tipe kejahatan dunia digital cyber crime

Tipe Kejahatan Dunia Digital Yang Saya Tahu

Perkembangan dunia digital sepertinya memang sudah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari ya.Β Lihat saja banyaknya e-commerce yang sekarang ini bermunculan. Mulai dari yang kecil hingga yang besar. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana dengan keamanan dalam dunia digital? Berapa banyak yang mengalami kerugian karena pencurian data kartu kredit atau mungkin akun facebook mereka dihack orang.

Saya sendiri pernah menerima pesan di facebook dari salah satu teman yang jarang sekali kontak. Dalam pesannya, dia bilang kalau dirinya sekarang dalam musibah di salah satu kota di daerah Timur Indonesia. Dan dia meminta tolong ke saya untuk mentransfer sejumlah uang. Ya saya sih abaikan aja pesan itu, tapi kepikir sih, kejahatan di dunia digital itu sudah marak dan saya sih yakin akan semakin marak ke depannya.

tipe kejahatan dunia digital cyber crime

Beberapa Tipe Kejahatan Dunia Digital Yang Mungkin Terjadi

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa tipe kejahatan dunia digital yang saya tahu – sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saja ya… mungkin ada yang bisa menambahkan.

1. Scamming/Pishing Untuk Data Email dan Data Pribadi dalam Email

Beberapa waktu lalu (dah hampir setahun sih), saya mendapatkan link yang ternyata isinya scam mengatasnamakan Starbuck dan juga IKEA. Kita diminta mengisi data dan email kita di dalam formulir dari link tersebut. Awalnya sih saya langsung isi saja. Tapi tidak saya sebarkan seperti yang diminta oleh web tersebut.

Dan ternyata setelah saya meneliti ulang, ternyata link tersebut adalah link scam untuk mendapatkan email kita – bisa untuk mengirimkan email-email penawaran menyebalkan gitu deh atau yang dikenal dengan newsletter. Setidaknya setelah saya mendapatkan info link tersebut scam, saya mendapatkan email-email tak dikenal dengan penawaran-penawaran aneh. Gak tahu sih kalau yang lain juga mengalami apa gak.

Baca juga: Hati Hati Dengan Link Ini

2. Hacking Akun

Seperti yang saya ceritakan di atas, kejahatan dunia digital termasuk yang namanya hacking akun pribadi kita. Seperti akun email, facebook dan bahkan ada teman blogger yang mengalami akun di salah satu e commerce ternama dihack.

Tujuannya? Ya macam-macamlah. Ada yang memang hanya ingin mengambil akun kita. Ada yang sampai mengatasnamakan kita mengirimkan pesan seperti yang saya alami di facebook itu. Yang parah ya yang dialami teman blogger itu, akunnya digunakan untuk belanja (untungnya masalah ini sudah diselesaikan baik-baik).

Kejadian seperti ini gak hanya sekali dua kali loh, beberapa kali saya menerima notifikasi dari teman facebook bahwa kalau ada yang kirim pesan dari akun facebooknya jangan dihiraukan. Karena akunnya dihack dan ada yang meminta transferan uang atas nama akunnya itu.

Anggap saja 20% menanggapi dan melakukan transfer @Rp100 ribu saja. Orang itu sudah akan menerima 200 x Rp100 ribu, totalnya jadi Rp20 juta. Lumayan buat dia, lumanyun buat kita kan. πŸ˜€

3. Memperlambat Akses Website/Blog

Nah beberapa kejahatan dunia digital – cyber crime – mungkin gak separah seperti dalam film CSI Cyber, tapi ada juga yang hanya ingin membuat website atau blog kita jadi lambat atau bermasalah. Caranya ya macam-macam. Ada yang tiba-tiba ngebom hingga traffic web meningkat tajam.

Ada juga yang menggabungkannya dengan hacking akun website atau blog kita dan menanamkan malware di dalamnya. Beberapa teman blogger Indonesia ada yang mengalami ini – seperti yang biasa menulis di Guest Post di blog ini, Mbak Carra. Blog Redcarra.com terkena malware hingga akhirnya dia pindah ke carolinaratri.com.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis kejahatan dunia digital, termasuk pengambilan data kartu kredit dengan membuat website tiruan dari web e-commerce ternama atau internet banking bank ternama. Tapi saya sebutkan tiga aja ya.

Meningkatkan Keamanan Website/Blog

Keamanan website atau blog – apalagi untuk blogger yang sudah self-hosted, itu penting banget. Kita harus memastikan beberapa hal untuk mencegah kejahatan dunia digital ini tidak terkena pada website atau blog kita. Seperti yang pernah saya tulis di WordPress Security sebelumnya dan mungkin akan saya tuliskan kembali beberapa info baru yang saya dapatkan dari blogger luar negeri.

O iya… jangan lupa Kontak Dokter WP kalau ingin blognya diperiksa ya… πŸ˜€

Advertisements
1

24 Responses

  1. iip
    19 Mei 2016
    • Febriyan
      20 Mei 2016
  2. Anne Adzkia
    26 Maret 2016
    • Febriyan
      27 Maret 2016
  3. arman
    24 Maret 2016
    • Febriyan
      24 Maret 2016
  4. Ceritaeka
    24 Maret 2016
    • Febriyan
      24 Maret 2016
  5. Lia Harahap
    23 Maret 2016
  6. monda
    23 Maret 2016
    • Lia Harahap
      23 Maret 2016
      • Lia Harahap
        23 Maret 2016
    • Febriyan
      24 Maret 2016
  7. Dita
    23 Maret 2016
    • Febriyan
      24 Maret 2016
  8. eda
    23 Maret 2016
    • Febriyan
      24 Maret 2016
  9. Gara
    23 Maret 2016
    • Febriyan
      24 Maret 2016
  10. inayah
    23 Maret 2016
    • Febriyan
      23 Maret 2016
  11. Alris
    23 Maret 2016
    • Febriyan
      23 Maret 2016

Write a response

%d blogger menyukai ini: