menghasilkan uang dari hobi ciptakan peluangmu

Menjalani Hobi Dan Menghasilkan Uang

Akhirnya setelah sekian lama gak nulis soal wirausaha, saya nulis lagi hari ini. Puji Tuhan buanget dah sayaaaa… Ada yang kangen gak sih sama postingan Wirausaha atau Entrepreneurship di sini *kesannya dah banyak ajee*? Kali ini mau bahas kisah salah seorang teman saya sih dan ini bukanlah postingan berbayar.

Suerrrr. Banyak ahli wirausaha yang bilang kalau mau buka usaha, pilih usaha yang sesuai dengan hobi. Jadi gak berasa lagi wirausaha, melainkan menjalani hobi danmenghasilkan uang. Bener gak sih bisa menghasilkan uang dari hobi?

Mungkin kalau memang ditekuni dengan benar, semua itu benar adanya. Eh tapi ada lagi yang bilang kalau pakai kata-kata hobi, itu kesannya bakalan main-main doang. Gak akan diseriusin, jadi kalaupun nantinya gagal dalam usaha, ya udah, gitu aja. Bener gak ya?

Hmmm gak tahu juga sih, tapi satu yang saya yakin sih kalau dasarnya dah hobi, walau mengalami jatuh bangun, masih akan terus dijalani kan ya? Mungkin akan lebih tepat kalau hobi + passion kali ya. Ah entahlah, yang pasti kali ini sih kisahnya soal hobi seorang teman yang… (duh yang apa ya… *garuk2 kepala*).

Mulai Dari Hobi Baru Deh Dapat Uang

Apa hobimu? Setidaknya dulu pas kenalan sama orang sih, ini yang sering ditanyakan satu sama lain. Ada yang bilang hobinya memasak, menonton film, baca buku, denger musik dan lainnya. Nah apakah memang dari sebuah hobi bisa menghasilkan uang seperti yang sering ditulis oleh para motivator? Teman saya ini agak unik.

Hobinya adalah membuat trend setter dengan bahan yang ada di sekitarnya. Sebelumnya, isi path teman saya ini adalah masakan-masakan kreasinya sendiri. Masakan sederhana, rumahan yang sepertinya sih enak, saya sendiri belum pernah mencobanya *lirik keras ke anaknya*.

pikiran random tentang hidup, cinta dan dunia kerja

Baca blog tetangga saya juga ya!!!!

Belakangan, dia pun mulai berkreasi dengan kancing. Iya, kancing baju yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dia berkreasi dengan membuat “perhiasan” dengan kancing-kancing itu. Terus dijual deh. Kenapa saya pakai kutip untuk perhiasan ini?

Karena bisa jadi ada yang menganggap perhiasan itu yang harus bling bling dan mahal. Tapi kreasi dia ini bagus kok. Dan menurut saya sih kreatif, karena dari bahan-bahan yang sederhana dia bisa membuat sesuatu yang lebih berguna. Dia juga bikin untuk suvenir pernikahan, jadi ya macam-macam.

Koleksi Perhiasan Kancing Ala Aam

Nama teman saya ini panggilannya Aam – dia pakai nama Button Art – aksesoris untuk apa aja dari sebuah kancing baju. Berikut ini beberapa koleksinya yang saya ambil dari akun twitternya:

Aksesoris Bross

Dia membuat bross ini dari kancing dan cocok untuk yang memang suka dengan bross.

Gelang dan Kalung

Selain bross dia juga bikin gelang dan kalung dari kancing. Harganya juga gak mahal kok. Dan bagus juga dipakainya – jangan salah fokus sama yang makai ya.

Itu sih dua dari sekian banyak koleksi Button Art teman saya ini. Dia juga bikin untuk casing hape, suvenir pernikahan (bisa request apa aja loh). Kalau mau tahu lebih detail bisa klik twitter di atas atau buka AamholicShop ini.

Belajar Wirausaha Dari Teman

Yah, namanya teman kan harus dioptimalkan ya. Jadi saya minta belajar wirausaha dari dia deh, gimana cara mendapatkan uang dari hobi seperti yang dia lakukan. Ini nih kata dia, untuk memulai usaha itu modal (uang) bukan yang utama harus disiapkan, melainkan strategi marketing alias pemasaran produknya.

Seperti yang dia lakukan sekarang ini adalah menggunakan Tokopedia yang memang lagi ramai dengan ciptakan peluangmu itu loh, dan juga toko online yang lainnya (bisa dicek di blog yang tadi saya sebut). Dia gencar melakukan promo juga melalui sosial media yang dimilikinya.

Promo gak harus yang gede-gede, cukup gratis ongkos kirim juga dah lumayan kok. Dan harga gak harus yang mahal-mahal matoknya. Setidaknya yang bisa bikin balik modal aja juga dah cukup. Untuk modal sendiri dia gak mau kasih tahu saya sih berapa, tapi saya tahu kalau dia sibuk belanja di akhir pekan dan pulang kerja langsung bikin pesanan. 🙂

Ya kalau lihat dari dia sih, satu yang saya pelajari juga adalah bahwa buka usaha itu bukan soal ingin saja, tapi juga harus berjuang untuk usaha yang dibentuk itu. Dia sendiri sih inginnya memang menciptakan peluang usaha bagi orang di sekitarnya juga.

Makanya dia mencari sesuatu yang unik, yang bisa dikerjakan oleh orang lain juga. Well, moga sih berjalan lancar ya Aam. Sukses deh buat ButtonArt-nya. Selain itu dia juga membuka kesempatan untuk para reseller loh, kalau memang mau jadi re-seller nya bisa kontak dia langsung tuh.

Nah, kalau kalian sendiri, bisa gak sih menghasilkan uang dari hobi? Atau mungkin pertanyaan lainnya adalah: kalau diberikan kesempatan, apa yang kalian ingin ciptakan?

Advertisements

30 Responses

  1. Idebisnis
    27 Oktober 2016
    • Febriyan
      28 Oktober 2016
  2. Indah Susanti
    8 Oktober 2015
    • Febriyan
      8 Oktober 2015
    • Febriyan
      7 Oktober 2015
      • Emaknya Benjamin br. Silaen
        11 Oktober 2015
  3. duniaely
    7 Oktober 2015
    • Febriyan
      7 Oktober 2015
      • duniaely
        7 Oktober 2015
      • Febriyan
        7 Oktober 2015
      • duniaely
        7 Oktober 2015
      • Febriyan
        7 Oktober 2015
  4. Arman
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
  5. Lia Harahap
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
  6. Jalan2Liburan
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
  7. dani
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
  8. Alris
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
  9. rahmiaziza
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
  10. Chef Hisyam
    6 Oktober 2015
    • Febriyan
      6 Oktober 2015
      • Chef Hisyam
        6 Oktober 2015
      • cumilebay.com
        7 Oktober 2015
      • Febriyan
        7 Oktober 2015

Write a response

%d blogger menyukai ini: