fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Sehat Dengan Infused Water Itu Mudah Dan Banyak Manfaatnya

2 min read

infused water cara membuat dan manfaatnya

Aku ingin hidup 1000 tahun lagi

Siapa yang mengatakan hal itu? Yup, Chairil Anwar dalam sajak “AKU” yang terkenal itu. Bukan masalah hidup 1.000 tahunnya sih, tapi intinya ingin hidup lebih lama lagi, ini tentu diinginkan banyak orang. Nah untuk itu dibutuhkan hidup yang sehat kan? Banyak yang ingin hidup sehat tapi enggan melakukan pola hidup sehatnya.

Sebenarnya menjalani pola hidup sehat gampang kok, salah satunya dengan yang sekarang lagi in buanget… Infused Water, saya sendiri agak terlambat mengetahuinya (dapat dari uploadan foto-foto di Path atau FB sih). Nah, berikut sharing dari kakak perempuan saya tentang infused water yang dia jalani.

Infused Water

Lemon Infused Water by Vivin
Lemon Infused Water by Vivin

Pada dasarnya infused water adalah air putih yang dimasukkan irisan buah-buahan selama beberapa jam sehingga sari buah tersebut larut dalam air putih tersebut. Yang akan saya bahas di sini adalah yang dengan lemon. Saya sudah lama minum air perasan lemon, karena saya bergolongan darah AB.

Golongan darah AB memiliki produksi lendir berlebih, dengan memulai hari minum setiap pagi segelas air hangat di tambah air perasan setengah jeruk lemon segar akan membantu membersihkan lendir dari tubuh yang terakumulasi selama tidur.

Dan sisa jeruk lemon yang sudah diperas saya tidak buang, tapi saya  potong-potong masukkan ke dalam air kurang lebih 2 (dua) liter untuk infused water dan bisa diisi ulang (refill). Untuk infused water biasanya dimasukkan ke lemari es namun saya hanya taruh di suhu ruangan saja dan saya habiskan untuk satu hari. Setiap air habis, akan saya refill.

Manfaat Infused Water

Saya merasakan manfaat minum air lemon ini setiap pagi, sehingga setiap pagi lendir saya bisa dikeluarkan padahal sebelumnya saya akan mual – mual saat gosok gigi karena lendir yang masih ada di tenggorokan.  Lendir lebih mudah keluar dan pencernaan saya lebih sehat, karena (maaf) bab lancar.

Hehehe…  coba sendiri dan rasakan manfaatnya.  Untuk yang maag, jangan takut meskipun lemon asam tapi aman bagi lambung. Saya juga memiliki maag namun tidak pernah sakit maag karena minum lemon. Jika ingin tahu juga mengenai manfaat dan juga jenis infused water lainnya, bisa juga baca-baca artikel lainnya di website yang satu ini, banyak sekali artikel di sana.

Cara Membuat Infused Water

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat infused water yaitu :

  • Buah yang dipergunakan diperiksa terlebih dahulu, harus dalam keadaan segar dan matang.
  • Sebelum diiris, buah harus dicuci terlebih dahulu.
  • Untuk ukuran setengah liter air dapat dipergunakan 5-10 potongan buah tipis (kurang lebih sebesar anggur).

Untuk membuat infused water lemon, berikut resep yang biasa saya pakai.

Bahannya mudah dikit kok yaitu lemon, lime (jeruk nipis) dan mentimum. Caranya sebagai berikut:

  • Bahan-bahan di iris tipis dimasukkan ke dalam air sebanyak 500 ml, kemudian dimasukkan ke dalam lemari es, biarkan untuk beberapa jam dan dapat di isi ulang selama 24 jam.
  • Infused water bisa dikonsumsi hingga 3 sampai 5 hari dalam lemari es, tergantung pada jenis buahnya.

Kombinasi mentimun, lime dan lemon bermanfaat dalam mencegah kembung, mengontrol nafsu makan dan menyehatkan pencernaan, setidaknya itu yang saya rasakan sih.

Kesimpulan Soal Infused Water Dan Kesehatan

Nah tulisan di atas adalah tulisan kakak saya yang memang ingin sharing soal infused water iniMudah kan ya? Bahannya juga gak sulit ditemukan. Dan ternyata buahnya bisa diganti-ganti kok. Inginnya apa, coba browsing dulu buah yang cocok bagi kalian dan bila ingin mencapai hal tertentu, cari buah yang bisa membantu dalam mencapainya.

Menjalani hidup sehat itu mudah, seperti juga yang baru-baru ini dijalani oleh seorang blogger yang saya kenal. Dia sekarang ini lari dari kenyataan hidup setiap harinya. Setidaknya lari itu juga olahraga mudah kan? *Jitak pala sendiri karena masih malas*. Banyak yang berpikir kalau olahraga atau menjaga pola hidup sehat tak penting, tapi nanti kalau sakit, yang ada malah menyalahkan deh.

Memang sih kalau sakit ditanggung, apalagi kalau kalian pegawai kantoran, biasanya biaya rumah sakit dan berobat ditanggung oleh perusahaan kan. Bagaimana kalau biaya rumah sakitnya melebihi limit yang diberikan oleh perusahaan? Nombok juga kan? Nah di sinilah penting juga bagi kita mempunyai asuransi pribadi di luar yang diberikan oleh kantor. Yah bukannya mengharapkan yang gak-gak ya.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

120 Replies to “Sehat Dengan Infused Water Itu Mudah Dan Banyak Manfaatnya”

      1. Iya ko, almost everyday.
        Awalnya dari saran dokter karena saya punya histori maag akut dan pernah menderita gastritis juga, tapi lama-kelamaan jadi kebiasaan.
        So, selain air putih hangat dan teh, lemon infused water sudah jadi minuman sehari-hari.

      2. Ceritanya si dokter sudah mulai malas ngurusin pasien seperti saya yang selalu berobat karena kasus yang sama, yaitu maag. Haha..
        Menurut si dokter, lemon termasuk buah yang sangat baik untuk siapa saja, bahkan si dokter juga mengonsumsi lemon infused water setiap hari.
        Asamnya lemon mengandung sitrat alami dan bersifat basa ketika masuk ke dalam tubuh, jadi tidak merusak dinding lambung. Kalau pH dalam tubuh kita asam, tubuh akan cepat sakit.
        Jadi si lemon ini seperti penyeimbang untuk tubuhnya kita.
        Khusus untuk maag, saya disarankan untuk konsumsi madu juga. Hehe..

  1. makasih infonya Ryan… udah lama sih dgr info ini.. tp cuma anggap angin lalu aja hihihi.. tnyta sayang jg klo gak diterapkan yaa.. okeh deh.. mulai kita coba saja πŸ˜€

  2. Biasanya setelah minum itu efeknya langsung terasa di tenggorokan ya gan?
    Soalnya saya juga mengalami problem yang sama mudah berlendir tenggorokannya ^ ^

    1. iya biasanya untuk golongan darah A dan AB mempunyai produksi lendir berlebih. makanya saya lebih suka minum air perasan lemon + air hangat sebelum sikat gigi kurang lebih 10 menit.

  3. Jadi inget pasca liburan ini belum nyetok lemon. Huhu. Sama Mas saya juga suka minum air panas dan perasan lemon pas bangun tidur, atau kadang honey lemon shot. Emang ngefek banget buat ngatasi lendir berlebih. Sharing yang bermanfaat Mas πŸ˜€

  4. saya lebih suka honey+lemon apalagi kalo anget.. YUM! tapi biasanya tiap pagi aku minum perasan lemon tambah madu gak pake aer.. asem sih.. tapi WENNAK!

  5. Aku taunya dari Mbak Noni, Baaang.. Jarang rutin sih, ada kelang-kelangnya. Wkwkwk.. Enaknya air lemon ini kan karena asam di kerongkongan namun basa di lambung. Jadiiii justru lebih sehat buat yang sakit maag πŸ˜€

  6. pernah dikasih sih.. jarang buat.. waktu itu.. isinya Apel sama apa ya.. lupa.. oiya anggur.. πŸ˜€ pertama sih sayang mau minumnya.. keren, apalgi botolnya waktu itu bagus.. πŸ˜€

  7. pernah dikasih temen semacam infused water ini. katanya buatan sendiri yg isinya perasan lemon dicampur apel. enak sih seger karena memang buah asli.
    saya pernah baca bukunya dr. tan shot yen, katanya kalau makan buah itu yg bagus ya secara langsung dimakan saja. karena itu bagus buat lambung yg selalu mencerna buah yg segar dan isi buah bisa terserap semua. kira2 spt itu. cmiw.

    1. Makasih ya referensinya. Saya juga suka makan buah langsung. Kakak saya juga sih.
      Cuma mungkin ini lbh karena drpd kena asam langsung jadi ya dibikin infused water gitu

    2. tapi saran saya lemon jangan dimakan langsung, dicampur perasan air hangat. kalo apel gak apa-apa, tujuannya infused water kan supaya gak bosen minum air putih, kadang yang kerja di kantor apalagi di ruang dingin merasa gak haus sehingga kurang minum, dikasih sari-sari buah buat menghindari dehidrasi, jadi ada variasi dalam minumannya. daripada minum jus botol atau pun soft drink yang kayaknya segar tapi malah gak bagus buat tubuh.

  8. Saya udah lama tau ttg infused water ini tp blm pernah nyoba. Pertanyaan saya sama the previous comment, Mas Ryan, gimana kalo dicompare sama buahnya dmakan lgsg atau dijus? Mgkn mas Ryan mau bikin post baru hehe πŸ™‚

      1. Wah jgn Icha dong hahah. Lbh suka makan buah langsung, tapi kyknya pengen nyoba yg infused water lemon itu, suka bgt lemon soalnya. Thanks for sharing, Mas Ryan πŸ™‚

    1. Kl sy pribadi sih suka makan buahnya ko. Hehehe.
      Cuma kalau kakak, drpd makan lemon yang uasemnya gak kira2, lebih suka masukin jadi infused water.

  9. Aku juga gak pernah baca ttg kehebohan infused water sih. Anyway, aku juga minum perasan lemon dan air anget tiap pagi. Efek lemon/lime memang diuretic alias buat orang jadi buang air kecil terus dan seger aja jadi aku suka. Lemak2 tubuh juga keluar katanya.

  10. Haduh, makasih infonya, Mas. Saya segera cari lemonnya. Haduh ini pilek sudah berminggu-minggu nggak sembuh-sembuh :hiks. Lemon mana lemon?

  11. Siip, bermanfaat banget, Mas, artikelnya. Di rumah adanya jeruk nipis..kadang suka getir kalau cara perasnya salah πŸ˜€

  12. betul… sehat (dan bahagia) itu penting! btw, puisinya bener kok dari Chairil Anwar yang judulnya AKU. jadi inget jaman SMU kls 3 belajar sastra Indonesia.

    btw, gw minum juga air+irisan lemon. pagi2 seh tetep minum air putih lanjut kopi. trus di tmpt kerja bikin lemon tea hangat, trus baru deh seharian minum air putih+irisan lemon tea. halah.. ini kenapa jadi gw kasih tau jadwal minum gw ya πŸ˜€

  13. Kalo aku pernahnya diperas campur air anget. Shot gitu, tapi jadi ngilu ke gigi. Tapi kalo suami sih doyan banget, katanya emang enak kerasanya. Jadi tertarik buat bikin infusednya juga πŸ™‚ Makasi tipsnya!

      1. Ooh yaya, mesti liat yg cocok dl jg ya, pernah baca sih. Saya jg pernah nyoba infused water pake rempah semacam cardamom, dkk, enak itu…wangi πŸ™‚ Cerita temen yg adeknya batuk dikasih itu sih abis minum itu dahaknya banyak keluar katanya. Jadi bisa buat obat jg πŸ™‚

      2. Gak harus sih. Kalau mnrt kakak n my personal opinion: lbh baik kalau sesuaikan. Tp gak harus.
        Utk obat bs cek juga Nad, apa yang cocok n bisa dipake cara infused waternya. Memang cara bagus buat minum obat kok. Hehe

  14. cuma sekali-kalinya minum infuse water yg lemon, gtw kenapa gak terlalu suka…terus juga males, akh ini nih yang bkin gak sehat. rasa malas πŸ™

    Oiya mas, buku “AKU” yg di AADC bukannya karya Sjuman Djaya ya? Hehehe…Cmiiw

    1. Nah kan. Dah dua yang blg salah buku. Hahahahaha. Nanti saya edit mbak. Dihapus bagian itunya. Hihi.
      Coba pakai buah lain mbak. Banyak kok referensinya tuh. Bisa dibuka link yang saya masukkan.

  15. waaaaah, golongan darahnya AB! mas Ryan mau dimasukkan ke @saudarahAB kah? Data base untuk keperluan donor darah AB? If so, nanti tak japri ya.. Tilimikici πŸ˜€ . Maaf ya OOT πŸ˜€

      1. Komunitas kami lagi ngebuat data base soal goldar. Apalagi AB kan golongan darah langka yaaa, ga sampe 8 %. Thank you ya mas πŸ˜€
        Semoga Tuhan memberkahi mas Ryan dan keluarga selalu πŸ™‚

  16. AKU yang di AADC itu bukannya karya sjuman djaya yah?

    teman saya ada tuh yang tiap pagi minum infused water.

    saya sendiri belum pernah πŸ˜€

  17. Wihiii. Mantaaabh. Gw gak tiap hari Yan larinya. Koreksi ya. Hihihihi. Yuk mulai lari yuk Yan. Infused water lu sendiri juga minum kan? Bukan cuma titipan kakak kan? *mulai gengges

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *