fbpx
review film sing - inspirasi hidup dari film

Sing! Kita Hanya Perlu Naik Kok….

Film animasi Sing ini memang bukan film baru. Produksi tahun 2016 lalu. Namun saya baru menontonnya beberapa hari lalu. Menurut saya, film ini bagus karena nilai inspirasi yang ada di dalam filmnya. Karena kalau saya baca beberapa review film ini di luar negeri sih pada bilang jelek.

Review film Sing (2016) ini gak akan bahas mengenai teknik pembuatan kartunnya ataupun membandingkannya dengan film komik buatan Disney Pixar yang udah terkenal bagusnya (terakhir film Coco kan ya?). Karena memang kalau dibandingkan buatan Pixar, film ini masih jauh banget.

Baca deh Review film Coco versi mbak Resty.

Deretan Pemain dan Belakang Layar film Sing

Nama-nama yang mengisi suara dalam film ini sebenarnya udah gak perlu diragukan lagi. Deretan bintang!!! Sebut aja Matthew McCounaghey (Buster Moon), Reese Witherspoon (Rosita), Seth McFarlane (Mike), Scarlett Johansson (Ash), Taron Egerton (Johnny), Jeniffer Hudson dan juga ada Tori Kelly (Meena).

review film sing - inspirasi hidup dari film

Review Film Sing (2016): Inspiratif Beud!!!

Ditulis oleh Garth Jennings, film animasi ini diproduksi salah satunya oleh Illumination Entertainment (itu loh, yang bikin Despicable Me). Film ini menghabiskan dana sekitar 75juta dollar dan mendapatkan hasil dengan total seluruh dunia kurang lebih 632juta dollar.

Sinopsis Singkat Film Sing (2016)

Film ini berkisah tentang usaha Moon dalam menyelamatkan sebuah bangunan teater yang telah dibeli dengan kerja keras sang almarhum ayahnya. Moon mendapatkan ide untuk menaikkan jumlah penonton teater dengan membuat kompetisi menyanyi (rings a bell???). 

Kesalahan dalam pencetakan jumlah hadiah di flyer (yang seharusnya $1.ooo menjadi $100.000) membuat Moon kelabakan dan berusaha memikat Nana, veteran artis teater itu, untuk memberikan bantuan hadiah tersebut. Di sisi lain, jumlah hadiah itu mengundang banyak orang yang mendaftar, seperti Rosita, Mike, Johnny, Ash dan lainnya untuk mendaftar.

Review Film Sing: Setiap Ada Masalah, Nyanyi Aja… Ingat Kalau Kita Bisa Naik Lagi

Seperti saya bilang di atas, saya gak akan bahas review film Sing kali ini ke arah teknisnya, tapi lebih ke nilai inspirasinya. Sejak awal, memang saya sendiri sudah melihat kalau film ini masih jauh dari kualitas teknisnya Zootopia ataupun Secrets Life of Pets.

Kalau yang sudah biasa nonton animasi karya Illumination, mungkin paham seperti apa film animasi yang satu ini. Walau demikian, film ini mengandung banyak nilai inspirasi hidup buat kita semua.

Going Up – Satu-satunya Arah Kita Melangkah Kalau Kita Di Bawah

Satu kutipan yang saya suka banget dalam film ini diucapkan oleh Buster Moon. Dalam film, dia diceritakan kalau sedang dalam lilitan hutang dan dikejar-kejar bank (mirip kisah saya sih…hehehe). Dia berkata pada Eddie, temannya sejak kecil, bahwa:

When you’ve reached rock bottom, there’s only one way to go, and that’s up! – Buster Moon (Sing, 2016)

Hidup itu memang gak akan selamanya mulus kok. Perjalanan hidup kita, akan selalu berputar. Kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Di saat-saat kita di bawah ini, seringkali kita tidak ingat dan merasa depresi. Hingga kita menemukan satu hal yang bisa membangkitkan semangat kita.

review film sing - inspirasi hidup dari film

Dan kutipan di atas itu, sama seperti dalam film-film animasi Disney mengajak kita untuk terus keep moving forward dan terus berusaha.

Takut dalam Mengejar Mimpi? Wajar! Tapi Jangan Biarkan Takut Menghalangi

Berbeda dengan Moon, melalui Meena, seekor gajah yang suka menyanyi dan memang berbakat, kita diajarkan untuk mengejar mimpi. Mengejar passion kita.

review film sing - inspirasi hidup dari film

Meena seringkali takut dan mengalami kegugupan ketika diminta untuk bernyanyi di depan umum. Dia selalu gugup hingga akhirnya, di akhir film (spoiler yakkk :D) dia berhasil mengatasi ketakutannya.

Tahu cara mengatasi ketakutanmu? Lakukan hal yang kamu suka!!! Buster Moon.

Kira-kira gitu yang diucapkan Moon untuk mengarahkan Meena hingga melupakan ketakutannya itu. Berhasil? Awalnya sih gak, tapi akhirnya…. Meena memukau semua.

Terkadang Kita Harus “Melawan”

Kalau Johnny, beda lagi. Dia ini suka menyanyi tapi takut mengatakannya ke ayahnya, kepala geng. Dia mendaftar diam-diam hingga akhirnya dia gagal membantu aksi pencurian terakhir geng ayahnya. Hingga sang ayah marah dan menganggapnya bukan anak.

review film sing - inspirasi hidup dari film

Sedih? Pasti.

Johnny yang diisi suaranya oleh Taron Egerton, si Kingsman itu loh, down banget karena masalah ini. Dia takut kehilangan sosok sang ayah. Karena walau gimana pun, dia membutuhkan sang ayah. Hingga akhirnya dia membalasnya dengan bermain piano dan menyanyi dengan baik.

Baca juga: Review Film Kingsman: The Golden Circle

NB: 3 kali nonton film ini, 3 kali juga nangis pas adegan Johnny dan ayahnya pelukan.

Jangan Biarkan Cinta Menghalangi – Jadikan Pembangkit Semangat

Kalau dari Ash (Scarlett Johansson), kita diajarkan bahwa akan ada masa di mana kita sedih, apalagi ketika melihat pacar kita selingkuh. Patah hati!

review film sing - inspirasi hidup dari film

Tapi… sekalipun, jangan biarkan patah hati itu membuat diri kita down. 

Bangkit! Jadikan pemecut baru dalam diri kita! Karena kita bisa bangkit dan sukses tanpa dia yang telah mengkhianati kita.

Baca juga: Tulisan Saya di Trivia tentang Keinginan Bunuh Diri karena Patah Hati

Pokoknya, dalam film animasi Sing ini, kamu jangan mengharapkan melihat Black Widow yang bad ass kayak di Avenger ya. Walaupun karakternya Ash ini landak yang rock n roll, dia punya hati yang lembut di film ini.

Rosita…. Ibu Rumah Tangga yang Keren dan Inovatif!!!

Inovatif, kreatif dan selalu berpikiran besar dalam mengejar mimpi. Itu yang diajarkan Rosita, ibu rumah tangga yang suka banget nyanyi. Dia selama ini “bosan” menjaga 25 anaknya dan sang suami.

Melakukan hal berulang-ulang dari hari ke hari (kayak siapa ya???? kayaknya hampir kita semua gitu kan….)

review film sing - inspirasi hidup dari film

Hingga akhirnya melihat flyer ini dan mendaftarkan diri. Lolos? Iyalah….

Rosita yang diperankan Reese Witherspoon (Legally Blonde) hampir menyerah ketika tidak berhasil menemukan baby sitter. Namun dia pun berkreasi. Membuat rangkaian “mesin” yang bisa menggantikan perannya setiap hari di rumah.

Kita pun harusnya gitu ya…. kreatif dan terus berinovasi, apalagi kalau mengaku sebagai blogger. 😛

Jangan Sombong!

Di samping tokoh-tokoh yang “baik” di atas, ada juga tokoh mengesalkan seperti Mike. Dia ini sombong banget. Merasa kalau dia ini yang terbaik di antara yang lain. Bahwa dia yang akan menang kompetisi sejak awal.

review film sing - inspirasi hidup dari film

Hingga akhirnya dia mengajukan pinjaman ke bank, berfoya-foya dan kena masalah dengan gerombolan beruang.

Kita pun, entah disadari atau tidak, seringkali sombong dengan kemampuan kita dan kemudian lupa diri. Kita bahkan mungkin merendahkan orang di sekitar kita. Gimana pun, dalam hidup kita, apa yang kita punya ini sementara sifatnya.

Biasanya, yang menghalangi kita dari kemenangan kita adalah diri kita sendiri dan kesombongannya.

Tokoh Mike ini juga mengingatkan saya bahwa batas antara sombong dengan percaya diri itu TIPIS!!!! Jadi harus hati-hati. 

Kesimpulan Review Film Sing 2016: Belajarlah dari Mereka dan Raih Mimpi

Itu sih yang bisa saya ambil dari film ini. Mungkin memang film ini tidak seberhasil film-film animasi lainnya. Walaupun di IMDB sendiri sekarang nilainya 7,1 ataupun metascore nya hanya 59, saya merasa film ini masih boleh banget ditonton, apalagi bersama keluarga.

Karena basically, film ini memang film keluarga. O iya… selain itu juga karena semua bintang dalam film ini (kecuali Matthew) menyanyikan lagu-lagu mereka sendiri. Gak percaya? Lihat aja video ini….

Advertisements

No Responses

Write a response

%d blogger menyukai ini: