fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Kebanyakan OmDo

2 min read

omong doang bisanya omdo ngomong doang

Yahhh. Setelah mengevaluasi, menilai dan menghakimi diri sendiri, saya memutuskan kalau saya ini kebanyakan omdo. Banyak banget pengen ini itu ini itu. Dengan segala kendala memang. Tapi ujung-ujungnya ya cuma omong doang. Mirip kayak para haters di dunia sosial media yang seringkali gak lakukan apa-apa, cuma ngomong doang di twitter.

Gak jalan juga sampe sekarang. Katanya kalau emang bener-bener niat, apapun kendala yang dihadapi akan bisa dilewati dengan baik. Tapi kok akhir-akhir ini lebih banyak yang gagal daripada gak yak.

omong doang bisanya omdo ngomong doang

Pengen Buka Usaha

Gara-gara nonton film Chef, saya ingin banget buka Foodtruck. Apalagi melihat dan berkunjung ke beberapa event foodtruck yang pernah diadakan di sekitaran rumah atau juga di Plaza. Tapi tanya sana tanya sini, biaya untuk buka usaha food truck ini sendiri gak dikit. Malah cenderung lebih mahal daripada buka toko biasa. Dan akhirnya ya… usaha foodtruck pun cuma jadi omongan aja deh.

Pengen usaha coffee shop pun juga gak jalan karena kendala modal. Alamakkk ternyata buka usaha itu gak gampang banget ya. Harus lihat ina itu dengan lebih detail. Lokasi yang bagus untuk usaha itu penting tapi di sisi lain uang yang harus disiapkan untuk lokasi yang tepat buat usaha coffee shop sendiri gak murah. Belum lagi dekorasi, tema coffee shop, strategi pemasaran dan yang lainnya. Simpen lagi deh usahanya.

Memang sih pas kemarin gak kerja, ada yang kesampaian juga. Ikutan Bazaar selama beberapa minggu dan dapat banyak pembelajaran banget. Termasuk ketemu banyak orang yang menginspirasi – tapi belum juga ditulis di sini. Masih banyak banget jenis usaha yang pengen saya buka di awal tahun, seperti buka travel agent – ini sudah daftar dan sudah bisa transaksi tapi baru satu doang sampai saat ini.

Learning For 2015 – Jangan Omong Doang

Seperti dalam tulisan pertama untuk Blog English Club waktu itu, kata yang saya ambil adalah Focus. Tapi sepertinya seiring berjalannya waktu saya pun jadi gak fokus, apapun alasan di baliknya itu. Ada aja yang bikin saya pengen ini itu ya tadi itu seperti buka usaha food truck dan coffee shop adalah dua di antaranya.

jangan omdo alias omong ngomong doangAda lagi yang lain adalah buka perpustakaan di rumah ataupun online. Tahun 2015 ini pernah diundang oleh Goodreads Indonesia untuk ikutan dalam sharing tentang perpustakaan online. Saya udah punya aplikasi yang saat itu dipakai, teori yang dijelaskan tapi masih aja gak dijalankan. Alasannya? Malas bikin katalog buku perpustakaan yang bener.

Well, another excuse Yan… yet another excuse *lirik blogger finance sebelah*. Yes, memang sepertinya alasan akan muncul untuk setiap hal yang saya pernah ucapkan dan tidak terealisasi di tahun ini. Mengingat tahun ini dah mau habis, sepertinya saya benar-benar sudah harus FOKUS dalam satu per satu hal nih.

Bikin Rencana Dong

Ini nih yang harus saya benar-benar pikirkan dan lakukan. Bikin rencana sedetail mungkin apa aja yang harus saya lakukan dan gak lakukan. Setidaknya pengen banget ada yang tercapai di tahun ini. Biar gak lagi jadi cuma omongan mimpi belaka tanpa realisasi dan kemudian dibawa lagi ke tahun depan.

Target Pelaksanaan

Ya seperti yang ditulis dalam semua teori manajemen yang baik. Bikin rencana dan juga target yang ingin dicapai. Tulis semua GOAL dalam hidup yang diinginkan. Telat? Banget – tapi better late than never right? Gak bener itu… Seharusnya sekarang ini saya udah mulai evaluasi kan? Oktober cuy, dah waktunya target tahun depan. Bukan target tahun 2015 lagi. Wong perusahaan aja dah mulai bikin budget tahun 2016, kok baru mau bikin target 2015?

Minta Bantuan – Kerjasama

Dalam film Filosofi Kopi ataupun Avengers aja gak semua dilakukan sendiri, perlu bantuan orang lain. Satu yang saya mungkin agak sulit lakukan – meminta bantuan orang lain untuk hal-hal yang saya ingin capai. Tapi sepertinya memang saya HARUS mulai membiasakan diri nih.

Setidaknya kalau mengerjakan bersama orang lain, orang itu akan jadi pengingat saya. Seperti dalam membuat buku kemarin, teman saya si sangentrepreneur itu yang sering kali menjitak saya untuk terus sesuai target.

Stoplah Sekarang

Ya intinya sih sekarang, saya ngaku banget kalau saya punya kecenderungan untuk omong doang. NATO dalam beberapa rencana saya pribadi. Dan udah harus benar-benar berubah. Termasuk untuk menunda alias procrastinating on things that shouldn’t be. Untungnya teman saya udah pernah share tentang menunda pekerjaan itu.

Mudah-mudahan sih belum terlambat untuk berubah dan mengejar ketertinggalan. Memang sih gak semua di tahun 2015 ini buruk, misalnya aja untuk blog ini. Saya merasa bersyukur banget bisa belajar banyak tentang dunia blogging – terutama di Indonesia yang ternyata kerenz dan bertemu blogger-blogger kondang dari berbagai daerah.

O iya, kalau misalnya suatu hari nanti merasa saya ini OmDo, tolong jitak saya ya… beneran. Jangan sungkan untuk jitak saya. Karena pas saat itu pastinya saya butuh jitakan super biar inget. Saya gak mau jadi kayak orang yang banyak berkicau di twitter mengkritik pemerintah tapi dia sendiri gak bisa ngapa-ngapain.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

55 Replies to “Kebanyakan OmDo”

  1. lakukan langkah taktis yang paling kecil dan praktis, rasanya itu lumayan tepat mengurangi kecenderungan omdo kita deh … dan jangan kebanyakan omong dulu… hi hi hi hi… ntar benjol dijitakin orang mulu :p

  2. Bikin rencana itu sama gampangnya dengan bikin excuse. Gampang banget. Konon katanya rencana dibuat memang untuk dilanggar dengan mengkambinghitamkan berbagai macam alasan haha *ngaca diri sendiri

    1. Deny sayaaaaang, rencana ketemuan tinggal rencanaaaaa huhuhu…

      Bulan Oktober ini jadwal ke luar kota tiap minggu, penting semua pula, Jum’at ini pergi ke luar kota, kalau Minggu pergi lagi, takut ambruk badannya huhuhu pdhl pengen bangeuuut ketemuan plus merasakan bangganya menjadi orang Indonesia, tahun ini Indonesia jd tamu kehormatan.

      Aaah banyak huhuhu nya jadinya ?

      Mas Ryan, numpang dimari yaaaa..?

      1. Tadinya pengen ketemuan di Frankfurt mas Ryan sama bbrp teman, termasuk Deny, tp apa mau dikata, badan ngga ngijinin pergi2 jauh dlm waktu yg berdekatan.

        Ngga jauh2 jg sih, hampir 300 km dr Rumah hehe

      2. Hehe ya cukuplaaaah…ngga jauh bangeut dan ngga deket bangeuut, pakai kereta cepat itu 2 jam, kalau pakai mobil ya nonstop sih 2,5 jam-an gitu.

        Dr Bandung kemana ya…?? ngga ngerti teteh mah.
        Jakarta – Surabaya brp km mas..??

      3. Iya sptnya istirahat saja hehe…
        Beneran deh, bulan Oktober ini puadeeeet banget di akhir pekannya, dan semua di luar kota.
        Tambah hari Senin, Selasa dan Jum’at jadwal kerja teteh, nguli tepatnya ?

      4. Iya Teh, mumpung Indonesia jadi tuan rumah, suamiku sampai belain nyetir 6 jam pagi buta sabtu nanti. Aku mau berburu foto bareng penulis2 idolaku sambil minta tanda tangan dibuku juga. Untung sempat bawa buku dari Indonesia meskipun cuma seuprit haha.

      5. Hahaha iya Ryan. Rencana ketemuan sama teteh disana, ga jadi. Gpp Teh, istirahat aja teteh. Insya Allah masih ada waktu kapan2 kita ketemuan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *