fbpx
kenapa membaca alasan membaca saya

Ini Alasan Membaca Saya, Mana Versimu???

Membaca buku, rasanya dari jaman kita SD sudah dijejali dengan berbagai buku yang harus kita baca. Kalau dulu, mungkin kalau ditanya alasan membaca, kita akan menjawab harus. Itu disuruh oleh sekolah – biar lulus gitu. Tapi kalau sekarang ditanya kenapa membaca? Apa jawabanmu?

Alasan Membaca Setiap Orang

Saya sendiri percaya alasan tiap orang untuk membaca itu pasti beda-beda. Saya, kamu, dia (kok kayak drama percintaan segitiga sama sisi #eh curcol), mereka, dan yang lainnya, masing-masing mempunyai alasan membaca yang berbeda.

Apapun alasannya, entah itu dipaksa (oleh sekolah, kampus ataupun kantor) atau karena memang sudah cinta mati dengan kegiatan membaca, saya merasa kagum pada orang yang suka membaca. Membaca yang saya sebutkan di sini dalam artian luas, tidak hanya dalam bentuk buku secara fisik, tapi juga membaca secara online, seperti membaca status orang (baca: kepoin orang), berita di portal online ataupun baca blog.

kenapa membaca alasan membaca

Kenapa Membaca?

Saya tidak akan membahas apa alasan orang membaca, tapi lebih ingin menuliskan kenapa saya membaca? Apa sih manfaat membaca bagi saya – setidaknya yang selama ini saya alami sendiri ya.

#1. Karena Saya Bisa

Bukan apa-apa, bagi saya, membaca itu adalah bentuk saya mengucap syukur telah diberikan kemampuan untuk membaca. Coba saja lihat mereka yang memiliki keterbatasan dengan penglihatan mereka. Apa gak malu kalau sampai, saya yang masih bisa melihat (walau dengan minus yang gede) ini gak baca?

Alasan membaca nomor satu ini selalu saya tekankan ketika lagi malas membaca. Mungkin saat ini saya jarang membaca buku fisik – terakhir buku yang saya baca adalah buku tentang blogging dari Mbak Carra. Tapi saya membaca banyak tips blogging secara online – ini juga terkait dengan alasan kenapa membaca saya berikutnya.

#2. Karena Saya Ingin Tahu Lebih

Yes, I want to know more…. Saya selalu merasa “lapar” akan pengetahuan. Seperti misalnya, setahun lalu, saya penasaran dengan kenapa traffic blog yang biasa saja. Lalu saya mulai mencari tahu (dan dikenalkan dengan beberapa orang super dari Webtv.id yang paham) soal ini. Mulailah saya belajar soal SEO dalam blogging.

Karena saya ingin tahu cara mengatasi iphone mati total, saya pun membaca di website langkah-langkah mengatasinya. Karena saya ingin tahu tentang makanan khas dari satu daerah, saya pun mencari tahu soal itu dan membaca dengan seksama.

#3. Tidak Ada Alasan Membaca Lainnya, Selain

Karena saya ingin sharing hal-hal yang bagus dan bermanfaat, saya pun membaca. Misalnya saja dalam membuat review film, saya akan membaca beberapa review luar negeri, review dalam negeri dan juga behind the scene dari film yang akan saya review.

Karena saya ingin memberi lebih dalam tulisan saya – karena saya ingin mereka yang membaca tulisan review film saya mendapatkan sesuatu yang lebih. Sesuatu yang baru terkait film tersebut, bisa saja tentang gosip pemain utama dalam film itu ataupun budget film yang dimaksud.

Akhirnya – Kenapa Membaca Milikmu Dan Milik Saya

Gak mungkin sama dan memang gak harus sama. Begitu banyak manfaat membaca buku yang bisa kita jadikan alasan membaca buku. Tapi semua itu kembali lagi ke masing-masing pribadi. Ke dirimu sendiri. Apakah memang mau membaca atau tidak?

Membaca itu mengajak kita belajar. Apalagi di era teknologi seperti ini, kemudahan dalam membaca itu sangat menolong. Seperti dengan e-book, blog, dan berbagai website informatif lainnya. Semua bisa dilakukan dalam perjalanan menuju kantor. Pertanyaannya adalah apakah kamu mau membaca?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Kenapa Saya Membaca dari Taman Baca Pesisir. Ikutan yukkk.. DL: 29/2/2016. Hadiahnya buanyakkkk. Lengkapnya bisa dibaca (tuh harus baca kan?) di blog Adelina.

22 Comments

  1. clay 18 November 2018
  2. Dandy Siswandy 15 November 2016
  3. BaRT 27 Februari 2016
    • Febriyan 27 Februari 2016
  4. Adelina 26 Februari 2016
    • Febriyan 26 Februari 2016
  5. Vita 26 Februari 2016
    • Febriyan 26 Februari 2016
  6. arni 25 Februari 2016
    • Febriyan 25 Februari 2016
  7. lidya 25 Februari 2016
    • Febriyan 25 Februari 2016
  8. eggimaru 24 Februari 2016
  9. @danirachmat 24 Februari 2016
    • Febriyan 25 Februari 2016
  10. eda 24 Februari 2016
    • Febriyan 25 Februari 2016
  11. Sashy 24 Februari 2016

Leave a Reply