fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Jangan Tonton Film-Film Berikut Ini

2 min read

film yang menginspirasi what movie are you

Salah satu kesukaan saya untuk mengurangi stress karena kerja ataupun kemacetan Jakarta adalah menonton film (selain keliling cari makanan tentunya). Makanya di blog ini banyak Review Film ala Febriyan Lukito. Kebetulan Mbak Evrina lagi membuat GA – pertanyaannya adalah: Film yang menginspirasi – What movie are you? Nah, kalau ditanya gini, saya – walaupun penggemar film abal-abal – agak susah juga menjawabnya.

Banyak banget film yang bagus menurut saya. Dan definisi bagus tidaknya sebuah film adalah kalau film itu memberikan nilai yang bisa saya terapkan dalam kehidupan. Ya semacam Life Learning gitu deh. Itu juga kriteria film yang menginspirasi kan ya. Tapi gak semua film yang saya tonton seperti itu.

Misalnya aja seperti yang pernah saya tuliskan di sedikit curhatan tentang Film Indonesia beberapa waktu lalu. Yang saya lihat, beberapa film Indonesia (termasuk juga sinetronnya) cenderung gak ada nilai sama sekali. Eh tapi ini di kacamata saya ya. Emang gak semua seperti itu. Banyak juga film Indonesia yang bagus-bagus bahkan bisa mengalahkan film luar, seperti film The Raid. Di film ini kita bisa belajar bahwa keluarga itu nomor satu.

Saya sendiri bukanlah orang yang suka banget dengan film-film horror. Bolehlah nonton sesekali, tapi gak juga kalau sampai harus nonton horror terus. Saya lupa pernah komen di mana, tapi ada film horror yang saya agak hindari yaitu film horror Asia, entah itu Jepang, Thailand atau China.

Dah gitu kalau nonton bareng si dia kan gak mungkin nonton film horor, jadi porsi nonton film horor itu pun berkurang. Wong nonton film Everest kemarin aja saya dicengkeram berapa kali gitu. Tapi setidaknya kalau lagi nonton di bioskop, saya akan coba menarik sebuah benang merah pembelajaran yang bisa saya tarik dari film itu.

film yang menginspirasi hidup
Ajak saya dong kalau mau nonton

Jangan Nonton Film Yang Menginspirasi Ini

Berikut ini 5 Film Yang Menginspirasi versi saya – these movies are so me, inilah kalau ditanya memang film saya banget.

Film Filosofi Kopi

Memang film ini sudah lama saya nantikan karena diangkat dari cerpen favorit saya. Namun, film ini termasuk dalam daftar 5 film ini karena nilai yang disampaikan oleh film ini sangat saya suka. Film ini mengajarkan bagaimana perjuangan dalam membuka usaha Coffee Shop. Perjuangan berat tapi sangat mungkin dilakukan, apalagi oleh para calon wirausaha.

Film Whiplash

film yang menginspirasi

Saya inget banget betapa semangatnya saya menulis review film Whiplash ini. Begitu selesai nonton kayaknya langsung pengen nulis dan bisa lancar aja nulisnya. Karena memang film ini sangat menginspirasi. Menggapai mimpi itu bukan hal yang mudah, penuh perjuangan.

Seperti yang dialami oleh Andrew yang harus mati-matian membuktikan bahwa dirinya mampu. Bahkan dia harus sampai merelakan kehilangan cinta dalam hidupnya kan untuk mengejar mimpinya itu.

Film Life Support

Misalnya saja adalah film Life Support – film yang dibintangi oleh Queen Latifah ini bukanlah film yang mungkin banyak ditonton orang. Tapi kisah perjuangan seorang ibu dengan anak gadis remaja itu bagus banget. Sang ibu sendiri dikisahkan memang mengidap HIV/AIDS karena pergaulannya dulu yang agak berantakan. Karenanya dia agak ketat dalam mengawari sang anak gadis dan pergaulannya itu, di samping memberi konseling dan keliling ke lingkungannya meningkatkan awareness terhadap HIV/AIDS. Dan di samping itu ada nilai lain yang bisa kita petik dari film ini.

Film Chef

Film yang menginspirasi hidup saya lainnya adalah yang baru-baru ini saya tonton, yaitu Chef. Film ini berkisah tentang seorang chef di sebuah resto yang akhirnya memutuskan untuk resign dan menjalankan bisnis Food Truck. Memang saya agak tertarik dengan bisnis Food Truck ini, namun kisah perjuangan sang Chef dalam membangun bisnis.

Bagaimana passion dalam hidupnya sangat terlihat, yaitu memasak, dan kemudian dia ikuti passionnya dan menjadi chef. Kemudian dari sisi kita sebagai karyawan, film ini juga menunjukkan bagaimana seorang karyawan memiliki opsi saat bekerja, yaitu mengikuti atasan atau berhenti bekerja. Do what you love with someone you love.

Film Secret Life of Walter Mitty

film yang menginspirasi hidup
Image dari IMDB

Film yang menjadi salah satu dari 8 Daftar Film Yang Patut Ditonton ini bercerita tentang Walter Mitty, seorang pengolah film di majalah LIFE. Karena ada perubahan manajemen, edisi majalah ini adalah edisi terakhir. Dan seperti biasa, fotografer yang memang ditunjuk, memberikan klise untuk dicetak oleh Mitty.

Tapi ternyata, negatif film untuk edisi terakhir itu tidak ditemukan. Walter Mitty pun “terpaksa” melakukan perjalanan mengejar sang fotografer, bahkan sampai ke Pegunungan Himalaya.

Dari film ini, yang sudah pasti saya dapatkan adalah pemandangan-pemandangan keren. Tapi selain itu, melihat perjuangan seorang Walter Mitty dalam mengejar sang fotografer hanya untuk menghasilkan karya terakhirnya itu, adalah contoh dedikasi tingkat tinggi yang perlu ditiru. Bagaimana orang berdedikasi untuk pekerjaannya – walaupun sudah tahu dia akan dipecat setelah itu, adalah suatu hal luar biasa. Dia berkata, ini tugas dia, yang harus diselesaikan.

What Movie Are You

Itu sih 5 film yang menginspirasi versi saya. Kebaca gak sih kalau what movie are you saya itu apa? Hehe, saya itu memang lebih suka film tentang perjuangan hidup. Kelimanya punya nilai itu. Kalau versi kalian apa?

Postingan (panjang) ini diikutsertakan dalam Evrina SP Second Giveaway: What Movie Are You?  

 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

88 Replies to “Jangan Tonton Film-Film Berikut Ini”

  1. cuma pernah nonton whiplash, film yang bagus menurut sy, banyak pelajaran di dalam nya, intinya pantang menyerha dalam mengahadapi apapun.

  2. kayanya kau mau nonton yang walter mitty, paling suka sama film yang berganti2 lokasi apalagi pemandangannya indah, makasih ya atas partisipasinya

      1. Mungkin pilmnya terlalu berat buat sayah :D, mending nonton pilm komedi tinggal ketawa aja wkwkw.

        Kabar sehat, ki sana gimama? Iya lah gak keliatan jadi silentreader ajah

      2. agak lebay lah klo dibilang gagal move on, atau apalah. Kayaknya karena sudah terbiasa enak di MP dengan segala kemudahan dan fasilitas yang diberikan. Tiba-tiba harus diusir

  3. Dari beberapa film yang disebutkan tadi, cuma film Chef yang pernah kutonton. Bagus sih, cuman bagian endingnya agak kurang greget menurutku 😀

  4. Film yang disebutkan di atas memang keren-keren. banyak pelajaran yang bisa diambil, harusnya memang bioskop diisi dengan film” yang bermutu. Soalnya sekarang ini banyak sekali film horor yang bikin jebol kolor :3

      1. pindah kota… belum banyak temen … aplagi yang diajak nonton… kalo nonton di laptop kurang piye gitu…

        ya lanjut mas… 😀

        ini lagi coba diketik perluasan ceritanya 😀

      1. Film yang ngajak mikir. Terakhir yang lumayan nendang itu yang inside out itu mas. Pas banget habis kesel sama anak dan jadi merasa amat bersalah. Hehehe….

      2. Horor dulu sempat suka, bahkan yang horor indonesia sebelum itu film horor berubah jadi mesum. Tapi sekarang-sekarang ga tau kenapa suka parno duluan kalau mau nonton. Kalau nonton di laptop suka tak kecilin gambar dan suaranya. Wkwkwkw….
        Yang penting bagus mas, film India, Korea, Jepang dilahap juga kalau lagi pengen mah. hehe…

      3. Hahaha… film horor Indonesia = parno (beda satu huruf doang). Tapi emang bener sih mbak kemarin tu sempat berpikir kayak gitu. Sayang yak.

        Eh lagi ada festival film korea tuh di Blitz. Mbak di Jakarta kan?

      4. maksudnya parno, suka takut duluan. Hehehe… tinggal di depok sih mas… cuma semenjak punya anak belum pernah nonton bioskop lagi, ga bisa ditinggal soalnya 😀

  5. saya juga suka nonton movie yang genrenya gado-gado sih. tidak terpaku pada satu genre. kayaknya Mitty masuk list kudu ditonton nih. btw saya pernah nonton satu seri drama, yang sampe tamat rasanya gak rela aja udah tamat. hang over, jadi balik nonton lagi episode awal 😛
    btw, goodluck ya buat GA nya 🙂

      1. hahaha :)))
        etapi aku suka kalo mas ryan sama mas dani ngepost ttg film sih. jadi semacam kayak ada referensi baru, ni film bagus enggak buat ditonton.
        yg kemarin pengen bgt nonton sekuelnya maze runner, cuma masih belom sempet

      2. blm nonton lagi juga nih. Kalau Dani dah update yang baru, saya masih blm. Kapan ya nonton lagi??? *sodorin Snowy biar diajak nonton*

        Review film itu personal kan ya? blm tentu selera n hasil kita sama loh

      3. yep, review film selera personal. tapi setidaknya saya nyari gambaran bagus engganya sebuah film dari review. kadang kalo mau nonton, googling review dulu 😛
        Snowy belum pernah muncul di postnya mas ryan ya? 😛

      4. Udah pernah tapi link video utube-nya hehehe.

        Itu di postingan yang film ini kan Snowy lagi minta diajak nonton.

        Sempat diskusi sama teman soal review film yang baik gimana.

  6. Gw berniat banget ikutan giveaway ini tapi rasempet-sempet nulisnya. Huhuhu. Film yang inspiring banget tuh The Matrix menurut gw. Hahaha. Setipe ama Walter Mitty pesennya. Live your life wide awake.

  7. akuu suka film2 nya ben stiller.. keren2 biasanyaa
    chef, tentuuuu udah nonton suka banget. sampe2 bunyi manggang roti aja eargasm banget. hahahaha
    walter mitty juga cute.
    tapi filosofi kopi aku belom nonton tapi udah mampir ke cafe nyaa :p

    1. Ben Stiller yak bukan Adam Sandler. hahaha. kebolak nih *danyangginingakupecintafilm*

      Ah filkop mah bikin ngiri sama foto2mu Windaaaa. :'(

      Chef keren abis yak. Buka foodtruck yukkk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *