fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Mencari Apa Sih Dari Blogging?

2 min read

Mencari Apa Sih Dari Blogging? 1

Go For It With Blog – Setidaknya itu pembicaraan saya dengan kakak beberapa waktu lalu. Kenapa gak kejar apa yang lo mau lewat blog lo. Memang kegiatan blogging saya beberapa waktu belakangan sudah berubah, gak lagi seperti dulu, totally different in a good way ya.

Apalagi setelah self-hosted blog seperti sekarang ini. Tapi kalau ditanya: apa sih yang mau saya kejar dari dunia blogging ini? Saya masih agak bingung menjawabnya. Kayaknya lebih enak kalau bahas dikit cerita tujuan awal ngeblog ya.

(No) Curhat – Cari Duit Lewat Blog

go for it with blog - tujuan ngeblog
Inginnya Ngeblog Buat Sharing aja

Ngeblog pertama kali di Friendster – jadoel bener perasaan yak. Dulu ngeblog itu gara-garanya pengen nulis dan curhat aja. Pemicu bikin blog ya salah satunya Raditya Dika karena dia itu ngeblog dan bikin buku dari blog. Tapi pas bikin dan curhat gak jelas gitu di FS, gak ada juga penerbit yang lirik *siapa lo Feb… tulisan gak jelas gini minta dilirik*.

Curhat di blog pun gak maksimal gara-gara saya agak susah kalau curhat (takut baper), apalagi lewat tulisan. Gak kayak emak-emak blogger yang sering saya baca. Mereka tuh bisa banget curhat tapi enak aja baca curhatannya gak kayak lagi denger orang ngeluh gitu loh. Nah saya? Yang ada ngeluh. Akhirnya mikir nulis apaan lagi ya. Bikin deh tuh postereous buat fiksi. Eh gak lama ditutup juga kayak FS.

Terus mau ngapain lagi coba, akhirnya mencoba nulis opini pribadi di blog tapi rasa takut suka muncul. Apa opini saya ini valid atau cuma opini tanpa dasar yang malah bisa menjerumuskan orang. Beberapa sih akhirnya tertulis dalam artikel-artikel di sini. Sampai akhirnya, seperti yang saya tulis di awal, pas pindah self-hosted mulai mikir buat dapet duit alias gawe dari blog. 

Awalnya dengan ikut program afiliasi-afiliasi dan pasang banner di mana-mana. Berhasil? Ada sih hasilnya, tapi gak seperti yang saya harapkan dan juga mengganggu. Kalau saya sendiri ngerasa terganggu, apalagi yang lain. Ya kan? Akhirnya cuma satu aja sampai sekarang. Jadi untuk apa saya ngeblog sekarang?

Go For It With Blog Versi Febriyan

Setelah mikir panjang kali lebar kali tinggi, saya lebih mau fokus ngeblog untuk sharing aja. Banyak yang bilang sharing is caring, dan yang saya bisa lakukan itu ya lewat tulisan. Sharing hal-hal yang (mungkin) bermanfaat untuk yang baca.

Apalagi sekarang ini, namanya informasi dari web itu beredar dengan cepat, tapi suka banget gak dipikirkan macam-macam. Baca sebuah tulisan, langsung share aja. Gak teliti dulu apakah benar atau gak. Suka sedih sih. Kayak yang saya dapat beberapa waktu lalu soal Swifrl yang ternyata scam.

Semudah itu tulisan go viral hanya karena gratisan padahal virus atau penipuan. Nah saya sih pengennya juga go viral tapi ya yang bagus dan menginspirasi  yang bukan abal-abal. Moga sih bisa ya, karena saya sendiri tahu kalau menginspirasi buat saya belum tentu menginspirasi bagi orang lain kan?

Nah, biar bisa lebih menginspirasi lagi (mudah-mudahan), saya pun mulai melirik blog-blog tetangga yang keren-keren. Ya kayak Emak Gaoel, yang keren abies *beneran bukan karena lagi ikutan GA kok*. Walau jarang komen, tapi sering mampir & baca tulisan-tulisannya. Pantesan keren-keren tulisan dan gambarnya.

go for it with blog - daftar aplikasi yang bisa dipakai untuk blogging

Akhirnya saya pun coba mengoptimalkan blogging saya dengan aplikasi-aplikasi seperti WordPress dan Feedly untuk blogwalking tulisan blogger lainnya.  Buat social media sih lumayan banyak juga ya, sebut aja twitter, facebook, tumblr, google plus, path dan Instagram (yang gak ada di gambar). Eh tapi walau segitu banyak saya mah belum termasuk Buzzer atau Trendsetter di Social Media.

Buat edit foto, saya dikasih tahu aplikasi Phonto oleh Mbak Deasy dan masih pake terus termasuk bikin header di atas itu pake phonto. Fotor saya pakai buat bikin gambar di atas tuh. Nah kalau lagi pengen nulis di hape tanpa langsung posting atau juga download artikel menarik, saya pasti simpan di google drive atau google docs dan sebagainya.

Dan terakhir, yang gak kalah penting biar tetep Go For It With Blog, saya pakai MiFi M2Y. Kalau gak sih mana bisa lancar posting semuanya dan share di sosmed gitu. Kalau kalian sendiri, mencari apa dari kegiatan ngeblog kalian?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

102 Replies to “Mencari Apa Sih Dari Blogging?”

  1. ngasih info yang bermanfaat sih buat pembaca. rasanya tuh seneng banget kalo banyak yang ngunjungi blogku. Ya, meskipun kadang ngaco juga sih isinya. ya, kadang ngerasa bersalah juga kalo ngasih info yang sesat menyesatkan atau infonya kurang lengkap

    1. Kalau kurang lengkap bagi saya sih masih gak masalah, tapi kalau sudah menyesatkan… itu jangan sampai deh. Karena kalau kurang lengkap masih bisa update nanti dengan yang lebih detail lagi. Tapi kalau sudah menyesatkan orang lain, hiksss. Susah itu

  2. Aku ngeblog sejauh ini masih buat ngutarain opini yang nggak bisa aku ucapin lewat lisan didepan banyak orang karena sifat minderku ini mas. Selain itu juga buat nyari temen mas :3 seru berteman disini 😀

    1. Terima kasih atas kunjungan dan komennya mas.
      Mohon maaf kalau komennya saya edit, untuk komen, saya tidak mengijinkan adanya link hidup mas. Tapi saya pasti akan visit balik.
      Btw, menariknya dalam hal apa mas? Bisa share lebih mungkin menarik versinya apa?

  3. Tujuan utama saya ngeblog sampai saat ini sih belum berubah: untuk melawan lupa. Kalau misalnya dapat hal-hal lain di luar itu ya berarti bonus 🙂

  4. Salam kenal sara Razi mas Febriyan
    Hmm, kalau saya pribadi karena memang internet marketer, ngeblog ya duit sekaligus sharing
    Di Indonesia masi bnyk banget konten2 yang THIN, jadi ya kita masuk mas
    Sharing iya, duit iya, hehe

  5. yaaay akhirnya mas riyan go for it juga 😀
    mau komen lah yg mau kukomenin udah terwakili semua sama komen sebelumnya 😛
    err.. senang berkenalan sama mas riyan lewat blog 🙂

  6. kalau saya itu bingung mas kalau ditanya nyari apa sih dari blog?
    ya jujur awal ngeblog cuma iseng karena dikantor sering ga ada gawean *magabut banget gue* wkwkwk….
    lama kelamaan belajar blogging dan ternyata tahu bisa di monetize, tapi nyoba sekali dua kali bikin menyayat hati…susyaaahh cyiiint hahaha…terus akhirnya jadi mlempem…go with the flow ajalah…
    akhirnya ya fokus ke nulis artikel2 yg bs bikin orang mau baca dan dapet informasi dari apa yg saya tulis…yauda, sampe sekarang ya cuma gitu2 aja…yg penting nulislah…kl ada rezeki ya disyukuri kalau belum ada mungkin belum waktunya, yg penting tetep usaha…fighting!

    *jadi curhat deh disini* hahaha…

      1. menang lomba sama dengan ketiban durian runtuh mas hahha…
        yang paling menyayat itu adsense sih sebenernya secara saya cm nyobain monetize dari situ saja hehe…ya maklumlah masih newbie, jadi masih ngesot2 merayap2 hahhaa…
        oiya, kapan2 aku guest post ya di blognya mas ryan…lagi bingung tapi nih nyari ide mau nulis apaan XD

  7. Buat apa yaaa?? Jd mikirr… stlh inget2, sy ngeblog tujuannya buat bikin referensi, referensi fashion, referensi kuliner, referensi travelling, dll dr pengalaman yg sy tuliskan.
    Smpai skrg sih masih konsisten, cm kadang2 tanpa disadari ada selipan2 curhat. Hahhahahaha.
    *kl sdah bgtu apanya yg referensi ya?? Hahahha

    Sepertinya saya tahu itu siapa yg lgsung share bgtu ada gratisan. Hahahhaha.

    Nice sharing mas..thank you.

  8. Merasa terpanggil (((emak2 bloger suka curhaat)))

    Wkwkwkwk.. Jujur ya ryaan.. Awal ngeblog emg sekedar buat curhat2 nulis puisi geje di blog.. Trus gabung komunitas, trus skrg jadinya kalo curhat diselipin lah apa2 gitu yg bisa dijadiin bahan pelajaran.. Trus lama2 dpt job trus keterusaaaan.. Sampe skrg and it was fun! Meski nulisnya msh gaya2 curhat, tp curhatnya menghasilkan..hahaha

  9. Aku tujuan ngeblog apa ya? Yang pasti kesepakatan aku dan suami (sementara ini) tulisan diblog kami ga boleh ada berbau iklan berbayar ?? (psstt, meskipun sudah ada beberapa email yang masuk nawarin?) ngeblog buat sharing aja menurutku. Ga terlalu curhat2 banget, ga ngomongin orang, yah nulis yang netral2 saja. Kalau kata Glenn Fredly “semua yang datang dari hati, akan kembali ke hati” haseekk sedaapp ??

      1. Iya Ryan, ga boleh sama sekali ada iklan apapun atau mengiklankan apapun, untuk sementara ini ya. Kalaupun ada tulisan testimoni diblog kami, itu murni testimoni kami sebagai pengguna atau pemakai yang puas. Bukan tulisan berbayar istilahnya. Kami pengennya yang kami tulis itu memang untuk berbagi yang datang dari hati berdasarkan pengalaman kami, kalaupun memang berguna ya itu bonus buat kami. Masih belum terpikirkan blog untuk dikomersilkan mencari uang. Kami berpikir, kalau mau cari uang sekalian kirim tulisan ke media-media yang lain. Sekalian terkenalnya kan haha.

        Itu kata-kata Glenn hampir disetiap konsernya. Maklum, aku penggemar fanatiknya Glenn hahaha

      2. Wahh… kepikir juga sih Den soal itu. Bias apa gaknya nanti tulisan ini jadinya karena ada “sesuatu” di baliknya. Kalau Dani sarankan, tulis di awal bahwa ini adalah post berbayar atau tidak, jadi orang pun mengerti.
        Itu gimana ya kirim ke media, belum berani nih. 😀

  10. Kalo saya edit fotonya pakai Pixlr. Menurut saya itu apps yang oke, terutama kalau mau kasih tulisan font nya bagus-bagus.

    Kalo tujuan ngeblog sendiri sih sama: buat sharing. Kasihan kalau ide dan opini mengendap di kepala saja hehehe.

    1. photo grid ya. belum pernah pakai justru kalau itu Grant. 😀 Coba cari ahhh.
      Kalau di browser laptop or komputer, pake fotor seru juga. beberapa hari ini pakainya itu terus buat edit.

      1. Kalo aku, di komputer lebih suja pake photoshop. Tapi sejak si lappy error, program photoshopnya ilang. Dan oleh teknisi service komputer, diganti dgn program Photoscape.
        Photogrid itu utk edit foto pakai android.

    1. Phonto gampang pakainya Ci. lebih gampang daripada picsart malah. Sekarang di hape pakainya lebih banyak phonto – cuma suka digabung juga. Edit dulu di picsart terus ke phonto buat tambah tulisan gitu.

  11. secara nge blog khusus mengenai traveling, pastinya supaya kenangan nya gak meluap, memori otak punya batas soalnya, kalau ada yang merasa bermanfaat dengan tulisannya, ya double bonus 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *