fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Baca Buku di Mana Saja dengan 6 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini

2 min read

Baca Buku di Mana Saja dengan 6 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini 1

Bagi sebagian orang membaca buku adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Membunuh waktu hingga menambah ilmu; itulah beberapa alasan banyak orang tak bisa lepas dari buku.

Nah, apakah kamu salah satu pencinta buku? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat karena kali ini akan diulas lima aplikasi baca buku gratis untuk Android maupun iOS.

6 Aplikasi Baca Buku Gratis untuk Kamu Semua

Dilansir dari Jitaksara, ini dia 6 aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu unduh dan coba!

1. Amazon Kindle

aplikasi baca buku gratis

Aplikasi baca buku gratis yang pertama adalah Amazon Kindle. Mungkin kamu sudah terlebih dahulu tahu device Kindle keluaran Amazon. Nah, ini adalah aplikasi yang bisa membuat smartphone-mu berperan layaknya Kindle!

Tentu ini berita baik untuk para pencinta literatur karena memang harga Kindle sendiri yang tak bisa dibilang murah.

Aplikasi Amazon Kindle tersedia dalam sistem operasi Android dan iOS.

Di aplikasi ini sudah tersemat fitur kamus, Wikipedia, dan Google. Jadi, jika kamu kurang mengerti arti dari suatu kata, kamu tinggal mengetuk kata tersebut dan sistem akan menunjukkan definisi dari kata tersebut untukmu. Menarik, kan?

2. iPusnas

aplikasi baca buku

Dari namanya sudah ketahuan ya siapa pengembang aplikasi ini. Yup, pengembangnya tak lain adalah Perpustakaan Nasional.

Aplikasi asli Indonesia ini akan memudahkan kamu dalam mengakses buku yang ada di Perpustakaan Nasional. Kamu tak perlu datang jauh-jauh ke sana jika sedang berhalangan. Kamu bisa mengakses literatur dan referensi yang ada di Perpustakaan Nasional melalui aplikasi iPusnas ini.

Berbagai buku dari beragam kategori, mulai dari kesehatan, budaya, sastra, filsafat, hingga motivasi pun ada. Bahkan, novel-novel populer seperti karangan Tere Liye atau Andrea Hirata juga ada di sini.

Dalam sehari kamu diperbolehkan meminjam maksimal tiga buku melalui aplikasi ini. Jadi, harap dimaksimalkan, ya!

3. WattPad

aplikasi baca buku dan menulis

Siapa yang tak kenal dengan WattPad? WattPad adalah salah satu aplikasi baca buku paling populer saat ini. Terbukti sudah lebih dari 100 juta instal dilakukan melalui Google PlayStore, lho.

Aplikasi ini tak hanya memungkinkan kamu untuk membaca buku dan cerita yang diterbitkan orang lain. Kamu juga bisa menulis dan menerbitkan ceritamu sendiri, lho.

Hal ini membuat ekosistem WattPad sangat kuat dan pembacanya sangat loyal.

Kalau kamu punya bakat menulis, tunggu apa lagi, ayo segera terbitkan karya-karyamu di WattPad!

4. iJakarta

aplikasi baca buku gratis indonesia

Kalau aplikasi iPusnas adalah besutan Perpustakaan Nasional, iJakarta adalah perpustakaan online milik pemerintah DKI Jakarta.

Aplikasi ini rilis sejak tahun 2015 silam dan langsung mendapatkan dukungan dari berbagai penerbit, seperti Mizan, Erlangga, Gramedia, dan masih banyak lagi.

Sistem di iJakarta terbilang mudah dan praktis. Untuk membaca buku di sini, kamu tinggal melakukan registrasi, lalu memilih buku yang akan kamu baca.

Buku di aplikasi ini bisa kamu pinjam selama empat hari. Setelah empat hari, buku yang kamu pinjam akan dikembalikan secara otomatis. Mirip seperti perpustakaan konvensional, ya?

5. Novel Nusantara

aplikasi baca buku

Aplikasi baca buku berikutnya adalah Novel Nusantara. Meski tidak sepopuler aplikasi-aplikasi di atas, namun kamu tetap bisa mencoba aplikasi ini, lho.

Buku yang bisa kamu baca di aplikasi ini adalah novel-novel berbahasa Indonesia. Jadi, sangat cocok untuk kamu penyuka cerita novel-novel romantis, ya.

Keunikan dari aplikasi ini adalah jika kamu sudah membaca novel-novel di sini dan mencapai level tertentu, kamu bisa memberikan rating terhadap penulis yang bukunya kamu baca.

6. Bookslife

aplikasi baca buku gratis indonesia

Bookslife adalah salah satu penerbitan digital pertama di Indonesia. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google PlayStore.

Di sini kamu bisa membaca berbagai buku terbitan lokal yang diterbitkan secara digital, lho.

Bahkan, Dee Lestari pernah menerbitkan bukunya melalui platform ini untuk bukunya yang berjudul Aroma Karsa.

Buku yang terbit di sini juga dibagi ke dalam part-part pendek sehingga kamu akan merasa lebih nyaman saat membacanya. Tertarik untuk mengunduh aplikasi ini?

Nah, itu tadi 6 aplikasi baca buku gratis yang bisa kamu unduh di smartphone kamu. Tunggu apa lagi, ayo unduh sekarang juga dan mulai pilih buku favoritmu!

Tentang Penulis

dimaz trafindo

Penulis: Dimaz Trafindo adalah penulis di Jitaksara.com, seorang penggiat Digital Marketing dan juga pemusik amatir.

Jitaksara.com sendiri merupakan blog yang berisikan informasi worth-sharing untuk generasi muda Indonesia

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

2 Replies to “Baca Buku di Mana Saja dengan 6 Aplikasi Baca Buku Gratis Ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *