fbpx
sarapan sehat pagi hari untuk jiwa

Tips: Sarapan Sehat Pagi Hari (Bukan Tulisan Makanan)

Tulisan tentang sarapan sehat pagi hari untuk jiwa ini saya tulis dan terbitkan pertama di 7 Oktober 2010. Berhubung sekarang ini sayanya lagi suka baca ulang dan update, sekalian aja update deh yang ini. Ya macam tips memulai hari ala ala saya gitu deh. Dan ternyata tulisan lama saya itu agak-agak gimana gitu… 😀

***

Someone once told me that… the important meals of the day is breakfast.

Ga tau sih kenapanya secara kesehatan (medically speaking ya). Tapi dalam pemikiran saya, kalau orang sarapan sehat setiap pagi, fisik juga akan sehat. Itu sih pemikiran saya. Jadi sekarang saya mulai biasakan untuk sarapan pagi setiap hari. Seperti pagi ini, bubur buatan nyokap dengan kocokan telor, dah itu doang tapi sangat delicious.

sarapan sehat pagi hari untuk jiwa
Sarapan Sehat Pagi Hari Untuk Jiwa Yang Sehat ala Febriyan Lukito

Tapi yang saya mau bicarakan bukanlah sarapan pagi saya tadi, melainkan pentingnya sarapan bagi tubuh rohani alias jiwa kita. Jika fisik kita diberikan asupan gizi yang cukup di pagi hari, semangat dalam kerja di hari itu akan timbul dan membuat hari kita menjadi baik. Kenapa dengan jiwa kita tidak lakukan hal yang sama? Berikan sarapan sehat pagi hari untuk jiwa kita.

Sarapan Sehat Pagi Hari Untuk Jiwa Yang Sehat

Breakfast bagi tubuh – gampang – makanan aja kan (padahal mah gak gampang juga ya, kalau mau bener, harus perhitungkan jumlah asupan masing-masing jenis zatnya). Nah bagaimana dengan sarapan sehat pagi hari untuk jiwa? Ada beberapa cara sih kalau yang saya lakukan. Mulai dari lagu (yes… song can be a breakfast also), bacaan, doa, dan lain sebagainya.

Yang terpenting adalah apa yang kita lakukan memberikan manfaat bagi jiwa kita di pagi hari. Maksud saya adalah memberi ketenangan bagi diri kita. Meredakan emosi. Mengaktifkan pikiran yang sudah beristirahat semalaman dan lain sebagainya.

3 (Tiga) Sarapan Sehat Untuk Jiwa Di Pagi Hari

Nah ini ada 3 (tiga) sarapan sehat untuk jiwa ala saya di pagi hari (inget ya, tulisan ini ditulis dan diterbitkan pertama kali tahun 2010 – yang mana beberapa saat ini sudah tidak dilakukan):

#1. Mendengarkan Lagu Yang Uplifting

Uplifting – alias memberi semangat. Bisa dari lirik ataupun dari beat lagunya sendiri. Beberapa waktu lalu saya beli ipod temen saya (ipod second yang gak tahu di mana sekarang). Dia dah beli yang lebih canggih katanya sehingga mau dijual. Dan sayalah yang membelinya.

Lumayan untuk penghibur selama di perjalanan, menghadapi kemacetan Jakarta? Apalagi kalau pulang ke Cibubur – lebih parah lagi euy. Macet di mana-mana. Nah dengan dengerin lagu, saya mengawali hari saya.

Lagu pertama biasanya saya dengarkan dari hp, dengan membawa hp ke kamar mandi dan menemani pada saat mandi. Seperti dua hari yang lalu saya ditemani oleh lagunya Kriss Allen yang judulnya Live like we’re dying, yang saya suka sekali.

Kemudian dalam perjalanan ke kantor, saya akan mendengarkan i pod. Isi i-pod saya ini adalah berbagai macam lagu yang saya setel shuffle mode. Jadi gak berurutan. Mulai dari lagu, audio book motivasinya Andrie Wongso sampe podcast Glee. Sengaja dipasang random agar tidak menemui kejenuhan.

#2. Buku

Sarapan sehat pagi hari untuk jiwa saya adalah baca buku. Buku-buku yang saya baca juga bervariasi. Mulai dari buku motivasi sampai ke komik Conan. Biasanya saya akan bawa-bawa buku dalam tas saya. Kalo sekarang bongkar isi tas saya, akan ada buku motivasio Andy Suseno, MenTjung dan buku The Secret.

Selain itu saya juga ada simpan beberapa komik Conan dalam tas. Kenikmatan kerja di Jakarta adalah saya masih mungkin untuk baca buku selama perjalanan ke atau dari kantor. Kalo kemarin di Cirebon, baca buku hanya bisa saya lakukan pas saya sudah di kantor.

Sebelum memulai aktivitas, saya akan tanya ke rekan kerja saya untuk memilih nomor. Nomor ini akan saya pake untuk baca Quotes of the Day yang kadang saya posting dalam uraian panjang di blog saya yang satunya atau jadi status dalam FB saya.

Bacaannya sesuai mood aja. Kalo lagi mood bagus akan bisa selesaikan cepat bacaan-bacaan motivasional. Kalo lagi pengen yang ringan-ringan, saya akan baca komiknya. Kalo lagi gak bawa buku, saya akan coba browsing di hp untuk cari bacaan sementara. Entah news atau cerita serial. Sekarang ini di hp saya ada cerita Conan Doyle – Sherlock Holmes yang masih jauh dari selesai (gak tahu ke mana ini ceritanya).

#3. Bacaan Rohani

Bacaan rohani ini saya dapat dari salah seorang teman, Santi. Walaupun saya bukan Kristiani, saya suka dan memintanya untuk terus mengirimkannya. Karena saya mengambil nilai yang terkandung di dalamnya. Setiap hari dia akan kirimkan, walaupun beberapa waktu lalu sempat ada longkap-longkap.

Daily Sparkling Days

Bacaan “rohani” lainnya adalah Sparkling Days. Yaitu suatu kalimat yang saya dapatkan dari salah seorang rekan (Ibu Mei) dari milis. Dia dengan setia mengirimkan kata-kata mutiara dan menuangkannya baik dalam blackberry messenger setiap harinya.

Sungguh menyenangkan menerimanya. Kadang kala memang kita sudah mengetahui apa yang dikirimkannya. Tapi itu hanya sebagai reminder. Mengingatkan kita apa artinya. Cukup menyenangkan menerimanya setiap hari. Sekarang ini sih sudah jarang bangettttt menerima sparkling days ini. Entah kenapa *lirik Mbak Mei*. Tapi ada beberapa yang masih baik hati mengirimkan kalimat-kalimat keren di bbm saya.

Breakfast For Soul – Sarapan Sehat Untuk Jiwa

Nah itu sih sarapan jiwa ala saya. Dan merasakan banget efek dari sarapan sehat di pagi hari untuk jiwa ini. Belakangan ini memang saya sendiri jarang melakukan secara rutin. Dan berasa loh. Agak gak enak juga rasanya dan ada efeknya ke badan juga. Moga sih bisa kembali merutinkan lagi sarapan sehat ini dan juga minum air putih saya.

23 Comments

  1. Syahid Ulhaq 16 Februari 2016
    • Febriyan 16 Februari 2016
  2. arlisajati 13 Februari 2016
    • Febriyan 13 Februari 2016
      • arlisajati 13 Februari 2016
      • Febriyan 13 Februari 2016
  3. Ira 13 Februari 2016
    • Febriyan 13 Februari 2016
  4. aditsastra 10 Februari 2016
    • Febriyan 10 Februari 2016
  5. Nik Sukacita 10 Februari 2016
    • Febriyan 10 Februari 2016
      • Nik Sukacita 11 Februari 2016
      • arlisajati 13 Februari 2016
      • Febriyan 13 Februari 2016
  6. Adelina 10 Februari 2016
    • Febriyan 10 Februari 2016
  7. Lia Harahap 9 Februari 2016
    • Febriyan 9 Februari 2016
      • Lia Harahap 10 Februari 2016
      • Febriyan 10 Februari 2016
  8. @danirachmat 9 Februari 2016
    • Febriyan 9 Februari 2016

Leave a Reply