blogger indonesia menginspirasi

10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi – Apa Kamu Termasuk Dalam Daftar?

Setiap blogger pasti punya idola dalam dunia blogging, termasuk saya. Kalau ditanya siapa blogger Indonesia yang menginspirasi, saya punya list panjang tapi kali ini saya akan share 10 Blogger Indonesia yang menginspirasi saya. Bukan berarti yang tidak dalam daftar ini tidak bagus atau tidak menginspirasi saya, setiap blogger – selalu menjadi inspirasi saya karena mereka berani memulai (gak omdo).

blogger indonesia menginspirasi

Siapa blogger Indonesia yang menginspirasi kamu?

10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi

Sepuluh blogger yang saya sebutkan ini memberi inspirasi dalam hal-hal berbeda. Gak semua memberikan inspirasi dalam ngeblog yang sama. Dan saya malah menyukai hal yang kayak gitu, karena ngeblog itu kan soal branding diri pribadi – be yourself. Eniwe, nomor di daftar ini bukan berarti urutan terbaik ya…

#1. Dani Rachmat

dani rachmat blogger indonesiaTuh kan bener tebakan gw, pasti Dani masuk dalam daftar – ada yang nyebut gini gak ya? Ya pasti sih masuk nama blogger keuangan Indonesia yang satu ini. Kenapa? Ya dia ini telah jadi inspirasi sejak awal kenal dari blogwalking. Saya sendiri sudah lupa kapan pertama kali stumble upon his blog.

Semakin ke sini, semakin terinspirasi karena dia berhasil menemukan root blog-nya alias niche-nya walaupun blognya sendiri blog lifestyle. Dan bisa aja dia masukkan semua tulisan dikaitkan dengan niche-nya itu. Doi juga orangnya gak pelit dalam bagi ilmu dan sharing apapun – kayak kemarin Sabtu, dia share soal Personal Finance.

#2. Shintaries

Siapa yang gak kenal dengan Co-Founder Blogger Perempuan yang satu ini dan juga Guru dalam Fun Blogging bersama dua blogger beken lainnya, Mbak Haya dan Mbak Ani. Saya pertama kali mendengar nama beliau dari Dani.

blogger indonesia shintariesPas buka blognya terus mantengin tulisan-tulisannya di BP, ternyata beliau banyak share tentang tips ngeblog di sana. Sayangnya memang terbatas untuk perempuan, seperti namanya, Blogger Perempuan. Untuk tips blogging dasar, bisa sih dibaca langsung di sana, tapi kalau untuk lebih mendalam, saya ndak bisa karena bukanlah jenis kelamin yang diperkenankan.

#3. Carolina Ratri

blogger fiksi indonesiaYang satu ini kenal juga dong? Mbak Carolina Ratri atau biasa disebut dengan Mbak Carra ini saya kenal di komunitas Monday Flash Fiction. Mbak Carra pinter banget dalam nulis fiksi, terutama yang aliran sureal – walau sayanya sendiri kadang mikir dan baca ulang dulu baru bisa paham.

Selain itu, dia ini juga suka banget share soal tips blogging dalam blognya. Tips blogging yang akhirnya juga membuat dia menulis buku Blogging: Have Fun and Get the Money itu sangat mudah dipahami. Beberapa kali Mbak Carra jadi tempat pertanyaan saya soal dunia blogging. Pokoknya salah satu Blogger Indonesia yang menginspirasi deh.

#4. Cumi Lebay

blogger travel indonesiaOm Toro – pertama kali lihat blog dia sih bikin bengong. Kok bisa “Cumi Lebay” ya. Tapi pas baca tulisannya, suka aja bacanya. Bikin ngakak – apalagi kalau dah bicara soal kancut. Salah satu blogger Indonesia untuk travel ini ya dia ini. Dengan ciri khasnya, beliau ini berhasil banget bikin orang ketawa lepas.

Blogger Kekinian pernah wawancara dia soal branding dan tips blogging. Dia bagi cara dia sampai menjadi blogger ternama seperti sekarang ini. Beliau sendiri sudah dipercaya menjadi juri acara lomba blog yang keren. Termasuk juga alasan kenapa pakai nama Cumi Lebay (baca di sini).

#5. Noni Khairani

blogger indonesiaMungkin banyak yang lebih kenal dengan nama Nyonya SepatuΒ – Mbak Noni ini juga salah satu travel blogger yang menginspirasi saya. Tulisannya itu ringan dan lucu – terutama pas tulisan soal dia dan sang suami. Mbak Noni ini juga orangnya ramah dan baik.

Gak nolak kalau saya lagi ada perlu dan pertanyaan. Dengan senang hati dia menjawab sebisa dia. Dari Mbak Noni juga saya kenal dengan beberapa orang travel blogger Indonesia yang keren lainnya. O iya, satu lagi, saya juga suka kalau lihatin foto-foto jepretannya Mbak Noni – apalagi pas ke Turki – bikin Mupeng.

Dah baca bukunya Mbak Noni bersama travel blogger lainnya belum? Menghirup Dunia. Sama dah buka blog kerjasama Mbak Noni dan Mbak Fee belum yang bahas soal Shopping dan Travel itu?

#6. Aldy Terenz

blogger teknologi indonesiaKakak ganteng satu ini saya kenal gak sengaja pas cari-cari info soal SEO Blog. Dan ternyata muncul itu aldyputra.net. Terus dengan sok deket, follow di twitter dan mantengin TL-nya buat dapetin kultwit dia. Beberapa kali dia pernah kultwit soal SEO di twitter. Ya seneng dong.

Ah jadi inget, post yang bikin langsung follow twitter dia ini adalah soal Rate Card. πŸ˜€ Semakin ke sini? Makin penasaran bongkarin blog dia, apalagi pas dia bikin review blog para blogger Indonesia lainnya. Suka bahasan review blognya (kapan ya blog saya direview dia).

Setelah sekian lama akhirnya ketemu orangnya secara langsung di acara Ngopi Bareng Tiket kemarin. Dan memang orangnya asik dan santai. Makanya masuk dalam jajaran Blogger Indonesia menginspirasi versi saya ini.

#7. Ardisaz

blogger startup indonesiaBapak muda satu ini keren dan sangat menginspirasi banget. Saya lupa kapan pertama kali ketemu blognya dan mulai ngikutin sama baca-baca di sana. Blog ardisaz.com ini membahas teknologi hingga startup. Yang saya paling suka adalah sharing soal startup.

Banyak banget belajar soal memulai usaha sendiri di blog ini. Dan belakangan ada kategori tambahan di blog ini, yaitu tentang anak. Mas Ardi memang sedang menantikan sang buah hati jadi sudah mulai menulis untuk hal itu beberapa kali.

#8. The Food Xplorer

food blogger indonesiaDalam food blogger, satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya adalah Mas Agung – The Food Xplorer. Dia ini jago SEO, desain blog hingga fotografi. Pokoknya semua keahlian minimum yang dibutuhkan oleh seorang food blogger, dia ini bisa.

Dalam waktu dekat, dia bersama salah satu jagonya foto yang member Indonesian Food Blogger juga (Mbak Vania) akan menyelenggarakan workshop tentang desain blog dan juga fotografi. Mau ikutan? Coba deh cek gambar berikut ini. Mas Agung ini memberi inspirasi untuk terus nulis dengan kualitas gambar dan juga desain blog yang mumpuni. Jauhlah saya kalau soal desain dan foto.

blogger indonesia

#9. Emak Gaoel

emak blogger indonesiaYang satu ini rasanya sudah banyak yang tahu ya. Emak Gaoel ini salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya dalam menulis. Kiprahnya di dunia blogging itu sudah lama dan juga dalam dunia fiksi. Dia juga sering share tips blogging dalam blognya. Seperti tips terkait job review.

Branding Emak Gaoel ini sungguh kuat banget. Mbak Winda Krisnadefa, nama asli pemilik blog ini memilih “Emak Gaoel” bukan dengan sembarangan. Ada alasan tertentu untuk nama itu.

Itu dia daftar Blogger Indonesia yang menginspirasi saya dalam dunia blogging ini. Eh tapi baru 9 ya. Lupa yang terakhir – the last but not the least – bahkan yang terpenting yang menginspirasi saya:

#10. KAMU

Yes… kamu. Para blogger Indonesia yang sudah memulai blogging. Seperti yang saya bilang di atas, kamu itu hebat karena sudah memulai ngeblog. Meluangkan waktu untuk menulis apa pun yang menarik bagimu untuk dibagikan ke semua orang.

Kesimpulan

Daftar blogger Indonesia yang menginspirasi di atas bukanlah daftar mutlak. Daftar ini akan selalu berubah dan akan selalu berubah. Dunia blogging Indonesia sedang berkembang. Semakin banyak blogger baru bermunculan dan saya yakin akan semakin membuat dunia blogging di Indonesia ini semakin berwarna.

Baca juga: Tips Blogging Indonesia di www.tulisanbloggerindonesia.comΒ & 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Ngeblog

Semakin banyak yang ngeblog itu gak bikin saya khawatir malah membuat saya semakin senang, karena blogger Indonesia akan semakin dikenal – secara gak langsung akan membuat Indonesia juga terkenal.Β Mudah-mudahan sih begitu ya dan membawa inspirasi dalam berbagai sudut pandang.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Kekinian Challenge Februari. Cek challengenya ya – ada satu peserta yang super (baca di komennya deh). Sangat menginspirasi saya. Moga diberi kesempatan lebih mengenal sosok beliau yang mengingatkan saya pada Neil – tidak memandang kekurangan sebagai hambatan.

Advertisements
4

182 Responses

  1. Anto
    1 Desember 2018
  2. annisa
    18 November 2018
  3. Okkie Setya
    17 November 2018
    • Febriyan
      20 November 2018
  4. Aan Setyawan
    16 November 2018
    • Febriyan
      20 November 2018
  5. Eka Awaludin
    16 November 2018
    • Febriyan
      16 November 2018
  6. Ahi
    9 Oktober 2018
    • Febriyan
      10 Oktober 2018
  7. rafi
    5 Oktober 2018
  8. andrew tan
    1 Oktober 2018
  9. Yudi
    26 September 2018
  10. Cendana
    13 September 2018
    • Febriyan
      13 September 2018
  11. Harga Mesin Antrian
    5 September 2018
    • Febriyan
      5 September 2018
  12. eli setiawan
    23 Agustus 2018
  13. fajar udin
    16 Agustus 2018
  14. SANCAMP
    15 Juni 2018
    • Febriyan
      16 Juni 2018
  15. Untari
    29 Mei 2018
    • Febriyan
      31 Mei 2018
  16. sigit putranto
    26 April 2018
    • Febriyan
      26 April 2018
      • sigit putranto
        26 April 2018
  17. Muqo
    20 April 2018
    • Febriyan
      22 April 2018
  18. aam
    14 April 2018
    • Febriyan
      14 April 2018
  19. Hanif
    13 April 2018
    • Febriyan
      14 April 2018
  20. erwin widianto
    10 April 2018
    • Febriyan
      14 April 2018
  21. Gondo Widyatmoko
    1 April 2018
    • Febriyan
      1 April 2018
  22. Riastech
    27 Maret 2018
    • Febriyan
      27 Maret 2018
  23. lina
    16 Maret 2018
    • Febriyan
      17 Maret 2018
  24. salman faridzi
    14 Maret 2018
  25. Riastech
    6 Maret 2018
  26. Nita Lana Faera
    27 November 2017
    • Febriyan
      29 November 2017
  27. khevan
    24 November 2017
    • Febriyan
      29 November 2017
  28. okun cran
    25 September 2017
  29. Donna Imelda
    14 September 2017
    • Febriyan
      15 September 2017
      • Nanda
        11 Oktober 2017
      • Febriyan
        11 Oktober 2017
  30. Lihat Sini
    12 September 2017
    • Febriyan
      14 September 2017
  31. Pamela
    7 September 2017
    • Febriyan
      11 September 2017
      • Pamela
        11 September 2017
      • Febriyan
        13 September 2017
  32. Iman budiman
    3 September 2017
    • Febriyan
      4 September 2017
      • Iman budiman
        4 September 2017
      • Febriyan
        4 September 2017
  33. Iman budiman
    3 September 2017
  34. kunci inggris
    31 Agustus 2017
  35. uye
    15 Agustus 2017
  36. rita
    9 Agustus 2017
    • Febriyan
      9 Agustus 2017
  37. deka
    29 Juni 2017
    • Febriyan
      1 Juli 2017
  38. Prayudi Nurcahyo
    5 Maret 2017
  39. wokobae
    24 Februari 2017
    • Febriyan
      24 Februari 2017
  40. Padre Pio
    3 Januari 2017
    • Febriyan
      6 Januari 2017
  41. Mukhofas
    30 November 2016
    • Febriyan
      3 Desember 2016
  42. Audia
    26 November 2016
    • Febriyan
      3 Desember 2016
  43. nandito silaen
    18 Mei 2016
  44. Putra Agung
    4 April 2016
    • Febriyan
      5 April 2016
  45. BaRT
    27 Februari 2016
    • Febriyan
      27 Februari 2016
  46. Adelina
    26 Februari 2016
    • Febriyan
      26 Februari 2016
  47. adu
    26 Februari 2016
    • Febriyan
      26 Februari 2016
  48. inayah
    26 Februari 2016
    • Febriyan
      26 Februari 2016
  49. Levina Mandalagiri
    26 Februari 2016
    • Febriyan
      26 Februari 2016
  50. geLintang
    25 Februari 2016
  51. Uniek Kaswarganti
    25 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  52. handdriati
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  53. Jade Ayu
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  54. Suci
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  55. Sally
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  56. Emak Gaoel
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  57. katon sumargi
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  58. Liz Prayitno
    24 Februari 2016
  59. ~Vita
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  60. prima hapsari
    24 Februari 2016
    • Febriyan
      25 Februari 2016
  61. Arina
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  62. Dwi Puspita
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  63. puputs
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  64. dewi
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  65. eggimaru
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  66. Deny
    23 Februari 2016
  67. eda
    23 Februari 2016
  68. VibiCloud
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  69. winny
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  70. www.bukanrastaman.com
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  71. Ristin
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  72. cumilebay maztoro
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  73. lidya
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  74. Dila
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
      • Dila
        26 Februari 2016
      • Dila
        26 Februari 2016
      • Febriyan
        26 Februari 2016
      • Dila
        28 Februari 2016
      • Febriyan
        28 Februari 2016
  75. Dila
    23 Februari 2016
  76. Lieshadie
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  77. aLdyputRa
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  78. Wenda
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  79. Anne
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  80. RedCarra
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  81. eryudya
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  82. Eva Sri Rahayu
    23 Februari 2016
  83. kartina ika sari
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  84. Lestarie
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  85. Sashy
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
  86. @danirachmat
    23 Februari 2016
    • Febriyan
      23 Februari 2016
    • Dila
      23 Februari 2016
      • Febriyan
        23 Februari 2016
      • Dila
        26 Februari 2016
      • Febriyan
        26 Februari 2016

Write a response

%d blogger menyukai ini: