fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Getting Widgy with it – Tentang Widget di WordPress nih!

2 min read

Getting Widgy with it - Tentang Widget di Wordpress nih! 1

Pas mau menulis ini, entah napa malah keingat lagu Will Smith, Getting Jiggy with it, lalu saya ganti deh karena lagi mau bahas soal Widget kali ini. Yup… widget di wordpress kita.

Seperti dalam post sebelumnya soal blog dua minggu lalu, soal memilih jodoh blog, sekilas saya sebut kalau saat memilih theme, satu hal yang saya perhatikan adalah theme tersebut mendukung widget.

Akses ke menu Widget
Akses ke menu Widget

Nah, apa sih widget itu? Dari WordPress sendiri, widget adalah nama cantik dari alat yang disediakan oleh WP.com untuk memudahkan kita menaruh apapun yang kita inginkan. Terkait kita ataupun rekan-rekan kita, selama masih tidak melanggar peraturan WP.com.

Mohon diingat kalau banner iklan tidak diperkenankan di WP.com. Baik yang self-hosted ataupun hosted by WP – menurut blogger kondyang ini.

Setelah penelitian mendalam, iklan kalau dalam bentuk link diperkenankan).

Apa saja sih yang termasuk dalam widget di wordpress dan penerapannya?

Widget Standard WordPress

Okay di WP sendiri (saya kurang paham widget untuk blogspot), widget dapat diakses dari WP Admin, Appearance, Widget.

Nah di sini kita diberikan banyak pilihan widget standard dari wordpress, mulai dari About Me, Askimet (anti-spam), Archives, Calendar, Instagram, Twitter feed, Recent Post, Recent Comment, dan lainnya. Nah ini tampilan dari cara akses dan juga halaman widget yang ada.

widget di wordpress
Tampilan pilihan widget standard di worpdress

Di tampilan itu, kalian bisa lihat kalau saya memiliki Sidebar, Bottom Area One, Two (ketutup), Three and Four. Jadi di sisi sebelah kanan ini adalah area widget yang sudah dipasang di blog kita. Karena theme yang saya pilih sekarang ini, memungkinkan sidebar dan tiga area footer widget, maka muncul seperti itu. Dari sekian banyak widget standard yang diberikan WP, saya hanya menggunakan beberapa saja.

Widget WordPress yang Digunakan

Nah, dalam hal menggunakan widget untuk blog kita, kita harus pilih-pilih yang cocok. Gak berarti semua harus dipakai kok. Mana yang kalian mau dan cocok menurut kalian, ya itulah yang dipakai.

Dalam hal ini, saya menggunakan:

1. Search Widget

Karena beberapa komplain kalau susah mencari posting dalam blog saya. Widget ini sangat berguna loh, apalagi kalau postinganmu sudah banyak seperti si dokter cantik yang masih lajang ini. Tinggal masukkan kata kunci, dan ketemu deh jodohnya eh, postingannya.

2. Categories

Saya pakai widget kategori ini karena ingin mengarahkan saja, siapa tahu ada kategori yang ingin dilirik pembaca. Siapa tahu ada yang kepincut. Hal yang sama diterapkan oleh gadis yang tidak mau didefine dengan koper ataupun ransel ini.

3. Links

saat ini saya pasang links untuk Admins BEC. Widget links ini sebenarnya bisa untuk blogroll teman-teman blog kita. Tapi kalau temannya sudah banyak, lumayan juga ya.

4. Text

Widget ini yang paling banyak saya gunakan. Coba saja lirik blog ini, alexa rank, pagerank, goodreads, logo BEC, adalah contoh yang menggunakan widget ini.

Kenapa saya tidak pakai recent post ataupun recent comment, seperti bapak A yang asli Suroboyo ini? Yah… saat ini masih belum mau sih. Hehehe. Lagi suka tampilan yang gak terlalu ramai di blog.

Customized Widget

Memangnya ada customized widget? Bagi saya, widget text dari WP adalah customized widget karena memungkinkan kita menaruh apa saja dengan menggunakan widget ini, seperti yang saya pakai untuk text copyright atau logo BEC. Kalau membuat text copyright sepertinya mudah ya. Bagaimana dengan cara membuat widget Logo BEC itu?

Insert Media - Jangan Lupa Caption
Insert Media, jangan lupa tulis captionnya (seperti ini nih)

Jadi yang pertama adalah, saya akan masuk ke dalam WP Admin – Add New Post, pastikan posisi menulis dalam tab Visual ya.Β Lalu saya insert logo BEC yang saya ingin gunakan.

Saat saya masukkan logo itu, tentunya saya tidak lupa tuliskan caption fotonya. Nah hasilnya akan seperti ini.

Setelah itu, seperti biasa, block caption yang sudah dituliskan dan berikan hyperlink ke website yang diinginkan.

Jika proses add link kita benar, tampilan pada gambar akan menampilkan caption yang bisa kita klik. Lalu kita klik tab Text di kanan atas,Β maka kita akan mendapatkan tampilan seperti ini.

Setelah itu, kita copy text tersebut dan buka WP Admin – Appearance – Widget. Cari Widget Text dan paste-kan text yang kita dapatkan tadi di widget text ini.

Jangan lupa set di urutan mana widget ini mau ditampilkan di blog kita. Eh tapi… jauh sebelum membuat widget ini, pastikan dulu theme kalian support widget ya. Saya pernah menunjukkannya di post Mencari Jodoh Blog kemarin kan. πŸ™‚

Nah… kira-kira gitu deh. Post ini saya tulis sebagai bagian dari kategori blogging di sini dan juga untuk membantu Gara. Moga berhasil ya. O iya… jadi nanti pemenang The 1st Giveaway BEC, karyamu akan selalu muncul di blog saya nih.

NB: Berikut ini juga ada tulisan menarik mengenai widget oleh WP Beginner. Tapi pas baca, ingat ya, platform yang dibahas apakah WP.com atau WP.org.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

81 Replies to “Getting Widgy with it – Tentang Widget di WordPress nih!”

  1. Akan saya coba… nanti kalau ada masalah-masalah saya izin gangguin lagi ya Mas :hehe.
    Terima kasih, terima kasih, terima kasih banyak :))

  2. Nice tips mas Ryan!
    Kalo aku biasanya utk masukin logo di upload dulu fotonya di media, trs ke widget pake yg “image”, trs masukin url foto dan masukin url web yg mau di hyperlink. Beda dikitt tapi sama maksud yaaa hehehe

    1. Hahaha. Gak kok. Gak ditetapkan hari. Kyknya yang sebelumnya mah Minggu. Gak mau plan hari tertentu buat tema tertentu. Cm memang blm nulis soal blogging aja pas Gara tanya. Pan katanya dirimu mau nulis perbandingan BS n WP. Apa udah ya?

  3. aku juga pake widget dikit banget Ryan.gak suka yang terlalu ramai. yang simple2 aja emang paling enak hehehehe

    jadi intinya kalau ada sponsor yang mau numpang diblog kita cuma boleh taruh link aja yaa. berarti enakan pake blogspot yaa. aku sempat liat beberapa blogger indo dia pake blogspot si yangnerangin tawaran ngiklan dia blog mereka kalau mau pake banner harus sesuai ukuran sekian dan sekian…itu termasuk iklan banner?

  4. Harus langsung sambil buka lepi nih, biar bisa langsung praktekin, ntar kapan2 coba aah,
    Wong blognya teteh mah apa adanya..kaga ngertooos Gaaan…helep..heleeep…

      1. Saking banyak yg harus dihelep, jd bingung nanyanya hihi

        Ntar deh kalau lagi santai tanya2 sekalian dipraktekkan…besok mau ninggalin rumah 5 hari, harus bebenah dulu …

        Aaah kalau pergi lama, kepikiran sama memeng2 di rumah, meski ada yg ngasih makan juga

      2. Iya Katze alias Kuciang, punya 3 jantan semuaa… Yg satu datang sendiri eh punya tetangga tp betahnya di rumah teteh, yg ngerawat dia waktu dijahit kakinya ya keluarga teteh, jd kucingnya betah deh, yang 2 mah kucing sendiri usianya sudah 7 tahun sama 5 thn..

        Alhamdulillah ada yg mau ngajarin…hatur nuhuun sebelumnya … *kirim talam ubi ungu*

      3. Iya tapi bikin was-was “emaknya” ini lho..soalnya dia berasa jagoan, pulang2 sering babak belur… Khan emaknya juga yg repot… Kalau dia pulang langsung lihat badan semuanya, kepala kuping dll.. “Unyiil… sini lihat mama dulu.. luka2 ngga..?? Soalnya pernah dijahit kaki belakangnya…eehhh trs luka2 lagi.. Bawa lagi ke dokter, pdhl bukan “anak” sendiri…!!!

  5. Widget saya dulunya lumayan banyak yang ditaro di sidebar dan bottom area, tapi makin ke sini makin dikurangin πŸ˜€ *gak ada yang nanya*

    Iya memang, WP lumayan strict kalo soal advertising, tapi kalo yang .org (alias nginstal sendiri) sepertinya bebas…

    1. Kenapa dihapuskan Mba widget2nya? *tuh saya tanya kok*

      wp.com kalaupun dah upgred domain tetep gak boleh. Kecuali business atau professional gt yang boleh buat advertising.

      1. Iya, kalo upgrade domain karena tetap masih keluarga wp.com jadi tetep gak boleh. Kalo yang .org kan bener2 seperti jadi milik sendiri webnya jadi bebas mo advertise apa aja. Itu yang pernah saya baca sih soalnya di kantor pernah pake wp.org dan nginstallnya di server kantor..

        Dihapus, alasannya cuma karena dulu rasanya terlalu penuh aja πŸ˜€

      2. Waduhhh. Pernah bikin aplikasi sendiri nih jangan2 ya mbak?

        Katanya kalau yang .org walaupun wp user, tp wp.com jd susah komen2an juga ya.

  6. kalau cuma banner dan link ke web lain masih bisa di widget, asal filenya ada di blog kita dan pilih widget gambar atau text lalu ngeling ke web lain. yang nggak bisa itu kalau pake script java dan yang macam2 lah…. atau bukan script HTML level dasar

    1. Iya mas. Script memang gak bisa di WP. Tapi banner dg link pun (kalau itungannya buat marketing web) gak diperkenankan oleh WP.com nya mas. Kmrn dah sempat cek ricek karena ada tawaran.

      1. Iya, Mas Ryan, saya jg kemaren dpt tawaran dr **zada dan ada bbrp lg tapi gak bs lah krn setahu saya jg gitu WP gak ngasih izin banner yg berbau iklan. Walaupun udah upgrade domain pun kayaknya jg msh byk aturannya. Tp kemaren saya ada lihat blog (WP.com) tp ada banner iklan gitu.

      2. Maksudnya orang yg pasang banner iklan itu, Mas? Itu dia, Mas, saya ga kenal sama dia cuma ga sengaja ke blognya aja, segan mau nanya, hehe. Saya jg heran kok bisa advertise di wp.

  7. Aku lho butuh banget ada kuliah singkat soal ngeblog ini..hehehe… *balada.amateurblogger*
    Thank you yaa Ryan postingannya… Next time request postingan soal seo dong.. aku pengen belajar soal itu hehehe πŸ˜€

    1. SEO ya? Aku pun msh cari2 info soal ini. Nanti kalau dah terkumpul kira2 aku post deh.
      Ini juga kenapa nulis kategori blogging karena biar gak lupa dan siapa tahu bisa bantu.

    1. Afiliasi kalau kata Dani bisa. Berupa link spt link Admin BEC di aku. Kalau afiliasi bentuk banner gak bs.

      Kalau self hosted mungkin tanya Dani deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *