fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Review Buku: Blogging, Have Fun and Get The Money by Carolina Rati – Buku Wajib Blogger Indonesia Pemula

3 min read

review buku blogging have fun and get the money

Sudah lama rasanya saya gak review buku, bukan karena gak ada buku baru, ada – banyak bahkan. Tapi ya itu, seringkali beli buku dan kemudian didiamkan saja. Kebetulan ada buku baru – tentang blogging.

Dunia yang sedang saya perdalam karena salah satu blog niche saya tentang dunia blogging Indonesia. Jadi kenapa gak bikin reviewnya sekalian? Berikut review buku Blogging Have Fun and Get The Money versi saya.

review buku blogging have fun and get the money
Saya ngeblog sambil baca buku cobaaa

Detail Buku Blogging: Have Fun And Get The Money

Judul buku: Blogging: Have Fun And Get The Money

Penulis: Carolina Ratri
Editor: Herlina P. Dewi
Proof Reader: Weka Swasti
Desain: Teguh Santosa
Layout: Arya Zendi
Tebal: 258 halaman
ISBN: 978-602-7572-44-7
Penerbit: Stilleto Book

Blurb

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan penghasilan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalu kerja sama job review.

Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup. Buku ini membahas berbagai tip, seperti:

  • Menentukan tema blog
  • Mencari ide tulisan
  • Mempelajari teknik menulis yang baik
  • Mempercantik tampilan blog
  • Cara mendapatkan job review
  • Cara kerja Google Adsense
  • Mempopulerkan blog dengan SEO dan media sosial
  • Sampai, profil para blogger senior

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring serta personal branding.

Review Buku Blogging Have Fun And Get The Money

Saya bingung!!! Beneran, saya bingung banget mau mulai review buku Blogging Have Fun And Get The Money ini dari mana. Well, selain udah lama gak menulis review buku, saya bingung menuliskan apanya. Karena semua topik dalam buku ini (7 topik utama dengan 27 sub bahasan) itu adalah yang saya memang lagi suka. Kata teman saya kalau udah passion sampai lupa waktu ya?

Nah seperti membaca buku yang satu ini, saya sampai lupa waktu. 5 jam langsung saya lahap habis buku ini. Mau tahu topik bahasannya apa saja di dalam buku ini?

review buku blogging have fun and get the money
Review Buku Blogging Have Fun And Get The Money versi Febriyanlukito

Bab 1 – Pendahuluan

  1. Why Blogging?
  2. Apa sih, Hasil dari Ngeblog?
  3. Yuk, Ngeblog yang Menghasilkan!

Bab 2 – Let’s Blogging

  1. Tentukan Niche Blogmu
  2. Tentukan Nama dan Judul Blog
  3. What Platform?
  4. Mendaftarkan Blog ke Search Engine
  5. Tip-Tip Dasar SEO

Bab 3 – Blogging Is Writing

  1. Writing as a Passion
  2. Teknik Dasar Menulis Blog
  3. Cari Ide Tulisan, Yuk!
  4. Awas Plagiarisme
  5. Memelihara Semangat Ngeblog

Bab 4 – Blogging For Job Review

  1. Apa Job Review?
  2. How to Get Job Review?
  3. Seluk Beluk Ratecard
  4. Yuk, Tulis Artikelnya!
  5. When It’s Published
  6. Bookmarking

Bab 5 – Apa Kata Blogger Dan Advertiser?

  1. Para Headhunters
  2. Para Job Reviewers

Bab 6 – Cara Lain Menghasilkan Uang Dari Blog

  1. Google Adsense
  2. Program Afiliasi Lain

Bab 7 – Penutup

  1. Merawat Blog Selayaknya Rumah
  2. Keep Updated, Keep Learning and Keep Sharing
  3. Socialize and Networking

Gimana? Keren kan pembahasannya? Buat saya sih iya, gak tahu kalau mas Anang #eh?

Lebih Dalam Melihat Blog Karena Buku Blogging, Have Fun and Get the Money

Satu penyesalan saya setelah baca buku ini. Kenapa gak dari dulu mbakkkkkk???? Lebay ya. Eh tapi beneran deh. Pas bikin blog di awal dulu, saya mana terpikir untuk menentukan niche, nama dan judul blog yang ternyata ngaruh banget (banget banget) ke yang namanya SEO  – Search Engine Optimization.

Nama blog yang mudah diingat dan juga judul blog yang menjelaskan isi blog kita itu penting agar orang yang datang tahu isi blog kita – intisari yang saya dapat dari Tentukan Nama Dan Judul Blog (halaman 47 – 51).

Kalau dulu dah baca buku ini mungkin saya sudah jalankan niche blog dari dulu yang sesuai passion saya sendiri. Hehehehe. Jadi menurut buku ini, pemilihan niche atau lifestyle (istilah untuk blog gado-gado seperti saya ini), nama dan judul blog itu penting banget.

Branding Your Blog katanya.

Jadi kalau orang mendengar nama blog akan langsung teringat. Salah satu yang saya suka banget brandingnya adalah mas Rijal Fahmi Mohamadi yang muncul di halaman 44.

Dia ini salah satu travel blogger kesukaan saya (eh tapi baru tahu nama lengkapnya dari buku ini). Blog dia itu Catperku – Catatan Perjalananku, berisi catatan perjalanan dia (kalau gak salah dengan istri sih sekarang).

Pokoknya menurut saya kuat banget deh brandingnya. Kalau dengar kata catatan perjalanan, saya pasti larinya ke alamat blog dia. Itu kekuatan branding yang saya sendiri masih kurang sih. Makanya nih, mbak Carra… (sekali lagi), napa gak dari dulu sih nulis buku ini??? :’(

Giveaway Buku

Eh eh… saya diberikan 2 (dua) buah buku Blogging: Have Fun and Get The Money ini dari Stiletto Book, saya ingin bagi-bagi nih lewat giveaway ini. Langsung aja yak, caranya gampang kok. Berhubungan dengan topik yang saya suka banget dari buku ini (yang saya tuliskan di atas – niche, nama dan judul blog) – Pertanyaanya adalah:

Buat yang belum punya blog, kalau ingin membuat blog, topik dan nama blog apa yang kamu pilih? Sedangkan untuk yang sudah punya, topik apa yang bisa dibilang kekuatan blog kamu sekarang? Dan pertanyaan untuk semua adalah: Kenapa kamu pilih itu?

Jawab pertanyaannya di kolom komentar ya. Yang terbaik nanti akan dikirimkan bukunya langsung. O iya, syarat khusus untuk giveaway ini adalah:

  1. Follow juga twitter @Stiletto_book
  2. Follow IG: Stiletto Book atau yang gak main di IG bisa like Fan Page Stiletto Book. Dijamin gak rugi kok kalau follow akun ini.
  3. Follow, like dan share twitter saya berisi Blog Tour and Giveaway Buku Blogging Fun and Get The Money ini ya. Twitternya: @feb_ryan24 – jangan lupa pas share mention akun twitter saya dan Stiletto Book ya dan dengan hastag #BloggingHaveFun
  4. Follow twitter @tulisanblogger
  5. Tuliskan jawaban kalian di kolom komentar – ingat ya… yang menarik biar saya langsung ngeh gitu. Hehehehe. Sertakan Nama dan username Twitter kamu ya.
  6. Giveaway ditutup tanggal 23 Desember 2015 pukul 23:59. Pemenang diumumkan pada tanggal 24 Desember 2015.

Kesimpulan Review Buku

Pada intinya sekali lagi saya bilang: “Kenapa gak dari dulu???” untuk review buku Blogging: Having Fun and Get The Money karya Mbak Carra ini saya berikan nilai sebagaimana tertera di data review ya. Pokoknya, kamu gak akan nyesel kalau ikutan Giveaway-nya dan baca buku ini.

blogtour dan giveaway blogging have fun and get the money

Update:

Terima kasih banyak untuk yang sudah ikutan Giveaway ini ya… buanyak banget…. saya sampai bingung nih. Setelah berpikir, membaca, berpikir lagi, membaca lagi… sampai pusingnya makin (pake random aja deh kalau gitu yak), pemenang #Giveaway #BloggingHaveFun ini adalah:

  1. Sashy (twitter: @sashy507)
  2. Dani Rachmat (twitter: @danirachmat)

Selamat untuk para pemenang ya. Mohon kirimkan data: Nama, Alamat dan No HP kalian ke email saya ya (bisa cek di sidebar kanan). Buat yang belum menang, masih ada kesempatan untuk ikutan di www.ketimpukbuku.com yang dimulai hari ini sampai 28 Desember 2015 ini. Monggo cek juga twitter @inokari_

Selamat liburan kawans….

Review Buku Blogging Have Fun and Get The Money karya Carolina Ratri
  • Desain
  • Isi Buku
4.6

Ringkasan

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan penghasilan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalu kerja sama job review.

Seperti apakah buku ini bagi diri saya sendiri? Baca lengkap review buku Blogging Have Fun And Get The Money dan ikuti Giveawaynya ya…

Sending
User Review
0 (0 votes)
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

103 Replies to “Review Buku: Blogging, Have Fun and Get The Money by Carolina Rati…”

  1. Wah bukunya keren mas, jd pengen baca, Kemaren udah sukses pindahan blog berkat tutorial mas rian, sekarang lg banyakin tulisan nih n selanjutnya kudu baca buku ini nih

    1. Wahh. Dah pindahan ya mbak. Selamat yak. Btw mbak, itu profile wp.com nya diganti mbak urlnya ke alamat blog yang baru. Biar semua tahu link yang barunya.

  2. Berat apa-nya? beratan juga beban dosa gw, Pak! hahaha! Itu buku gw beli abis ketemuan sabtu kemarin. pulang mampir ke AEON, liat ada toko buku akhirnya jadi beli2 buku deh. impulsif buyer gw 😀 Btw, kenapa ya sabtu kemarin? kok pake sorry segala? kaya Justin Bieber ajah :p

  3. Setelah berhari2 lo nawarin gw utk ikutan GA, baru gw baca post lo ini secara full! hahaha..telat banget ya gw 😀 Btw, Pak…pan lo tau gw gak beredar di med-sos, bisa2nya lo ngajakin gw ikutan GA dgn syarat mesti follow twitter. basa basi lo ah :p mending kita swap buku yuuk, i’ll borrow yours and i’ll lend you mine. currently reading 100 great branding ideas by sarah mccartney.

    1. Uidihhh Rin. Bacaannya berat bangets dahhh. Kayak bacaannya Nik aja tuh. Hahahaha.
      Sengaja sih biar lo bikin sosmed gitu. Hahahaha *kaboooor ahhhh*
      Eh sorry ya yang Sabtu kmrn.

  4. Udah hampir dipenghujung hari… Mudah2an turut meramaikan 😀
    Saya punya blog sebenarnya sudah dari jaman friendster. Isinya pasti gado-gado curhatan kayak diary. Tapi baru satu tahun kebelakang ini pengen fokus sama dunia tulismenulis ala tulisan feature atau reportase gitu dengan gaya pribadi. Jadilah pakai media blog.

    Akhirnya memilih nama blog sanwa journeys karena berisi perjalanan hidup saya dan suami tentunya yang bisa dikonsumsi umum. Niat awalnya hanyalah ingin berbagi catatan perjalanan. Namun seiring tipisnya waktu dan dompet ternyata tidak banyak bahan yang saya ceritakan. Sehingga memutuskan memakai blog ini menjadi media berbagi seputar perjalanan hidup saya dan suami dan disajikan dengan gaya reportase namun bergaya bahasa yang pribadi.

    Fokusnya tetap catatan perjalanan dan tips2 seputar kehidupan rumah tangga dan hobby. Fokus inilah yang jadi kekuatan blog saya itu. Sukur-sukur malah bisa menghasilkan. Tadinya blog ini mau dicampur dengan review buku tapi akhirnya khusus tentang buku saya pisahkan walau jarang di update jadinya.

    Wehehehe maaf ya mas, kepanjangan.

    Nama: Sandrine Tungka
    Twitter: @sandrinetungka

  5. Nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    akun twitter : @MukhammadMaimun
    Wah, buku yang sangat menarik karena saya pengen banget buat blog.
    Dan apabila saya membuat blog, saya akan concern sama dunia perbukuan seperti review dan beberapa tulisan saya. JUga saya akan membuat topik tentang musik dan sebagainya pokonya tentang hobi gitu. Tapi yang saya kuasai lah.
    Nama blognya mungkin leyeh-leyeh.com atau isengaja.com atau kalau sudah ada ya sekedarpengisiwaktu.com

  6. Salam kenal dulu, ya! Saya Murni. @MurniRosa. Hehe..
    Blog saya masih baru: murnirosa.com. Topik yg menjadi kekuatan blog? Saya berminat nulis banyak topik, berkaitan dengan orang2, Mas. Bisa isu yg lg ngetren, tips, yg bermanfaat buat siapa aja. Alasannya, saya pengen lebih bereksplorasi, dan sekalian mengukur pencapaian diri sendiri juga.

    Btw, reviewnya lumayan menggoda. Tajam pada poin2 yg penting buat kantong dan skill blogger. Mantap bikin pengen baca! :))

  7. Topik yang jadi kekuatan blog saya saat ini…??? BELUM ADA… :'(
    Saya baru mulai kembali menulis di blog pada pertengahan Oktober dan saat ini fokus blog saya adalah tentang buku. Tapi sampai saat ini, saya masih belum menemukan apa yang bisa jadi daya tarik dan juga ciri khas untuk blog buku saya. Apalagi melihat banyaknya blog buku yang beredar dan juga blog buku yang memang sudah mempunyai nama di dunia book blogging, saya benar-benar harus bisa menemukan ide dan menciptakan hal baru pada blog buku saya dan menurut saya buku ini bisa membantu saya mencari solusi. Bahkan sebelum melihat daftar isinya saja, saya sudah penasaran akut dengan buku ini hanya dengan melihat judul pada covernya, apalagi setelah membaca daftar isinya. Wuihhh, makin semangat pengen baca… 😀
    Semoga saya berjodoh dengan giveawaynya… 😀

    Terima kasih kak ^^

    Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip

  8. Memiliko blog bagi saya sebagai hobi yg tetap menjaga kewarasan karena saya sering gila kalau baca fb *hwehwe*

    Kekuatan di blog saya adalah sharing tentang profesi saya saat ini yaitu perawat dan doula.

    Sebagai perawat saya sering mencari inspirasi di google. Info yang saya muat mengenai keperawatan tidak melulu saklek menggunakan kaidah tulisan ilmiah supaya pembaca selain perawat juga bisa menikmatinya. Sementara doula adalah profesi baru dimana banyak org yg sedang mencari infonya untuk menjadi pengguna jasanya atau justru ingin menjadi doula.

    Terimakasih mas febryan diijinkan ikut. Smg saya yg menang hehe 🙂

  9. Punya blog, tapi karena nggak tahu cara mengatur dan mempercantiknya, blog-ku jadi terbengkalai. Dari pertama kubuat postingannya kurang dari 10. Sudah banyak membaca tutorial untuk mempercantik tampilan tapi masih nggak ngerti juga. Tadinya sih blog ku mau kugunakan untuk menampung tulisan-tulisan tentang cerpen, cerbung dan pembahasan soal buku. Nyatanya mengatur blog lebih sulit dari pada sosmed yg lain. Mungkin buku ini bisa membantuku? Khoyul @JKhoyul

  10. Konten blog yang menjadi kekuatan bagiku adalah tentang education, parenting Karena sesuai dg latar belakang ku sebagai ibu rumah tangga dan pendidik. Saya memilih hal tersebut agar blog bukan hanya sebagai tren saat ini namun lebih kepada mendidik anak bangsa.

  11. Mantap reviewnya. Saya mau niche tapi jadi bingung karena banyak yg saya suka. Jadinya digabung aja semua biar fokus di satu blog dan males ngurus hal lain selain konten 🙂 (seo, branding, dll)

  12. bukunya bagus ternyata yaa.. jadi pengen punya jg. Awal ngeblog jg aku gak kepikiran bakal diajak kerja sama dgn brand ini itu, walo belum banyak2 amat ssiihh.. tp dah seneng jg, tp rasanya aku belumlah dianggap blogger, masih ecek2 smua tulisanku ini hihihihi. Lwt tulisan review Ryan ini byk bgt yg harus digali lg ttg dunia blog… btw.. ada GA ya ini… tinggalin jejak dulu ya, nanti mampir dimari lg. BTW Ryan.. tulisanku kmrin yg dikirim ke email, batalin aja ya.. aku cari ide yg lain aja, coz rasanya yg kmrin dah kelamaan hehe, nanti aku kirim lg draft nya di email. makasih ya

  13. Coba ikutan ah aihihihi…
    Saya sudah punya blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger. Sebab jam terbang yang masih rendah. Belum juga konsisten untuk membuat posting. Sebagian besar isi postingan saya adalah tulisan untuk lomba. Sisanya, tulisan terkait hobi saya. Karena memang blog ini dibuat dengan domain pribadi http://www.rinadarma13.wordpress.com. Nah, kalau ditanya kekuatan blog saya apa? Setelah saya pikir-pikir adalah tentang review book. Sebab, hobi saya membaca dan menulis. Saya enjoy saat mereview buku.
    Jika beruntung menjadi pemenang giveaway ini, tentu senang sekali. Sebab, saya belajar ngeblog secara otodidak. Dengan adanya panduan buku. Harapannya, ngeblog jadi terarah dan tidak sekedar ikut trend.

    Salam
    Nama: Rina Darma
    Akun twitter: @Rina_Darma13

    1. Terima kasih ya mbak partisipasinya. Semangat mbak. Buat saya, saat seseorang memutuskan membuat blog dia adalah blogger. Dirutinkan aja mbak tinggal.

  14. Evita | @evitta_mf

    Tiga tahun yang lalu aku bikin blog di wordpress, awalnya bikin blog buat tugas kuliah. Url nya pake namaku yang terdiri dari tiga kata. Kebayangkan betapa panjangnya itu url dan betapa susahnya buat dihapal. Terus awal tahun aku kepikiran buat ganti url biar gampang untuk diinget, eh pengunjung blogku langsung 0 padahal biasanya bisa 200-300 visitor per hari. Kan sedih banget. Terus kepikiran buat hapus blog yang udah aku urus selama 3 tahun lengkap bersama kenangannya. Nggak apa-apa deh lagian blogku itu isinya gado-gado.
    Akhirnya aku cari-cari nama yang mewakili blogku. Pertama aku mau fokusin dulu blogku tentang apa. Nah karena aku suka baca dan nulis aku mau bikin blog buku. Awalnya bingung namanya apa yang pas dan mudah diingat. Akhirnya ketemu nama blog untuk blog bukuku booknivore[dot]wordpress[dot]com kalau carnivore kan pemakan daging, herbivore pemakan tumbuhan, kalau omnivore pemakan segala, kalau booknivore pamakan/pelahap buku (book eater) hhehe. Gitu sih yang aku pikirin. Sekarang blog itu isinya resensi buku dan tulisan saya. Kekuatannya diblogku yang baru menurutku sekarang aku punya fokus di blog, dan bahasannya nggak meluas kemana-mana.
    Baru bikin dari november sih semoga aku semakin rajin baca buku, review, dan blog bukunya bisa bertahan lama. Aamiin.

    1. Wahh… keren mbak untuk namanya. Unik. Suka banget itu serjarhnya. Mudah2an lancar terus mbak dalam bloggingnya. Amin untuk semua doanya…
      Makasih sudah partisipasi dan salam kenal ya…

  15. hai mas salam kenal, aku mau ikut GA-nya boleh yaaaa?
    Btw aku udah punya blog nih nadiahrachmani.blogspot.com namanya, aku waktu itu bingung mau kasih nama apa, jadi ya aku tulis nama asli aku aja. Dan aku dapet pencerahan akhirnya blog ini aku kasih judul Basecamp Gajah. kenapa ya dikasih nama ini, ya karena basecamp aku mau semuanya berkumpul diblog aku untuk baca-baca, saling sharing tentang kehidupan, dan pastinya dapet temen baru. Dan gajah, ya karena akuk lumayan gendut jadi ya namain sesuai bentuk aja. lagian aku suka sama hewan gajah, kaya punya kekuatan dari dalam aja, barangkali bisa menyulap blog ku jadi punya kekuatan juga sih *tapi serem juga sih kalau sampai terjadi*
    oh iyaaa aku sih disini masih banyak nulis yang ngalor-ngidul kemana-mana, diisi tentang perasaan aku, rasa suka kepada seseorang, hal yang aku sukain, sampe aku isi kasur kalau bisa biar lebih nyaman hihiihhi
    aku baru nge-blog tahun 2013, jadi aku butuh banget sama buku yang isinya kaya begini, agar blog aku menjadi keren dan banyak yang mengunjungi, mudah-mudahan aku menang ya mas, pasti bukunya bermanfaaaaaaaat bangeeeeeet, makasih.
    Nama: Nadiah Rachmani
    twitter:@nadiah_rachmani

    1. Boleh banget dong mbak. Salam kenal juga ya. Makasih loh dsh partisipasi.
      Aduh itu pengakuannya jujur banget soal gajah. Amin mbak. Kita lihat ya nanti bagaimana. Semoga sukses. Semangat terus ngeblognya

  16. Nama : Siti nuryanti
    Twitter : @NelyRyanti
    Link share :https://twitter.com/NelyRyanti/status/678819502889439232

    Ini kedua kalinya ikutan GA untuk dapetin buku mba Carrolina Ratri, he..he kmrn belum beruntung..semoga kali ini berjodoh.
    Saya udah punya blog, tetapi masih rendah banget trafficnya, karena memang pengetahuan blog saya masih minim banget. Menulis juga masih harus banyak belajar, terkadang saya masih belum Pede, ngasih tahu blog saya, soalnya masih soo simple banget. Ada 2 blog yaitu http://www.salsa-nely.blogspot dan http://www.jendeladuniaku2015.wordpress.com
    Blog yang pertama isinya tentang keseharian kedua putriku (salsa-nely) dan beberapa tips parenting, ada juga tulisan lainnya…yang jelas gado-gado deh. Karena memang saya masih jarang update, trafficnya masih sangat sedikit, tapi biasanya yang banyak viewernya tulisan yang berisi tips – tips; seperti tips diet sehat islami,tips memilih sekolah, tips melatih puasa anak dsb

    Blog ku yang ke-2 : jendeladuniaku2015.wordpress, saya ambil nama jendela duniaku, karena isi blog ini berisi tentang buku-buku yang saya baca, karena seperti kita tahu peribahasa, bahwa buku adalah jendela dunia. Jadi kubuat blog ini jendeladuniaku, yang kubuat di awal tahun 2015. Dan karena tampilan dan isi tulisannya juga jarang update, trafficnya belum banyak. Padahal awal niat bikin blog ini, minimal seminggu sekali posting,..tapi tidak sesuai niatan hiks… semoga tahun depan aku bisa aktif ngeblog lagi…apalagi bisa baca bukunya mba Carroline ini…langsung bisa dipraktekin nih he..he..
    Maaf ya jadi malah curcol

    1. Boleh kok curcol. Sangat boleh malah mbak. Makasih ya dah partisipasi di sini mbak.
      Ayo semangat mbak ngeblognya. Spt kata mbak Carra temukan passion menulis kita. Hehehehe.

  17. halo mas ryan *mata kedip kedip*
    waktu pertama ngeblog dulu, saya clueless banget. dan asal kasih nama aja : fleurlady.
    Fleur dari bahasa prancis yang artinya cantik. Lady artinya wanita toh ya. jadi you know what maksud eijk lah arti nama blogku apa 😛 *lalu dijejelin cermin sama mas ryan*
    Makin ke sini, saya lebih suka memperkenalkan diri sebagai blognya Mrs. Muhandoko. Sesuai dengan taglinenya “Keeping up with the Muhandokos”, maka blog belum berniche ini mencoba dadah dadah say hello ke pembaca dengan kisah kisah absurd versi keluarga Muhandoko. Saya cuma pingin berbagi joyfull dan keceriaan melalui blog. Sekaligus, sebagai milestone hidup, sebagai bahan ketawaan dan renungan di kemudian hari. topik paling sering dicari oleh pembaca ? belum ada! *lalu nangis di pojokan*
    hahaha, its oke. blogging for fun kan ya 😀
    nb : sempat kepikiran untuk menyelipkan satu topik khusus yang agak serius, tapi tetap dengan bahasan santai. biar lebih smooth sharingnya, dipilih yang berkaitan dengan pekerjaan sehari hari aja 😛
    udah kufollow semua ya kakak ;D

    1. Hallo Mrs Wanita Cantik Muhandoko (dikeplak) hahaha. Makasih ya dah partisipasi.
      Serius tapi santai sangat boleh tuh Na. Tips2 atau tutorial gitu bs narik pengunjung. Hehehe

  18. aku lupa loh tweeter ku apa username sama paswordnya haha jarang buka itu si.. aku ikutan ngejawab aja kali ya biar rame 😀

    blog ku namanyakan limau nipes ( jeruk nipis dalam bahasa palembang) dan tag line nya keranjang buah.. limau nipes itu kecut alias asem tapi khasiatnya banyak simplenya si gue mikir ini hidup banyak cobaan yang kecut kayak jeruk nipis. sedangkan kalau user namenya malah limau manes alias jeruk manis biar gue selalu inget hidup ini ngk melulu asem. untuk tag line nya aku pake kata keranjang buah itu artinya dunia ini seperti keranjang buah yg di dalamanya banyak jenis buah yang berbeda. terus kategorinya kan aku ambil organ dari tumbuhan batang, akar, dll semua si di kaitkan dengan kehidupan.. contohnya pucuk itu biasanya untuk masalah kerjaan, batang untuk masalah keluarga dahan untuk persahabatan dst.. gi tu loh mas ryan 😀 itu kenapa blog ku banyak isinya cuma cerita sehari-hari.

  19. Ikutan dong :hihi.
    Tema blog saya sebenarnya mencari jejak. Maksudnya mencari apa yang ditinggalkan orang-orang. Cerita-cerita dan tempat-tempat masa lalu (ya, saya kebanyakan hidup di masa lalu) yang sekarang mungkin cuma dipandang orang sebelah (bahkan seperempat) mata, padahal kalau tidak ada cerita-cerita itu, mungkin kita tak ada saat ini dan tidak bisa mengetik atau membaca ini. Singkatnya, mungkin kita tidak pernah ada.
    Karenanya saya lebih banyak bergerak di bidang sejarah… padahal sih sebenarnya tidak demikian. Saya cuma mencari jejak, ke mana pun saya melangkah. Cerita apa yang ada, apa yang saya alami, apa yang ditinggalkan orang tapi bisa saya lihat, ya akan saya kumpulkan. Gado-gado, ya, katakanlah sesukanya, tapi saya sih lebih beranggapan kalau saya menulis apa yang saya mau tulis, dari apa yang saya koleksi :p.
    Jawaban yang sangat tidak membantu ya :haha. Tapi ya memang demikian adanya.

    Twitter: @gara_pw
    Saya sudah melakukan semuanya sesuai instruksi :hihi. Bagus euy idenya. Semoga berhasil ya Mas :hoho.

      1. Setahu saya, namanya jejak kan pasti berkaitan dengan sesuatu yang sudah kejadian ya Mas. Kalau dengan sesuatu yang sedang kejadian atau yang belum kejadian, kayaknya namanya bukan jejak.

      2. Itu mah namanya juga sudah kejadian juga kali Mas :haha.
        Boleh, itu draft ada banyak, saya publish satu-satu, ya. Perjalanan Menjangan kan juga sudah beberapa bulan yang lalu :hihi.

  20. Ngeblog serius dan punya niche keren, trus get money gituh? udah mainstream itu maaahhh hihihii…
    Saya belum lama ngeblog nih Mas Rian, masih suka bingung mau dibawa kemana hubungan kitaaaa *halaaahh…
    Beneran nih mas, saya pengin banget bisa nulis serius, lha tapi loh ternyata ada bbrp orang yg lebih suka saya nulis gokil di blog meskipun artikelnya membahas sesuatu yg bermanfaat. Lagian juga bingung sih, mau ambil niche food blogger, wong ga bisa masak dan jarang jajan (irit) 🙂 Mau ngaku2 fashionista ataupun beauty blogger, wong penampilan buluk gini. Travel blogger apalagiiii…ga pernah jalan2, gimana mau nulis kisah perjalanan cobak. Truuus…truusss… apa dooonkkk…
    Kehidupan emak blogger yang sederhana ternyata memiliki daya tarik tersendiri loh mas. Cerita saya tentang keseharian, yang kadang2 saya tuliskan dengan Bahasa Jawa, ternyata ada (segelintir orang) yang nyari. Biasanya kalau orang itu butuh hiburan sih, soalnya saya klo nulis artikel berbahasa daerah itu memang klo pas lagi kumat ajah hihihiiii… Saya senang berbagi kisah yang mudah dicerna, bikin hepi, dan kalau bisa ya yang mengundang brand untuk menjadikan saya ambassador mereka gituh hahahaa… ngayal tingkat dewa dewi deh aaahh. Jadi ya Mas Rian, buku Mba Carra ini sangat penting loh untuk saya. Sekian dan terima paketan 🙂 *kode

    1. Semua berawal dari khayalan atau impian Mbak Uniek. Gitu sih katanya… 😀 Moga tercapai mbak.
      Tulisan emak2 gitu memang menarik kok mbak. Saya termasuk penggemar gitu… hehehehe. Makasih ya Mbak sudah ikutan.

  21. Bloggu masih campur aduk belum ada teman tertentu, kemudian iseng dengan memberikan tips untuk bikin tas dari kaos bekas, dhuuuar postingan tutorial tersebut masih saja nangkring di kategori “most viewed” gitu lah. Garuk – garuk kepala juga kalau banyak yang tertarik dengan tutorial semacam itu, padahal nggak punya ide untuk membangun topik tentang tutorial ke arah crafting, akhirnya punya ide untuk “melebarkan” ide, meskipun bukan tutorial tentang crafting, aku isi dengan tutorial tentang blogging, “cara melihat kapasitas memori blog” dll. Meskipun istilahnya lebih teknis, tapi tetep aja isinya curhatan terlebih dahulu kemudian tekniknya 😀
    memberikan tutorial blogging kadang – kadang ya mikir dulu sebelum publish, ntar dikira “Halah tutorial gini, semua juga bisa”, tapi tetep di-publish juga sih, karena percaya aja akan ada blogger yang membutuhkan atau bahkan senasib dengan postinganku, perkara ada yang nyinyir, abaikan, yang penting nggak merasa dinyinyirin, wkwkwk 😀
    Punya topik andalah berguna jika moodnya sedang berantakan, meskipun mood berantakan masih bisa menulis postingan dan rame pembaca.
    Oiya, pernah loh bandingin komentator postingan “curhatan” dan komentator postingan “curhatan + topik andalan”, lebih enakkan yang topik andalan, biasanya mereka lebih banyak berkomentar, kalau postingan curhatan cuma “nice post” doang :((

    sari widiarti
    @MentionSari

    1. Setuju mbak. Tutorial tentang blogging harus diperbanyak. Walau banyak blogger keceh, tapi masih banyak juga yang butuh kok, seperti saya ini. Makasih mbak sudah ikutan GA saya ini. Saya termasuk yang dibantu mbak kok dengan tutorialnya. 😀

  22. Mas aku ikutaan yaaa.
    Nama blogku Keluarga Biru, memakai nama ini karena kebetulan aku dan istri sama-sama penyuka warna biru. Bahkan Aim pun juga suka warna biru, awalnya emang kami yang ngarahin sih tapi semakin ke sini tanpa disuruh dia secara naluriah udah milih warna biru he3
    Tema utama blogku adalah keluarga, untuk saat ini yang menjadi kekuatan dan daya tarik adalah travelling dan kuliner. Ini aku lihat dari banyaknya keyword yang nyantol di blogku kebanyakan di objek wisata dan kuliner di blog KB. Dan Alhamdulillah berkat artikel travelling dan kuliner ini blog KB beberapa kali menang lomba dan dapat undangan review sehingga makin membuat saya yakin untuk lebih fokus ke dua tema tersebut.

    Ihwan Hariyanto
    @ihwanmozaik

    1. Terima kasih Mas sudah partisipasi di GA ini. 😀
      Wahhh… penggemar biru banget yakkk.. 😀 Berkah tuh mas. Berkah ngeblog dengan tema itu ya. Semoga lancar terus mas.

  23. Aku officially ngeblog dari tahun 2012. Sebelumnya sih udah punya blog dr thn 2008. Tapi isinya diary semua *lol. Akhirnya fokus lagi ngeblog di thn 2012 itu.
    Judul yang aku pilih untuk blogku adalah ‘Catatan Oline’. Karena jujur aja dari awal gak kepikiran buat namain judul blognya apa. Cuma tau, blog ini akan diisi macem2 kegiatanku. Udah itu aja. Eh ternyata bener. Seiring berjalannya waktu blogku merangkum semua perjalananku.
    Dan untuk topik yang menjadi kekuatan blogku (saat ini) adalah fashion dan make up and beauty. Kalau ditanya alasannya saya juga gak tau. Mungkin karena saya lebih sering membahas kedua kategori tersebut di blog saya. Sehingga semua teman2 yang kenal saya kalau ada info event yang berhubungan 2 kategori tsb langsung menghubungi saya 🙂 tapi memang pada dasarnya saya suka banget segala sesuatu yang berhubungan dengan fashion dan make up and beauty.

    Caroline Adenan
    @Oline_BMI

    1. Wahh mbak Oline dah lama banget ya ngeblognya ternyata. 😀
      Pas pertama kali ketemu langsung saya nebaknya mbak Oline itu beauty blogger loh mbak. Abisnya… cantik. 😀 *dimarahin suaminya mbak Oline gak ya bilang gini… hahaha*
      Makasih ya mbak sudah ikutan GA ini – dan moga makin lancar bloggingnya.

  24. Ikutaann..
    Nama blog mizzdona.com
    Tapi belum bisa memanage blog ini dg baik. Makanya butuh banget ini bukunya hihi.

    Kekuatan blog saya pada tema travel around and stay for a while. sesuai kehidupan saya yang berpindah-pindah kota lalu menetap disana untuk beberapa tahun.

    Kenapa jadikan kekuatan? Karena setiap kota mempunyai banyak cerita, baik itu dari segi masyarakat, budaya, makanan, wisata, banyak yang bisa saya tuliskan dari setiap kota yang saya singgahi. blog ini juga sebagai catatan perjalanan pribadi, jadinya blog gado-gado, apa aja numpuk disana 😀

    1. Eh Mbak Donna,… apa kabarnya? Lama gak keliatan. Kenapakah dengan manage blognya mbak?
      Wah, pindah2 ya mbak tempat tinggalnya. Tapi seru juga ya bisa menuliskan semuanya jadinya.

      Makasih mbak sudah partisipasi dalam GA ini.

  25. wah buku yg ciamik nih dari mbak cantik yg pernah bbrp kali bertemu di acara brg blogger bandung. sayang blm punya hehehe… buku yg pengen aku pelukin erat bingits, pelototin,elus sayang,dan diseduh jd kopi biar nerap banget ilmunya. buku yg mkn nambah passion saya agar lbh bjejak lg jd blogger. dunia yg satu ini emang sgt asyek mampu menumbuhkan dan menebarkan virus long life education. belajar terus. itu yg akan saya perkuat d gerbangmatahariblogspot.com. blog perdana saya. pendidikan itu sesuatu. dr blog saya, harapannya adalah orang lain bisa dpt inspirasi dan terus berkembang, bersinar seperti matahari. jika demikian, rasanya saya bisa puas jd guru. guru profesional yg mampu membelajarkan dunia. gt deh

    nama: yayu arundina
    twitter: arundina3

    1. Salam kenal Mbak Yayu… dah sering ketemu sama Mbak Carra ya malah? Saya belum pernah nih. Hehehe.

      Keren mbak, menebarkan virus pendidikan melalui blog. Semangat ya mbak menulis dan menyebarkan virus pendidikannya.

      Dan makasih sudah berpartisipasi Mbak.

  26. Twitter : adelina_grace
    Website : adelinatampubolon.com

    Lihat isi bab dalam buku ini kelihatannya semua perlu bangat untuk blog pemula seperti aku. Ditanya mengapa ngeblog dan dapat apa dari ngeblog masih abu-abu.berharap bangat punya buku ini apalagi kalau dapatnya gratisan. Wish me luck

  27. Saya awal ngeblog dari 2010 di wordpress, pas hari wisuda teman2 (tapi sayangnya saya blm bisa wisuda hiks). Jadi blog itu jadi tempat curhat saya deh, sampe sekarang. Terus 2014 migrasi ke blogspot karena baca-baca katanya blogspot lebih user friendly dan sewa domain sendiri di akhir tahun 2014.

    Saat ini sih masih nulis campur-campur seputar pengalaman pribadi, tapi yang paling sering dibaca tentang pengalaman kerja dan seputar toefl. Saya paling suka nulis ttg keuangan, bahasa inggris (tips toefl/ielts *walau skor ga gede2 amat) dan review buku. Saat ini lagi seneng ikutan gym buat lose weight tapi blm sempet curhat di blog. Pokoknya berusaha buat tulisan yang positif karena pernah punya pengalaman sedikit ga enak ketika terlalu curhat di blog sampai saya hapus semua kegalauan saya. Jadi sekarang lebih ke tips2 dari pengalaman pribadi.

    Kedepannya sih mau aktifin blog khusus tentang cita-cita yang sedang saya kejar yakni jadi ahli manajemen risiko, mulai dari bedah jurnal ttg topik itu, buat artikel, bahas buku-buku seputar itu tapi sekarang masih jalan ditempat hehe.

    Dwi Aryanti
    Twitter: @DwiAryanti

    1. Wahh… toefl? Manajemen Resiko? Keren mbak. Salam kenal ya.
      saya senang banget topik-topik itu. Hehehe. Nanti saya berkunjung ah.. pengen baca.
      Makasih ya mbak sudah berpartisipasi.

  28. Tadinya mau pura-pura belom punya blog biar bisa jawab pertanyaan yang pertama. Hahaha.
    Anyway, blog saya mostly tentang parenting (including traveling). Kalau mau lebih spesifik lagi tentang “how to spend time with your kid.” Makanya saya ada hastag #DateWithDudu yang dipajang di blog dan suka nongol juga di mana-mana. Jadi kalau ditanya topik yang menjadi kekuatan saya mungkin lebih “how to get along with your child without sacrificing who you are.” Ibarat orang pacaran yang harus menyesuaikan tujuan kencan (eaaa) tiap weekend, ya beginilah perjalanan saya dengan si Dudu. Kalau berantem saya tulis berantem, kalau baikan ya jadi baikan. Untung lebih banyak kompaknya. Eits jadi curhat.

    Kenapa saya pilih itu jadi topik blog saya? Soalnya saya ngga suka anak kecil hahaha. Jadi ini sebenarnya sesuatu yang saya benci, namun karena saya cinta menulis dan bahan tulisan saya dari si anak kecil yang selain jadi pelajar SD juga sibuk jadi penyelamat umat manusia dari zombie ini, ya terpaksa dong saya belajar bergaul dan akhirnya get along sama dia. Dapat banyak banget pelajaran juga, yang mungkin bisa berguna buat orang lain di luar sana. Ini juga semacam meninggalkan cerita untuk dia baca kelak kalau sudah besar.

    Btw, habis baca review jadi penasaran sama bukunya. Soalnya kata-kata “Have Fun” dan “Get The Money” bisa ada dalam satu kalimat. Biasanya kudu pilih salah satu.

    Ruth Nina
    @_RuthNina_

    1. Wahhh… Makasih ya Ci Ruth dah ikutan.
      Saya dulu penasaran tuh kenapa dengan Dudu… dan ternyata alasannya… ahhh…
      Makasih sekali lagi Ci udah ikutan. Saya tetap pada pendirian, buku ini keren. hahahaha

  29. Aku ngeblog dari tahun 2008. Tapi bikin yang .com baru 2010. Awal bikin blog karena suka bete kalau nyari info ttg resto n kerajinan mesti harus search beberapa kali. Banyak artikel yg cuma kasih alamat tapi ga ada review dan kasih review ga ada alamat dst. Jadi saya bikin sendiri aja sekalian buat koleksi pengalaman. Saya lengkapi penjelasan alamat bahkan no telp.

    Dan karena mmg suka makan dan wisata jadi waktu mutusin bikin .com aku kasih nama wisataseru.com — ada seru karena aku metode penulisannya ga mau kaku alias suka suka aja biar dibaca enak, seru. Dan dilengkapi dengan foto.

    Tapi aku asli cuma tau menulis. Ngga tau seluk beluk memanfaatkan dan memaksimalkan web. Maka aku butuh buku2 seperti ini 🙂 semoga menaaang

  30. Mauuuuu… Ini dia buku yang aku cariii selama ini. Haiz moga moga dapaaatt bukunyaaaaa yah. Mau banget ilmu beginian. Asli pengen heheeee. Ga ada komen lebih dari pengen

  31. Jadi inget, rubrik buku saya gak nambah2 postingannya. Jadi sudah lama juga gak nulis review buku nih Mas…
    3 point di bab 7 itu benar-benar menarik topiknya. Penasaran juga nih.

    Salam,

  32. Hohohohoh… Udah rame banget yaaa… Padahal tadi pagi bisa jadi first comment-er. 😛
    Kalo ngomongin niche pastinya berhubungan dengan passion ato sesuatu yang kita pengen banget sampaikan ya. Gw kepikiran tentang ini waktu acara townhall meeting kantor beberapa minggu lalu.

    Sebelumnya selalu kepikiran bertanya-tanya apa ya passion gw lalalili dan gak nemu-nemu jawaban yang pas, tapi pas sesi motivasi di meeting tadi itu ada satu hal yang menyentak gw. Get your voice heard. Sampaikan sesuatu yang paling mengganggu pikiran lu untuk didengar banyak orang. Siapa tahu itu yang jadi alasan kenapa lu ada di dunia ini. Tell your why! Itu ujung pesennya.

    Nah nyambung sama itu, bertahun-tahun ini gw selalu galau kenapa dunia banking, tabungan, reksadana dan lalalilinya gak banyak yang orang tahu. Diajakin ke reksadana yang ada di bayangan mereka cuman bahaya-bahaya-bahaya. Yang masuk ke pasar modal ya para pemodal asing dan mencengkeram perekonomian Indonesia dengan modal mereka yang berjuta dollar. Karena mereka yang punya modal, jadinya begitu perusahaan milik orang Indonesia dapet keuntungan, yang kerja kita-kita juga, keuntungan dikasih lewat deviden ya ke pemodal asing juga. Gemes banget gw lihatnya.

    Gw pengen banget-banget-banget ngomongin hal-hal ini dengan bahasa yang sederhana dan dengan cara yang paling gampang dipahamin siapapun. Mungkin sekarang postingan gw belom konsisten ngarah ke sana, tapi percayalah, gw akan selalu berusaha untuk bisa mencapai itu. Ngobrolin duit, pasar modal dan asuransi secara sante. Sederhana dan siapapun bisa ngelakuinnya.

    Tanpa sadar itu jadi branding gw dan dengan senang hati akan gw pake. Karena siapapun berhak untuk tahu tentang dunia keuangan ini dan mendapatkan keuntungan dari ekonomi kita sendiri. Semakin banyak orang yang masuk ke pasar modal, lebih memahami tentang keuangan pribadi dan memiliki perencanaan yang lebih baik, semoga kondisi generasi sandwich bisa dihapuskan. Ujungnya tambah stabilnya perekonomian Indonesia. Mengutip kata-katanya Wina, Untuk Indonesia yang Kuat!

    *yaoloh! jadi satu postingan sendiri. *menangin ya Yan… Please-please-pretty please? *mata poos in boots
    😛

    Btw udah gw follow semuanya ya. 😀

    1. Uuhh panjang nih dan berasa banget passion lo Dan lewat tulisan barusan. Bisa jd post sendiri sih beneran. Hahahha.
      Kerennn. Dani Rachmat – Financial Blogger for Indonesia. Hehehe.
      Tell your why. ?? ditunggu ya pengumumannya.

    1. Terima kasih mas sudah berkunjung dan komentar di sini. Nanti saya berkunjung ke blog mas. Maaf ya saya hapuskan link dalam komennya. Tapi masih ada di user name mas kok.

  33. Kagak punya twitter ayeeee…
    pigimane hari gini kagak punya twitter…??!!!
    Kalau ngga ikutan tp pengen dapat bukunya bisa ngga ..?? hihi
    Barter sama oleh2 Jerman 😀 *maksaaa*

  34. Ryaaaan, ikutan GA cihuy-nya yah 🙂
    Nama blogku bukanbocahbiasa.com yeah, dulu aku dedikasikan untuk menyimpan milestone tumbuh-kembang Sidqi, anakku. Tapi, belakangan ini aku lebih banyak posting tentang OPINI, traveling, review resto, review hotel, dll, yeaaaaahhh blogger lifestyle dah! 🙂 🙂

    Tapiii, yang jadi kekuatan blog bukanbocahbiasa.com adalah, manakala aku nulis sesuatu yang berbau PARENTING. Entah itu tips tentang anak mogok sekolah, trus curcol sebagai emak2, pokoke hubungan ibu dan anak gitu deh. Because motherhood itu kan yaaaa gitu deh. Penuh dengan deramaaaah, saling serang antar ibu yang kerja vs stay at home mom… trus ASI vs sufor dll… jadinya asik kalo sering posting di ranah PARENTING 🙂

    InsyaAllah, tahun 2016, saya juga bakal lebih mem-branding diri *ciyeeeh* sebagai mom and parenting blogger. Pokoke, ada ide/gagasan/job review/etc, sedapat mungkin saya kaitkan dengan parenting gitu deh

    Tengkyu Ryan dan mb Cara

    twitter: @nurulrahma
    nama : Nurul Rahmawati

    1. Topik parenting memang menarik ya mbak. Buat saya sih seru bacain yang kisah keluarga gt. Jd nyambungin JR dg parentingnya ya. Ah dpt tips baru saya. Hehehe. Makasih partisipasinya ya Mbak.

  35. Untuk nama blog saya sendiri adalah “nDayeng” sebuah nama atau kata dalam bahasa jawa/ngapak khas Banyumasan. Yang kurang lebih artinya adalah kelayaban, jalan-jalan, maen, bepergian ke tempat yang baru atau pun tempat yang sudah terkenal.

    Kalau boleh dibilang, kekuatan atau topik dari blog saya adalah mengenai perjalanan dalam arti umum. Tidak harus perjalanan berpelesiran atau senang-senang. Untuk konten sendiri, saya lebih berfokus mengenai cerita perjalanan sehari-hari tentunya di lingkup sekitar karesidenan Banyumas. Lebih spesifiknya berfokus ke kabupaten Banjarnegara. Harapannya, tiap orang berkunjung ke blog nDayeng akan teringat akan konten lokal, kabupaten Banjarnegara.

    Kalau berharap akan menemukan sesuatu yang indah atau tips saat melakukan perjalanan di blog nDayeng, maka orang akan kecewa karena saya menuliskan dan menceritakan tentang suatu tempat yang saya kunjungi dengan apa adanya. Realita di sekitar baik negatif atau pun positif saya tulis dan ceritakan secara detail. Selain itu saya juga lebih fokus ke cerita saat menuliskan pengalaman perjalanan. Apa yang saya lihat, saya alami, realita orang di lingkungan sekitar saya tuliskan dalam bentuk cerita. Harapannya orang akan lebih peka dengan kondisi lingkungan di sekitar kita yang terkadang tidak selalu manis.

    Jika pun saya menulis tentang suatu wisata, saya akan menuliskannya apa adanya. Misal banyaknya sampah, fasilitas umum yang rusak, kehidupan warga sekitar juga. Malah terkadang lokasi wisata hanya sebagai background saja, sisanya membahas mengenai tokoh/orang yang saya temui. Semuanya mengalir pelan, dan detail. Plus kalian tidak akan menemukan foto-foto atau gambar yang menarik hehehe.

    Semoga kedepannya, cara bercerita yang saya tulis di blog makin lebih baik lagi. Kalau berkenan silakan kunjungi blog http://www.ndayeng.wordpress.com trims : )

    Hendi Setiyanto I twitter @hendisetiyanto

    1. Wahhh. Makasih mas sudah berpartisipasi. Keren nih brandingnya. Saya baru tahu arti dari kata itu. Nanti saya kunjungan balik ya mas.
      Menulis apa adanya. Kadang saya juga suka males baca kl ditulis baik2nya doang mas. Pas ke sana kok beda dr kenyataannya. Semoga bs terus berbagi lewat tulisan mas.

  36. Nama : Adelina Tampubolon
    Twitter : adelina_grace
    fb : https://www.facebook.com/adelina.tampubolon.9
    blog : http://www.adelinatampubolon.com
    email : adelina_tampubolon@yahoo.com

    Lihat isi bab dalam buku ini seperti nya komplit bangat untuk blogger pemula seperti saya. Ditanya tujuannya apa, maunya apa dari ngeblog aja masih abu-abu. Berharap bangat bisa punya buku ini apalagi kalau dikasih gratis hehehehe. Semoga dengan membaca buku ini wawasan akan dunia blog menjadi lebih terbuka. wish me luck 🙂

  37. Ikutan, ya, Mas. 🙂
    Y
    Nama blog saya adalah butirbutirhujan.wordpress.com. Kenapa butirbutirhujan? Karena saya ingin apa yang saya tuliskan di blog menjadi ‘penyejuk’ hati dan pikiran pembacanya. Agak berlebihan, sih. Tapi yang namanya harapan, kan, perlu dikembangkan dan diusahakan, kan?

    Judul blog saya De Reizen (bahasa Belanda yang artinya perjalanan). Apa yang saya tulis di sini merupakan hasil ‘perjalanan’ saya, baik perjalanan hidup, perjalanan bacaan, dsb. Makanya, blog saya random banget. Ada FF, cerpen, review buku, puisi, cerita pengalaman dan inspirasi, bahkan celoteh yang mungkin tak terlalu penting.

    Saya lebih sering mengunggah FF ke blog. Akan tetapi, yang menjadi kekuatan yang biasanya menaikkan pengunjung adalah review bukunya. Kalau FF sih biasanya dibaca pengunjung setia aja. Hehehe.

    AA. Muizz // @aa_muizz

  38. Aaakk..excited! Akhirnya buku yg ditunggu-tunggu dari Stiletto Book rilis juga ? Dari blog Nadcissism yg selama ini saya asuh, saya pikir topik yg jadi kekuatan itu ada di kategori Motherhood. Karena saya lagi di masa-masa itu kali ya jadinya banyak nulis seputar itu. Dari beberapa job yg pernah saya terima juga gak jauh dari topik itu.
    Dan kenapa itu jadi kuat? Saya rasa karena para mahmud2 sekarang, termasuk saya sendiri, sering clueless dalam menjalani peran motherhood itu. Pada akhirnya, banyak dari kita yg cari info dan sharing terkait hal-hal motherhood dan parenting melalui blog posts. Dan saya suka! Karena menuliskan apa yg kita alami sendiri itu lebih real dan sering jadi ajang buat saling memberi manfaat dan solusi dengan para readers.

    1. Motherhood. Ah bener banget tuh Nad. Pernah denger kata2 teman kl parenting apalagi buat mahmud itu susah. Jd pengen tahu sharinh dr teman2nya gitu. Moga bs terus berbagi Nad soal motherhoodnya.

      Makasih ya partisipasinya Nad.

  39. Wah baca reviewnya jadi tertarik banget sama bukunya nih mas. Ada beberapa poin yang pengen saya baca lebih detail di bab 3 dan 4. Sambil nyoba keberuntungan ijin ikutan give awaynya ya siapa tau dpt satu buku keren ini.

    Saya merintis blog Sashy little kitchen selama 4 tahun dan awalnya hanya berupa blog resep tapi lama kelamaan mulai ada tambahan review product dan restaurant.. pokoknya yang nggak jauh-jauh dari makanan. Beberapa bulan lalu saya tertarik memasukkan travelling kedalam sub menu blog tapi setelah beberapa waktu berjalan saya sadar ternyata kekuatan blog saya ada di tema kuliner atau makanan. Alasannya saya kira karena passion saya memang di kuliner bukan traveling. Seperti yg mas Febriyan bilang tadi kalau sudah passion bakal lupa waktu. Nah begitu juga ketika saya menulis tentang kuliner, karena suda passion jadi bs nulis lama-lama dan belum bosen-bosen sampai sekarang. Intinya saya bisa bekerja maksimal untuk sesuatu yang benar-benar saya sukai dari hati.

    Twitter : @Sashy507

    Wish me Luck ?

    1. Bukunya bagus banget mbak. Harus dibaca. Hehehe.

      Menulis tentang passion itu gak bikin bosan ya mbak.
      Jgn lupa follow yang disebut yaaa. ? makasih dah ikutan mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *