fbpx
tips atau cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan

[Guest Post] 8 Hal Ini Bisa Meningkatkan Produktivitas Kamu Saat Bekerja

FebriyanLukitoCom: Guest Post kali ini adalah tips untuk meningkatkan produktivitas kerja – baik yang kerja di kantoran ataupun yang wirausaha. Simak yukkk.

Produktivitas merupakan salah satu dari faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah pekerjaan. Produktivitas pekerjaan erat kaitannya dengan kenyamanan seorang pegawai ketika sedang bekerja di kantornya. Menurut sebuah studi, sekitar 87 persen pegawai perusahaan merasa tidak bersemangat untuk bekerja di kantor ataupun berbisnis di rumah. Semangat dalam bekerja akan mempengaruhi produktivitas pegawai. Dengan meningkatkan produktivitas kerja maka perusahaan juga akan semakin maju.

Febriyan: coba simak definisi produktivitas menurut wikipedia di sini.

Setiap pegawai tentunya berusaha agar bisa produktif dalam bekerja, namun kadang  mereka malah memaksakan diri sendiri dan malah bisa membuat mereka sendiri kelalahan dan menjadi stres. Bekerja dengan porsi yang tepat dapat mengurangi tingkat stres kita, sesekali beristirahat bisa membuat pekerjaan malah cepat selesai.

Untuk lebih produktif, kamu tidak perlu menyulap ruang kerjamu seperti milik Google. Kamu cukup memberikan sedikit sentuhan perubahan untuk membuatmu lebih produktif. Apa saja itu?

8 yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Kamu

Berikut ini adalah 8 Hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja kamu.

tips atau cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan
8 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Kamu!

#1. Segeralah Selesaikan Tugas di Awal Hari

Di awal hari, kamu tidak boleh bersantai dalam memulai pekerjaan. Segera selesaikan pekerjaanmu. Hal ini bisa membuat kamu lebih berkonsentrasi karena tidak diburu waktu. Kesibukan dalam pekerjaan juga pastinya sangat merepotkan ketika pekerjaan-pekerjaan kamu menumpuk. Untuk menghindarinya kamu bisa menyelesaikan lebih awal dan bisa bersantai di akhir waktu.

Selain itu, untuk mengawali harimu, kamu bisa menyelesaikan tugas-tugas yang mudah dulu sehingga akan selesai lebih cepat. Jika ada tugas yang penting, maka selesaikan yang penting dulu. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk mengatur jadwal pekerjaanmu setelahnya.

Baca juga: Manajemen Waktu – Prioritaskan yang penting

#2. Gerakkan Tubuhmu Sejenak Agar Otak Tidak Terlalu Tegang

Dengan kondisi kesehatan yang prima, kamu bisa membuat produktivitas kerja kamu semakin meningkat. Jika kamu seorang pekerja yang harus berhadapan dengan komputer selama berjam-jam maka kamu sebaiknya memberikan jeda waktu sedikit untuk menggerakkan badanmu. Jika badanmu tetap segar dan bugar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan kamu dengan baik dan tepat waktu.

Selain sedikit menggerakkan badanmu, kamu bisa berjalan-jalan di ruangan kantor untuk sekedar menyapa teman sekantor kamu. Berjalan beberapa langkah saja kamu bisa meregangkan otot-otot kamu sehingga tidak kaku.

#3. Jangan Abaikan Makan Siangmu

Bekerja membutuhkan energi. Bekerja dengan otot maupun otak sama-sama membutuhkan banyak energi. Ketika pagi hari, sebagaian besar kamu biasanya telah mendapat energi dari sarapan di pagi hari. Ketika siang, sibuk bekerja bisa membuat kamu lupa untuk makan siang.

Febriyan: Ini nih yang tanpa sadar saya suka lupa – bahkan sampai lupa minum air putih.

Dengan melewatkan makan siang mungkin kamu akan mendapatkan sedikit tambahan waktu untuk pekerjaanmu, namun dengan menahan lapar kamu tidak akan bisa berkonsenstrasi dengan baik, malah nanti pekerjaanmu bisa molor atau tidak bisa maksimal.

Sempatkan makan siang untuk mengatasi perut laparmu, makan siang yang cukup, jangan berlebihan. Jika berlebihan nantinya kamu akan mengantuk dan malas untuk bekerja. Cukupkan makan siangmu untuk menambah energimu ketika bekerja dari siang sampai sore.

#4. Jangan Bekerja Terus Terusan

Bekerja merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan terus menerus. Di Indonesia rata-rata orang bekerja sekitar 8 jam dalam satu hari. Dalam jam tersebut biasanya terdapat waktu istirahat di siang hari. Bekerja bagi sebagian besar orang adalah untuk mendapatkan uang, kadang orang menganggap semakin lama bekerja maka pendapatan juga akan semakin meningkat.

Namun taukah kamu bahwa bekerja terus menerus tanpa memperhatikan istirahat akan membuat produktivitas kamu menurun. Bekerja terus menerus akan membuat pekerjaan kita menjadi tidak maksimal dan akhirnya malah membuat kita semakin stress. Berikan waktu untuk istirahat dan refreshing yang cukup. Sehingga ketika kembali bekerja kamu akan tetap fresh dan siap melahap pekerjaan kamu dengan baik.

#5. Punya Tujuan dan Rencana Kerja yang Nyata

Dalam melakukan suatu hal, kamu harus tau tujuannya. Dengan adanya tujuan yang jelas, kamu bisa mendapatkan motivasi untuk melakukan hal tersebut. Dalam bekerja kamu juga harus memiliki tujuan yang jelas, kemudian buatlah rencana yang nyata dan nantinya kamu akan fokus dalam menjalani pekerjaanmu. Ketika sudah fokus dalam bekerja, produktivitas kerja kamu juga akan semakin membaik.

Febriyan: Ini bener juga nih. Termasuk saat kamu dah mulai monetizing blog – harus punya visi alias tujuan dan rencana kerja blog. Baca juga: Memiliki Visi Dalam Hidup – Belajar dari 7 Habits

#6. Membuat Jadwal Harian

Setelah selesai melakukan sebuah pekerjaan, hendaknya kamu segera membuat perencanaan untuk pekerjaan di hari esok, dengan perencanaan yang matang, kamu bisa mengatur waktu kamu dengan lebih baik. Kamu bisa merencanakan untuk prioritas pekerjaan yang harus kamu lakukan. Hal ini bisa membuat kamu memiliki persiapan yang matang dan akhirnya meningkatkan produktivitas kerja kamu.

#7. Keluarga dan Teman Tidak Kalah Penting dengan Pekerjaan

Salah satu hari yang sangat dinantikan seorang pekerja adalah weekend atau akhir minggu. Di mana di hari-hari tersebut kamu bisa bertemu dengan keluarga dan teman-teman kamu. Manfaatkan waktu liburan sebaik baiknya. Memberikan waktu yang berkualitas bersama keluarga akan membuat kamu lebih semangat bekerja. Motivasi dari orang tua dan saudara bisa membuat kamu menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Baca juga: Malam Minggu Ala Jomblo

#8. Kualitas Tidur = Produktivitas Kerja

Jangan menyepelekan waktu tidur, ketika kamu telah pulang dari bekerja segeralah berisirahat atau lakukan hal hal lain di luar pekerjaan. Jangan bawa masalah pekerjaan ketika pulang ke rumah, dengan begitu kamu bisa mendapat tidur yang berkualitas dan nanti ketika bangun kamu siap bekerja dengan maksimal.

Kesimpulan by Febriyan

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja dari Mas Eka Saputra ini bisa banget dipraktekkan secara langsung – baik yang masih sebagai karyawan ataupun yang sudah berwirausaha. Kalau dari kamu sendiri, ada tips lainnya gak?

Penulis Tamu kali ini adalah Eka Saputra – owner blog Satu Jam.

Untuk yang mau menulis Guest Post di Febriyan Lukito ini, jangan sungkan email:

46 Comments

  1. RIZCA HELFANY 8 Februari 2017
    • Febriyan 8 Februari 2017
  2. Anas Pelatihan SDM 7 Februari 2017
  3. Untung Kasirin 11 Juli 2016
    • Febriyan 11 Juli 2016
  4. Lalu Razieb Ariaharfi 8 Juni 2016
    • Febriyan 8 Juni 2016
  5. nia nastiti 3 Juni 2016
    • Febriyan 4 Juni 2016
  6. Edited Name 2 Juni 2016
    • Febriyan 2 Juni 2016
  7. Ery Udya 1 Juni 2016
  8. ihwan 1 Juni 2016
    • Febriyan 1 Juni 2016
  9. Khoirur Rohmah 1 Juni 2016
    • Febriyan 1 Juni 2016
  10. Kornelius ginting 1 Juni 2016
    • Febriyan 1 Juni 2016
  11. kartinaikasari 1 Juni 2016
    • Febriyan 1 Juni 2016
  12. Wulan Kenanga 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  13. Abdul Cholik 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  14. Lia Harahap 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  15. @danirachmat 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  16. Adelina 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  17. April Hamsa 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  18. BaRT 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  19. Omali 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  20. Anggi Putri 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  21. DollyPR 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
  22. Vita 31 Mei 2016
    • Febriyan 31 Mei 2016
    • Dani 31 Mei 2016
      • Febriyan 31 Mei 2016

Leave a Reply