fbpx
kapan film indonesia berjaya di negeri sendiri

Kapan Indonesia Berjaya Dalam Negeri Sendiri

Sebuah pertanyaan klise dari saya pribadi sih, kapan film Indonesia berjaya di negerinya sendiri dan gak kalah sama gempuran film luar. Ini gara-gara postingannya Ken Dani minggu lalu soal sebuah film animasi buatan negeri sendiri. Sebenarnya pas nonton Film Inside Out, saya juga dah penasaran dengan film ini, pengen nonton. Tapi memilih film itu duluan (kan keluarnya barengan tuh).

Baca juga:Review Film Inside Out

Nah, pas baca Review Film-nya Dani soal Battle of Surabaya ini, jadi inget deh mau nonton film ini. Tapi kok pas saya cari jadwal film-nya dah gak banyak yang menayangkan film ini, di semua jaringan bioskop yang ada ya. Kalaupun ada, jam tayangnya siang hari, eike mana bisa coba. Sedih banget sih, karena itu kan film lokal.

Kalau kayak gini, kapan film Indonesia berjaya di negerinya sendiri coba?

Iya iya… saya sendiri juga lebih memilih nonton film Inside Out daripada film itu, tapi saat itu kan mikirnya juga baru ditayangkan di minggu itu. Paling gak minggu depannya masih ada. Ternyata. Hikss…

Film Indonesia Gak Perlu Ditonton

kapan film indonesia berjaya di negeri sendiriSaya pun jadi ingat ucapan salah seorang teman pas dulu saya ajak nonton film. Film Indonesia. Dia bilang, film Indonesia mah gak perlu ditonton di bioskop, cuma buang-buang uang doang terus gak lama juga tayang di tv. Sayang kan? Hmmm. Apa teman saya ini gak sendirian ya dalam pemikirannya? Pas aktif di group 21 juga kalau diajak nobar alias nonton bareng film Indonesia langsung pada mundur teratur.

Memang sih film Indonesia masih kalah dalam hal spesial efeknya dibandingkan film luar sana. Terus ceritanya juga gak semenarik film-film yang diangkat dari kartun keluaran MC atau DC itu. Ditambah pemainnya juga gak seganteng dan secantik para bintang film Hollywood. Terus modal yang dikeluarkan juga gak sebanyak film Hollywood. Lah ini kok saya malah jelekin film Indonesia sih dari tadi.

Maksud saya, memang ada kekurangan dalam film Indonesia, tapi kekurangan itu mulai berangsur berubah kok. Lihat aja film-film Indonesia sekarang. Gak kalah kok dengan film luar. Jadi kalau dibilang film Indonesia gak perlu ditonton di bioskop sih sayang banget – lain halnya kalau udah masalah uang ya, itu kembali ke masing-masing deh. Kalau nonton di bioskop dirasa buang-buang uang, ya kan kembali ke personal.

Film Indonesia Kualitas Jelek

Salah besar! Memang gak bisa disamakan semua kalau film Indonesia berkualitas baik, tapi gak semua film Indonesia itu kualitasnya jelek juga dong. Sebenarnya film Hollywood juga gak semuanya bagus kok. Banyak juga yang so-so aja bahkan cenderung jelek. Film Indonesia itu banyak yang bagus kok. Harusnya kita bangga dong dengan film kita.

Kenapa saya bisa bilang film Indonesia bagus? Karena saya pernah tanya di forum soal Film Asia yang suka ditonton, dan ternyata ada film Indonesia yang mereka sebutkan. Seriusan. Forum ini bukan forum lokal loh, tapi forum internasional. Gak percaya? Nih coba deh lihat capture-nya.

Emang sih dia hanya menyebutkan satu film Indonesia eh salah, dua ding. The Raid dan The Raid 2. Tapi kan tandanya film Indonesia juga dikenal kan? Bahkan dia bilang The Raid ini lebih keren dari Ong Bak (which is one of the famous Asian Movie from Thailand – OMG). Coba deh, masa mereka aja ngeh gitu sama film Indonesia yang keren abis itu – yang gosipnya menghantarkan Ray Sahetapy bermain di Captain America: Civil War (2016) nanti.

Dalam hal film The Raid, kualitas film jelek dalam hal apa ya? Saya pribadi sih suka banget sama film ini. Secara cerita oke. Secara fighting scene? Oke juga. Saya sendiri penasaran kalau ada yang bilang Film Indonesia itu Kualitasnya Jelek dari sisi apa?

Film Indonesia Yang Wajib Ditonton

kapan film indonesia berjaya di negeri sendiriSaya sendiri sudah pernah menuliskan 7 Film Favorit saya beberapa waktu lalu, dan 2 di antara daftar itu adalah film Indonesia. Memang saya suka banget sih sama film-film itu. Coba aja deh lihat film-film yang saya sebutkan itu. Ada Rectoverso (ini jadi favorit karena pemain dan juga ceritanya yang ditulis oleh Dewi Lestari) dan Belahan Jiwa (lagi-lagi karena pemainnya eh tapi ceritanya juga bagus banget). Tapi kalau mau dibikin daftar khusus film Indonesia kesukaan saya, ini dia daftarnya – Film Indonesia Yang Wajib Ditonton versi seorang febriyanlukito.

  1. The Raid & The Raid 2 – bukan karena yang di forum itu ya jadi saya masukkan, tapi film The Raid ini film yang memang bagus, dengan pemain Iko Uwais dan Ray Sahetapy. Coba deh tonton
  2. Belahan Jiwa, film ini akan selalu jadi rekomendasi saya untuk ditonton karena cerita yang diangkat itu unik. Salah satu pendapat yang habis nonton ini (saya inget banget): “Film bego di mana artis-artis papan atas bunuh diri massal.”
  3. Rectoverso – Film ini menarik karena memang punya beberapa cerita dalam satu film dengan script writer dan juga sutradara berbeda-beda. Jadi bisa bandingkan juga seperti apa kemampuan masing-masing. Selain ya karena Dee Lestari gitu lohhh.
  4. Rumah Dara – film super berdarah-darah yang sangat saya anjurkan untuk ditonton kalau kalian penyuka film thriller horror gitu. Baca juga: Review Film Rumah Dara
  5. Pendekar Tongkat Emas: film ini merupakan film persilatan model baru, setelah sekian lama film-film model Tutur Tinular atau Saur Sepuh beredar. Ini pun juga masuk dalam rekomendasi film Indonesia yang wajib ditonton. Baca juga: Review Film Pendekar Tongkat Emas
  6. kapan film indonesia berjaya di negeri sendiri
    Film wajib tonton nih… Modus Anomali atau Ritual (gambar dari IMDB)

    Modus Anomali – Ada yang nonton film ini? Belum? Kalau belum, kalian harus tonton ini. Film dengan bintang Rio Dewanto ini bagus banget, sangat sayang dilewatkan. Gak percaya? Coba deh tonton.

  7. Kala – film ini unik dalam artian penyutradaannya. Bener-bener beda banget. Ada yang tahu siapa sutradaranya?
  8. Petualangan Sherina – yang seumuran pasti deh mengalami masa-masa PS ramai banget di bioskop. Pengen banget rasanya menikmati masa seperti itu (padahal waktu itu gak beda jauh sama Harpot kalau gak salah ingat). Film ini ya penanda baliknya film Indonesia yang baik kok pada jamannya.
  9. Ada Apa Dengan Cinta – ini bukan AADC yang versi saya kemarin itu, bener-bener film AADC yang diperankan oleh Disas dan NicSap. Salah satu film remaja yang booming dan bagus banget.
  10. Arisan – gila kali ya masukin film ini. Gak, karena menurut saya film ini juga wajib ditonton karena memang memberikan sesuatu yang berbeda dalam Film Indonesia. Jadi ya harus masuk daftar film ini.

Itu aja sih 10 daftar film Indonesia yang wajib ditonton versi saya. Dan juga mengakhiri tulisan ngalur ngidul soal perfilman Indonesia dari saya. Kamu sendiri, suka film Indonesia gak? Ayolah, galakkan menonton film Indonesia biar film Indonesia berjaya di negerinya sendiri. 

NB: Masih menanti film 3 Srikandi nih yang penulisnya salah satu blogger ternama.

35 Comments

  1. johngrande 23 Agustus 2016
    • Febriyan 23 Agustus 2016
  2. bunda 21 Oktober 2015
    • Febriyan 21 Oktober 2015
  3. adelinatampubolon 11 September 2015
    • Febriyan 11 September 2015
      • adelinatampubolon 11 September 2015
      • Febriyan 11 September 2015
      • adelinatampubolon 11 September 2015
  4. bemzkyyeye 4 September 2015
    • Febriyan 4 September 2015
  5. nianastiti 3 September 2015
    • Febriyan 4 September 2015
  6. mrsmuhandoko 3 September 2015
    • Febriyan 3 September 2015
      • mrsmuhandoko 3 September 2015
      • Febriyan 3 September 2015
      • mrsmuhandoko 3 September 2015
      • Febriyan 3 September 2015
      • mrsmuhandoko 3 September 2015
      • Febriyan 3 September 2015
  7. Pendar Bintang 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  8. Dwi Puspita 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  9. harryirfan 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  10. Orin 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  11. dani 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  12. Ida Tahmidah 2 September 2015
    • Febriyan 2 September 2015
  13. Arman 2 September 2015

Leave a Reply