fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

CSI Cyber

2 min read

CSI Cyber

Ada yang suka dengan CSI gak? Crime Scene Investigation. Pas dulu keluar itu nontonnya ngerasa wow banget. Dan akhirnya dibentuk beberapa macam deh tuh serial CSI nya. Ada yang Miami, New York dan Las Vegas. Nah sekarang ada yang baru lagi. CSI Cyber. 

PLOT

Plot CSI Cyber
Plot besar CSI Cyber – captured from Wikipedia

CSI Cyber dikenalkan dalam salah satu episode terbaru CSI (season 14) dalam episode di mana seorang wanita yang hidup dalam dunia maya membunuh seseorang. Adalah Avery Ryan, diperankan oleh Patricia Arquette, yang bekerja di CSI: Cyber, turun tangan menangkap pelakunya bersama tim CSI.

Sejak itulah CSI Cyber hidup. Yang membedakan dengan CSI lainnya ya memang kisah petualangan mengejar penjahat di dunia cyber. Solving cases in a dark net and deep web. Salah satu episode yang saya tonton beberapa minggu lalu adalah Crowd-sourced. Kisahnya ada pembom beredar di luar sana. Dia menggunakan teknologi crowd-sourcing sebagai pemicu.

Jadi di awal episode yang ini, diceritakan ada bom dipasang dalam kotak di sebuah bioskop. Saat kotak itu di bawa keluar bioskop, hitungan mencapai 200 dan Booooom. Meledak. 200 itu ternyata dipicu dengan jumlah orang yang aktif dengan handphonenya di sekitar bom itu. Saat di dalam bioskop, angka masih di 73. Begitu di bawa keluar langsung meningkat tajam.

Apa itu crowdsourcing - CSI Cyber
Ini saya capture saat browsing apa itu crowdsourcing – masih kurang paham sih. 😀

Ini karena rata-rata orang sekarang menggunakan handphone di mana pun mereka berada. Teknik menggunakan jumlah handphone di sekitar bom ini sebagai pemicu disebut crowdsourcing. Ancaman berikutnya adalah melalui media video online.  Kalau video dilihat oleh sejumlah tertentu orang, bom akan meledak. Seram kan? Pelaku mengatakan bahwa dia ingin mengingatkan orang-orang bahwa mereka ketergantungan dengan handphone pintar mereka dan teknologi lainnya. Karena dia memanfaatkan teknologi yang ada untuk meledakkan bom.

Ngeri ya. Memang pemikiran si penjahat benar juga, bahwa kita ini sudah ketergantungan dengan smartphone hingga seakan tidak dapat hidup tanpanya. Tapi menggunakan teknologi untuk mencelakakan dan membuat pernyataan seperti itu, rasanya sangat tidak manusiawi. Ya namanya juga film serial ya, jadi dibuat yang agak ekstrim sebagai pernyataan kali ya. 😀

CAST & STORY

Kalau bicara tentang serial tv, tentunya para pemain sangat menunjang keberhasilan serial itu atau tidak. Patricia Arquette sendiri sudah jadi nama penting yang diharapkan bisa menjual serial ini. Aktingnya tidak perlu diragukan lagilah ya. Sudah beberapa kali masuk nominasi Emmy kan dia dan kalau gak salah sudah pernah menang juga, tapi saya lupa. Terus ada juga James Van Deer Beek, si Dawson dalam Dawson’s Creek yang dulu termasuk serial remaja laris (yang mengibarkan nama Katie Holmes sebagai artis berbakat – bener gak ya?)

Nah kalau bicara soal ceritanya, kisah dunia cyber memang sekarang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita, menurut saya. Buktinya ini saja saya menuliskan soal ini di blog kan? Dan kalau dirimu baca, artinya juga pasti kan menjelajah dunia cyber kan? Nah pertanyaannya, sebagaimana salah satu episode yang saya angkat di atas, seberapa kita terikat dengan dunia ini?

Seperti apakah dunia cyber secara keseluruhan, apakah memungkinkan kejahatan terjadi di dunia ini dan bagaimana mengatasinya? Saat Meet Up BEC, kita juga sudah diingatkan dengan jalur yang aman untuk website adalah sesuatu yang penting yang harus kita pertimbangkan dan perhatikan baik-baik. Nah, apa sajakah jenis cyber crime yang ada? Lebih baik nonton sendiri ya. Saya sendiri penasaran sih.

CRIME

Jadwal CSI Cyber di AXN
Ini nih tim CSI Cyber

Kalau bicara cyber crime, saya ingat kuliah saya dulu. Dosen audit saya menceritakan mengenai masalah penipuan yang dilakukan oleh bagian IT sebuah Bank di US (kejadian katanya di sekitar tahun 80-an). Jadi IT ini mengambil dua angka di belakang desimal tiap tabungan yang ada. Siapa sih yang memperhatikan angka di belakang itu? Dan dia berhasil mengumpulkan jumlah yang sangat besar.

Ya sekarang bayangkan saja kalau desimal yang diambil 0,5 tiap tabungan dan ada 100 tabungan, maka dia akan mendapatkan 50 kan? Sedangkan jumlah penabung gak mungkin lah hanya 100 tabungan. Coba kita ambil contoh yang di Indonesia, jumlah nasabah bank terbesar di Indonesia mungkin sudah melebihi 8juta nasabah. Berapa coba yang didapatnya?

Nah itu salah satu bentuk cyber crime yang sudah ada sejak dulu. Nah sekarang cyber crime lebih berbahaya lagi karena bisa dilakukan online di mana saja oleh siapa saja. Salah satunya yang baru-baru terjadi di internet banking bank yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan menciptakan halaman web yang mirip dengan yang sebenarnya. Kita harus berhati-hati dalam bertransaksi online. Pelajari kebijakan dari masing-masing bank atau lembaga keuangan (termasuk toko online) mengenai transaksi yang ada. 

Ah… udah ah. Nulis soal CSI Cyber malah jadi lari ke cyber crime. Hahahaha. Ya kalau kamu mau nonton serial ini, bisa nonton di AXN, ditayangkan setiap Kamis malam jam 9 WIB. Kalau mau tahu jadwal acara lainnya di AXN, bisa coba cek jadwal tayang berikut. Kalau saya pribadi sih sangat suka dengan serial ini, jadi pasti nonton.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

30 Replies to “CSI Cyber”

  1. Wah seru banget ya ternyata CSI. Dan yang serial cyber crime ini pas banget ya emang sama kehidupan jaman sekarang. Kalau aku ngikutin The Mentalist Mas 🙂

  2. seneng nonton csi gara2 istri yang selalu nonton serial2 di fox crime. akhirnya ikut suka csi, termasuk csi cyber, walau ga terlalu ngikuti intens. tapi secara tema cerita ok jg, secara sekarang kan makin marak kejahatan cyber. untuk kasus di indonesia, yaitu ‘bobol’ nya beberapa rekening bank yg lagi rame diberitakan.

    btw, mumpung ngomongin soal cyber, sudah nonton film yang judulnya s.e.r.p?
    info lengkap di sini: http://www.imdb.com/title/tt2505366/ saya sendiri baru rencana nonton 🙂

  3. Penasaran sama film ini Yan. Keren keknya ya. Cuma kok james van der beek ya. Hahahaha. Entah kenapa aktingnya dia gak believable menurut gw.

  4. Tadi sudah coba komentar tapi nggak masuk. Padahal sudah diketik panjang. Jadi ill feel dengan koneksi internet sendiri *banting modem* *maapkeun*.
    Saya suka, saya suka CSI, dan saya kepingin banget bisa nonton, tapi sayang, saya tidak pakai TV berlangganan, tapi pakainya TV oplosan, kalau kata teman saya :huhu.
    Eh ya, seram juga, dunia cyber ini malah jadi lahan kejahatan baru, atau sarana ampuh melakukan kegiatan kriminal. Bagaimana ya kalau semua hal itu kejadian di dunia nyata? Meledakkan bom dengan parameter jumlah orang yang online atau jumlah views dalam suatu video di situs YouT*ube, misalnya. Kepintaran dan kelihaian penegak hukum dengan para penjahat ini sejatinya terus berkejaran ya Mas :hehe.

    1. Iya Gar. Kejahatan cyber sbnrnya sih udah ada. Kita cm mungkin baru kenal dengan pishing dll aja. Tapi sbnrnya banyak banget kejahatan yang bisa terjadi. Sebenarnya adalah hanya kita belum berpikir ke sana aja.

  5. Aku suka CSI series, paling suka yang original (Las Vegas). Kalo spin off yang CSI Miami sering hitung berapa kali Horatio buka/lepas kaca mata hitamnya.

    CSI Cyber baru lihat beberapa epi, lumayan. Nonton Scorpion ngga Ryan? Tentang computer expert dan teamnya. Seru juga.

    1. Scorpion? Baru denger Mbak. Coba nanti browse deh. Kayaknya di sini blm ada.

      Iya. Kalau Miami suka perhatiin Horatio mainin kacamatanya. Ciri khas dia banget itu.

      1. Si pembunuh bikin taxi palsu trus berhasil ngakses data aplikasi pesan taxi online…dia bunuh2in itu penumpang. Ternyata dia dendam krna anaknya ditabrak ama salah 1 supir taxi yg dia rebut aksesnya itu. Serem deh.

    1. Crim minds saya dah gak tahu yang ke berapa Mbak. Hehehe. Belum lihat yang Jenifer love hewit.
      Navy cis itu NCIS ya? Kalau NCIS LA n New Orleans Mbak Nel?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *