fbpx
habit 2 dari 7 habit hidup berdasarkan visi

7 Habit #2 – Hidup Berdasarkan Visi

Lanjutan dari 7 Habits ya…. Sudah baca Habit 1 – Proaktif kemarin? Kini kita lanjut ke Habit 2 – Hidup Berdasarkan Visi (Begin with the End of Mind).

Apakah tujuan hidupmu?

Itulah yang dipertanyakan dalam Habit ke 2 ini. Ibarat sebuah kereta api yang memiliki tujuan akhir yaitu stasiun tujuan, hidup kita ini harus memiliki sebuah tujuan akhir.

Di mana sepanjang perjalanan hidup mungkin kita akan berhenti di tiap-tiap stasiun yang memang searah dengan tujuan akhir kita.

VISI –> Itulah yang Ingin Kita Capai. Hidup Berdasarkan Visi

Dari visi ini akan diturunkan dalam bentuk beberapa misi kalau dalam perusahaan atau kalau dalam hidup kita dapat kita sebut sebagai stasiun2 kecil tersebut. kita bentuk langkah-langkah dan tujuan2 kecil kita yang akan mengarah ke tujuan akhir tersebut.

Semua (visi besar dan tujuan2 kecil) perlu kita buat agar hidup kita lebih terarah. Memiliki rel yang mengarahkan kita ke tujuan final kita melalui tujuan-tujuan kecil tersebut.

Jadi dengan sebuah tujuan.

Diharapkan hidup akan lebih terarah dan lebih memotivasi kita. Bayangkan kita hidup tanpa sebuah arah. sebagaimana kereta bergerak tanpa tujuan akhir. Apakah yang akan terjadi?

Yang ada kekacauan demi kekacauan akan terjadi dalam hidup kita dan hidup akan menjadi sia-sia karena tidak ada satu hal pun yang tercapai. Ini karena kita tidak hidup berdasarkan visi.

Semua Berlalu Begitu Saja…

Tanpa terasa hidup kita telah lalui… umur 2 tahun…. umur 10 tahun (sd)…. umur 17 tahun (SMA)… umur 25 tahun (kerja)… umur 30 tahun …. umur 40… umur 50….

Bayangkan bila kita tak punya tujuan sama sekali…. setelah SMA apa yang ingin kita lakukan? saat kerja, apa yang ingin kita capai?

Kehidupan kita akan terbuang dengan percuma… tau2 sudah 50 tahun…. masih sebagai pekerja keras di perusahaan asing….

habit 2 hidup berdasarkan visi begin with the end of mind 7 habits
The Path you want to walk on

Adakah impian itu di Anda? Apakah visi Anda?? APA VISI ANDA.… bila belum punya…. buatlah VISI anda sekarang. dan mulailah navigasikan kehidupan Anda sebagaimana Anda menginginkannya….

Hidup Berdasarkan Visi – Mulai Membuat Visi Hidup Sekarang

Seperti apa sih hidup berdasarkan visi itu? Kita sudah pasti harus memulai dengan membuat tujuan hidup (GOAL). Cara membuat visi yang baik dalam hidup:

1. VISI harus achievable

Tujuan hidup kita itu haruslah dapat dicapai. Jangan buat visi yang ujungnya membuat kita sendiri down. Visi atau Goal itu harus dapat dinilai. Jangan buat visi yang tidak jelas…

2. VISI haruslah mencakup segala aspek kehidupan:

    a. Tuhan

    b. Keluarga

    c. Sesama

3. Buatlah VISI dengan membayangkan….

    – Apa yang ingin orang kenang darimu saat kau tiada….

    – Apa yang ingin kau tinggalkan untuk keluargamu….

    – Apa yang kau berikan kepada sesamamu

     – Apa yang kau berikan ke Tuhanmu

Yang diajarkan kemarin ke saya adalah…. renungkan (bila perlu diiringi dengan alunan musik lembut seperti suara-suara air terjun) dan bayangkan…

VISI hidup saya adalah:

Membentuk sebuah keluarga kecil yang tinggal di daerah pegunungan di mana anak-anak dapat hidup dengan tenang. Dan sebagai wujud terima kasih saya kepada Tuhan saya ingin mengabdikan diri dengan mengajar dan membentuk sekolah gratis untuk keluarga tidak mampu bersama dengan keluarga saya tentunya.

Saya masih berharap mimpi itu bisa terwujud….

Mari sama-sama kita berusaha….

14 Comments

  1. Ceritaeka 16 Februari 2015
  2. Tiananda 16 Februari 2015
    • Ryan 16 Februari 2015
      • Tiananda 16 Februari 2015
      • Ryan 16 Februari 2015
  3. Yudhi Hendro 15 Februari 2015
    • Ryan 16 Februari 2015
      • Yudhi Hendro 18 Februari 2015
  4. Pingback: Skripsi Kehidupan | Jejak Langkah... 18 Desember 2013
  5. Pingback: How To Be Better | Jejak Langkah... 25 September 2013
  6. Pingback: YOU!!! | Jejak Langkah... 29 Mei 2013
  7. Wong Cilik 27 Mei 2013
    • ryan 27 Mei 2013
  8. genthuk 10 Februari 2013
    • ryan 10 Februari 2013

Leave a Reply