fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Tips Mencari Beasiswa

2 min read

tips mencari beasiswa - bagaimana cara mendapatkan beasiswa

Tips Mencari Beasiswa – Tulisan ini keluar karena saya ingat salah satu twit dari Mas Billy Boen – sang penulis Young on Top mengenai kesempatan pendidikan di Indonesia. Jujur memang pendidikan di Indonesia masih dalam kondisi memprihatinkan. Banyak yang tidak mampu mendapatkan pendidikan yang seharusnya dapat menunjang kehidupan mereka agar lebih baik lagi. Mas Billy Boen juga prihatin mengenai hal ini.

Menurut Mas Billy Boen, salah satu yang penting bagi generasi muda adalah pendidikan.

Dan bagi mereka yang tak mampu, banyak kesempatan mencarinya di luar sana dalam bentuk beasiswa. Bergelimangan beasiswa yang ditawarkan di luar sana, baik dari perusahaan maupun pemerintahaan, dalam dan luar negeri. Bagi mereka yang memang menginginkannya, kesempatan meraihnya selalu ada.

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa

Bergelimangannya beasiswa di luar sana – sebenarnya tidak serta merta menjawab semua masalah pendidikan yang ada. Hanyalah salah satu cara mengatasinya. Dan sebenarnya menimbulkan satu pertanyaan baru: “Bagaimana caranya mendapatkan beasiswa itu?” Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya boleh share pengalaman saya dulu ya.

Pengalaman Mengikuti Program Beasiswa S1

Saya ingin sharing mengenai salah satu program beasiswa yang saya ikuti yang diselenggarakan oleh sebuah bank swasta nasional di negeri kita ini. Program Pendidikan Akuntansi – PPA. Program ini memberikan kesempatan bagi mereka-mereka yang ingin kuliah di jurusan Akuntansi namun mengalami kendala dalam hal biaya. Bahkan… program ini memberikan uang saku bulanan (di tahun 2001, total uang saku bulanannya sekitar Rp 750.000).

Dan menariknya adalah setelah lulus dari program ini, para peserta dapat bekerja di bank tersebut.

tips mencari beasiswa - bagaimana cara mendapatkan beasiswa
Korea – bisa jadi tujuan beasiswa kamu. 

Memasuki jalur beasiswa ini tentunya tidak mudah. Dari ribuan applicant yang ada tiap tahunnya, hanya akan dipilih kurang lebih 60 – 70 orang (yang akan dibagi dalam 2 kelas angkatan) – di saat awal program ini berjalan, bahkan hanya ada 1 angkatan per tahunnya.

Nah bedanya dengan beasiswa lain, selain masalah pekerjaan langsung di bank tersebut adalah bahwa beasiswa ini merupakan program pendidikan non gelar setara S1 dari BCA. Jadi saat lulus nanti, kita akan dianggap setara S1 oleh bank tapi tidak memiliki gelar. Tapi sejak tahun 2009, program ini telah bekerja sama dengan Universitas Trisakti sehingga masalah gelar SE itu tidak lagi jadi masalah.

Tips Mencari Beasiswa Untuk Kamu

Bahwa hidup ini ada di tangan kita sendiri, kalau memang kita menginginkan beasiswa guna menunjang kehidupan yang lebih baik lagi… carilah informasi sebanyak-banyaknya. Dan agar mendapatkan beasiswa yang tepat, saya punya beberapa tips mendapatkan beasiswa:

1. Sebelum mencari tahu mengenai Beasiswanya – cari tahu dulu Jurusan apa yang kamu inginkan.

Ibaratnya seperti saat mau jalan-jalan – tentukan dulu tujuannya. Baru cari tiket yang akan membawamu ke sana. Gitu. Jangan sampai tersesat di jalan karena tidak tahu arah jalan pulang #ehh?

Baca juga: Begin With The End Of Mind

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai beasiswa jurusan yang kamu inginkan. Beasiswa itu banyak kok tersedia. Beasiswa pertanian, ekonomi, dan lainnya. Sekarang ini banyak mailing list bertebaran yang membahas mengenai beasiswa kok.

Jangan sungkan bertanya – tapi jangan juga bertanya hal-hal yang sudah ada secara umum di masing-masing keterangan grup. Salah satunya ya grup beasiswaindonesia.com. Intinya cari informasi yang kamu perlukan tentang beasiswa itu – gunakan jaringanmu. NB: LPDP bisa dicoba tuh…

Baca juga: Pentingan Jaringan Dalam Hidup

3. Setiap jurusan memiliki kriteria/syarat-syarat beasiswa yang berbeda. Jadi kenalilah masing-masing syarat dengan sebaik-baiknya. Ada yang membutuhkan TOEFL, ada yang mensyaratkan GMAT. Ada juga yang hanya memberikan beasiswa 1/4 dari total biaya dan ada juga yang total keseluruhan.

Baca juga: Dibaca gak Syarat Dan Ketentuan Berlaku

4. Internet kini mudah sekali dijangkau. Cobalah lakukan riset yang diperlukan mengenai beasiswa yang diinginkan. O iya… balik lagi ke perkataan Mas Billy Boen, saat saya bertanya mengenai kesempatan informasi yang tidak dimiliki oleh setiap orang – tidak semua memiliki kesempatan googling seperti yang lain – Mas Billy berkata: “Kalau itu memang hal yang diinginkan – apapun akan dilakukan – masa cari informasi aja tidak bisa?”

5. Gagal??? Coba lagi. Masih banyak kesempatan di luar sana kok. Masa gitu aja nyerah. Perjuangkan apa yang memang kamu inginkan. Tembok Cina juga gak dibangun dalam waktu semalam doang kan? Jangan menyerah. 😀

Malu bertanya sesat di jalan… jadi jangan sungkan untuk bertanya-tanya.

Sekarang Terserah Kamu

Itu sih tips mencari beasiswa singkat dari saya. Seperti dulu, saya sudah tahu kalau inginkan beasiswa akuntansi – dan akhirnya saat mendapatkan info mengenai beasiswa PPA ini – segera saya coba. Gagal di tahun pertama – saya coba lagi di tahun kedua dan akhirnya berhasil masuk. Setidaknya… bagi saya inilah jalan saya untuk jadi seperti sekarang ini.

Do what you have to do to make your dreams come true

Saya rasa kutipan itu pas. Kalau memang mendapatkan beasiswa adalah salah satu mimpimu… kenapa tidak coba mencari tahu. Update: Sekarang ini ada Program Pendidikan untuk IT yang diberikan oleh BCA. Moga sih tips mencari beasiswa ini bisa membantu kamu menggapai mimpimu ya.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

106 Replies to “Tips Mencari Beasiswa”

  1. Sepertinya informasi beasiswa memang masih kurang sehingga kita terkadang sulit mendapatkan informasi yang betul betul valid

    1. Sebenarnya banyak informasi ini… tapi memang validitas informasi beasiswa ini kadang susah dipastikan. Ada milis yang saya ikuti dan so far informasi di milis itu valid.

      1. Kalo cewek sih,krn misua gak mau ikut.kalo misuanya mau ikut sih enak,gak terlalu terbebani ttg anak.jd misua bs bantu ngasuh Anak selama kuliah smbl kerja part time aja udh cukup utk nutup living cost.
        Btw…kalo ada info beasiswa yg bs nanggung biaya keluarga….kbrin ya

  2. masih pengen deh nyari beasiswa…tapi kalau sekarang lebih ke beasiswa buat belajar bahasanya aja 😀

      1. I see. Masih ada kesempatan utk memperbaikinya gak. Kalau masih, perbaiki. Terus coba. Toh gak rugi untuk mencoba terus kan?

      2. It’s easy said, though. Saya sebenernya pengen jadi orang yang sukanya mencoba, tapi sudah saya coba berulang kali, hasilnya tetap nihil. Saya cenderung selalu kembali ke sifat saya semula. Tsk

  3. Dulu pernah lolos tes beasiswa S1 di salah satu pemberi yang situsnya ada dalam tulisan ini. Tapi tidak jadi berangkat soalnya gagal sewaktu nilainya diperingkatkan dengan applicant dari seluruh dunia. Ya saya mah di dalam negeri boleh lulus, ditandingkan dengan applicant lain mah cuma breadcrumbs… :huhu.
    Dan sekarang saya tanpa sadar memilih jalan terjal buat beasiswa. Memilih jalan sulit padahal ada jalan yang lebih landai. OK, challenge accepted. Kita lihat saja seterjal apa jalan ini :hehe.
    Oh ya, bagi yang berminat S2 dan S3, coba LPDP. Mereka setahu saya lembaga negara yang sekarang paling getol buat beasiswa. Setiap tahun buka 3 atau 4 gelombang. Atau AAS, dari Pemerintah Australia. Senior saya ada yang lulus :)).

    1. Jalan terjal buat beasiswa? Maksudnya gmn nih Gara?
      LPDP bagus tuh. Ada temen yang juga dapet. Tapi yang beredar adalah khusus utk yang kerja di keuangan. Bener gak Gar?

      1. Panjang ceritanya.
        No. Orang yang ngomong itu tidak tahu apa-apa tentang Kementerian Keuangan. LPDP ada di dalam Kementerian Keuangan, ya. Tapi kalau beasiswa itu eksklusif untuk Kemenkeu, astaga. Mendengarnya saja membuat saya kepingin ketawa keras-keras. :haha.

  4. Nice article Ko Ryan.
    Tapi kadang-kadang saya masih suka sebel kalau dengar ada yang bilang : “studi pakai beasiswa tanda tak mampu”..
    Rasanya mau tak pites-pitesin tu orang.. Hahaha..

    1. Hahahaha. Sering digituin ya Wien? Kalau aku sih mikirnya aku balik. Memang ga ada biaya. Tapi aku punya kemampuan smp bs dpt beasiswa.
      Ya org mah akan bicara apapun sih. Tp toh ini hidup kita sendiri kan

      1. Iya, dulu sering digituin, mulai dari masuk SMA negeri favorit sampai kuliah, tapi untungnya lumayan cuek si, cuma sebel saja kalau dengar ada teman yang ngomong seperti itu, haha..
        Benar ko, walaupun ga ada biaya tapi beasiswa punya “pride” tersendiri karena tidak semua orang bisa dapat kesempatan itu.

      2. Ckckck. Biarkanlah. Mereka gak tahu seperti apanya. Bukannya kita mau sombong atau apa ya. Tapi it is a pleasure to have it.
        Sayangnya memang yang saya lihat banyak juga yang punya dana tapi gak kuliah dg baik.

      3. Yes Ko, it’s a big pleasure, dan saya juga memiliki banyak teman yang punya dana lebih tapi menganggap pendidikan itu nomor kesekian. Haha..

  5. Sudah lama tak mampir di rumahmu, Mas. 😀

    bicara masalah beasiswa, pilihan untuk beasiswa itu memang banyak sekali, asalkan mau menyisihkan waktu, persyaratan2 yang dibutuhkan juga bisa dipersiapkan 😀

      1. Hehe, iya mas, baru sempat untuk bertamu ke tempat-tempat lainnya juga. :p

        Betul mas, tentukan goal yang ingin dicapai, dan mulai atur rencana satu per satu untuk menggapainya. 😀

  6. kalau aku dulu dipanggil bro, diminta memenuhi persyaratan buat dapat bea siswa, jd dr pihak universitas yg memantau siapa yg berhak dapat, kaget juga sih krn sebelumnya nggak bermimpi dapat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *