fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Pentingnya Kesehatan dan Minum Air Putih

2 min read

pentingnya kesehatan dan minum air putih

“Kamu harus jaga kesehatanmu, minum air putih yang banyak!” Gak sedikit sih yang bilang seperti itu ke saya. Apalagi ketika saya beberapa kali gak enak badan. Saya, mungkin sama seperti sebagian besar orang lainnya, bukannya tidak paham pentingnya kesehatan dan minum air putih. Tapi kenyataannya masih saja suka lupa menjaga kesehatan itu sendiri.

Kesehatan Itu Penting

Banget… banget banget banget deh itu saya yakin kalau kesehatan itu penting dan juga kesehatan itu mahal. Gimana gak mahal coba, terakhir saya fully check up buat tahu ada apa dengan kondisi tubuh saya yang sering drop belakangan ini, harganya bikin muntah dan makin sakit.

Saya itu cek lab, ke dokter spesialis dan juga rontgen – itu loh ngambil foto bagian dalam tubuh. Totalnya itu hampir 1,5 juta doang (doang!!!). Hikss kalau sudah kayak gitu, baru deh bener-bener ngerasa betapa sehat itu mahal bok. Apalagi kemarin itu asuransi kesehatan saya di kantor belum aktif – jadi gak ada reimburse deh tuh biayanya.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Terus saya teringat lagi sama teman kantor di bank yang memberi saya beasiswa, dia juga mengingatkan saya pentingnya kesehatan dan minum air putih. Karena dia pernah mengalami sendiri yang namanya gangguan ginjal karena kurang minum air putih. Biaya pemeriksaan dan pengobatannya pun gak murah.

Pentingnya Kesehatan Dan Minum Air Putih

pentingnya kesehatan dan minum air putih
Kalau makan salad kayak gini gimana? Sehat gak?

Kalau dulu pas sekolah, saya inget banget pelajaran yang bilang: “Dalam sehari, seorang manusia harus minum setidaknya 8 liter air putih”. Itu masih berlaku gak sih? Kalau masih, sepertinya penyebab saya merasa sering down banget belakangan ini ya karena kurang minum air putih kali ya.

Saya, seperti yang disebutkan di atas, bukannya gak tahu atau gak paham pentingnya kesehatan dan minum air putih ini. Tahu kok. Cuma ya kalau sudah di kantor itu, apalagi pas kerjaan lagi banyak-banyaknya, seringkali lupa untuk minum air putih. Sehari palingan habis dua tumblr doang.

Udah gitu, weekend juga dah jarang banget jalan keliling komplek, apalagi lari – yang sering cuma lari dari kenyataan hidup yang berat doang #ehhhh. Makanya pas kemarin sakit itu dan melihat bisa pesan buah secara online, saya tuh seneng banget. Lumayan kan bisa mengimbangi dikit yak.

Baca juga: Review: Pesan Buah Secara Online Pakai Go Jek

Pentingnya kesehatan dan minum air putih ini mungkin sederhana dan sering diremehkan orang, termasuk saya, tapi pas udah kejadian (baca: jatuh sakit), baru deh kita menyadarinya dan merubah gaya hidup kita lagi akhirnya.

Olahraga Teratur

Salah satu yang membuat saya terpikir belakangan ini ya ingin berolahraga teratur lagi nih. Dulu saya rajin nge-gym. Bahkan sempat tuh ikutan program penurunan berat badan dan berhasil menurunkan 5 kg dalam 2 minggu karena rajin dan ingin hidup sehat. Sekarang? Gak ke gym, jarang jalan dan jarang olahraga. Bahkan jarang juga olah tubuh kesukaan saya.

Sedia Air Putih Yang Banyak

pentingnya kesehatan dan minum air putih
Minum Infused Water termasuk minum air putih gak?

Ini juga harus saya rubah nih. Kayaknya harus beli tumblr yang lebih gede lagi ya. Biar pas kerja pun ketaker deh berapa banyak air putih yang sudah saya minum untuk hari itu. Etapai, saya sendiri lebih suka ngopi sih di kantor karena sering merasa ngantuk sayanya.

Tapi pas saya browsing tips kesehatan, katanya sering merasa ngantuk itu tanda penurunan metabolisme tubuh juga (ini nih perlu inget lagi makanya pentingnya kesehatan dan minum air putih). Nah biar tetap tampil awet muda dan juga meningkatkan metabolisme tubuh, kita dianjurkan minum air putih.

Baca juga: 15 Manfaat Air Putih

Diet Itu Perlu Gak?

Nah satu sih pertanyaan saya, perlu gak sih saya diet? Kalau dari cara perhitungan massa tubuh, saya ini sih memang termasuk yang gemuk. Tapi kalau disuruh diet itu rasanya berat banget deh buat saya. Apa saya diet buah aja ya?

Ada saran gak diet yang gampang – please jangan bilang food combining. Memang saya tahu sih kalau food combining bagus buat tubuh juga, tapi susah dengan posisi saya yang masih jadi anak kos ini. Lebih sering beli makan di luar saya daripada masak.

Intinya Sih…

Ya intinya sih saya paham pentingnya kesehatan dan minum air putih bagi tubuh saya tapi memang masih kurang melakukan yang harus dilakukan. Kalau kalian gimana? Menurut kalian pentingnya kesehatan dan minum air putih bagi tubuh itu seperti apa?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

86 Replies to “Pentingnya Kesehatan dan Minum Air Putih”

    1. Kalau dari yang saya dapatkan sih berbeda-beda ya mas tergantung usia, berat badan, aktivitas. Tapi setidaknya 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter itu mas.

  1. Selalu masalah sama air putih nih. Kayaknya kurang konsumsi dan sering banget males mw minum..
    Sekarang pake tumbler 1,5 liter. Sehari minimal harus abis
    😀

  2. Hadeuh mas (mas apa koko nih panggilnya? hehe) saya malah doyan banget minum air putih, udah kayak onta. Mau tukeran badan sementara waktu? Tapi jangan tukeran penyakit ya! hahahaha

  3. Hai Mas Ryan. Hehehe..kayanya tau tuh penampakan salad-nya! emang thousand island-nya kebanyakan seh 😀 tapi yaa.. gw bahkan jarang2 makan thousand island. jadi ya sud lah, beberapa tahun sekali boleh laah makan thousand island. Hehe. Klo dari segi makanan: gw seh lg banyak makan buah neh sekarang (serat penting!), makan sayur, kurangi daging merah dan iyaa minum air putih sekitar >8gelas/hari. Godaan terberat adalah: gorengan dan gw harusnya bergerak lebih sering. So.. let’s move 🙂

    1. Kalau gak tahu saladnya sih … Hehehe.

      Makan buah. Keren Rin. Serat emang bagus tuh buat tubuh. Godaan gorengan sih masih bs gw hindari Rin. Cm geraknya itu yang blm bs.

  4. air putih penting banget, mas. saya kemana mana suka bawa tumbler isi air putih. selain hemat karena gak kudu beli minum, bisa bikin sehat juga. kerasa banget lho kalo kurang minum. salah satunya cepet loyo dan bikin muka kusam. apalagi kalo komposisi air putihnya jauh lebih sedikit daripada minum air bergula. daaann secara sekarang musim panas banget di Sby, saya lebih banyak minum es teh 🙁

      1. nah, aku kurang tau kalo itu. tapiiii lebih baik minum air putihnya lebih banyak ya.
        ini aja aku lagi sakit punggung, kebanyakan duduk dan kayae salah posisi tidur , lalu kurang air putih :/

  5. Air putih penting banget mas!!! Asal juga jangan udah air putihnya banyak tapi air berwarnanya juga over jadi ga ada khasiatnya. Mending air putih minimal 2 ~ 3 L sehari (wkwkwkw kalo 8L itu mah abisin setengah galon) 😀 Eh tapi ada perhitungannya mas, tergantung massa tubuh juga. Itu sebenarnya seperti yang mba Wien bilang diatas, di android ada tuh reminder minum air putih didalamnya ada anjuran berapa L minum air putih diukur dari berat badan kita.

    Jadi inget dimarahin dokter kandunganku bulan lalu, aku kebanyakan makan karbo. Dia ga nyaranin menu diet yang penting makanan yang sehat dan seimbang, secara ga langsung itu bisa memasuki berat badan ideal katanya. Tapi kalo lihat salad kayak punya mas diatas itu pasti diomelin dokter itu. Itu bukan makan sayur pake dressing tapi makan dressing pake sayur 😀

    1. Huahahahhaa. Makan dressing pakai sayur. Wkwkwkwkwk. Bntr ngakak lagi yak…. Hahaha.

      Jadi 8 liter kebanyakan ya. Itungan minum air berdasarkan berat tubuh? Haru dicari nih kayaknya.

      1. Mmmm istilah di app nya siyh body mass, tapi kalo dimasukin ya berat badan kita gitu. Karena pada dasarnya cairan yang dibutuhkan kita pasti harus sepadan dengan besar tubuh kita sendiri, jangan sampai kekurangan.

  6. beneran mas, air putih itu penting banget. dulu pernah kena anyang-anyangan, awal tahun lalu ngalamin lagi wkwkwk.. gak enak susah kencing tuh. dan mulai menyadari air putih itu anugerah terindah yang pernah kumiliki *pret*

    ngomong-ngomong diet, saya juga gagal food combining hahaha.. cuma bertahan sebulan. karena FC, saya jadi makan sama gorengan mulu, kan gak boleh tuh makan nasi sama protein hewani macam ayam atau telor. jadinya malah gak sehat kan makan nasi sama gorengan doang mah. maklum sendirian di rumah. terus efek makan buah tiap pagi itu entahlah malah jadi bikin saya males ngapa ngapain. lemes aja bawaannya. tiduran mulu deh kerjaannya, selain ngerjain skripsi. jam 10 udah laper lagi. pas jam makan besar tiba, rakus deh segala dimakan. mungkin FC terlalu baik buat akuh, putus aja deh hahaa.

    alhasil sekarang saya OCD lagi. alhamdulillah badan jadi enakan lagi dan meski gak sarapan, efeknya gak separah sarapan buahnya FC. jadi aktif gitu, gak males. mudah mudahan konsisten, sebab yang susah dari OCD itu konsistensi kan ya?

    1. OCD yang Dedi Cob itu? Wahh…
      Saya susah dong ya kalau ikutan FC. Saya kan gak makan sapi. Terus ikutan FC gak boleh makan ayam dan telur, saya makan apa dong yak???

  7. Aku juga anak kost Ryan tapi tetap bawa bekal. Selain hemat juga sehat dan enak. Kalau jajan sekali-kali boleh lah tapi nga tiap hari.

    Minum air putih emang benar-benar penting bangat. Jadi ikutan wien nich masang aplikasi water drinking reminder. hehehe terima kasih yach.

  8. Kalau aku suka air putih, karena memang pada dasarnya gak terlalu suka minum teh, apalagi kopi aku gak bisa. Cuma kadang suka lupa minum air putih yang banyak, harus pasang aplikasi kayaknya hehehe

      1. Gak suka kopi karena: 1. deg-degan gak jelas setelahnya, 2. gak biasa aja, 3. anti mainstream *halah* 😀

        Iya mas nanti kalau WiFi nya dah mendingan tak download deh, tapi gak tau nih untuk iPhone ada atau nggak.

  9. Ya penting banget mah minum air putih itu… tapi betulan mesti 8 liter sehari ya? Bukannya 8 gelas? Takutnya kalau 8 liter malah gembung… :hehe. Iya, selain banyak minum air, makan sehat, istirahat juga mesti cukup Mas. Doh mudah-mudahan kita selalu jauh dari sakit ya, habisnya nggak ngenakin banget. Jadikan makanan sebagai obat, bukan obat sebagai makanan, kalau kata orang.

    *maaf kalau komentarnya melantur, beberapa hari terakhir ini otak memang rada kurang beres. Mungkin saya juga kurang minum air putih?*.

  10. Itu salad kenapa banyak banget dressingnya, isi dressingnya cream sama telur, sama jug a boong. Kenapa salad di Indonesia selalu banjir dressing begitu? Kalau mau sehat, pake dressing olive oil atau dikit aja, atau ga pake sama sekali.

      1. Kayaknya sih begitu ya haha, aku klo makan salad disini dressingnya cukup asal ada rasa, nggak sampe banjir begitu, dan salad disini kebanyakan ya daun beneran, bukan campur2 roti2, buah, jagung.

      2. Iya, daun, kadang dikasi kacang2an atau buah2 macam berry supaya ada rasa2 tertentu. Kadang memang kalau ngeliat salad2 yang dijual di Indonesia – sama aja boong dah, mending sekalian makan nasi

  11. Minum air tuh memang penting banget Ryan. Aku dikasih tips sama temen kantor untuk masalah ini, dia bilang coba beli botol minum ukuran 2 liter. itu jatah minum minimal sehari. katanya 2 liter tuh = 8 gelas. jadi kalo air di botol itu nggak habis, artinya kurang minum. temenku itu ke mana-mana bawa botol airnya itu. agak ribet sih, tapi bisa cepat tau kurang minum ato nggak dari banyaknya air yg tersisa di botol.

  12. Air putih penting banget mas!
    Akhir tahun lalu aku sempet sulit bangun dari tempat tidur karena jarang minum air putih. Di kantor cuma inget minum 2 gelas seharian.

    Akhirnya lama lama pinggang sama kaki susah digerakin dan sakit. Dokter cuma bilang minum air putih yang banyak. Hehe serem ya efeknya. Takut ginjal kena.

    Sekarang di kantor , aku selalu taro minimal 6 gelas aqua di samping komputer. PR nya tiap pulang, 6 gelas itu harus abis. Ayo mas, minum air putih sampe kembung.

      1. Ya mas, mendingan dipaksain deh daripada keburu kena ke ginjal. Orang kantor aku ada yang dibawain istrinya botol minum guedeeee banget, seharian di kantor harus abis hihi. Kurangin minuman lain selain air putih 😉

  13. Wah ko Ryan harus dibawelin ni, hahaha.. Air putih itu penting banget buat kita ko. Kalau ko Ryan sering megang HP, coba install “water drink reminder”, tapi itu buat andro si, kalau ios saya engga tahu ada aplikasi semacam itu atau tidak. Ada teman saya yang habitnya berubah sejak install aplikasi itu karena “ada alarm untuk minum air”. Anyway, kalau bisa kurangi minum kopi kalau jarang minum air putih 🙂

    Saya juga anak kos dan saya juga engga diet tapi saya berusaha makan sehat ko. Meskipun anak kos tapi tidak susah kan untuk makan roti gandum, kurangi gorengan, banyakin air putih (hangat bukan es), dan makan buah. Di kos lama, saya punya teman cowo yang tidak diet tapi menerapkan pola hidup seperti itu juga, malahan tiap hari dia masak nasi merah dicampur nasi putih organik. Katanya dia, percuma kalau diet tapi badan tidak sehat. Kembali lagi ke orangnya si ko, punya niat atau tidak 🙂

    1. Huaaaa. Diomelin Wien. Hiksss. Ada ya aplikasi gitu. Coba cari dl ah. Pengen sih masak lg di kos kayak dulu. Kyknya dah harus mulai nih. Makasih ya Wien.

      1. Hahaha, merasa diomelin ya? 😛
        Iya di andro ada aplikasi begitu, kalau ios aku engga tahu. Niat masaknya jangan sebatas di dalam otak yah 😀
        Sama-sama ko. Get well soon!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *