fbpx
ngeblog selalu menyenangkan ala dani rachmat

[Guest Post] Bagaimana Ngeblog Selalu Menyenangkan

Ehbeneran loh, kapan sih ngeblog gak menyenangkan? Makanya gue kepikiran buat bikin tulisan bagaimana ngeblog selalu menyenangkan berdasarkan pengalaman gue ini. Yaiyalah, masa mau cerita betapa menyenangkannya ngeblog tapi berdasarkan pengalaman Riyan? Eh bisa juga sih jadi ide postingan guest post berikutnya yes? *ihik!

FebriyanLukito.Com: Penulis ini adalah salah satu blogger yang jadi panutan saya…. makasih banyak Kang Dani dah mau nulis di sini…. 😀 Baca juga: 10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi

Buat yang ngikutin blognya Om Riyan ini, pasti udah pernah baca postingan 4 Cara Membuat Kegiatan Ngeblog Menjadi Menyenangkan Seperti Dulu. Kalo belom dan kebetulan sekarang keliyan ngerasa ngeblog sekarang kok gini amat sih, manteman gak salah kok.

ngeblog selalu menyenangkan ala dani rachmat
Cara agar ngeblog selalu menyenangkan ala Dani Rachmat

Memang teradi begitu banyak perubahan dalam dunia ngeblog. Biar gak panjang-panjang, ini cara gue buat bisa bikin ngeblog selalu menyenangkan, dan mungkin kalo kalian gak bisa merasakannya, coba baca sampai habis deh.

Bagaimana Ngeblog Bisa Selalu Menyenangkan (Berdasarkan Pengalaman)

1. Menulislah dan Biarkan Suaramu Didengar dan

Kalau ada yang masih galauw ini mau nulis buat siapa, nulis buat diri sendiri apa nulis buat orang lain dan berujung susah hati dan gak menikmati proses ngeblognya itu sendiri, menurut gue kok sayang banget. Nulis buat diri sendiri aja susah kok, apalagi nulis buat orang lain.

Karena itu, sejak beberapa waktu lalu gue ubah fokus ngeblog. Gue akan dan selalu nulis untuk diri sendiri, gak untuk orang lain karena gue emang suka menulis. Dari yang awalnya cuma ingin menuliskan kenangan, gue menambah fokus blog gue biar suara gue bisa kedengeran.

Minimal diri sendiri di masa depan. Biar kalo ngelihat ke belakang, gue tahu apa yang sudah gue lakukan dalam hidup ini.

Instead of curcol lalalili, mulailah gue bagi apa yang gw tahu kayak misalkan tentang reksadana di blog gue. Karena dengan nulis, semakin menguatkan pengetahuan gue dan semoga bisa ngebantu orang lain juga.

2. Baca Apa yang Ingin Dibaca

Kalo ini tentang blogwalking. Sebagai salah satu komponen penting dalam ngeblog, blogwalking bisa jadi merupakan satu keharusan yang kudu dilakukan seorang blogger buat menjalin hubungan dengan blogger lain. Dengan semakin ramenya blog, semakin banyak yang datang ke blog *dilempar bakiak rame-rame.

Setiap yang datang, alamat blognya hampir pasti gue simpen di feedly (Yakalik blog tukang obat dan jualan masa disimpen jugak kan?) Update yang gue terima di feedly tiap hari pun naik dari hitungan satuan sampe ratusan post sehari. Ih ini blogger kok pada rajin amat sik?

Baca semuanya? Jujur gw jawab kagak! Dengan kondisi sekarang, akhirnya gue pun mulai filter apa aja yang mau gue baca. Blog temen yang gue kenal dari dulu ya pasti jadi prioritas, setelah itu yang memberikan ilmu baru, konten bagus dan bisa mengupdgrade diri dan sejenisnya.

Tulisan viral belum tentu gue baca kalo isinya bernada kebencian, cari sensesyen dan sebangsanya. Bokkk, ga ada waktu!

Tapi dengan cara gini, kegiatan ngeblog selalu menyenangkan karena gak ngerasa terbebani. Trus urusan komen gimana?

3. Komenlah Sesuka Hati

Dulu gue selalu menekankan komen-komen-komen! Harus komen di setiap blog yang gue datengin. HARUS! Bahkan slogan blog gue bilang: “Rugi loh habis baca gak komen”, tapi kemudian gue pun mulai kewalahan dengan semakin banyaknya teman-teman blog yang datang dan komen balik di blog gue. Intensitas gw bisa ninggalin komen pun berkurang.

Tapi satu prinsip yang gue pegang dari dulu sampe sekarang, kalo emang mau komen yak omen aja, gak usah ngarep buat dikomenin balik karena komen itu sendiri kan bermanfaat banget buat blog kita. Kalo belom tahu manfaat komen, coba baca tulisan Blogwalk dan Komen di Blog.

hosting termurah di indonesia

Karena kesibukan ini, kegiatan komen pun jadi jarang. Gue dateng ke suatu blog belum tentu gue komen sekarang. Iye, jadi silent reader ato kalo ada yang nyebut sebagai blogger “no comment”. Halah yowes kalopun dilabelin begitu.

Paling gak gue tetep baca tulisan temen-temen, dapat manfaat buat memperkaya diri dan memberikan traffic buat blog temen-temen (meskipun tanpa sepengetahuan mereka). Yegaksih?

Komen di Blog berarti meninggalkan Backlink ke blog kita sendiri – ini pada akhirnya efek ke DA & PA

4. Tahu (Sedikit Tentang) SEO Gak Menyakiti Siapapun

Nah ini yang mungkin suka disalahartikan sama temen-temen. Kepikiran “halah blog gw ini kan blog ala-ala, ngapain juga gue tahu soal SEO dan tetek bengeknya?”

Percayalah, tahu dan mempelajari SEO gak akan nyakitin siapapun kok. Malah akan membawa manfaat buat blognya. Manfaat paling sederhananya adalah bisa lebih banyak orang akan mendapatkan manfaat dari apa yang kita tulis kalo tulisan kita lebih gampang ditemukan di google.

Yamasa sih ada yang gak bahagia pas bilang: “makasih ya Mbak sudah bagi cerita soal dokter gigi anaknya, sekarang saya juga ke sana dan anak saya bahagia karena giginya sehat” – meskipun sedih pas bagian dipanggil Mbaknya :D.

Tapi ya jangan terus begitu sudah belajar soal SEO, menerapkan tips and tricknya eh trus jadi ngarep traffic blog naik jadi sekian ribu sehari. Ini yang kadang jadi jebakan betmen buat temen blogger yang akhirnya lupa tujuan awal ngeblognya. Lupa apa yang mau disampaikan lewat blognya.

Febriyanlukito.Com: SEO sangat bagus untuk mendukung traffic untuk jangka panjang – kestabilan traffic blog sih… Dan salah satunya dengan menggunakan SEO Friendly Theme.

Kesimpulan Tulisan Bagaimana Ngeblog Selalu Menyenangkan

Dari ke empat hal yang gue tulis di atas ada kelihatan benang merahnya gak? Nggak ya?

Bagaimana ngeblog selalu menyenangkan semuanya dikembalikan ke diri sendiri aja. Jangan buat batasan-batasan sak-klek yang gak bisa diubah di otak kita tentang bagaimana ngeblog seharusnya.

Sesuaikan, berimprovisasi dan bermainlah dengan blog kalian. Berubahlah dengan dinamika ngeblog yang ada. Gak usah mengotak-kotakkan diri sebagai blogger inilah itulah apalagi sampe melabeli diri “baru blogger ala-ala, remah rempeyek tralalatrilili”.

Dengan begitu pertanyaan bernilai jutaan dollar soal cara bagaimana ngeblog selalu menyenangkan bakalan terjawab!

Penulis adalah seorang Blogger Indonesia – Lifestyle blogger yang berfokus pada Keuangan – Kayaknya dah gak perlu banyak penjelasan kalau soal dia ya

30 Comments

  1. SARIF HIDAYAT 6 September 2018
    • Febriyan 13 September 2018
  2. Fee 8 Juni 2016
    • Febriyan 8 Juni 2016
  3. Andhika 29 Mei 2016
    • Febriyan 30 Mei 2016
  4. prih 29 Mei 2016
    • Febriyan 30 Mei 2016
  5. Jefry Dewangga 28 Mei 2016
  6. Sandi Iswahyudi 27 Mei 2016
    • Febriyan 27 Mei 2016
  7. Adelina 25 Mei 2016
  8. Yudhi Hendro 20 Mei 2016
    • Febriyan 20 Mei 2016
  9. nia nastiti 19 Mei 2016
    • Dani 19 Mei 2016
    • Febriyan 20 Mei 2016
  10. Umami 18 Mei 2016
    • @danirachmat 18 Mei 2016
    • Febriyan 18 Mei 2016
  11. Deny 18 Mei 2016
    • Dani 18 Mei 2016
    • Febriyan 18 Mei 2016
  12. Raya 18 Mei 2016
    • Febriyan 18 Mei 2016
    • Dani 18 Mei 2016
  13. @danirachmat 18 Mei 2016
    • Febriyan 18 Mei 2016

Leave a Reply