fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Please! Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Kamu Nonton Di Bioskop

3 min read

5 hal yang harus diperhatikan saat nonto di bioskop

Beberapa kali saya sebut di tulisan review film bahwa saya menemukan orang yang kayaknya kok gak perhatian banget sama orang lain di bioskop ya. Ada aja gitu yang cuek bebek melakukan hal-hal yang menurut saya gak seharusnya dilakukan kalau lagi nonton di bioskop.

Kayak terakhir pas nonton film James Bond Spectre, di tengah film (waktu itu nonton jam 8 malam) saya mendengar tangisan anak. Duhhh… jadi gregetan sayanya. Buat yang suka nonton, please please – 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Nonton Di Bioskop ini.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Nonton Di Bioskop

5 hal yang harus diperhatikan saat nonton di bioskop
Kalau ada yang langgar kadang tuh pengen kayak gitu

Ke-5 hal ini beberapa juga sudah disebutkan sesaat sebelum film dimulai oleh pengelola bioskopnya, tapi masih aja ada yang melanggarnya. Keselnya tuh yang melakukan suka gak peduli gitu. Yang lainnya, yang sedang nonton juga seperti saya jadi kena imbas kebiasaan buruk saat nonton di bioskop ini.

1. Jangan Meletakkan Kaki Di Kursi Depan Kalian

Beneran, saya pernah lihat yang seperti ini. Wokehlah ya kalau depannya kosong, lah ini, ada orang loh… Saya lihatnya aja langsung kesel. Sayangnya tuh orang agak jauh, kalau gak udah saya apain kali deh. Ini salah satu yang selalu disebutkan padahal sebelum menonton film.

How you act show who you really are

Ya setidaknya sih dari sikap orang itu saya jadi mengira-ngira kalau orang ini gak sopan. Gak diajarkan orang tuanya bahkan saya menduga orang ini sombongnya minta ampun. Saya sampai ingetin kursi orang itu dan pas lampu dinyalain saya perhatiin orangnya seperti apa. Alamakkk ganteng sih tapi ternyata kelakukannya kayak gitu. Bener-bener percuma ganteng deh kalau gitu mah.

2. Please Jangan Nyalain Hape Pas Film Berlangsung

Sudah disampaikan kalau selama pertunjukkan film berlangsung, handphone harap dimatikan atau digetar biar gak ganggu orang. Eh ini mah gak. Kebayang gak pas lagi seru-serunya nonton adegan mobil terjun payung di Fast Furious 7, tahu-tahu ada ringtone handphone. Pecah!!! Buyar semua yang lagi konsen nonton.

Eh selain suara handphone, yang mengganggu juga untuk saya pas nonton di bioskop adalah nyalain handphone-nya. Itu layar handphone kan cukup terang om, tante, mbak, mas. Pas pertunjukkan, lampu udah dipadamkan, mbok ya jangan dinyalain gitu dong…. silau mennnn…

3. Ngobrol Sama Temen Jangan Di Dalam Bioskop Dong

yang ngeselin pas nonton di bioskop
Gosip di luar atuhhh

Mas mas yang ganteng, mbak mbak yang cantik, kalau mau ngobrol, mending nongkrong di tempat nongkrong kekinian aja ya, gak usah di bioskop. Pernah saya lagi nonton film Mission Impossible, tiba-tiba dengar suara-suara di samping saya.

Ooo, lagi bahas film mungkin. Eh kok lama banget bahas nih film, dan filmnya juga masih main pula. Saya juga pernah kok bahas film pas lagi nonton tapi itu juga maksimal cuma 3/4 potong kata. Lah ini lebih dari semenit dan gak lama ketawa ketiwi pula. Alamakkkk… ternyata lagi ngegosip dong. Gak punya tempat gosip lebih keren yakkk?

4. Bawa Makanan Yang Bau Itu Mengganggu

Oke, saya juga ngaku. Beberapa kali nonton juga pernah bawa makanan dari luar kok. Bahkan pas nonton bareng teman-teman grup nonton juga, kita bawa burger dari McD gitu kok ke dalem. Tapi itu kan gak mengganggu banget baunya.

Pernah saya ngalamin pas lagi nonton tiba-tiba ada bau tak sedap. Saya pikir mah ada yang buang bom yak. Ternyata bukan sodara-sodara. Saya sendiri gak tahu apa yang dibawa. Tapi saya tahunya itu makanan karena ada yang nyeletuk ke orang itu – duduk di deretan orang itu juga – seperti ini:

“Mas, itu makanannya disimpen aja napa? Bau….”

Well, I am not alone then. Beneran itu bikin polusi udara banget loh. Saya aja kadang merasa takut mengganggu orang dengan bau badan sendiri, lah ini memang sengaja bawa makanan yang bau. Eniwe betewe, saya masih penasaran sih, waktu itu makanan apaan yang dibawa sampai baunya kayak gitu.

Impian saya pas nonton di bioskop adalah bawa Nasi Uduk Betawi lengkap dengan semur jengkol. Kapan ya?

5. Anak Bayi Jangan Diajak Nonton Malam Hari

kegiatan orang yang bikin kesel pas di dalam bioskop
Kaki harus selalu di bawah

Ini nih yang paling mengkhawatirkan. Saya sendiri pernah tanya di FB dan Path saya sih. Beberapa orang tua muda mengatakan bahwa mereka ingin nonton, tapi karena gak ada yang jaga anaknya, ya dibawa nonton deh. Saya sih gak masalah ya, tapi jangan malam hari dong, apalagi tengah malam.

Saya sendiri pernah melihat seorang seleb terkenal Indonesia – yang saat itu lagi rame dengan isu video, membawa anaknya nonton pas midnight di mall extention yang sekarang dah gak ada itu. Gak kasihan ya sama anaknya. Itu kan waktunya mereka tidur. Tengah malam loh…

Kenapa gak nonton yang siang hari aja? Terus kalaupun ajak anak nonton, mbok ya dilihat juga itu rating film yang ditonton. Cocok untuk anak gak? Masa rating film dewasa tetap ajak anak umur 5 tahun? Gimana coba??? Gimana??

Kesimpulan Saya Soal Nonton Di Bioskop

Memang, gak semua orang yang nonton di bioskop melakukan hal-hal yang dilarang saat nonton di bioskop itu. Dan sepertinya itu juga kembali ke masing-masing orangnya ya, buktinya gak sedikit teman saya yang sudah berkeluarga dan punya anak juga mengalah, nonton di rumah karena anaknya masih kecil.

Gak salah kok, beneran deh… gak salah kalau ingin menonton di bioskop. Saya sendiri menganut prinsip bahwa nonton itu salah satu obat mujarab untuk mengatasi stress. Tapi ya jangan dilanggar dong 5 hal yang harus diperhatikan saat nonton di bioskop, terutama yang terakhir. Saya pribadi sih khawatir banget nih sama yang terakhir – kasihan sama anaknya.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

64 Replies to “Please! Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Kamu Nonton Di Bioskop”

  1. Well, just mau share, krn ini bukan pertama kali saya nonton, td abis ntn film horor pas bener ketemu org yg super lengkap seperti yang di share di blog ini, pertama ud masuk bioskop lumayan telat, pake ketawa ketiwi, duduk di seat nya gak bisa diem sehingga posisi duduknya yg sering goyang membuat kursi lain ikut goyang, megang hp selama nonton dgn sinar lampu terang ujubile, salah satu dri gerombolan tu anak ada yag bau badan sehingga buat orang lain gak nyaman, then yg lainnya berisik komentarin setiap adegan di film… Gue gak tahu nih anak anak baru pertama kali dibolehin ortuny keluar nonton malem atau emg gitu karakter nontonnya… Yg herannya budaya di Indonesia, org2 ini gak merasa malu dgn tingkahnya selama di bioskop dan org2 disekitar yg nonton gak berani menegur, termasuk gue yg cm berani nyindir di sebelahnya dengan omongan kek gni “ya ela gak bisa diem apa ya” “lebay nji*g ketawanya” “shttttttttt”
    Jadinya itu film yang tadinya horor, jadinya nonton tu film seperi nonton film tersanjung 7 yg kesel sepanjang film, menahan diri sm anak2 abg labil gitu rewwwwww

    1. Wahhh. Baca sharing mbak sayanya jadi ikut gregetan banget. Kebayang rasanya. Saya sendiri tipe yang mgkn diam gak tegur org. Tapi kl di posisi mbak mungkin sudah akan lgs tegur habis.

  2. Rasanya kemaren aku sudah comment disini tapi koq nga ada yach? hikksss

    Paling sebel kalau kelar nonton ngelihat pemandangan sampah dimana-mana. Emang segitu susahnya yach bawa bekas makanan sendiri sampai ke pintu keluar disana pasti ada tong sampah segede gaban. Secara kalau keluar pasti lewatin tuch pintu. Geleng-geleng kepala.

  3. omo..omo…kaya udah berapa tahun gitu ga buka blog dan ga main ke tempat mas rian..udah banyak berubaaaaaah. pangling . hehe. mantap deh

    saya jarang nonton bioskop mas, baca tips ini kaya bisa diadopsi dengan hal yang harus diperhatikan saat mendengarkan ceramah. hahaha. kl nonton bioskop biasanya terganggu sama yang komentarin filmnya ke teman sebelah tapi kenceng, sebel juga sama yang ketawa nya lebay.

    nah, perilaku ngobrol, henpon bunyi, anak berisik, ini juga ganggu kalau lagi dengerin kajian atau ceramah gitu. niatnya cari ilmu malah jadi dapat dongkol. hehe

    1. Aduh mas… apa kabar??? Saya juga lama gak kunjungan ke mas nih. Maaf ya.

      Bener tuh mas. Sama juga dalam hal mendengarkan ceramah ya. Kadang suka sebel ya buat yang memang benar2 mencari ilmu dari ceramah itu mas. makasih mas dah diingatkan juga untuk selalu rajin mendengar ceramah.

      1. hahaha, mas rian mas rian, konsisten banget manggil saya mas, padahal udah berapa kali dibilangin, dan kita udah pernah ketemu juga

        gapapa, wajar ga pernah ke tempat saya, lha wong saya juga udah lama ga update blog

        btw, sama sekali ga ngingetin dengerin ceramah ko, cuma merasa situasinya mirip aja. sama-sama menyimak sesuatu kan

  4. Bang, aku pernah kejadian kepala ku kena kaki sama orang di atas. Tanpa banyak basa basi langsung aku tampol trus duduk lagi. Hahah.. Sakit sih! :’

    1. Beby….. ke mana aja??? *masih di Jakarta gak?*

      Aduh Beby… saya dukung kalau langsung dihajar. Itu orangnya mang gak tahu kalau kamunya ada di sana???

      1. Iya mas, belum pernah ke bioskop sama sekali. Aku tinggal di salah satu desa di kota Sidoarjo mas. Walaupun di Sidoarjo udah ada bioskop, aku belum pernah ke sana mas, tempatnya ajah aku nggak tahu. :v

  5. Gw sih beberapa kali ngetweet waktu filmnya maen. Bahahaha. Biar #kekinianBanget gitudeh 😛
    Cuman ya emang masih ngerti manner lah, jangan sampe genggeus jatohya..

  6. Aku mah rela gak nonton film terbaru karna gak ada yg bisa dititipin anak2. Selain kasian anak2nya juga yaa itu ganggu yg lain kalo anak nangis (wlwpun krucilku jarang banget nangis di tempat umum).
    Ngalah nungguin versi HDnya, download ,terus nonton di rumah.

  7. Ini pengalaman saya banget nih…

    Pernah hampir ribut sama mbak2 gegara dia sibuk mainan hp pas film udah mulai. Saya sindir aja, eh dia marah2..hahaha…

    Tp saya juga pernah bikin sebel org sih sebenernya..gegara makan keripik pas nonton. Ternyata yg nonton temennya temenku,trus dia bilang kalo saya berisik :)) karena krusak krusuk ngambil keripik mulu. Sejak itu udah deh..ga pernah ngapa2in kalo nonton. Cukup duduk tenang. Hahaha

    1. Ditegur malah lbh galak orgnya ya Mas. Trs akhirnya gmn tuh mas?

      Kripik emang agak berisik sih. Hehe. Tp kan kripik juga dijual di counter bioskop. Jd hrsnya gak masalah yak.
      Gak pernah beli popcorn mas?

  8. Saya penasaran dengan bagian :
    “bawa burger McD”.

    itu gimana caranya ya..
    saya cuma bisa bawa yang muat dikantongin ajah sih selama ini macam coklat atau chacha
    😀

  9. Semua yang tersebut diatas setuju, pluuusss paling benci kalo ada yang “bikin film sendiri” dalam bioskop. Didaerah pojok2an dan barisan paling atas tuh *apal baget ya, kesannya aku ikutan bikin juga haha. Pernah 2 kali negor mereka, soalnya aku keganggu banget karena disebelahku. “woy, get a room please!!” anak2 sekolah jaman sekarang kan lihay banget yang beginian. Bayar buat nonton film malah bikin film sendiri. Perhatiin deh.

  10. aku benci semuanya, tapi yang paling sering tuh yang no 2. Kesel karna bikin silau mata yg lain. Mbok ya udah, update socmednya ntar aja, ngapain dong mahal2 bli tiket nonton kok malah maenan hp. Ish *lah malah ngomel2* hahahahah

      1. belun sie, tapi boleh juga kapan dicoba bawa nasi padang bungkus plus dendeng batokok, makan di bioskop, kalo ada yg protes.. lempar pake dendeng batokok, biar sibuk gigit dendeng lupa protes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *