fbpx
smart tv oled terbaik dari sony master series bravia 4k hdr a9f

Sony Master Series Bravia A9F OLED – Smart TV OLED Terbaru (dan Terbaik) Hadir di Indonesia

Dulu… dulu banget, teman kuliah saya selalu tertarik dengan namanya TV LED. Sekarang mungkin dia sudah mulai melupakannya. Tapi kalau dia tahu tentang smart tv oled terbaik ini, mungkin dia akan ngiler lagi.

Sony Bravia Master Series memang sudah lama menjadi pemain televisi nasional. Dengan teknologi yang digunakan di smart tv seri ini, menjadikan Master Series sebagai salah satu televisi oled terbaik. Master Series merupakan rangkaian televisi Sony yang memang memiliki kualitas terbaik – sudah tahu dong pasarnya siapa.

Minggu lalu, saya berkesempatan melihat peluncuran seri terbarunya, yaitu Sony Master Series Bravia A9F OLED TV di Hotel Four Season. Di kesempatan itu, saya melihat sendiri teknologi di balik televisi ini dan juga perbandingan antara smart tv OLED yang satu ini dengan pesaingnya.

Seperti apa sih kira-kira kelebihan dari Master Series Bravia A9F OLED TV ini? Bagaimana bentuk penampakanannya dan berapa harga smart tv kualitas atas ini? Simak terus yuk.

smart tv oled terbaik dari sony

Launching Sony Master Series Bravia A9F (10 Oktober 2018 – Jakarta)

Sekilas tentang Perbedaan LED dan OLED – Saya Baru Tahu

Sebelum memulai pembahasan soal smart tv OLED yang satu ini, saya ingin bahas sekilas aja soal perbedaan LED dan OLED. Beneran, saya juga baru tahu bedanya sih.

LED (Light-Emitting Diode) adalah komponen mini dalam layar televisi kita yang membuat cahaya dengan memanfaatkan pergerakan elektron melalui semikonduktor. Biasanya digunakan sebagai lampu latar untuk display LCD.

Sedangkan OLED (organic light emitting diode), mirip dengan LED, namun OLED dibuat dengan senyawa organik yang bisa menyala saat diberi aliran listrik. OLED bisa dibuat menjadi sangat tipis, fleksibel dan ukuran yang begitu kecil. Kelebihannya ini memungkinkan TV OLED dapat dibuat sebesar mungkin dan bahkan dengan bentuk yang melengkung.

Karena ukurannya yang sangat kecil, OLED sangat memungkinkan digunakan untuk piksel layar (LED hanya sebatas lampu latar). Panel OLED bisa dibuat sebagai jutaan pikesel untuk mengisi layar tv dan memungkinkan dinyalakan dan dimatikan secara terpisah. (Sumber: Daily Oktagon).

Intinya sih, OLED itu di atasnya LED. Lebih kecil dan memiliki kemampuan menghasilkan cahaya dan juga warna yang wow. Makanya smart tv OLED jauh lebih baik (dan lebih mahal) daripada LED. *Kalau masih bingung, langsung klik aja ya link di atas atau tonton video dari Sony Bravia Master Series ini:

Launching Sony Master Series Bravia A9F OLED TV

Oke. setelah tahu sedikit tentang perbedaan LED dan OLED, baru kita masuk ke pembahasan soal telivisi pintar dari Sony ini ya. Jadi mohon, saat membaca ini, jangan bayangkan tv LED (ini saya lakukan pas awal dan kemudian sedih sendiri).

Sony sendiri sebagai produsen televisi selalu berusaha memberikan yang terbaru, terbaik dan juga memberi kenyamanan untuk para konsumennya. Karena itulah deretan Master Series diproduksi.

“Master series merupakan produk TV andalan kami yang memiliki kualitas terbaik di antara seluruh rangkaian produk TV dari Sony. TV Master Series telah diuji oleh para insinyur top kami dan terbukti mampu menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa. Kami bangga dapat menyediakan produk terbaik kami bagi para konsumen di Indonesia dengan diluncurkannya MASTER Series A9F,” ujar Kazuteru Makiyama, President Director Sony Indonesia. 

Termasuk seri terbarunya, Sony Bravia 4K HDR OLED TV A9F ini. Televisi yang satu ini pun melewati rangkaian proses testing agar mampu memberikan kenyamanan bagi penontonnya dari sisi gambar, warna dan juga suara.

Tampilan Sony Bravia A9F

Secara tampilan, karena merupakan smart tv OLED, seri A9F ini sangat tipis. Bahkan lebih tipis dari lebar jari telunjuk saya. Lihat saja gambar berikut kalau tidak percaya.

 

smart tv oled sony bravia a9f

Tipis kan? Seperti ini nih Sony Master Series Bravia A9F (Smart TV OLED) terbaru dan terbaik?

Di bagian belakangnya, disematkan penyangga untuk meletakkan televisi ini di meja. Dengan penyokong ini, posisinya memang cenderung ke atas – tidak lurus searah pandangan penonton. Namun pas melihat tayangan, kita tidak merasakan kalau posisinya seperti itu. Penyokong ini bisa disatukan dengan badannya.

sony oled 4k ultrahd smart tv

Sony Bravia A9F tampak belakang – support HDMI dan juga dengan speaker yang wow.

Teknologi di dalam Sony Master Series Bravia A9F

Begitu banyak teknologi keren dan terbaru yang disematkan di badan yang mungil ini, mulai dari teknologi warna, gambar dan suara.

1. Teknologi Picture Processor X1 Ultimate

Picture Processor ini bukanlah teknologi pengolah gambar yang baru di deretan produk TV Sony. Namun untuk meningkatkan kualitas Sony A9F ini, disematkan teknologi terbarunya, yaitu X1 Ultimate.

“Prosesor pengolah gambar X1 Ultimate ini secara pintar dapat mendeteksi dan menganalisisi setiap object-based Super Resolution Sony untuk akurasi dan detail yang menakjubkan. Selain itu, dihadirkan juga Object-based HDR remaster.

Hal ini memungkinkan setiap objek dalam gambar yang ditampilkan untuk dapat di-remaster secara individu (object-based). Sehingga gambar mendapatkan kedalaman lebih baik, tekstur akurat dan gambar yang lebih realistis“, ujar Riki Suwandi – Product Marketing TV Sony Indonesia.

2. Pixel Contrast Booster OLED

Teknologi Picture Processor X1 Ultimate yang mumpuni ini juga ditemani oleh Pixel Contrast Booster, yang merupakan panel original Sony untuk OLED TV. Booster ini memaksimalkan dynamic range dengan memperluas area reproduksi warna pada tingkat pencahayaan tinggi.

fitur dalam sony bravia smart tv oled a9f

Perbandingan yang tanpa Pixel Booster dengan yang menggunakan (sumber gambar: Sony.com)

3. Netflix Calibrated Mode

Untuk seri terbarunya ini, Sony bekerja sama dengan Netflix dalam hal penyediaan film yang bisa dikalibrasikan melalui tv mereka. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk menjaga visi dan keinginan kreatif pembuat konten (dalam hal ini film maker).

Netflix Calibrated Mode ini mampu menghasilkan visual yang membuat cerita menjadi lebih hidup. Penikmat hiburan pun bisa menikmati pengalaman seperti menonton kualitas bioskop saat menikmati seri TV, film, dokumenter dan konten favorit lainnya di Netflix.

fitur unggulan sony maser series bravia a9f netflix calibration

Salah satu fitur unggulan di Sony Master Series Bravia A9F ini adalah Netflix Calibration yang memungkinkan kita (penonton) bisa menikmati tayangan layaknya di bioskop

Baca juga: Review Bioskop Baru di Jakarta (Cinemaxxx)

Untuk hasil kalibrasi maksimal, TV ini juga telah dilengkapi dengan CalMAN – perangkat lunak kalibrasi tampilan terbaik di industri dari Potrait Displays. CalMAN ini digunakan oleh para profesional dalam memastikan kontrol kualitas tampilan.

3. Acoustic Surface Audio+

Inovasi pada sisi suara dari Master Series Sony ini adalah teknologi Acoustic Surface Audio+ terbaru. Teknologi suara ini sendiri awalnya dikenalkan pada seri A1 dan seri A8F (2018). Teknologi suara terbaru dari Sony ini telah ditingkatkan guna memberikan suara yang lebih maksimal untuk Sony Master Series Bravia A9F ini.

Ketika dalam pengenalannya, membandingkan dua smart tv OLED di kelas yang setara, suara TV ini memang terasa lebih kencang dan membahana – layaknya nonton di bioskop (testing di ruang tertutup).

Hal ini karena adanya penambahan akuator di tengah layar dan channel subwoofer, hingga secara total menjadi sistem suara 3.2 channel. Akuator tengah tambahan ini bekerja seperti speaker tengah yang tersembunyi di belakang layar AT – yang biasa ditemukan di bioskop.

Dengan 3 akuator dan 2 subwoofer (menghadap ke samping), Bravia A9F menghasilkan suara yang secara signifikan memberikan pengalaman menonton layaknya di bioskop. Selain itu, smart tv OLED ini memiliki TV Center Speaker Mode yang memungkinkan Acoustic Surface Audio+ ini digunakan sebagai speaker tengah dari home theater system.

Dengan kehadiran sistem suara yang keren gini, plus nomor 5 nanti, kita bisa nonton youtube dengan puas dah. Apalagi layarnya gede.

tampilan layar smart tv oled sony maser series bravia a9f

Maafkan foto yang kurang fokus… kemarin buru-buru ambil fotonya… hiks.

4. Triluminos Display

Tentunya, seri TV OLED terbaru ini pun tidak lupa dengan teknologi warna Triluminos Display yang telah menjadi trademark tiap produk Sony. Teknologi untuk menampilkan warna alami dari masing-masing objek dalam gambar ini pun dikombinasikan dengan beragam fitur unggulan lainnya guna memberikan kenyamanan warna dalam setiap tayangan di smart tv OLED ini.

Baca juga: Belajar Ngeblog dari Acara TV Masterchef Australia

5. Android TV 8.0 Oreo

Yang namanya Smart TV OLED, sudah pasti ada sistem internetnya – ya kan? Nah, Master Series A9F ini memiliki sistem Android 8.0 Oreo yang juga memiliki mikrofon built-in. Hal ini ya tentunya untuk Hands-free Voice Search. Kita tinggal ucap, done. Channel TV akan berganti dengan cepat sesuai keinginan kita. Teknologi ini juga memungkinkan kita berpindah antara browsing di TV, menonton saluran TV langganan ataupun memulai video dari HDMI dengan cepat.

Ukuran dan Harga Sony Master Series Bravia A9F OLED TV

Dengan semua teknologi yang disematkan, rasanya memang pantas jika harga smart tv terbaru (dan terbaik) ini cocok untuk yang memiliki uang lebih. Hanya ada 2 ukuran untuk Sony A9F ini, yaitu 55″ dan 65″.

Harga untuk keduanya akan dipasarkan (kemungkinan) di kisaran Rp40jutaan untuk 55″ dan Rp60jutaan untuk yang 65″ ($3.499 & $4.499 kalau di US).

Smart TV Oled Terbaik – Minimalis dengan Teknologi Maksimalis

Secara tampilan, saya melihat smart tv OLED yang satu ini – Sony Master Series Bravia A9F – memiliki desain yang minimalis dengan teknologi sangat maksimalis.

Cocok banget untuk keluarga yang memiliki ruangan miminalis namun ingin menonton TV yang bagus, layaknya menonton di bioskop.

Nah, kalau kamu, suka smart tv OLED kayak gimana? Kira-kira cocok gak Sony Bravia A9F ini?

Sony Master Series Bravia A9F OLED TV
  • Design
  • Fitur Gambar
  • Fitur Suara
4.8

Ringkasan Smart TV Sony Bravia A9F

Secara keseluruhan, fitur-fitur baru dari Sony Master Series Bravia A9F ini sangatlah mumpuni – sangat pantas kalau dibanderol di kisaran Rp40jutaan (untuk 55″) dan Rp60jutaan (untuk 65″). Dengan disematkannya teknologi yang menjadi fitur unggulannya, seperti:

  • Processor X1 Ultimate
  • Acoustic Surface Audio+
  • Netflix Calibrated Mode

dan fitur lainnya, TV ini memang layak masuk dalam rangkaian Master Series. Simak lengkapnya di sini ya…

Advertisements

4 Responses

  1. Darin
    23 Oktober 2018
    • Febriyan
      23 Oktober 2018
  2. niksukacita
    16 Oktober 2018
    • Febriyan
      17 Oktober 2018

Write a response

%d blogger menyukai ini: