fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Review Film Batman V Superman: Rencana Besar Dimulai Sekarang

3 min read

review film batman v superman dawn of justice indonesia

Night Vs Day – itu yang sering banget saya lihat di Warner TV selama sebulan terakhir. Dan juga choose your side yang memang dikenalkan oleh pemegang hak tayang film dari DC Comics ini. Nah berkat CGV Blitz Club, kemarin malam saya berkesempatan menonton film ini dan berikut ini Review Film Batman V Superman versi saya – moga sih gak spoiler ya.

review film batman vs superman dawn of justice
Film Batman V Superman Dawn of Justice – gambar dari official site

Plot Film Batman V Superman

2 (dua) tahun sejak pertarungan antara Superman dan Jenderal Zod berakhir, Superman dianggap sebagai Pahlawan di Kota Metropolis. Namun ternyata ada satu orang yang tidak menyukainya. Batman menganggap Superman adalah ancaman yang sangat berbahaya kalau dibiarkan begitu saja.

Pertarungan antara keduanya tidak dapat lagi terelakkan. Siapakah yang menang antara Batman V Superman ini? Apakah ada rencana lain di balik pertarungan keduanya? Apakah ada peran orang lain dalam pertarungan ini?

Pemain Dan Bintang Dalam Film Batman V Superman

Para pemain dalam film terbaru ini boleh dibilang tetap sama, tapi dengan beberapa tambahan baru seperti Ben Affleck (Gone Girl) sebagai Bruce Wayne alias Batman, Jessie Eisenberg (Now You See Me) sebagai Lex Luthor, Gal Gadot sebagai Diana Prince alias Wonder Woman.

Clark Kent alias Superman masih diperankan oleh Henry Cavill kemudian Lois diperankan oleh Amy Adams. Film Batman V Superman ini sendiri disutradarai oleh Zack Snyder (300).

Review Film Batman V Superman – Sebuah Awal Baru

review film batman v superman dawn of justice indonesiaYa, kalau boleh saya bilang, film Batman V Superman Dawn of Justice ini adalah sebuah awal baru untuk DC Comics. Dalam usahanya mengimbangi Marvel dengan Avenger dan deretan Marvel Universe – nya, DC akhirnya memutuskan membuat film ini menjadi film pembuka dari deretan film superhero mereka.

Film ini diawali dengan kisah awal Batman (again) dan juga flashback pertarungan Superman dengan Jenderal Zod di Man of Steel dari sudut pandang seorang Bruce Wayne. Kita diajak menyelami sudut pandang seorang Batman dan bagaimana dia memandang Superman, yang dianggap pahlawan oleh dunia.

Plot cerita pun beralih pada adegan di mana Superman datang menyelamatkan Lois yang ditangkap oleh kelompok teroris di sebuah gurun di Afrika. Tak lama berselang, seorang wanita Afrika menghadap senat Amerika meminta pertanggung jawaban Superman yang mencelakakan keluarganya hanya demi menyelamatkan Lois.

Bukan Superman Bukan Batman Tapi Lex Luthor

Yes, bukanlah Superman ataupun Batman atau bahkan Wonder Woman yang menarik perhatian dalam film ini. Yah walaupun keseksian Gal Gadot dalam balutan kostum Wonder Woman-nya. Tapi yang lebih menarik perhatian dalam film ini adalah sosok Lex Luthor.

Jessie – yang memang saya suka dalam film Now You See Me – memerankan sosok Lex Luthor yang “baik” tersebut dengan super. Sejak awal kita diajak mengenal sosok Lex yang jauh lebih berbahaya dari Lex Luthor sebelum-sebelumnya. Permainan psikologi – dalam sosok Lex Luthor ini sangat terasa walaupun kita tak melihat kepala botaknya di awal film.

Kekuatan Pada Visual Bukan Cerita

review film batman v superman terbaru 2016
Salah satu visualisasi dalam film yang saya suka – Batman di tengah gurun

Saya pribadi merasa bahwa film ini memiliki kekurangan dalam sisi cerita. Plot yang dibuat kurang bisa membuat mata kita terus memandang layar bioskop. Di satu sisi kita akan melihat plot yang rasanya tidak diperlukan, seperti adegan pengenalan Batman di awal.

Bagaimana Bruce Wayne menyaksikan orang tuanya terbunuh (walau ada sesuatu dari adegan itu yang akan menyambungkan pada bagian-bagian akhir film ini). Kita semua sudah mengetahuinya dari deretan Dark Knight. Mungkin kisah ini diangkat karena ingin menjelaskan kepada mereka yang tidak mengikuti film Batman sebelumnya itu.

Alur cerita cenderung lambat dan membuat kita bisa merasa bosan. Walau saya pribadi terhibur dengan visualisasi yang dituangkan oleh Snyder, yang mana jauh lebih “gelap” dibandingkan dengan Man of Steel atau bahkan seri Dark Knight.

Visual efek yang diberikan dalam film ini memang mengobati rasa kebosanan tersebut ketika sudah mulai dalam action dalam film ini – dan mungkin cocok untuk dicoba di layar 4DX.

Permulaan Dari Rentetan Film Superhero DC

Dan lagi lagi terkait cerita dalam film ini, mungkin kita harus mengingat bahwa film ini adalah film pertama di mana the Trinity muncul dalam satu film pertama kali dan penanda DC Universe sudah dimulai. Apalagi dengan deretan film DC Comics berikutnya seperti yang saya tuliskan di atas. Yang nantinya akan mengarah pada The Justice League (diperkirakan akan tayang di 2018).

review film batman v superman
penampilan Batman dalam film Batman V Superman

Di dalam film ini, dikenalkan juga superhero lainnya seperti Aquaman, Cyborg dan The Flash selain Wonder Woman yang sudah mulai aksinya dalam film. Dan kita mulai melihat bagaimana Batman mulai diperkenalkan sebagai seorang manusia dengan keahlian bela diri. Kostum Batman sendiri dibuat semirip mungkin dengan yang ada di The Dark Knight. Sosok besar dan jago bela diri dibandingkan sosok yang penuh dengan gadget.

Ben Affleck sendiri sebenarnya dipertanyakan saat pengumuman dirinya sebagai Batman. Banyak yang merasa kalau Ben Affleck tidak cocok. Namun dia membuktikannya dengan latihan dua kali sekali dan menciptakan sosok “Tower of muscle” sebagaimana The Dark Knight dikenal.

Apakah setelah menonton film Batman V Superman ini, akan banyak yang menyukai sosok Ben Affleck sebagai Bruce Wayne? Kita lihat saja ya nanti, saya sendiri sih suka dengan sosok Ben Affleck sebagai Bruce Wayne ini.

Hasil Akhir

review film batman v superman dawn of justice 2016
Jadi menunggu film DC Comics yang lainnya

Jadi yang menang dalam pertarungan antara Batman dan Superman adalah…. silakan ditonton sendiri ya. Kan saya dah bilang gak mau kasih spoiler, cuma satu pesan sih, siap dengan kejutan. Saya sendiri merasa kalau kekuatan film ini justru ada di Ben Affleck, Jessie Eisenberg dibandingkan Amy Adams dan Henry Cavill.

Film Batman V Superman ini sendiri saat ini mendapatkan nilai 8.1 di IMDB dan 32% Tomatometer di Rotten Tomatoes. Sedangkan dalam hal Parental Guidance, film ini sendiri dikategorikan sebagai PG-13 alias untuk 13 tahun ke atas dan kalau bisa dengan bimbingan ortu ya, jangan sampai mengganggu yang lain saat menonton di bioskop.

Nilai akhir dari review film Batman V Superman Dawn of Justice ini adalah 3.7 bintang dari 5 bintang. O iya, untuk kali ini saya buka review film versi kalian di postingan ya… share review kalian di sini juga ya.

Review Film Batman V Superman Dawn of Justice
  • Alur Cerita
  • Visual Efek dan Gambar
  • Aktor dan Aktris (two thumbs up untuk Jessie dan Ben)
3.7

Ringkasan Nilai Review

Review film Batman V Superman Dawn of JustiveFilm Batman V Superman Dawn of Justice ini menjadi salah satu film yang dinantikan tahun 2016 ini dan tentunya membuat ekspektasi para penggemar film aksi superhero tinggi.

Secara cerita, lebih dari separuh film ini berjalan lambat dan terkadang dirasakan “kenapa harus ada cerita yang ini?” tapi aksi dan visual serta kejutan dari Jessie Eisenberg cukup mengobati.

Sending
User Review
3 (3 votes)
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

41 Replies to “Review Film Batman V Superman: Rencana Besar Dimulai Sekarang”

  1. Hari ini barusan nonton, relax sehabis dari India #eaaaa
    Tapi ya gitu klo menurutku ya mas, rada-rada memang filmnya, benar kurang plot. Semacam ga sesuai judul setelah 3/4 film, yang akhirnya temenan mereka hahaha

  2. aku udah nonton juga ni hRyan. sempet sedih tapi ah ga mungkin masa jagoan … 🙂
    pasti nanti ada kelanjutannya lagi nih film ya

  3. Saya sebagai fanboy batman merasa masih janggal dengan tema yg tidak dalam. berimbas pada sifat batman yg mudah tersinggung dan egois. padahal secara komik, batman adalah superhero yg sangat detil mempertimbangkan segala aspek. sering berhadapan dengan para penjahat licik macam penguin, riddler atau bahkan joker. hanya di film ini, tokoh batman mudah dikompori sama Lex, kalau dibandingkan nilai psikopatnya masih kalah dg joker. lex juga kalah rumit dg riddler. akting Ben Afleck jadi berkurang karena batman jadi agak bego mudah dibohongi lex luthor. ada juga yg mengganjal, karakter Lex masih unyu, kurang flamboyan, kurang elegan untuk penjahat yg pandai bersandiwara.

    Di balik semua kekurangan tadi, bagi saya, film ini masih menghibur. Tentunya dari sudut pandang fanboy batman dan superman. Tidak buruk dan masih di atas nilai 7

    1. Wahhh. Aseeek. Sayanya bukan fanboy sih mas. Tp membaca sudut pandang seorang fanboy tentang film ini suka juga.
      Kl dr sudut saya sih melihatnya… Banyak yang dipotong agar muat dlm time frame. Keterbatasan waktu jadi bikin gak maksimal sptnya. Makasih sekali lg mas untuk komentarnya

  4. Nah akkhirnya ada yg ngeriew juga 😀
    Btw, lagi musimnya ya para superhero saling diadu. jadi penasara sama karakternya Lex Luthor yang katanya jadi presiden amerika. Eh ini bener ya pak?

  5. keren review nya mas batman nya secara aksi lebih keren berantemnya dari the dark knight apalagi yg dia lari dri tembakan polisi betul-betul kaya kelelawar haha

  6. kostum batman di film ini yang buat keren mas…
    emang film ini unggul di efek visual nya.. pastinya mereka pihak DC harus membuat efeknya tampak lebih wah… 😀

    nunggu justice league.. sampe semua superhero DC maen bareng.. dari flash, green lantern dan lainnya..
    atau dulu sempet terdengar kabar avenger vs justice league.
    nice mas 😀

      1. green lantern DC mas cuman saya browsing katanya di justice l yg part 1 belum ada green lantern part 2 baru ada
        saya browsing sih wkwk

      2. Wahhh makasih ya mas sudah dibrowsing infonya.
        Justice League itu masih tahun depan atau 2018 kalau gak salah. Di IMDB sudah ada infonya sedang dalam proses. Sekarang ini lebih ke masing-masing tokohnya dulu mas seperti Aquaman, Wonder Woman dan yang lainnya

      1. Udah nonton maass.. daan err..agak terganggu dengan kehadiran wanita berbikini di tengah tengah pertarungan 😀
        Penasaran, Superman pake krim apa sih mulus gitu :))))

      2. Hahahaha. Pertanyaan bagus. Kl menurutku sih Batman sendiri gak diprovokasi. Itu pikirannya dia sendiri. Toh memang sjk adegan man of steel dah digambarkan kl batman gak suka sepak terjangnya superman yang bikin banyak org celaka.

  7. Gw dong. Ngerevisi rating dari 3.8 ke 3.1! Hahahahahaha. Sebagai the beginning of DC superhero terlalu jelek menurut gw. Maaf kata ya. Dibanding film man of steel aj juauuuhhhh. ?

    1. Hahahaha…. Barusan kayaknya masih di 3.8 dah. Kenapa jadi 3.1.

      Kalau dibandingkan itunya iya sih Dan. Kalau gw sih mikirnya yang soal cerita di depan itu pengenalan ulang utk yg gak pernah nonton atau baca. Kalau MoS memang effectnya lebih secara aksi mnrt gw sih.

  8. Aku kurang suka sama Amy Adams, aktingnya monoton. Yang bikin greget itu memang si Lex Luthor sih, kampret emang dia. Pengen gw getok rasanya skaing emosinya. Tapi kalau yang bikin ‘greget’ tetap Ben Affleck dan Henry Cavill sih, dengan kelebihan mereka masing-masing.

    DEBU AJA MALES NEMPEL DI MUKANYA. CUMA SUPERMAN YANG BISA.

  9. Penasaran sama ending pemenangnya. Udah niat mau nonton di pemutaran perdana kemarin, sayang hujan seharian di Makassar membuat niat jadi urung dan berujung gak jadi nonton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *