hentikan perusakan lingkungan - csr astra terhadap lingkungan

Seribu Pohon Lagi untuk Cianjur dari Astra! Kalau Kita, Gimana Hentikan Perusakan Lingkungan?

Masih ada yang ingat Asia’s Got Talent Season 1 gak? Di final, pemenang season itu menampilkan atraksi shadow dancing yang menggugah banyak orang. Perusakan lingkungan oleh kita semua, ya… kita semua… Di mana-mana banjir! Simak lagi deh videonya di sini:

Dan … rupanya, sebanyak satu miliar pohon di Indonesia sudah ditebang! Saya mendapatkan informasi ini ketika ikut acara menanam pohon di Cianjur beberapa hari lalu. Jumlah yang fantastis sekali kan?

Terus ini tanggung jawab siapa? 

Nah ini adalah tanggung jawab kita bersama – bukan hanya tanggung jawab pemerintah.

Baca juga: Tanggung Jawab di Jalanan

Menjawab kekhawatiran akan perusakan lingkungan inilah, PT Astra International Tbk Rabu (19/12) kembali menghijaukan Cianjur dengan penanaman 1.000 pohon baru. Penanaman pohon ini menambahkan jumlah pohon yang sudah ditanam oleh Astra di Kabupaten Cianjur menjadi sejumlah 6.700 pohon.

hentikan perusakan lingkungan - csr astra terhadap lingkungan

Hentikan Perusakan Lingkungan – Contohlah Astra dengan program CSR lingkungannya.

Kenapa Astra Peduli Lingkungan? Ada siapa di acara Media dan Blogger Gathering hari Rabu kemarin itu? Apa saja pohon yang ditanam dan seperti apa acaranya? Simak lengkapnya di sini ya.

Astra dan 1.000 Pohon Tambahan untuk Cianjur – Bagian dari Aksi Hijau Astra untuk Negeri

Penanaman 1.000 pohon tambahan ini, dilaksanakan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya kegiatan penghijauan ini dilakukan di area yang gundul, yaitu Desa Tunggilis, Desa Sorongge dan wilayah Batu Kasur, Kabupaten Cianjur.

program csr astra untuk pelestarian lingkugnan

buah dan penganan sehat untuk menemani perjalanan

Kegiatan penghijauan hutan di Indonesia ini rupanya sudah dilakukan sejak tahun 2008. Sebagai bagian dari salah satu pilar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Astra yang terdiri dari Pendidikan, Usaha Kecil & Menengah (UKM), Lingkungan serta Kesehatan.

“Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” ungkap Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman.

Baca juga: Nilai Seorang Manusia

Aksi Hijau Astra untuk Negeri Indonesia

Secara total sudah dilakukan penanaman sebanyak 4.501.512 pohon di banyak wilayah di seluruh Indonesia, termasuk daerah Cianjur ini. Aksi Hijau Astra di bidang lingkungan hidup ini tidak hanya terbatas pada penghijauan hutan kembali – sebagai salah satu cara menanggulangi perusakan lingkungan alam, tapi ada banyak hal lainnya, seperti:

  1. Kampanye gaya hidup ramah lingkungan bersama Astra, Astra Green Lifestyle (AGL) dilakukan setiap tahun sejak 2011 untuk memperingati Hari Bumi. Khusus tahun 2017 digelar Jambore Adiwiyata 2017 di Kampung Berseri Astra (KBA) Kemuning Yogyakarta dan Hutan Wanagama, Gunungkidul, DIY.
  2. Pengembangan ruang terbuka hijau (RTH) dilakukan bersama pemerintah daerah dengan melakukan pembangunan dan pengembangan 33 hutan dan 13 taman kota oleh Grup Astra di seluruh Indonesia.
  3. Penanaman 1.122.293 mangrove di seluruh Indonesia.
  4. Membangun kawasan hutan terpadu Grup Astra seluas 200 hektare di Babakan Madang, Sentul. Di kawasan ini dikhususkan area seluas 4 hektare untuk konservasi 3.925 pohon dari 23 jenis tanaman buah langka.
  5. Kampung Berseri Astra (KBA) di 34 provinsi.
  6. Pengembangan 17 Bank Sampah yang dibina Astra di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.
  7. Pembinaan 81 Sekolah Adiwiyata di seluruh Indonesia.
  8. Pembangunan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA).

Bukan sebuah program main-main sih kalau menurut saya. Ini membuktikan keseriusan Astra dalam menginspirasi negeri.

Perjalanan Penuh Inspirasi untuk Menanam 1.000 Pohon

Demikian juga perjalanan ke lokasi penanaman pohon di Cianjur kemarin. Untuk sampai ke lokasi bukanlah hal mudah loh. Apalagi hujan rintik terus menemani, bahkan ada beberapa teman dari media dan blogger yang jatuh terpeleset.

hentikan perusakan lingkungan - program csr astra untuk lingkungan hidup

Perjalanan penuh perjuangan adalah perjalanan yang menginspirasi… (dok. Otoborn)

Walaupun berat, seperti kata pepatah hidup: berakit-rakit dahulu, bersenang-senang kemudian, semua terbayarkan ketika kami sampai di lokasi. Sepanjang mata memandang, hijau di mana-mana.

Baca juga: Hidup adalah Proses

Kegiatan penanaman pohon ini sendiri dihadiri oleh Kepala Desa Cijedil Pudin, Ketua sekaligus Founder Green Initiative Foundation: Tosca Santoso serta penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia Awards (SATU Indonesia Awards) 2017 bidang lingkungan: Ritno Kurniawan.

Baca juga: Penerima SATU Indonesia Awards 2017 – 7 Sosok Muda Menginspirasi
program csr astra terhadap lingkungan alam

Kepala Desa Cijedil Pudin sedang menerima bibit pohon dari Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Cijedil Pudin mengucapkan terima kasih kepada Astra atas kegiatan penghijauan di Cianjur setiap tahunnya.

Kami juga merespons positif kegiatan ini, karena selain baik untuk lingkungan, berbagai kegiatan yang dilakukan juga dapat membantu memberdayakan warga Cianjur, khususnya Desa Cijedil, untuk dapat semakin berkembang secara mandiri, ujar Kepala Desa.

Jika tahun lalu, pohon yang ditanam adalah Gaharu, untuk tahun ini, agak berbeda. Sebut saja manggis, nangka, alpukat dan jengkol. Iya… benar, kamu gak salah baca kok. Memang jengkol – salah satu makanan favorit saya. Hehehe.  Sebagai awal sudah 550 benih ditanam.

Perjalanan Tidak Berhenti!

Astra percaya, kalau perjalanan yang menginspirasi tidak pernah berhenti di satu titik saja. Termasuk dalam hal penghijauan hutan di Cianjur ini.

hentikan perusakan lingkungan

Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman, menjelaskan program Adopsi 1.000 pohon di Cianjur

Setiap petani diberikan bantuan modal pemberdayaan minimal sebesar Rp 2.520.000 untuk merawat minimal 60 pohon. Modal ini diharapkan bisa menjadi motivasi untuk para petani dalam memulai usaha rumah tangga ataupun mengembangkan usaha yang sudah ada.

Tidak hanya itu, desa Cijedil sendiri juga diproyeksikan menjadi desa ekowisata ke depannya untuk memajukan kehidupan rakyatnya.

Seperti yang dilakukan oleh Mas Rinto di Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Perjalanan Mas Rinto sang Transformer

Mas Rinto Kurniawan melihat potensi yang besar dari lingkungan dia dilahirkan. Pembalakan liar di daerah Padang Pariaman, Sumatera Barat, telah merusak lingkungan dan kekayaan hayati di sana.

penghijauan kembali oleh astra

Mas Rinto sedang menanam bibit manggis (dok.Astra)

Kesedihan melihat perusakan lingkungan alam daerahnya ini, membuat mas Rinto “menjual” potensi ekowisata di dusun Gamaran Lubuk Alung, Padang Pariaman. Wisata utamanya adalah wisata Air Terjun Nyarai.

Perjalanan mas Rinto pun bukan tanpa halangan. Masyarakat sekitar awalnya mencurigai niatannya. Namun, berkat kerja keras dan konsistensinya, dia pun kini hadir dengan 170 pemandu untuk LA Adventure (Lubuk Alung Adventure).

Memulai Sekarang?

Mungkin jika saja mas Rinto tidak memulai dan konsisten dalam mengenalkan ide programnya, pembalakan liar di Padang Pariaman masih berlangsung dan perusakan lingkungan yang ada semakin berat.

Mas Rinto dan juga Astra, setidaknya membuat saya berpikir.

program csr astra hijau untuk lingkungan

Yang ikutan perjalanan menginspirasi Astra Hijau (program CSR) ke Cianjur kemarin. (dok.Astra)

Masalah perusakan lingkungan ini bukanlah masalah ringan yang bisa kita anggap remeh. Selain itu, masalah lingkungan ini bukan saja tanggung jawab pemerintah ataupun perusahaan besar seperti Astra saja. Melainkan masalah kita semua.

Kita tentunya, selalu bisa memulai sesuatu kan? Dan kapan pula waktu yang tepat jika tidak memulainya sekarang… Bingung mulainya? Lihat deh video ini… video di Kawasan Kota Tua pada hari minggu, setelah semalam banyak acara digelar di sini.

Gak perlu mulai dari yang susah kan? Kita selalu bisa memulai dari yang sederhana – dengan membangun kesadaran untuk peduli lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan. Tentunya, kita selalu bisa memulainya sekarang juga.

Setuju gak?

Advertisements

6 Responses

  1. Al-Jawi
    24 Desember 2017
    • Febriyan
      24 Desember 2017
  2. i7tips
    24 Desember 2017
  3. Dani
    24 Desember 2017
    • Febriyan
      24 Desember 2017

Write a response

%d blogger menyukai ini: