fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi – Apa Kamu Termasuk Dalam Daftar?

4 min read

blogger indonesia menginspirasi

Setiap blogger pasti punya idola dalam dunia blogging, termasuk saya. Kalau ditanya siapa blogger Indonesia yang menginspirasi, saya punya list panjang tapi kali ini saya akan share 10 Blogger Indonesia yang menginspirasi saya.

Bukan berarti yang tidak dalam daftar ini tidak bagus atau tidak menginspirasi saya, setiap blogger – selalu menjadi inspirasi saya karena mereka berani memulai (gak omdo).

blogger indonesia menginspirasi
Siapa blogger Indonesia yang menginspirasi kamu?

10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi lewat Blog Mereka

Sepuluh blogger yang saya sebutkan ini memberi inspirasi dalam hal-hal berbeda. Gak semua memberikan inspirasi dalam ngeblog yang sama. Dan saya malah menyukai hal yang kayak gitu, karena ngeblog itu kan soal branding diri pribadi – be yourself. Eniwe, nomor di daftar ini bukan berarti urutan terbaik ya…

1. Dani Rachmat

dani rachmat blogger indonesia
Ini tampilan lama blognya Dani. Sekarang… You have to check danirachmat.com langsung. Ada tools gratis dari beliau.

Tuh kan bener tebakan gw, pasti Dani masuk dalam daftar – ada yang nyebut gini gak ya? Ya pasti sih masuk nama blogger keuangan Indonesia yang satu ini.

Kenapa? Ya dia ini telah jadi inspirasi sejak awal kenal dari blogwalking. Saya sendiri sudah lupa kapan pertama kali stumble upon his blog.

Semakin ke sini, semakin terinspirasi karena dia berhasil menemukan root blog-nya alias niche-nya walaupun blognya sendiri blog lifestyle. Dan bisa aja dia masukkan semua tulisan dikaitkan dengan niche-nya itu.

Doi juga orangnya gak pelit dalam bagi ilmu dan sharing apapun – kayak kemarin Sabtu, dia share soal Personal Finance.

2. Shintaries

Siapa yang gak kenal dengan Co-Founder Blogger Perempuan yang satu ini dan juga Guru dalam Fun Blogging bersama dua blogger beken lainnya, Mbak Haya dan Mbak Ani. Saya pertama kali mendengar nama beliau dari Dani.

blogger indonesia shintaries

Pas buka blognya terus mantengin tulisan-tulisannya di BP, ternyata beliau banyak share tentang tips ngeblog di sana. Sayangnya memang terbatas untuk perempuan, seperti namanya, Blogger Perempuan. Untuk tips blogging dasar, bisa sih dibaca langsung di sana, tapi kalau untuk lebih mendalam, saya ndak bisa karena bukanlah jenis kelamin yang diperkenankan.

3. Carolina Ratri

blogger fiksi indonesia
Ini juga logo lamanya MakCar.

Yang satu ini kenal juga dong? Mbak Carolina Ratri atau biasa disebut dengan Mbak Carra ini saya kenal di komunitas Monday Flash Fiction. Mbak Carra pinter banget dalam nulis fiksi, terutama yang aliran sureal – walau sayanya sendiri kadang mikir dan baca ulang dulu baru bisa paham.

Selain itu, dia ini juga suka banget share soal tips blogging dalam blognya. Tips blogging yang akhirnya juga membuat dia menulis buku Blogging: Have Fun and Get the Money itu sangat mudah dipahami. Beberapa kali Mbak Carra jadi tempat pertanyaan saya soal dunia blogging. Pokoknya salah satu Blogger Indonesia yang menginspirasi deh.

4. Cumi Lebay

blogger travel indonesia

Om Toro – pertama kali lihat blog dia sih bikin bengong. Kok bisa “Cumi Lebay” ya. Tapi pas baca tulisannya, suka aja bacanya. Bikin ngakak – apalagi kalau dah bicara soal kancut. Salah satu blogger Indonesia untuk travel ini ya dia ini. Dengan ciri khasnya, beliau ini berhasil banget bikin orang ketawa lepas.

Blogger Kekinian pernah wawancara dia soal branding dan tips blogging. Dia bagi cara dia sampai menjadi blogger ternama seperti sekarang ini. Beliau sendiri sudah dipercaya menjadi juri acara lomba blog yang keren. Termasuk juga alasan kenapa pakai nama Cumi Lebay (baca di sini).

5. Noni Khairani

blogger indonesia

Mungkin banyak yang lebih kenal dengan nama Nyonya Sepatu – Mbak Noni ini juga salah satu travel blogger yang menginspirasi saya. Tulisannya itu ringan dan lucu – terutama pas tulisan soal dia dan sang suami. Mbak Noni ini juga orangnya ramah dan baik.

Gak nolak kalau saya lagi ada perlu dan pertanyaan. Dengan senang hati dia menjawab sebisa dia. Dari Mbak Noni juga saya kenal dengan beberapa orang travel blogger Indonesia yang keren lainnya. O iya, satu lagi, saya juga suka kalau lihatin foto-foto jepretannya Mbak Noni – apalagi pas ke Turki – bikin Mupeng.

Dah baca bukunya Mbak Noni bersama travel blogger lainnya belum? Menghirup Dunia. Sama dah buka blog kerjasama Mbak Noni dan Mbak Fee belum yang bahas soal Shopping dan Travel itu?

6. Aldy Terenz

blogger teknologi indonesia

Kakak ganteng satu ini saya kenal gak sengaja pas cari-cari info soal SEO Blog. Dan ternyata muncul itu aldyputra.net. Terus dengan sok deket, follow di twitter dan mantengin TL-nya buat dapetin kultwit dia. Beberapa kali dia pernah kultwit soal SEO di twitter. Ya seneng dong.

Ah jadi inget, post yang bikin langsung follow twitter dia ini adalah soal Rate Card. 😀 Semakin ke sini? Makin penasaran bongkarin blog dia, apalagi pas dia bikin review blog para blogger Indonesia lainnya. Suka bahasan review blognya (kapan ya blog saya direview dia).

Setelah sekian lama akhirnya ketemu orangnya secara langsung di acara Ngopi Bareng Tiket kemarin. Dan memang orangnya asik dan santai. Makanya masuk dalam jajaran Blogger Indonesia menginspirasi versi saya ini.

7. Ardisaz

blogger startup indonesia

Bapak muda satu ini keren dan sangat menginspirasi banget. Saya lupa kapan pertama kali ketemu blognya dan mulai ngikutin sama baca-baca di sana. Blog ardisaz.com ini membahas teknologi hingga startup. Yang saya paling suka adalah sharing soal startup.

Banyak banget belajar soal memulai usaha sendiri di blog ini. Dan belakangan ada kategori tambahan di blog ini, yaitu tentang anak. Mas Ardi memang sedang menantikan sang buah hati jadi sudah mulai menulis untuk hal itu beberapa kali.

8. The Food Xplorer

food blogger indonesia

Dalam food blogger, satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya adalah Mas Agung – The Food Xplorer. Dia ini jago SEO, desain blog hingga fotografi. Pokoknya semua keahlian minimum yang dibutuhkan oleh seorang food blogger, dia ini bisa.

Dalam waktu dekat, dia bersama salah satu jagonya foto yang member Indonesian Food Blogger juga (Mbak Vania) akan menyelenggarakan workshop tentang desain blog dan juga fotografi. Mau ikutan? Coba deh cek gambar berikut ini. Mas Agung ini memberi inspirasi untuk terus nulis dengan kualitas gambar dan juga desain blog yang mumpuni. Jauhlah saya kalau soal desain dan foto.

blogger indonesia

9. Emak Gaoel

emak blogger indonesia

Yang satu ini rasanya sudah banyak yang tahu ya. Emak Gaoel ini salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya dalam menulis. Kiprahnya di dunia blogging itu sudah lama dan juga dalam dunia fiksi. Dia juga sering share tips blogging dalam blognya. Seperti tips terkait job review.

Branding Emak Gaoel ini sungguh kuat banget. Mbak Winda Krisnadefa, nama asli pemilik blog ini memilih “Emak Gaoel” bukan dengan sembarangan. Ada alasan tertentu untuk nama itu.

Itu dia daftar Blogger Indonesia yang menginspirasi saya dalam dunia blogging ini. Eh tapi baru 9 ya. Lupa yang terakhir – the last but not the least – bahkan yang terpenting yang menginspirasi saya:

10. KAMU

Yes… kamu. Para blogger Indonesia yang sudah memulai blogging. Seperti yang saya bilang di atas, kamu itu hebat karena sudah memulai ngeblog. Meluangkan waktu untuk menulis apa pun yang menarik bagimu untuk dibagikan ke semua orang.

Banyak Blogger Indonesia yang Menginspirasi, Daftar ini hanya Sebagian Saja!

Daftar blogger Indonesia yang menginspirasi di atas bukanlah daftar mutlak. Daftar ini akan selalu berubah dan akan selalu berubah. Dunia blogging Indonesia sedang berkembang. Semakin banyak blogger baru bermunculan dan saya yakin akan semakin membuat dunia blogging di Indonesia ini semakin berwarna.

Baca juga: Tips Blogging Indonesia di www.tulisanbloggerindonesia.com & 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Ngeblog

Semakin banyak yang ngeblog itu gak bikin saya khawatir malah membuat saya semakin senang. Karena blogger Indonesia akan semakin dikenal – secara gak langsung akan membuat Indonesia juga terkenal. Mudah-mudahan sih begitu ya dan membawa inspirasi dalam berbagai sudut pandang.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

207 Replies to “10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi – Apa Kamu Termasuk Dalam Daftar?”

  1. Kapan blog saya bisa masuk ya? Mampir juga ke blog saya siapa tahu dimasukin ke dalam list hihi…Btw blog mas sugeng, kompi ajaib, bung frangki dan Arlina gak masuk tuh?

  2. gak semuanya kenal, tapi setelah saya baca beberapa post mereka. sumpah ngalir gaya tulisnya, sepertinya juga perlu visit blog” yang disebut di atas, pertama untuk cari informasi,. Kedua untuk nambah teman dan jaringan

    terima kaaih mas Febriyan untuk sharing ini

  3. jadi kangen sama alm Om cumi lebay mas , beliau juga dulu selalu mengajarkan apa arti jadi blogger yang bermanfaat

    saya mampir kesini , sekalian salam kenal mas febriya

  4. Setelah baca ini saya ngga nyangka ternyata ada saya di daftar diatas … ( mupeng)… tapi asli semua blogger diatas memang keren2 semua.. satu persatu darin daftar list nama diatas saya datangi… blognya..hehehehhee..maklum newbie masih haus ilmu

    1. Terima kasih mas Okkie Setya. Saya edit linknya krn sy gak terima ada link dlm komentar. buat yg mo baca blognya mas Okkie, bisa klik link di profile komentar.

      Semoga kita semua jadi inspirasi.

  5. Menginspirasi banget pak kena banget buat saya, sebetulnya saya juga sudah lama tahu dunia blogging kalau ga salah waktu itu tahun 2013/2014 masih jamannya blogger pakai plaform wordpress.com banyak cerita sukses orang-orang yang berkecimpung di dunia blogging karna itu saya ikutan, cuman karna masih pemula dan malas belajar lebih akhirnya postingan saya ga terlalu saya perhatiin yang penting saya bisa posting banyak.

    Setelah berapa bulan saya lakuin itu pengunjungpun sangat sedikit bahkan hampir ga ada akhirnya saya drop out. Nah baru-baru ini buat blog lagi di indogotrendblogspotcom dan iseng baca cerita sukses akhirnya saya terdampar ke artikel ini yang kontennya sangat mengisprirasi dan memotivasi saya mudah-mudahan saya bisa seperti mereka amin, saya ucapkan banyak terimakasih sudah membuat artikel ini.

    FYI Iklan sampean ga muncul di browser google chrome saya pak,
    Matursuwun

    1. Wahhh udah lama juga ya dulu itu. kenapa gak dilanjutkan di wpcom nya mas? atau upgrade jadi self hosted.
      Well… moga sukses juga mas dg yg barunya itu ya. Saran sih jgn fokus di awal utk dpt uang ataupun sukses nya dulu. just write aja.

      Eh iklan apa nih mas yang gak muncul?

  6. Terimakasih Pak telah memberikan nama – nama blogger terbaik. Saya sendiri telah menulis beberapa artikel di blog saya selain bertujuan untuk bisnis juga artikel – artikel lain. Dengan tujuan agar pembaca tidak mudah bosan, dan saya juga tidak mudah jenuh 😀 😀

  7. Mantep jaman sekarang udah bisa jadi blogger kawakan, saya juga ingin menjadi blogger di usia 20thn ini. Saya sudah membuat beberapa postingan di blog pribadi saya, semoga tahun depan sudah menjadi blogger terkenal di Indonesia hehehe.. Mau tanya juga ini kak, apakah untuk menjadi blogger tekhniknya juga sama seperti menggunakan digitalmarketing ?
    Terimakasih… 🙂 🙂

    1. Siapa mas yang jadi blogger kawakan? Eh ini mas atau mbak ya? saya ndak paham juga nih. Moga lancar ya mas ngeblognya.
      Untuk tekning sama menggunakan digital marketing ini apa ya?

  8. Maap mas, saya sehari komen dua kali, karena kayaknya blognya bagus dan ramai pengunjungnya. Apa ada rahasia dan cara khusus biar traffiknya lumayan mas feb? Lalu kalau boleh tahu, penghasilan terbesarnya dari apa kalau blogging? Saya kunjungi satu2 daftar blog ini, tapi punya mas feb yang kayaknya lumayan t]inggi traffiknya.

    Trims

    1. Wahhh makasih banyak mas sudah komen 2x di blog ini.
      Untuk rahasia dan cara khusus, apa ya? Ndak ada sih, saya cuma menerapkan SEO on Page aja untuk tulisan yang saya kira pantas muncul di page 1 itu. Kalau soal penghasilan, dalam daftar ini bnyk yg dpt penghasilan lebih dari saya mas. saat ini saya masih fokus penghasilan di adsense, wordads dr wp, sama sponsored post. belum ada produk atau jasa yang dijual. Makasih ya mas sudah mampir

  9. mas, njenengan fulltime blogger ato blog sebagai hobi mas? kalo diliat dari postingannya selalu uptodate…. bahasanya juga enak di baca…

  10. Salam kenal pak, wah, kalau yang menginspirasi, saya pernah sih tahu cumi lebay. Dulu pas sempat aktif sering sekali komen disana. Sampai vakum dan belum ngecek-ngecek lagi. Dani rahmat kayaknya sempat juga deh dulu aktif mampir untuk komen2an. Yang lain sepertinya belum.

  11. salam blogger mas,
    saya bloger baru, jadi terpacu dan termotivasi melihat para blogger ini sukses dan meraih berbagai prestasi. semoga saya bisa fokus dengan blog yang sedang saya jalani ini. mohon kritik dan sarannya ya mas di blog saya

    1. Salam kenal.

      Maaf, komennya masuk ke folder spam ternyata. Saya memang set kl ada link hidup dalam komentar akan msk dalam spam.

      Semangat ya mbak Lina!!! Pasti bisa asalkan konsisten dalam ngeblognya mbak. Nanti saya ke blog mbak ya.

  12. Nah ini nih, biasanya bisa buat baca-baca. Makasih bang artikelnya bermanfaat, jadi bisa mampir-mampir ke blog-blog yang bisa menginspirasi seperti yang abang tulis di atas hehe.

  13. Isshh… Koh Iyan juga salah satu guru blogger saya, entah lewat postingan blog ini atau saya nanya langsung. Mba Carra buku ngeblognya yang jadi panduan saya untuk serius ngeblog. Mba Shinta memang komandannya kita2 sih di BP ? Asyikkk… ada rekomendasi mastah food blogger ?

      1. Salam kenal mas, masih newbi di dunia blog.
        Pusing nyari kolom komentar nya disini aja lah, kenakalan gw Nanda pratama
        Ada waktu mampir di blog ane ya mas. Makasih. Keren kontennya blog nya mas, jdi banyak belajar jadinya

  14. Mas, saya tertarik ingin punya blog tapi bingung mulainya…
    Mau tanya, sebenarnya lebih baik pakai blogger atau wordpress ya mas? kalau nantinya akan diproyeksikan untuk dipasang adsense
    Makasih banyak mas 🙂

    1. Dear Mbak Pamela,

      Untuk blog yang tujuannya ke Adsense, ada dua:

      1. blogspot – ini memang lebih mudah karena satu produk google.
      2. wordpress – bisanya utk wordpress self hosted artinya harus beli domain dan hosting.

      tapi mengajukan adsense nya itu kalau bisa setelah 6 bulan ya mbak dan setelah traffic stabil di 100 per hari minimal.

      utk membuat blog sendiri dan juga tips ngeblognya, ada saya tulis di tulisanbloggerindonesia.com

      1. Terima kasih banyak Mas Feb sudah dibalas dgn sangat jelas.
        Langsung saya cek tulisanbloggerindonesia.com nya
        Kalau mau tanya-tanya lagi, boleh dong Mas? hehe

  15. Mas, pernah nulis soal petani dan pertanian yg gak pake semprot pestisida? Beras sehat rendah inputan kimia pabrikan. kehidupan petani kita tuh hmmmm gimana yahhhhh…

    Kami pindah ke desa 2 tahun lalu, tinggal di desa, 3 km dari Candi Prambanan, buka warung pecel krokot. Mampir yah kalo ke Jogja. Ta suguhin teh biru bunga telang dan nasi kucing biru bunga telang. haha

    1. Halo mbak Rita, salam kenal.

      Saya belum pernah menulis soal petani dan pertanian nih mbak. Karena memang fokus saya gak ke sana.

      Wah… teh biru? Moga ada kesempatan ke Yogya dan sowan dengan mbak Rita di sana ya. Amin

  16. Sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula banget,Jadi makin bersemangat. Nitip link ini sekalian << klik nama aja ya...

  17. Tulisan ini sangat berharga terutama bagi saya yg baru saja mulai belajar ngeblog beberapa saat yg lalu. Saya jadi termotivasi lagi untuk bekerja lebih keras lagi agar menjadi apa yg diharapkan. Terima kasih.

  18. Makasih infonya mas…. cukup memotivasi ….karena saya merasa masuk di urutan 10….hehehehhe….. #maklum newbie mas#

  19. Sepakat Om Febriyan. Kalau di List saya ketambahan dua orang Om, hehe, yaitu mas Marikxon Manurung dan Mas Sugeng. hehe. Salam sukses.

    1. Mas Sugeng… dia emang keren. Termasuk yang suka saya kunjungi untuk belajar. Marikxon saya baru dengar. Nanti saya cari ah. Makasih mas Sofyan.

  20. Hello Febriyan Lukito

    menurut diri mereka ngakunya biasa saja, tapi beda dengan kita sebagai pembaca mereka luar biasa dan inspiratif.

    beberapa seperti mas dani saya malah mendapat inspirasi segar.

    oh iya begitu juga dengan mbak carra. postingan blognya juga bagus bagus banget sampe saya harus mem bookmarknya.

    kedepan buat ulasan/update terbaru seperti ini mas ryan..

    saya tunggu update 10 blogger yang menginspirasi ini.

    sukses selalu mas..
    salam

  21. Aku termasuk newbie banget di dunia perblogan. Emang sih udah punya blog dari sma tapi kalo untuk blogwalking aktifnya baru-baru ini hehe.
    Thanks udah sharing mas! 🙂

  22. Kalau aku disuruh bikin daftar seperti ini, dirimu pasti masuk. Bukan cuma karena aktif dan produktif dalam berkarya di dunia perbloggingan aja, tapi juga karena semangatmu untuk bagi-bagi ilmu. Gak banyak lho yang kaya gitu. Sebelum ini aku seringnya ketemu blogger-blogger yang insecure. Syukurlah akhirnya ketemu dirimu dan teman-teman yang rajin dan suka bagi-bagi ilmu. I do appreciated!

    Btw, salut deh sama teman-teman Blogger Kekinian yang semangat ikut challenge bulan ini. Terutama teman yang memiliki ‘keterbatasan’ dalam penglihatan itu. Semangatnya bikin kita yang normal dan sehat ini malu. Salut abis pokoknya.

    Aku sebenarnya pengen ikutan challenge nya, tapi masih bingung, sebenarnya udah termasuk Blogger Kekinian atau belum sih? Soalnya gak ada notifikasi apa-apa hahahaha … Mohon pencerahannya mas Riyan 😀

    1. Sudah masuk kok om. Langsung aja bikin buat challengenya.

      Makasih banyak ya om Bart dah memasukkan saya *terharu*. Prinsip saya sih berbagi ilmu gak akan membuat saya mati = apalagi ilmunya saya dapatkan gratis. Malah saya akan berusaha makin menambah ilmu lagi kok.

      Iya om, yang keterbatasan itu keren abis. Saya malu malah karena dia aja mau gitu.. tapi kita kok gak?

  23. keren-keren emang list nama yang lu sebut Ryan dan salah satunya menurut gue sich kamu sendiri bisa dikategori blogger yang menginspirasi. Jadi semangat nich bacanya dan berharap suatu hari nanti bisa masuk dalam list hehehe..

  24. Keren2 semua nih blogger inspiratornya, termasuk yg punya blog doooonkkk… Mas Ryan gak pelit ilmu dan suka bagi2 tips blogging. Senang bisa kenal denganmu, Mas Ryan. Yoookk kapan ke Semarang niiihh….

  25. Salam kenal mas ryan. Kita padahal barengan ya waktu ikuy acara Tiket.com tapi aku mau nyapa, malu euy.
    Dari 9 blogger diatas, cuma 3 yang asing buat saya. Tapi baca ini jd penasaran pengen main ke blog mereka. Semua blogger diatas punya branding sendiri2 ya jadinya gampang diingat. Kaya dani yg financial blogger yg humble. Trus aldy yg ga kalah humblenya. Ga pelit bagi ilmu pula.

  26. No 10 harusnya mas Ryan…no 11 nya baru kamu.

    Dirimu juga salah satu blogger yang menginspirasi mas Ryan… blognya sering aku intip…

    Happy birthday mas…

  27. Eaaa, dijejerin sama blogger2 femeus, jadi gatel-gatel pengen keramas. Ketiban rejeki banget ini. Makasih, ya…
    Aku mah ngefans sama semuanya yg ada di listnya febri, termasuk blognya febri yg suka aku kepoin diem2.. 😀

    1. Aduhhh aku dikepoin sama Mbak Winda… *langsung ngumpet di balik tembok*
      Dirimu itu mah dah dalam jejeran blogger kelas atas mbak. Banyak belajar sayanya

  28. Baru ngeh n meluncur kesini habis baca WA grup, hahaha.. Seneng ya baca gini, berawal dari blog berujung pertemanan dan persahabatan

  29. Semua blogger menginspirasiku, yang masih pemula ini, dengan keunikan tulisan masing-masing, termasuk blogmu Ryan. Bagian paling seru dari dunia blogging adalah pas kopdarannya haha. Sering rasa ga percaya bisa ketemu langsung dengan blogger2 kondang

  30. Setuju.. daftar blog yg dah di list, semua menginspirasi.. blog Ryan jg penuh inspirasi… aku bersyukur lhoo ikutan ngeblog, soalny manfaatnya byk bgt…

  31. Omaga omaga…. Kenapa ada aku yg seksih ini ??? Aku cuman ceceran pejx di tisu basah, bukan blogger kak #LaluDitampar.

    Yuk terus menulis dan bagikan, agar orang lain juga merasakan kebahagiaan yg kita alami #BerbagiBahagia

  32. Mas Ryaaaaan! Allahu Akbar akhirnya bisa komeeeenn. Aku pas gak bs komen jadinya cuma SR ????. Skrg udah nongol mass *sujud syukur* wwkwkk. Dirimu jg salah satu inspiratorku buat konsisten nulis. Makasih ya mas ??

    1. Yayyy… akhirnya bisa komen juga. *langsung cium tanah – lebaynya gw keluar deh*

      Arghh jadi inspirator juga… makasih banyak ya Dila…
      Maaf blm bw balik ke kamu nih

      1. Mas Ryan, btw udah bs komen.. Tapi komen balesan mas Ryan gak masuk ke wordpress notification aku. Jadi aku kudu ngecek nih baru ketauan huahahhahahaa. ?

      2. Hahaha. Iya. Aku matiin yang notif baliknya. Kmrn sempet bikin error masalahnya Dila. Kl aktif pd gak bs komen or balas komen org di blog. Jadinya ya ngalah satu deh

  33. Aawwww…..hampir semuanya kenal….dan sejujurnya kenal dengan sesama blogger itu sangat sangat membahagiakan…..dan kamu juga sangat menginspirasi….#lalu kapan kita bisa kopdaran ? 🙂

    1. Menginspirasi biar semakin ganteng kakakkkk. :d pengen ikutan ganteng gitu. hahaha.
      Dirimu tuh banyak kasih insight soal SEO dan JR…. makasih banyak ya mas

  34. Lima dari 10 daftar di atas mmg inspiring bgt. Yang lainnya krn belum kenal aja. Eh dr yang 5 ini tmsk blognya Ryan lho. Siap belajar terus deh dr kalian yaa. Glad we met.

  35. Awww. I’m so honoured! *menjura*
    Jangan kapok belajar bersama ya, Mas. Aku juga dapat banyak ilmu dari Mas Ryan 😀
    Sayangnya sih satu, semangat fiksi saya belum balik. Hayo, diumpetin ke mana? Sini, Mas, balikin! *lho*

    1. Aduhhh saya juga lagi nyari mbak… kayaknya diumpetin sama Uda Sulung nih. Biar dia gak sendirian. 😀

      Makasih banyak ya mbak dah banyak bantuin juga selama ini.

  36. haaa. nomor 6 Aldy putra, si doi emang keren,, dulu dia sering online di suatu server… dan akhirnya dia pensiun konsentrasi ngeblog 🙂

    kalau buatku siapa ya yang menginspirasi aku buat ngeblog? :3

  37. Blushing…. *lanjut spikles *trus berkaca-kaca
    Makasih Yaaaan. Gak nyangka berawal dari komen-komenan, saling follow eh kita bisa sedeket ini sekarang *sounds so wrong ya? Hahahaha
    Lu inget gak sih kita makan siang bareng di Cobek yang super rame dan super panash. Hahaha. Aslik banget kalo diinget sekarang kayak semuanya sudah ditakdirkan. Gak ada yang kebetulan! Makasih Yan. You also inspire me!

    1. Huahahaha banget… eh cobek masih ada gak yak? Itu ketemu darat pertama yak. Grogi gw waktu itu – ketemu blogger femus spt dirimu. 😀

      Memang ya Dan… we don’t know apa yang diatur oleh Yang Kuasa. Palagi ketemu Nik.

    2. Mas Dani juga menginspirasikuuuu, walaupun sekarang kebanyakan SR. Lhawong BW nya pasti di tram pas pulang kerja *kaya sekarang! Hihihi… Keep blogging ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *