fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Update] Untuk Yang Artikelnya Sering Dicuri, Berikut Cara Mencegah Copy Paste di WordPress

2 min read

cara mencegah copy paste di wordpress

[Update] Tulisan Cara Mencegah Copy Paste di WordPress ini hanya berlaku untuk yang menggunakan WordPress Org alias self-hosted wordpress. Karena yang digunakan adalah plugin, yang mana tidak tersedia untuk wpcom. Untuk pengguna blogspot, cara mencegah copy paste bisa dilakukan dengan mengaktifkan disable right click (harus edit template dan memasukkan kode).ย 

Kesel saya soal tulisan yang di copy paste tanpa ijin sih masih ada walau sudah berkurang – bukan panik kayak iphone mati ya… tapi KZL… ย Baru saja saya mendapatkan permintaan maaf dari author di website itu. Tapi karena kejadian tulisan di copy paste tanpa ijin itu, saya akhirnya pun browsing cara mencegah copy paste di wordpress.

Dan ketemu!!!! Yes… Kalau kalian coba sekarang untuk klik kanan di blog ini, pasti akan ada kata-kata nyeleneh dari saya. ๐Ÿ˜€ Kata-kata itu masih nunjukkin keselnya saya. Jadi harap maklum ya. Mungkin hal ini akan merepotkan dalam beberapa hal misalnya saat mau buka di new tab. Tapi untuk sementara waktu saya set begitu dulu saja.

[Update: proteksi klik kanan di blog febriyanlukito ini sudah dimatikan karena satu dan lain hal]

Kemarin di komen yang soal tulisan itu Mba Indri ada bilang dia juga sering alami seperti itu. Mbak Yo sendiri juga mengalami yang fotonya diambil orang lain dan bahkan watermark sengaja dicrop dan digunakan oleh web kuliner. Sedih loh. Karena kan kita nulis ataupun ngambil fotonya itu butuh usaha. Gak cuma diam dan langsung jadi.

Memang sih ada yang bilang kalau tulisan diambil orang lain tanpa ijin artinya tulisan kita bagus. Atau foto yang diambil orang lain, artinya foto kita itu keren. Ya iya sih. Tapi masa gak ada artinya sih yang kita lakukan selama ini untuk menghasilkan satu tulisan ataupun satu foto gitu? Please lah… hargai karya orang lain.

Baca juga: Masalah Copyright dalam Blog

Cara Mencegah Copy Paste di WordPress Self Hosted

cara mencegah copy paste di wordpress
Cara Mencegah Copy Paste di WordPress oleh orang tak bertanggung jawab

Jadi untuk mencegah copy paste di wordpress self hosted ini, ada dua yang saya set, yaitu tidak dapat diseleksi dan juga tidak dapat klik kanan lagi. Caranya gimana? Tinggal install plugin saja. Seperti yang saya sebutkan di atas, yang saya share di sini adalah untuk pengguna wordpress.

Cara mencegah copy paste di blogspot agak lebih susah dibandingkan pengguna wordpress self hosted, karena terkait dengan coding. Ada banyak tutorial blogging yang membuat anti klik kanan di blogspot, kamu bisa baca itu.

Di self-hosted blog dengan platform wordpressย ini, ternyata dimudahkan dengan adanya plugin untuk cegah copy paste ini. Dan setelah baca-baca, yang recommended oleh banyak user adalah WP Copy Protect.ย Jadi sekarang saya share ya bagaimana cara installnya.

1. Download dan Install Plugin WP Copy Protect

cara mencegah copy paste di wordpress
Plugins WordPress Page

Yang pertama ya kita download dan install pluginnya dulu ya. Masuk ke WP Dashboard, cari plugin terus add new. Kalau sudah tahu nama plugin sih tinggal search doang. Atau bisa juga langsung masuk ke halaman pluginnya dengan klik link yang saya tulis di atas.

hosting termurah di indonesia

2.ย Activate Plugin WP Copy Protect

Sudah download dan install? Lanjut dengan activate deh pluginnya.

3. Setting WP Copy Protect

cara mencegah copy paste di wordpress selfhosted dengan copy protect
Cara Masuk ke Plugin WP_CopyProtect

Kalau sudah activate, langkah selanjutnya tinggal masuk ke settingan pluginnya. Bingung carinya? Coba lihat deh di dashboard kalian. Sebelah kiri ada WP Copy Protect. Kalau saya ada di bawah Jetpack. Di setting ini ada pilihan untuk:

cara mencegah copy paste di wordpress
Ini Setting WP_CopyProtect
  • Do Not Disable Right Click – orang masih bisa klik kanan di blog kita.
  • Disable Right Click No Message ย – jadi gak bisa right click tapi kalau ada yang klik kanan di blog, tidak muncul tulisan.
  • Disable Right Click Show Message – kita bisa set message yang mau ditampilkan kalau ada yang right click.
  • Disable Text Selection – kalau kita aktifkan ini, artinya orang tidak dapat memblok tulisan di blog kita.
  • User Setting – kita bisa tentukan, settingan proteksi copy paste ini berlaku untuk siapa saja. Bisa kita set siapa saja yang bisa kita bolehkan.

Sudah selesai? Ya beres deh.

Blog Kamu Gak Bisa Di Copy Paste

Nah, sudah selelai kan? Sekarang, blog kamu gak bisa di copy paste sembarangan deh – mudah-mudahan sih settingan kalian benar ya. :d

Setiap saat, wordpress selalu merubah dan melakukan update. Nah plugin yang bagus itu syaratnya ya compatible dengan versi terbaru. Dan juga cek jumlah pengguna plugin serta review dari usernya ya.

Itu cara mencegah copy paste di wordpress self-hosted. Kalau kamu punya cara mudah mencegah plagiarisme kasih tahu ya…. :d

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

69 Replies to “[Update] Untuk Yang Artikelnya Sering Dicuri, Berikut Cara Mencegah Copy Paste di…”

  1. Cara paling manjur cegah plagiarisme sih, sebenarnya kesadaran diri ya, Kak. Proteksi copas ini kan cuma langkah preventif dari kita. Kalau dia emang niat banget copas, bisa aja dia salin ulang semua secara manual. Walaupun itu kelewatan sih.

    1. Iya mas. Makanya saya tulisnya mencegah. Bukan menghentikan. Kalau menghentikan bisa cek cara di blog mbak carolinaratri.com.

      Kesadaran ini memang susah. Kita hanya bisa mencegah n memberitahu. Pelan2

  2. Suka kesel kalau artikel/gambar yang kita buat dengan ‘susah payah’ diambil begitu saja tanpa mencantumkan sumber. Terutama kalau desain, saya udah buat contoh desain ini itu eh watermarknya dihapus :3

    Thanks ya mas atas sarannya pake plugin ๐Ÿ™‚

      1. tapi teman saya bikin free tampilannya sama kayak mas, pake cara ini. saya dpt link ke mas dari dia. dia pakai wordpress.com

    1. Amin. Eh saya salah yak. Tadi balasnya mas. Ini mbak Fira yak.
      Moga pindah hosting nanti mbak. Eh tapi kalau kita protect gitu, adsense gak diterima mbak. Melanggar ketentuan. Haha

  3. Bener tuh… walo dianggap karya kita bagus, bukan berarti etika ga ada… main comot copas copas aja ga pake izin.. Walopun aku belum pernah di comot gtu aja.. tp tetep aja kudu yaa… jaga supaya ga dipake org yg tak bertanggung jwb. makasih share info plug in ini Ryan, sangat berguna ^ ^

    1. Iya mas. Nantinya kalau ketahuan google akan bs kena banned sama dia. Apalagi kalau sampai ada yang melaporkan ke google. Jadi lebih baik jangan copy paste.

  4. yak, plugin nya sukses terpasang di sini. sayangnya jadi gabisa buka tulisan lain di tab baru, wkwk

    1. Iya mbak. Bemer banget. Perlu tuh. Karena bnyk yang alami. Yang saya sih sudah solve. Orgnya dah minta maaf personally ke sayanya. Cuma kayaknya banyak yang lain yang alami.

  5. Aku dulu pakek settingan anti klik kanan Bang, tapi banyak yang protes karena susah mau komen sekali banyak. Akhirnya lepas deh. Bahahah.. ๐Ÿ˜€ Tapi kalok dirasa perlu ya pakek aja.

  6. Intronya panjang banget, mas Ry. hihihi sekalian curhat ya??

    Akhirnya gak bisa di blok dan klik kanan. Bener-bener aman ini mah. Kadang ada yg udah pasang difable clik kanan tapi masih bisa di blok tulisannya dan dikopi pake Ctrl+C

    1. Curcol dikitlah Mbak Uwien. ๐Ÿ˜€

      Memang mbak ini gak jaminan juga sih. Karena memang bisa diakalin juga. ๐Ÿ™‚ Banyak yang bisa soal itu.

  7. heheh bisa mas klo dimatikan javascriptnya di browser ๐Ÿ˜€

    “Kalau sudah activate, langkah selanjutnya tinggal masuk ke settingan pluginnya. Bingung carinya? Coba lihat deh di dashboard kalian. Sebelah kiri ada WP Copy Protect. Kalau saya ada di bawah Jetpack. Di setting ini ada pilihan untuk:” <—- ini ku copy pas ku matikan javascript dibrowsernya hehehe..

    1. Iya mas. Saya dah browsing lagi barusan. Memang semua msh bs dilepas lagi settingnya. Cuma kalau sampai kayak gitu ya pilihan akhir deh mas. Lapor. ? no other choice. Kita dah cegah dengan set spt ini.

      1. iya mas..buat pencegahan bagus kok itu..ga semua orang ngeh soal non aktifkan javascript utk copy paste…tp memang klo orgnya udah dari sananya suka copy paste, jangankan tulisan, gambar yang udah ada watermarknya aja bisa dijadikan hak milik yg ngambil…

  8. masih banyak ya yg main enak copas ๐Ÿ˜‰
    kemarin ngalamin hal yg berbeda, minta pinjam foto untuk dipasang di webnya dengan syarat dibuat backlink
    nggak tahunya bukan cuma pasang foto, 2 artikel dijadikan saduran dan nggak dibacklink tapi nulis sumber sih hehehe

  9. Aku juga pasang WP Copy Protect Mas Ryan. Itu gegara tulisanku tentang gula aren dicopas orang seenak udelnya…Sebel banget emang sama pencuri foto segala..Seperti kebiasaan pencuri, pasti menghilangkan sumbernya lah ๐Ÿ™‚

    1. Mbak Evi juga sering alami ya. Sayang ya Mbak. Kalau mereka ijin n sebut sumber mungkin kita gak masalah ya. Sharing kan namanya juga ya.

  10. Ooh, install plugin… pantas kemarin saya tidak bisa klik kanan buat buka artikel lanjutan, malah diminta e-mail, pikir saya hebat betul Mas Ryan bisa meminta WP buat hal ini, dalam bahasa Indonesia pulak, ternyata install plugin-lah caranya, terima kasih ya :)).

    Cuma kalau tidak bisa klik kanan, jadinya kalau mau buka artikel lain yang di-link dalam postingan yang sama mesti baca sampai selesai dulu… tapi tak apa-apa sih, demi pengamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *