fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Update 2017] Pentingnya Konten untuk SEO dan Infografis SEO untuk Pengguna WordPress Free Hosted (WPCOM)

3 min read

pentingnya konten blog untuk seo

Update 16 Juni 2016: Pentingnya konten blog untuk SEO ini di update dengan menambahkan beberapa informasi penting seperti screen shot pendukung.

***

SEO – Search Engine Optimization  adalah hal yang sangat diperhatikan dalam dunia per-website-an karena menyangkut ranking website kita muncul saat seseorang mencarinya di search engine seperti google, yahoo, bing, dan lainnya (ini sepengetahuan saya aja ya).

Misalnya saja jika mencari “Ngopi di Starbuck” di google, siapa sih yang muncul di halaman pertamanya? *lirik Blogger Finance Indonesia itu*

pentingnya konten blog untuk seo
Ini nih hasil cek di Whatsmyserp – pentingnya konten blog untuk seo kayak gini berasa jadinya

Muncul di Page 1 Search Engine ini memberi Traffic Blog yang banyak loh.

Sebagai pengguna WP.com, saya termasuk yang diberi kemudahan dalam hal SEO, karena WP.com sudah melakukan 80-90% hal-hal yang diperlukan terkait SEO ini. Yang sisanya adalah kembali dari diri kita sebagai blogger. Nah kalau membahas SEO dari yang saya baca, hal yang penting dalam hal SEO antara lain adalah penggunaan tag yang tepat, post secara rutin, isi dari konten, dan lain sebagainya.

Karenanya di sini saya akan membahas pentingnya konten blog untuk SEO, sebagaimana yang juga pernah dibahas oleh sang dokter terutama mengenai daily posting.

Selain daily post, yang akan menarik orang untuk membaca tentunya adalah isi post itu sendiri. Bayangkan kalau dirimu membaca blog yang update tiap hari, tapi isinya adalah copas berita dari portal berita yang ada. Agak menyebalkan kan? Ya setidaknya sih bagi diri saya menyebalkan ya. Yang ingin saya baca ya yang menurut si penulis. Boleh tentang satu berita yang sedang hangat dibicarakan tapi ya dari sudut pandangmu sendiri dong.

Baca juga: Cara Mencegah Copy Paste di WordPress Self Hosting

Konten Blog untuk SEO – Kriterianya Apa?

Ini salah satu kriteria konten yang baik menurut saya. Mungkin juga sih yang lain punya pendapat berbeda. Nah, selain jangan copas tersebut, berikut ada beberapa isi blog yang menurut saya perlu diperhatikan oleh seorang blogger:

1. Konten Blog Harus Memberi Manfaat

Satu hal yang selalu harus diingat pada saat menulis adalah memberi manfaat, entah itu memberi manfaat pada diri sendiri sebagai bentuk pengingat diri kita ataupun mungkin memberi manfaat bagi orang lain yang membacanya.

Misalnya: kalau dirimu memantapkan diri sebagai seseorang yang ingin menjadi motivator, dalam menulis tentunya harus mengingat bahwa konten dalam blog harus memberi manfaat itu. Misalnya saja saya suka membaca tulisan Andrie Wongso. Isi tulisan-tulisannya itu sangat bermanfaat bagi yang baca.

Di sisi lain, jika blogmu pun bersifat pribadi yang sebenarnya ditujukan pada diri sendiri sebagai pengingat, ya setidaknya menulis itu harus member manfaat bagi diri kita nantinya saat membaca kembali tulisan-tulisan itu. Ya sebenarnya ini juga balik ke – tulislah apa yang kalian suka versinya Dani (blog what i love). Blogging is about writing things you love.

Update: Salah satu alasan tips Iphone Mati masih menjadi nomor 1 di blog ini adalah karena memberikan manfaat bagi yang membacanya.

2. Bahasanya Sederhana

Gak usah pasang istilah-istilah yang memusingkan diri, apalagi kalau istilah itu sendiri tidak dijelaskan dalam tulisan. Kasihan yang baca harus cari-cari referensi di luar sana lagi. IMHO ya. Saya suka baca tulisannya Dani yang simpel tapi ngena apalagi soal perencanaan keuangan.

Ataupun tulisannya Nita yang membahas dunia dokter gigi tapi gak bikin pusing. Coba saja kalau dia menulis istilah kedokteran gigi tapi gak dijelaskan. Uidih… gak kebayang deh. Bukannya menyenangkan bacanya malah bikin pusing.

3. Panjang tapi menyambung 

Tulisannya panjang? Lebih dari 800 kata? Gak masalah kok. Beberapa artikel dari WP justru mengatakan kalau sekarang itu jamannya tulisan panjang. Saya pun nulis suka panjang-panjang sampai dikomen sama yang lain. Tapi intinya kalau nulis panjang, harus bisa membuat tulisan itu nyambung dari awal sampai akhir.

hosting termurah di indonesia

Sampai orang yang baca tuh juga ga merasa kalau sudah baca sebegitu panjang. Contohnya nih yang saya suka dengan tulisan panjangnnya Mbah Andik di tulisan terakhirnya tentang Profesi ataupun Garong dengan tulisan-tulisan perjalanannya di Aceh.

Saya suka karena membacanya tuh gak bikin mikir dan juga mengalir dari atas sampai bawah. Seperti tips yang diberikan sebelumnya soal menulis, tulisan itu harus menyambung antar alinea.

Bahkan kalau mau pakai sub judul di dalamnya pun harus masih ada sambungan. Nah untuk mengakali panjangnya post, bisa juga pakai pembagian halaman seperti yang ditulis oleh Mas Jampang dalam tulisan tutorialnya. Makasih ya Mas untuk pembelajaran bloggingnya.

Baca juga: Tips SEO Post untuk pengguna Blogspot

4. Pendek tapi tepat sasaran 

Nah bagi yang suka nulisnya pendek (maksimal 500 kata) jangan kecil hati. Karena bukan berarti tulisan pendek juga gak bagus – konten blog untuk SEO juga boleh pendek. Pendek tapi kalau tepat sasaran gak masalah juga kan? Yang penting apa yang disampaikan harus mengena. Pembaca jadi bisa menangkap apa yang ingin disampaikannya.

Apapun yang ditulis oleh blogger, baik panjang ataupun pendek, yang penting adalah penyampaiannya mengena. Ibaratnya menulis novel, bisa jadi novel ratusan bahkan ribuan halaman seperti Harry Potter ataupun hanya kumpulan-kumpulan cerpen tapi semuanya mengena.

Seperti iklan, bisa singkat (kurang dari semenit) ataupun panjang (5 menitan) tapi apa yang disampaikan (tujuan iklannya) mengena di hati penonton. Bagaimana Menulis konten blog untuk SEO yang penting – baca tulisan Mbak Carra di sini.

Nah menyangkut konten ini, ada beberapa Do & Don’t yang ditulis dalam support forumnya WP.com yang saya tuliskan di atas tuh. Berikut ini list Do & Don’t menurut WP yang harus diperhatikan.

tips seo untuk pengguna wordpress gratisan

Kesimpulan

Konten blog yang bermanfaat itu penting banget untuk SEO. Kalau kita memanfaatkannya dengan baik, pasti tulisan kita akan muncul di page 1 mesin pencari seperti Google. Jangan khawatir juga buat yang pakai wordpress.com – SEO friendly kok.

Bagaimana dengan kalian? Menurut kalian, apa pentingnya konten blog untuk SEO dan bagaimana kalian menerapkannya selama ini?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

108 Replies to “[Update 2017] Pentingnya Konten untuk SEO dan Infografis SEO untuk Pengguna WordPress…”

  1. Betul nih. Kayak kata Pak BG (bIll Gates),”Content is the king”. Aku lebih suka nulis sendiri pake auoblog. Lebih enak bacanya buat aku sendiri dan orang lain. Selain itu nggak gampang dibanned eyang Google dengan ‘peliharaannya” (Panda, Penguin, dll)

    https://detikoto.wordpress.com

      1. Pantas tadi saya bingung mas. Kok suka pakai autoblog. Hahaha. Salam kenal ya.

        Tulisan sendiri sebenarnya lebih enak loh. Sangat setuju kalau tulisan sendiri jadi gak masuk banned.

  2. Ada nama saya. Terima kasih! :))
    Well, ehem, in my opinion, postingan yang bagus adalah postingan yang jujur. Yang apa adanya. Yang tak punya tendensi apa-apa selain berbagi.
    Soal panjang pendeknya cerita, bagi saya tak masalah, tergantung penulis dan napasnya, kuat tidak menjaga napas sepanjang alur naskah. Kalau saya pribadi sih, karena masih belajar menjaga napas, makanya tulisan jadi panjang-panjang. Mungkin karena saya mencegah untuk membatasi diri dalam menuangkan ide, dan baru diedit belakangan, jadinya panjang ya…
    Ah, saya cuma seorang pemula yang masih harus banyak belajar menyusun kata. Untungnya saya suka semua tulisan yang ada di dunia reader wordpress saya, sebab langsung atau tidak, dengan cara apa pun, mereka ikut merembukkan satu huruf dalam naskah saya. Bagus atau tidak, itu soal nilai rasa, tapi untuk makna, akan selalu ada.
    Teriring terima kasih terdalam untuk itu :)).

    1. Panjang. Hahahaha.
      You are very welcome Gara. Tapi kayaknya kurang maksimal ya tulisan saya kali ini?
      Kalau nulis panjang memang soal menjaga alur tetap lurus. Itulah uniknya. Gimana bisa nulis panjang yang gak bikin org bosan baca dan akhirnya skip skip skip.
      Merembukkan satu huruf dalam naskah? Hmmm.

      1. Setahun ya. Lumayan lamalah.
        SEO lbh ke saat pencarian di search engine Andin. Jd kl km post misalnya kyk yang aku contohkan kuliner bsd. Km msk di page brp. Itu tentu efek banyak ke kemungkinan km dpt penghasilan dr ads apa gak.

      2. Hmm.. Resep2 sama beberapa tulisan sebenernya unexpectedly udah ada yg nangkring di halaman pertama sih, cuma nggak pede untuk taking step forward, secara postingnya aja masih nggak konsisten

    1. Curhat gak apa kok Mba. Dari curhat juga banyak manfaat kok. Setidaknya bagi saya gitu loh.
      Saya gak bisa nulis lucu. Hiks. Bukan pelawak sih

  3. wah saya nyerah klo soal seo mas hehe..soalnya pas nulis blog ya pas lagi pengen aja..| blog saya juga ga tahu bermanfaat atau ga hehee soalnya banyakan ngoceh ga jelas hehe…tp setuju dengan poin yang dijabarkan..saya juga ga masalah baca tulisan panjang asal enak dibaca (bagi saya) dan nyambung tentunya…

      1. nah heheh bukan mas aja yang bilang ribet komen dihape..ada beberapa juga bilang gitu..tp ada juga beberapa yang bisa komen dari hape..ga tahu kriteria gimana yang ga bisa, dan yang bisa..lagi dicari penyebabnya ..biar semua bisa komen pake hp hehe..

  4. Huikkk! Keren je ini….. Cuma kayaknya semua kriteria posting yang kamu tulisan di atas meleset semua di aku.

    Tulisanku semakin hari semakin pendek karena kadang kehabisan kata-kata untuk menyampaikan keindahan. Ciyeeee!

    Target posting sebenernya semacam diary gitu, kalau ada yang nyamper either suka or comment alhamdulillah. Basically blogging is my escape, nulisnya dikit tapi bacain posting2-an orang berasa tercerahkan.

    Thanks, Ryan n teman2 WP for inspiring…..

    1. Makasih mba Rike dah mampir, baca dan komen. curhatan kadang juga bermanfaat kok mba. Kayak soal bandara kalau gak salah. Itu Mba yang tulis kan? Saya jadi mikir banyak karena itu.

      1. Blog Ryan, Mbak Noni, Bambang dan beberapa temen lain adalah blog berbahasa Indonesia yang selalu tak baca. Ya, basically aku suka nulis, tapi karena kerjaan jadi otak isinya bundhet gak bisa nulis panjang lagi…. Tapi nanti aku coba lagi deh ranting and nagging tentang fasilitas di negeri kita.

  5. barusan saya posting 2.000-an kata 😀
    buat merammaikan lomba

    dulu sering banget saya dapat komentar yang dianggap spam sama WP yang isinya bilang kalau ada yang salah/kurang dengan teknik SEO yang anda lakukan

  6. aku pernah baca sepintas, google ntar nggak kasih link lagi kalau kita search di situ, tapi udah punya jawaban sendiri
    ha..ha.., makin meranalah kita nggak kebagian traffic

  7. konten itu penting banget, yang jelas harus bermanfaat buat readers kita tidak sekedar curhatan belaka hehehe…

    kalau soal SEO, keknya lebih bener-bener berkreasi dg judul postingan deh, lebih banyak survei aja biasanya orang kebanyakan nyari suatu “topik” di google dengan kata-kata yang bagaimana…dan banyak2 survei soal trend terkini juga sih biasanya…oiya, jangan lupa di share di sosmed siapa tau jadi viral hehehe…

    mari sama-sama belajar 🙂

    1. Makasih. Bener sih. Harus bermanfaat. Tapi kadang curhatan bisa bermanfaat tinggal lihat dr sisi mananya. Hehehe.
      Wah saya baru tahu tuh soal survei itu. Gimana cara cari tahunya ya? Apa google aja topik paling diminati gitu?

      1. Oalah. PR dah gak dilanjut sm google lg Nad. Jd gak ngaruh. Kayak Dani aja masih N/A. Aku yang dah prnh sblmnya masih muncul

      2. Entah tuh Nad. Googlenya memutuskan demikian. Dia mau pakai yang lain lg. Kalau gak salah DA n PA. Domain Authority n Page apa gitu.

  8. penting banget konten itu..
    kadang waktu nyari bahan di internet, kadang nemuin konten2 yang sama persis, copycat semuanya mas..

    kalo pendek ya harus tepat sasaran. kalopun panjang, jangan sampe pembaca bosen dengan tulisan-tulisan…

    baca tulisan yang pendek emang enak, tapi kalo g ada artinya sama aja. begitupun dengan yang panjang. 😀

    kayak postingan ini… panjang, g bosenin, dan penuh manfaat.
    😀

    1. Ah sy bc yang terakhirnya doang. Hihihi.
      Paling males yang copy cat semua. Plek plek.
      Puisimu tuh. Singkat. Padat. Ngejleb banget

      1. Naah itu dia…
        gara2 nya aku curiga dg traffic blog ku yg turun drastis… bayangkan saja, biasanya sehari 450-650 an pengunjung, masa tiba2 jadi cuman 20 an pengunjung…
        akhirnya aku searching2 di google… ternyata kena sandbox…
        ya seperti arti sandbox itu, kotak pasir… jadi postingan kita ditahan oleh google… jadi seolah2 kita tdk pernah posting… walaupun pada realitanya kita posting.
        alhasil sedikit sekali pengunjung yg datang…. Hmmm….
        perlu kerja keras lagi utk keluar dari sandbox….
        🙁

      2. Dulu sekali waktu blog ini dibangun, ada beberapa postingan ku hasil copas…
        mungkin karena itu…

        lalu aku hapus semua postingan copas itu. Coz sekarang sudah menemukan “bentuk” blog yg aku sukai….
        eh ternyata masih masuk sandbox juga…
        hadeuuhhh….
        jadi pingin banyak belajar lagi ttg SEO…
        🙂

      3. iya nih mas bro, harus ekstra keras 🙂
        semoga bisa kembali normal 🙂

        eh, konon kalau kebanyakan postingan dan banyak link juga bisa kena sandbox…

        hmmmm…

        mudah2an sgr keluar dr sandbox…
        semangat!
        thankyou semangatnya 🙂

      4. Kalau postingan blm pernah dengar mas. Yang sy tahu kita diajak utk daily post oleh WP. Kalau kebanyakan link bisa. Tp lihat linkbacknya. Msh masuk akal atau tidak. Yang normal sih katanya kisaran 5 link.
        Ini saya lbh dr 5. Hahaha

  9. penting banget menurut saya.
    Suka sebel banget klo pas lagi browsing, setelah masukkan kata kunci dan tekan enter, terpampang daftar situsnya. Pas di klik situs paling atas, isinya mengecewakan. Kadang suka marah2 sendiri, “situs kayak gini kok bisa di paling atas hasi pencarian sih???”

    1. Hahaha. Sering ya Mba ngecek itu?
      Ada cara lain sih. Spt yang temenku blg. Itu yang SEO tipe satunya lagi. Kalau konten blog kan lain lagi.

  10. Gw beneran terharuuuu baca postingan ini Yan. Try to write a book and finish it! I will buy your book. Mengingat pengalaman nulis seribu kata pertama kalinya setelah 500 kata doang selama ini. Great post!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *