fbpx
makanan indonesia di signatures restaurant hotel kempinski

Nikmatnya Makanan Indonesia

Selama kurleb 9 bulan di Liberia, yang paling berasa pas di sana itu cuma satu sebenarnya… kangen. Kangen sama mama saya. Terus kangen juga sama kakak saya, walau nyebelin gitu. Pacar? So pasti. Nah… satu lagi yang saya kangenin adalah merasakan nikmatnya makanan Indonesia.

makanan indonesia di signatures restaurant hotel kempinski
Makanan yang paling dikangenin pas di Liberia

Emang sih di sana, tepatnya kalau lagi di site, ada tukang masak dari Indonesia, jadi bisa merasakan masakan Indoensia juga. Tapi kan bumbu-bumbunya beda, terbatas banget di sana. Yang banyak tersedia di sana itu bumbu masakan India dan Cina. Harapan kami adalah yang pulang ke Indonesia bawa bumbu :D.

Makanya pas saya balik ke Indonesia, setahun kemarin itu, yang saya cari adalah makanan khas Indonesia yang jarang banget saya temui padahal saya suka banget, yaitu tempe. Saya mah gitu sih orangnya, yang simple aja, sesederhana tempe goreng atau tempe orek juga dah bisa bikin saya seneng. Terus lanjut kalap dengan makanan Indonesia lainnya. 😀 Apa sih sebenarnya yang bikin makanan Indonesia itu nikmat dan ngangenin banget?

Menikmati Makanan Indonesia Kaya Rasa

Makanan Indonesia bagi saya memang kaya rasa buanget. Kekayaan rasa makanan Indonesia inilah yang mendasari Signatures Restaurant, sebuah restoran fine dining di Hotel Kempinski membuat kampanye Indonesian Food Culinary. Take a culinary “spice journey” from Sumatra, Kalimantan, Java, Sulawesi and Bali.

Acara ini berlangsung juga dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70, diselenggarakan sejak tanggal 5 Agustus 2015 – 8 September 2015. Jadi kalau mau ke sana dan menikmati makanan Indonesia dari pulau-pulau di atas, berikut ini jadwalnya detailnya.

nikmatnya makanan indonesia
Jadwal Kuliner Nusantara Signatures Hotel Kempinski

Dah tahu jadwal kan lebih enak ya. Harga paket Indonesian Food Culinary di Signatures Restaurant Hotel Kempinski adalah Weekday Lunch harganya Rp 265rb ++, weekend  brunch Rp 360rb ++, kalau dinner – all week itu Rp 285rb ++. Itu semua all you can eat loh, untuk semua makanan yang ada.

Ada Apa di Indonesian Food Culinary Signatures Restaurant

Sumatra’s Food – Makanan Sumatra di Signature Kempinski

Berhubung saya itu datangnya tanggal 8 Agustus 2015 kemarin, saya jadi pas untuk menikmati yang region Sumatra. Kalau soal Kuliner Sumatra, apa yang terlintas dalam benak kalian? Dalam benak saya sih ya Pempek Palembang, Rendang, Sate Padang, Mie Aceh, aduh pokoknya banyak banget deh. Ini hanya beberapa makanan yang saya nikmati pas di Restoran Signature Hotel Kempinski kemarin itu.

Pempek Palembang

nikmatnya makanan indonesia di signatures restaurant hotel kempinskiMakanan khas dari daerah Palembang yang merupakan olahan ikan dan tepung ditambah dengan kuah cuka. Kuah cuka ini pedas, asam dan manis di saat bersamaan, seringkali membuat saya merem melek saat menyantapnya. Dan yang paling saya ingat terkait makanan khas ini adalah saat dinas di Palembang (tepatnya di daerah Lubuk Linggau), saya dibuatkan pempek oleh tukang masak di sana. Uenak banget. Masakan ini termasuk yang disajikan di Signatures Restaurant Hotel Kempinski saat Sumatra’s Culinary Journey – Pesta Kuliner Pulau Sumatra kemarin, namun kuah cukanya terlalu manis menurut saya.

Roti Canai dan Gulai Kambing

nikmatnya makanan indonesia di signatures restaurant hotel kempinskiMakan masakan daerah Aceh bukanlah satu hal yang saya kejar karena biasanya pedas dan penuh santan. Namun, di Signatures, saya sangat menikmati gulai kambing yang telah dikembangkan oleh para chef mereka. Takut akan santan tampaknya tidak lagi saya ingat karena mereka tidak memakai santan, hasil penelitian mereka (sayangnya tidak berhasil mengorek lebih detail). Kenikmatan memakan roti canai dengan gulai kambing ini membawa lidah saya menari pedas namun ingin tambah lagi dan lagi.

Aneka Ikan dan Mie Goreng Aceh

Negara Indonesia kan sebenarnya negara kaya akan sumber daya lautnya. Wajar kalau masakan ikan sangat banyak dan bervariasi, di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Nah, dalam Indonesian Food Culinary – Sumatra Island ini pun kita diajak menikmati berbagai olahan ikan, seperti Gulai Ikan Salai dan Ikan Mas Arsik yang saya nikmati bersama Mie Goreng Aceh dan beberapa makanan lainnya. Rasa gulai-gulai ikan dan juga Ikan Bakat Bumbu Napinadar ini enak.

makanan indonesia di signatures restaurant hotel kempinski
Semua dicoba…

Dibuang Sayang Dari Signatures Restaurant

Ada beberapa hal yang saya dapatkan pas kemarin itu yang rasanya sayang banget kalau saya gak tampilkan sekalian di sini. Jadi ini yang dibuang sayang dari Restoran Signatures Hotel Kempinski.

Desain Interior Signature Restaurant

nikmatnya makanan indonesia di signatures restaurant hotel kempinskiYang menarik mata saat masuk ke dalam ruang makan Restoran Signature ini adalah satu foto hitam putih besar, yang menampilkan sosok Presiden Soekarno bersama sosok penting saat itu (ayo ada yang bisa nebak siapa?). Selain itu, saya sendiri suka dengan hiasan di setiap meja yang sebenarnya sih hiasan sederhana aja. Ditambah juga nuansa lapang yang ada di resto. Kesan nyaman sangat terasa deh di restoran Signature ini.

Tarian Tradisional Khas Daerah

Kebetulan ke sana pas hari Sabtu, dan ternyata ada hiburan tarian tradisional daerah Indonesia. Daerahnya disesuaikan dengan daerah yang minggu itu sedang menjadi menu makanan Indonesianya. Pas saya datang kan Pulau Sumatra, nah hiburannya adalah tarian dari daerah Padang. Asik juga makan dengan hiburan tarian tradisional kayak gini, sekalian memperkenalkan kan yang dari Indonesia itu apa saja.

Hiasan Di Area Display Makanan

Selain menu masing-masing pulau, Restoran Signature Hotel Kempinski ini tetap menyajikan makanan internasional dan juga penganan alias dessert seperti biasanya. Kita bisa mencicipi semua sekali bayar itu. Nah, yang unik adalah display di area dessert. Ada display dengan nuansa Jawa – patung sepasang suami istri itu loh. Dan juga ada pakaian adat yang terbuat dari coklat.

Saya sendiri sih merasa bangga banget dengan cita rasa masakan Indonesia, memang nikmatnya makanan Indonesia itu beda banget. Kekayaan Indonesia akan rempah-rempah, yang dikenal di seluruh dunia, itu ada dalam setiap cita rasa masakan Indonesia. Kalau kalian gimana? Bangga gak?

24 Comments

  1. ivoniezahra 4 September 2015
    • Febriyan 4 September 2015
  2. Arman 29 Agustus 2015
    • Febriyan 29 Agustus 2015
  3. Oline 28 Agustus 2015
    • Febriyan 29 Agustus 2015
  4. kayka 28 Agustus 2015
    • Febriyan 28 Agustus 2015
      • kayka 28 Agustus 2015
      • Febriyan 28 Agustus 2015
  5. littlewawan 27 Agustus 2015
    • Febriyan 27 Agustus 2015
  6. nianastiti 27 Agustus 2015
    • Febriyan 27 Agustus 2015
  7. auuak 26 Agustus 2015
    • Febriyan 27 Agustus 2015
      • auuak 27 Agustus 2015
      • Febriyan 27 Agustus 2015
      • auuak 28 Agustus 2015
      • Febriyan 28 Agustus 2015
  8. dani 26 Agustus 2015
    • Febriyan 27 Agustus 2015
  9. Dwi Puspita 26 Agustus 2015
    • Febriyan 28 Agustus 2015

Leave a Reply