fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

7 Habit #3 – Manajemen Waktu

1 min read

7 habits - habit 3 manajemen waktu

Nah, sekarang kita sudah sampai di Habit ke – 3 dari 7 Habits karya Stephen R. Covey nih. Habit terakhir yang sifatnya lebih ke personal kita sendiri. Habit 3 ini terkait Manajemen Waktu, bagaimana kita mengatur waktu yang kita punya setiap hari dalam hidup.

***

Dari visi yang kita punya, kita turunkan dalam bentuk tahapan-tahapan yang ingin kita capai menuju visi itu. Tujuan-tujuan kecil inilah yang perlu kita atur. Buatkan detail. month by month plan, day to day plan. Agar kita dapat me-manage waktu kita dalam mewujudkan visi tersebut.

Manajemen waktu sangat penting dalam kehidupan kita agar 24 jam kita sehari dapat kita gunakan sebaik mungkin dalam mencapai tujuan-tujuan kita. Apa saja yang perlu dilakukan?

Habit 3 – Manajemen Waktu Mewujudkan Visi

Berikut ini beberapa tips dalam melakukan manajemen waktu yang baik. Kamu dapat lakukan ini sehari-hari dalam setiap kegiatan kamu.

1. Tuliskan semua kegiatan/pekerjaan/aktivitas kamu. Setiap hari, setiap bulan, semuanya.

2. Kelompokkan semua kegiatan tersebut ke dalam kategori berikut:

  • Urgent (mendesak) yaitu kegiatan-kegiatan yang bila tidak dilakukan sekarang akan fatal akibatnya bagi kita. Seperti: menyelesaikan laporan yang sudah deadline.
  • Penting yaitu kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan yang mengarahkan kita ke visi kita. Dari kategori itu akan dihasilkan 4 kuadran kegiatan seperti berikut:
7 Habit #3 - Manajemen Waktu 1
Kuadran Manajemen Waktu

3. Plot masing-masing kegiatan dari masing-masing kuadran ke dalam daily activity kamu…. INGAT… harus masukkan dulu yang besar-besar yaitu yang urgent dan penting, baru yang lainnya. Salah plot akan berakibat kamu merasa kurang waktu untuk mengerjakan semua.

O iya. Sekarang ini memang mungkin tidak urgent, tapi bila tidak dikerjakan, akhirnya akan jadi urgent loh. Jadi jangan sampai itu terjadi ya!!!!

O iya… jangan lupa sisipkan spare time utk kegiatan2 yang mendadak sekali…

4. Nah kalo sudah ada daily activity. Kerjakan tugas-tugas kamu sesuai dengan daily activity itu…

Butuh Waktu untuk Manage Waktu

Repot???? ga lah… kan demi masa depan kita sendiri…

Saya sendiri masih berusaha dalam time management ini. Agak sulit buat saya karena saya suka mengubah sendiri. Sehingga yang sudah saya plot jadi berantakan. Kemudian, memang butuh waktu tersendiri untuk kita mengatur waktu kita sehari-hari.

Biasakan untuk memikirkan apa saja kegiatan esok hari sebelum tidur – bisa menjadi salah satu cara untuk menyusun manajemen waktu dengan baik juga loh.

Habit 4: Berpikir Menang Menang

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Kisah Sebuah Tas

Febriyan
2 min read

If You Judge People

Febriyan
45 sec read

Pembelajaran Tak Langsung

Febriyan
1 min read

16 Replies to “7 Habit #3 – Manajemen Waktu”

  1. habit saya yang jelek nih, procrascinator banget 🙁
    Etapi kok dirimu nulisnya gak pake tititk ya? Yang ada cuma titik-titik. Keknya kebanyakan deh. Hehe ….

    1. sama-sama mba…
      bagi saya yang terberat dari 7 habit ya manajemen waktu ini… masih banyak yang harus diperbaiki.
      dah lihat video soal manajemen waktu ini mba? saya ada post juga. di categori 7 habit

  2. kalau aku, untuk mengklasifikasi mana yang urgent mana yang engga aja udah menghabiskan waktu berjam-jam mas. 😆

  3. Menarik dan bermanfaat, mas Ryan.
    Kehilangan fokuslah yang menyebabkan sulit menerapkannya sehari-hari.
    Untuk menghindari hal tersebut ya disiplin membuat to-do-list, kemudian disiplin dalam hal eksekusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.