itu bukan personal computer yang memang kita punya. Siapa saja bisa pakai! Kalau remember password, ya mereka bisa login dan akses akun kita.

Itu jaman dulu… sekarang? Login di komputer sendiri aja juga bisa bahaya kok. Jaman sudah makin canggih bro.

Makin banyak aplikasi yang memudahkan kita dalam hidup, seperti Go Jek, laundry online dan lainnya. Orang-orangnya juga makin canggih. Makin canggih juga hacker.

Pertanyaan1. Berapa Banyak Yang Login Otomatis di Hape?

Login otomatis ke aplikasi. Login otomatis ke email. Login otomatis ke blog. Dan lainnya. Berapa banyak yang melakukannya?

Ah kan hapenya dikasih password…. Masih inget gak dulu itu banyak yang bisa UNLOCK IPHONE luar negeri. Masa buka password hape orang aja gak bisa?

Pertanyaan2. Berapa Banyak Yang Suka Belanja Online dan Gak Sadar Jenis Websitenya?

Untuk belanja online – yang transaksi pembayarannya – entah memasukkan nomor kartu kredit atau pakai paypal secara online, harusnya HTTPS alias yang secure line – bukan yang http biasa. Perhatikan ini gak? Dan pas kamu menyadarinya ternyata sudah ada yang belanja menggunakan kartu kredit kamu.

Pertanyaan3. Berapa Banyak Akun yang Kamu Koneksikan Ke Akun Email atau Facebook atau Twitter untuk Loginnya?

Kemudahan! Yes, memang lebih mudah menggunakan akses seperti itu. “Login via Facebook” dan lainnya. Tapi, pernah perhatikan gak? Pas klik login via itu…. ada akses yang diberikan ke akun itu loh…

Pernah saya coba join salah satu platform agency yang menghubungkan blogger dengan brand. Dan untuk mengaktivasi itu, perlu login dengan gmail saya. Nah pas saya klik… kok aksesnya gak cuma view blogspot saya ya. Hm….

Pertanyaan4. Apakah Kamu Yakin Password Kamu Kuat?

Sebut saja A, teman saya. Ketika bertemu dengan dia setelah sekian lama gak bertemu, dia memegang hape saya dan kemudian tut tut tut tut…. Terbukalah hape saya. Ternyata password saya gak kuat ya. Dia aja tahu.

“Ah itu kan teman sendiri. Pasti tahulah. Kalau orang lain?”

Jika password kamu pakai tanggal lahir – artinya gak kuat

Jika password kamu pakai nama kamu sendiri – artinya gak kuat.

Pertanyaan5. Capek Gak Dengan Pertanyaan-Pertanyaan Ini?

Saya sih ngetiknya gak capek – ini baru 550an kata doang – tapi mungkin kamu yang baca capek dan berasa bingung yak.

Tenang aja, pertanyaan saya stop sampai di sini. Untuk yang merasa kurang terkait keamanan dunia online atau dunia maya seperti ini, jangan khawatir.

Ngobrol Santai #3 – 21 Mei 2016 Tentang Keamanan Dunia Online

Iyes, di Ngobrol Santai ke-3 nanti kita akan bahas soal keamanan dunia online alias dunia maya ini. Seberapa yakinkah kamu kalau internet itu aman.

Pernah nonton film Sandra Bullock jaman dulu banget, di mana dia jadi ahli enkripsi – The Net? Atau mungkin film yang lebih baru Identity Thief – itu loh pemain utamanya sama dengan yang main film SPY. Atau mungkin penikmat Serial CSI Cyber seperti saya… 😀

Nah bersama Mr. Erwin Jonathan – seorang praktisi IT dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Ngobrol Santai akan mengulas keamanan dunia online. Mas Erwin ini adalah seorang Certified Ethical Hacker – yang saya tahu adalah sertifikasi untuk keamanan di dunia digital.

keamanan dunia online
Ngobrol Santai soal Keamanan Dunia Online

Dan….

Mas Erwin akan sharing soal keamanan dunia online alias digital ini GRATIS TIS TIS!!!

Yuk… ikutan. Kontak nomor Whatsapp yang ada di banner di atas ya. Acaranya sendiri akan diadakan di CotecaID – sebuah coffee shop di daerah Rawa Belong – Kemanggisan.

23 Comments

  1. anak keempat 24 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  2. kartinaikasari 1 Juni 2016
    • Febriyan 1 Juni 2016
  3. inayah 19 Mei 2016
  4. Andik 19 Mei 2016
  5. rahmiaziza 19 Mei 2016
    • Febriyan 20 Mei 2016
  6. Witri Prasetyo Aji 17 Mei 2016
  7. Witri Prasetyo Aji 17 Mei 2016
  8. aLdyputRa 17 Mei 2016
    • Febriyan 17 Mei 2016
  9. Alwib 16 Mei 2016
    • Febriyan 16 Mei 2016
  10. handdriati 16 Mei 2016
    • Febriyan 16 Mei 2016
  11. Andhika 15 Mei 2016
    • Febriyan 16 Mei 2016
  12. Dani 14 Mei 2016

Leave a Reply