fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Menurut Kalian, Apa Kejujuran Itu?

1 min read

makna kejujuran dalam hidup

Tema akhir pekan ini adalah kejujuran. Seberapakah arti kejujuran bagi kalian? Dalam pertemanan? Pekerjaan? Percintaan? Keluarga? Jujur adalah salah satu sifat dasar yang harus dimiliki oleh setiap insan. Dan menjadi dasar dalam setiap hubungan yang ada.

Sebuah hubungan, baik profesional or hubungan personal, yang selalu didasari honesty akan tahan lama.

makna kejujuran dalam hidup

Kejujuran Dalam Hidup

Well, saya pribadi sih yakin kalau semua menjunjung tinggi yang namanya jujur dalam hidup. Dan berusaha keras melakukannya kepada siapapun. Namun… saat ini, kejujuran menjadi sangat mahal. Karena sekarang masing-masing insan rela melakukan apapun yang mereka anggap ‘baik’ walaupun hal itu mengharuskan mereka berbohong.

Jujur Dan Prasangka

Menerapkan sikap jujur juga menjadi sangat sulit. Hal ini dikarenakan adanya prejudice dalam masing-masing individu yang terlibat.

Contohnya:

Seseorang yang masih sangat muda, menempati posisi yang boleh dibilang tinggi dengan cepat. Dia mendapatkannya karena memang dia berhak – kerja dengan baik, prestasinya menunjukkan itu. Tapi orang-orang di sekitarnya banyak yang mencibir. Mulailah prasangka demi prasangka… Mulai dari kedekatan dengan atasan sehingga cepat naik pangkat sampai sogok menyogok…

Tidak jarang yang mengalami hal tersebut (prasangka buruk) akan berakhir dengan melakukan apa yang diduga oleh orang lain. Untuk apa berbuat baik kalau semua yang kita lakukan dianggap gak bener? Sayang kan kalau sampai hal seperti ini terjadi dalam hidup kita?

White Lies

Kalau memang sikap jujur adalah yang dicari oleh banyak orang, kenapa sampai ada kebohongan putih. Yang katanya adalah sesuatu hal yang baik. Lebih baik kita berbohong daripada membawa sesuatu yang buruk kepada orang yang akan mendengar kejujuran itu dan menderita karenanya.

Saya sendiri pernah terperangkap dalam dilema – haruskah bersikap jujur ataukah harus berbohong? Agar teman saya tidak sakit hati dan terluka karena mendengar kenyataan yang ada? Pernah ngalamin juga gak?

Jangan Sampai Ini Terjadi

Ada satu film yang saya ingat banget. Judulnya adalah Big Fat Liar. Film ini berkisah tentang seorang anak yang sering banget berbohong. Hingga suatu saat semua orang di sekitarnya tidak lagi mempercayai setiap perkataan yang keluar dari mulutnya.

Padahal saat itu dia mengatakan yang sebenar-benarnya. Apakah kita perlu mengalami hal ini dulu agar paham pentingnya kejujuran dalam hidup? Dia sangat mati-matian berusaha membuktikan betapa dirinya kali ini berkata yang sejujur-jujurnya.

Untungnya, ada beberapa teman yang masih percaya dan mau membantunya dalam hal ini. Tapi apakah kalau kita seperti dia akan memiliki teman yang super baik seperti itu? Mudah-mudahan sih ya. Daripada memikirkan apakah kita memilikinya, lebih baik kita bersikap jujur sejak awal.

Dalam Dunia Kerja – Kejujuran Itu Sangat Berharga

Dalam hal dunia kerja, kejujuran menjadi salah satu yang sangat dijunjung tinggi dan tidak ada ampun. Apalagi kalau kita bekerja di industri yang sangat membutuhkan kepercayaan, seperti perbankan. Ketidakjujuran dalam satu sen saja, bisa berakibat fatal.

Seperti yang dialami oleh para driver gojek saat mereka diketahui melakukan kecurangan dalam praktik go jek-nya yang ramai beberapa waktu lalu. Apakah ini wajar? Buat saya sih wajar banget. Karena kita, sebagai pengguna gojek memang membutuhkan driver yang bisa dipercaya kan?

Gimana menurut kalian? Apa pentingnya kejujuran dalam hidup ini?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

18 Replies to “Menurut Kalian, Apa Kejujuran Itu?”

  1. Gendong cabe mba Nik,,,pedesse hehh. Apa gendong duren.

    Soal yang prasangka ke si anak baru itu ngalamin banget. Butuh 2tahun sampai akhirnya diterima hahhahaa…

  2. wah penting banget mas.. soalnya sekali kita di cap gak jujur.. abislah kita.. apalagi didunia sosmed kayak gini.. nyebar kaya jamur abis musim ujan.. si anu gak jujur… bzzzzzt

  3. meski terkadang sulit dan terjebak dalam realita yg lebih banyak menayangkan kebohongan, saya selama ini berupaya untuk jujur dalam keseharian. nasihat untuk selalu jujur dari ibu tertanam kuat dalam benak saya sampai sekarang. saya kadang heran kenapa ada orang yg seolah berbohong adalah hobi mereka, jika jujur mereka seolah rugi. padahal menurut saya, energi untuk berbohong berlipat lipat harganya dibanding berkata jujur. entahlah, kehidupan sebetulnya simpel jika semua orang memelihara kejujuran.

    1. Membuat kebohongan akan membawa ke kebohongan lainnya dan seterusnya dan seterusnya ya mas Cepy.
      Menang lebih mudah kalau kita bicara jujur. Jauhhh lbh santai hidup kita ya

  4. Hidup ini komplek mas Feb, jadi tertampar baca artikel ini, terutama pas ngomongin kejujuran di tempat kerja. Nano-nano lah karakternya. Tetapi apapun itu apapun prasangka orang, ttp kita harus berbuat baik..yaaah meskipun baik itu nanti jg relatif di mata siapa. But God never sleeps.

    Selamat tahun baru imlek btw Mas, terus menginspirasi 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *