fbpx
info seputar cibubur - mall di cibubur

Ada Apa Dengan Cibubur

Bukan… ini bukan lanjutan AADC yak, tapi Ada Apa Dengan Cibubur. Pokoknya info seputar Cibubur deh yang saya tulis di sini. Bagi saya ya ini personal ya karena tinggal di daerah ini. Pertama kali dengar kata Cibubur itu pas SD kayaknya. Dulunya kepikir kalau Cibubur itu adalah Enci-enci penjual bubur.

Terus pas SMEA ada teman yang kakaknya punya rumah di daerah Cibubur ini. Pas ke rumah sang kakak ini, dulu sewa satu mikrolet dari depan sekolah. Ramai-ramai kita jalan dan main di sana deh. Sambil berenang waktu itu (note: saya gak bisa berenang saat itu jadi cuma duduk dan main air doang).

Yang saya ingat saat itu adalah sepi. Beneran. Cibubur itu kayaknya kota nan di luar kota Jakarta. Masih sepi banget. Sekarang? Coba aja colek yang tinggal sekitaran sini. Ramai pisan. Ramai banget sampai macet di mana-mana.

Seputar Cibubur #1 – Jalan Alternatif Cibubur

 

infor seputar cibubur - jalan alternatif cibubur
Jalan Alternatif Cibubur arah Jakarta

Nah ini dia satu-satunya jalan besar di Cibubur. Jalan Alternatif Cibubur. Untuk mengakses kawasan Cibubur rata-rata semua melewati jalan ini, kalau mereka tidak mau putar-putar lewat jalan lain. Yang bikin ramai jalan ini ada beberapa.

Mulai dari mobil pribadi para penghuni perumahan di daerah ini, truk yang mondar mandir ke Cileungsi, hingga bus pariwisata. Dikit ya jenisnya? Memang itu di luar angkot dan bus umum ya. Dan juga motor yang lalu lalang.

Coba kita lihat kenapa banyaknya ya satu per satu, yang memang jadi penyebab kemacetan di jalur alternatif Cibubur ini sih.

Mobil Pribadi

Mobil pribadi ini menjamur seiring menjamurnya juga perumahan di daerah Cibubur. Kenapa? Karena akses ke sini hanya menggunakan kendaraan (pribadi atau umum) tidak ada kereta api atau jalur air untuk ke Cibubur ini.

Truk – Termasuk Truk Sampah

Ini karena daerah Cileungsi (di ujung jalan Alternatif Cibubur ini) banyak pabrik. Pabrik ini bertebaran dari kawasan industri Cileungsi (yang saya baru tahu pas pindah ke sini) sampai ke arah Gunung Putri. Nah berhubung mereka selalu aktif mengirimkan dan menerima bahan, jadi kebayang dong. Ditambah lagi truk sampah yang mengarah ke Bandar Gebang – lewat sini juga (jadi inget kasus Truk Sampah yang dikomplain ke Ahok).

Bus Pariwisata

Terus yang ketiga adalah bus pariwisata. Jalan ini juga merupakan jalan alternatif menuju puncak asmara sehingga kalau waktu liburan cukup ramai juga. Gak cuma ke puncak sih, tapi ada beberapa tempat wisata yang bisa dilalui di sini, seperti Bumi Perkemahan Cibubur, China Town di Kota Wisata dan Taman Buah Mekar Sari. 

Dan salah satu yang bikin macet juga selain tingginya volume kendaraan (dah seperti TMC Polda belum?), juga karena jalannya memang hanya memuat tiga jalur saja. Itu dengan catatan tidak ada U turn (putar balik) dan mobil yang mangkal di pinggir jalan.

Info #2: Perumahan di Daerah Cibubur

Seperti yang saya bilang di atas, dulu pas SMEA ke daerah sini, masih sepi. Perumahan di daerah ini masih bisa terhitung dengan jari. Sekarang? Buanyakkkkk. Dari pintu keluar tol Cibubur yang sudah kena macet hingga ke ujung jalan Alternatif Cibubur bahkan sekarang sampai mendekati Taman Buah Mekar Sari.

Baca juga: Tips Mencari KPR Yang Cocok Untuk Kamu

Pemain besar di bidang properti pun turun ke sini, mungkin hanya Summarecon saja yang tidak ikut nimbrung. Sebut saja Sinarmasland, Ciputra, Metropolitan Land, Agung Sedayu, mereka hanya segelintir dari sekian banyak yang bermain di daerah ini.

info seputar cibubur - perumahan di daerah cibubur
Eldorado Water Park Legenda Wisata

Nama perumahan pun beragam. Mulai dari Kota Wisata, Legenda Wisata, Citra Grand, Citra Indah, Metland Cibubur (sebenarnya lebih tepat Metland Cileungsi), Cibubur Country, Cibubur Residences, Raffles Hills, Harvest (bukan yang pastry) dan lainnya. Kehadiran mereka menggeser perumahan lama yang sudah ada di sini sebelumnya, sadly this is the truth.

Kenapa di sini begitu menjamur perumahan? Karena harga perumahan di sini masih bisa dibilang tidak semahal daerah lainnya. Kisaran harga perumahan di sini bisa mulai dari Rp 200 jutaan hingga Milyaran. Tergantung developer dan juga lokasinya.

Ya sebenarnya daerah Cibubur merupakan lokasi yang baik untuk tinggal. Hanya kekurangan dalam akses transport saja menurut saya. Kabar mengenai tol baru yang melintasi kawasan ini sepertinya masih menjadi kabar.

Info Seputar Cibubur #3: Mall di Cibubur

Jumlah Mall di daerah Cibubur ini masih terbilang dikit, bisa terhitung dengan jari deh untuk wilayah yang menurut saya cukup luas ini (iyalah, Cibubur kan ada di 4 Kabupaten – Jakarta Timur, Depok, Bekasi dan juga Bogor). Kalau dibandingkan dengan jumlah mall di Kelapa Gading masih jauh jumlahnya.

Baca juga: Mall Yang Harus Dikunjungi Di Cibubur

Mall Di Cibubur #1 – Cibubur Junction

Ada Cibubur Junction – mall yang satu ini dekat dengan pintu tol. Seperti rata-rata Lippo Mall lainnya, posisinya boleh dikata dalam hook. Pas dengan belokan dari Cibubur mengarah Jakarta ataupun dari Cipayung ke Cibubur. Di sini masih XXI Cineplex.

Baca juga: Review Tempat Nonton Baru di Jakarta – Cinemaxx Theater

Mall Di Cibubur #2: Plaza Cibubur

Kemudian ada juga Plaza Cibubur. Plaza ini letaknya agak di tengah. Tepat di daerah Kranggan. Plaza ini juga sudah cukup lama. Banyak juga yang bisa didapatkan di sini, antara lain McDonalds. Sepanjang Jalan Alternatif Cibubur, hanya ada di sini dan di Buperta Cibubur (Jambore). Lalu ada juga XXI Cineplex yang lebih banyak memutar film Indonesia. Di sini juga ada Lotus Department Store loh.

Mall Di Cibubur #3: Ciputra Mall Cibubur

Mall yang paling baru di Cibubur adalah Ciputra Mall Cibubur. Sebenarnya dulu ada Mall Citragrand namun dirombak oleh developer dan dijadikan Ciputra Mall Cibubur yang menyatu dengan Hotel Ciputra – Swiss Bell Hotel Cibubur. XXI Cineplex juga ada di sini. Dan juga satu-satunya outlet buku Gramedia di seputar Cibubur ini.

Mall Di Cibubur#4: Mall Cileungsi

Eh, jangan salah loh ya… Cileungsi ini juga masih masuk dalam daerah Cibubur. Agak ke belakang ada Mall Cileungsi. Mall ini lebih lama lagi dibandingkan dengan Plaza Cibubur dan jika dilihat sekarang ini mungkin lebih tepat ke arah model Trade Center. Saya sendiri jarang ke sini sih, biasanya hanya urus mobilnya kakak saya saja.

Ada Apa Di Cibubur? Buanyakkkk

Kayaknya sudah banyak yang saya share di sini info seputar Cibubur (untuk part 1 ini). Mungkin nanti saya share dalam post terpisah ya untuk yang lainnya, seperti angkot ke Cibubur apa saja. Kuliner di Cibubur, dan lainnya. Ini hanya sekedar sharing saja sih. Kalian pernah ke daerah sini gak? Menurut kalian gimana daerah bernama Cibubur ini?

 

40 Comments

  1. Citra 19 Mei 2017
    • Febriyan 19 Mei 2017
  2. dhian 19 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  3. Erma 5 Juni 2015
    • Febriyan 5 Juni 2015
  4. restu dewi 26 Mei 2015
    • Febriyan 26 Mei 2015
      • restu dewi 27 Mei 2015
      • Febriyan 27 Mei 2015
  5. Puji 26 Mei 2015
    • Febriyan 26 Mei 2015
      • Puji 26 Mei 2015
      • Febriyan 26 Mei 2015
      • Puji 26 Mei 2015
      • Febriyan 26 Mei 2015
  6. Nadia Khaerunnisa 25 Mei 2015
    • Febriyan 25 Mei 2015
      • Nadia Khaerunnisa 25 Mei 2015
      • Febriyan 25 Mei 2015
  7. prih 25 Mei 2015
    • Febriyan 25 Mei 2015
  8. Badai 25 Mei 2015
    • Febriyan 25 Mei 2015
  9. Arman 25 Mei 2015
    • Febriyan 25 Mei 2015
  10. jampang 25 Mei 2015
    • Febriyan 25 Mei 2015
      • jampang 25 Mei 2015
      • Febriyan 25 Mei 2015
      • jampang 25 Mei 2015
      • Febriyan 25 Mei 2015
  11. nola 25 Mei 2015
    • Febriyan 25 Mei 2015
  12. dani 24 Mei 2015
    • Febriyan 24 Mei 2015
  13. bemzkyyeye 24 Mei 2015
    • Febriyan 24 Mei 2015
  14. febridwicahya 24 Mei 2015

Leave a Reply