tokoh pengusaha sukses klink indonesia

Tokoh Pengusaha Sukses dari K Link Indonesia itu Bernama Dato’ Radzi Saleh, Simak Perjalanan Hidupnya dan Dapatkan Inspirasi

Saya paling suka membaca kisah sukses orang-orang dalam hidup ini. Kenapa? Karena kita bisa dapat banyak inspirasi dari kisah mereka. Termasuk baca kisah tokoh pengusaha sukses, siapapun mereka.

Kisah para tokoh pengusaha yang sukses dalam bidang mereka masing-masing bukanlah kisah dongeng, namun selalu diiringi dengan kerja keras.

Setidaknya itu yang saya sering dapatkan. Termasuk dari tokoh sukses yang satu ini, Dato Radzi Saleh – Presiden Direuktur KLink Indonesia. Beliau bukanlah orang yang dilahirkan dengan segala kelebihan yang sekarang dimilikinya.

tokoh pengusaha sukses klink indonesia

Dato Radzi Saleh, Presiden Direktur K Link Indonesia ini menurut saya termasuk tokoh pengusaha sukses yang menginspirasi (foto: Mude)

Kisah beliau sebagai tokoh pengusaha sukses dari KLink Indonesia ini berisi beragam inspirasi untuk kita semua – well, setidaknya saya sih merasa gitu. Beragam inspirasi ini saya dapatkan salah satunya dari acara Coffee Time with Pak Radzi minggu lalu.

Seperti apa kisah hidup sosok Dato Radzi Saleh dan perjuangannya dalam hidup? Hingga beliau bisa seperti sekarang ini. Simak di sini ya… Siapa tahu sosoknya juga akan menjadi inspirasi bagimu.

Dato Radzi Saleh – Perjalanan Tokoh Pengusaha Sukses KLink Indonesia

59 tahun silam, tepatnya di 4 April 1959, Dato Radzi Saleh dilahirkan di Kampung Rasau, Perak, Malaysia. Merupakan keturunan Yaman dari sang ayah, darah pedagang dan kerja keras menjadi bagian dalam hidupnya sejak kecil.

Keluarga Dato Radzi Saleh bukanlah keluarga berada, melainkan sebaliknya. Lantai dan dinding rumah yang terbuat dari bambu adalah gambaran tentang keluarganya.

tokoh pengusaha sukses k link indonesia

Sekarang, beliau adalah salah satu tokoh pengusaha sukses, namun dulunya??? (sumber foto: youtube)

Sang ayah bekerja sebagai penebang kayu, yang karena jaraknya jauh, membuat sang ayah tidak dapat pulang ke rumah setiap saat.

Kondisi ini terus berjalan – bahkan hingga saat sang ayah meninggal dunia pun, beliau masih merasakan tidak enaknya hidup dalam kekurangan.

Jasad sang ayah dikuburkan oleh rumah sakit karena keluarganya tidak sanggup mengumpulkan uang untuk membawanya.

Menjadi yatim adalah jalan hidupnya sejak kecil. Dalam kesedihan dan kemudian menjadi bahan olok teman-temannya.

Namun…

Sama halnya seperti para tokoh pengusaha sukses yang menginspirasi lainnya, Dato Radzi Saleh tidak menyerah pada keadaan.

Masa Remaja & Memulai Usaha

Menurut Dato Radzi Saleh, kemiskinan itu berbahaya – apalagi jika tidak ditunjang dengan prinsip hidup atau pendirian yang kokoh.

Tidak jarang mereka yang hidup dalam kemiskinan memutuskan untuk mengikuti apa yang dikatakan orang lain hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Akan tetapi, dengan prinsip hidup yang kuat dan juga semangat pantang menyerahnya, Dato’ Radzi Saleh tidak ingin menyerah begitu saja dalam kemiskinan.

Menurutnya, dalam hidup, kita akan selalu dihadapkan pada dua pilihan – dalam kondisi apapun yang dihadapi.

Karena itulah, di usia 20-an, Dato’ Radzi Saleh memutuskan untuk memulai usaha bersama teman-temannya. Usaha di bidang konstruksi. Untuk modal, beliau menjual tanah warisan moyang.

tokoh pengusaha sukses k link indonesia

Dato Radzi Saleh dalam perayaan ulang tahunnya ke 59 Rabu kemarin (Foto: Mude)

Namun karena kurangnya pengalaman dan ketidakjelian dalam melihat peluang, usaha itu pun dihentikan. Usaha tersebut tidak menghasilkan, bahkan cenderung menghabiskan modalnya saja.

Beliau, kemudian, membeli rumah di Kuala Lumpur menggunakan sisa uang yang ada. Namun, nasib belum berpihak padanya. Beliau kena tipu, rumah yang dijanjikan tidak pernah dibangun dan uang pun raib. Saat itu, beliau merasa berada di titik terendah dalam hidupnya.

Menyerah? Atau Bangkit? Itu Pilihan – Yang Menjadikannya Tokoh Pengusaha Sukses Seperti Sekarang adalah Pilihan yang Tepat

Di saat terendah itu, siapapun kita, akan kembali berada dalam persimpangan dalam hidup. Dihadapkan kembali pada pilihan – menyerah atau bangkit dan kembali berjuang.

Baca juga: Kisah Inspirasi dari Penerima SATU Indonesia Awards, Hadi Apriliawan

Dato Radzi Saleh memutuskan untuk bangkit. Di usia 24 tahun, beliau bekerja di perusahana properti terkemuka di Kuala Lumpur sebagai Assistant Property Officer. Melalui kegiatan sosial yang diadakan kantornya itu, beliau bertemu dengan seorang Datuk yang juga merupakan tokoh bisnis sukses dan terkemuka.

tokoh pengusaha sukses k link indonesia

Mengenal sosok tokoh pengusaha sukses K Link Indonesia, Dato Radzi Saleh

Sosok pengusaha sukses ini melihat peluang dalam dirinya. Melihat kelebihan serta melihat juga kekurangan dalam diri Dato’ Radzi Saleh – kurang percaya diri. Karena itulah Datuk tersebut kemudian mengirimnya untuk mengikuti pelatihan pengembangan diri.

Datuk telah menjadi trainer dan guru terbaik dalam hidup saya – ujar Dato’ Radzi Saleh. Beliau melatih dengan cara keras dan aneh, namun berharga dalam hidup.

Tahun 1985, pada usia 26 tahun, Dato’ Radzi Saleh mengenal yang namanya bisnis MLM (Multi Level Marketing). Sama seperti kondisi sekarang, saat itu, banyak yang berpandangan jelek terhadap bisnis MLM ini.Termasuk pandangan Dato’ Radzi Saleh kala itu.

Mengenal MLM Lebih Dekat dan Cobaan dalam Hidup

Pandangan Dato’ Radzi Saleh sendiri terhadap usaha MLM ini mulai berangsur berubah sejalan semakin beliau memahami usaha ini. Perlahan tapi pasti, beliau memantapkan dirinya dalam bisnis MLM itu. Namun, sayangnya, perusahaan MLM yang diikutinya itu bangkrut karena kesalahan kecil.

Saat itu, beliau sudah menduduki posisi General Manager II – yang bertugas untuk urusan pemasaran. Seperti itulah hidup “mempermainkan” dirinya.

Cobaan kembali datang dan menghantam. Namun lagi-lagi, dia dihadapkan pada dua pilihan.

Beliau pun bangkit dengan meminta kepada pemilik perusahaan MLM untuk tidak menutup perusahaan itu. Dengan dana terbatas, bersama seorang teman, beliau menjalankan usaha MLM ini. Sukses?

Belum…

Rupanya kisah kesuksesan belum berpihak padanya. Menjalankan bisnis MLM seperti sedang naik roller coaster – kadang di atas kadang di bawah. Seperti hidup kan? Hingga akhirnya, beliau memutuskan untuk berhenti menjalankan usaha MLM itu.

Memasarkan produk kesehatan seperti Tongkat Ali ke warung-warung kopi – itu yang dipilihnya untuk dijalani. Ini pun tidak bertahan lama. Rasa senang yang didapat ketika menikmati aktivitasnya di MLM dulu membuatnya kembali ke dunia itu.

Lagi-lagi, tidak bertahan lama karena beliau tidak cocok dengan manajemen perusahaan yang tidak baik. Hingga akhirnya, Dato’ Radzi Saleh pun menganggur kurang lebih 6 bulan. Hingga bertemu dengan Darren Goh, pendiri K-Link International Sdn. Bhd.

Kisah Membangun KLink Indonesia

Tepatnya di tahun 2001, Dato Radzi Saleh memutuskan untuk bergabung dengan KLink. Awalnya, beliau mendaftarkan dirinya sebagai salah satu leader di perusahaan MLM ini. Namun, Darren Goh menawarkan salah satu posisi di manajemen.

Setelah mendengar penjelasan dari Darren Goh, terkait Visi, Misi dan program KLink International itulah, akhirnya beliau memutuskan untuk bergabung. Tepat 1 tahun kemudian, Dato’ Radzi  Saleh diberikan tanggung jawab untuk membangun KLink Indonesia, tepatnya bulan April 2002.

Tawaran menjadi Direktur Utama KLink Indonesia adalah tawaran yang menarik, namun di sisi lain, beliau harus siap meninggalkan keluarganya.

Walaupun berat harus berpisah, beliau memutuskan untuk menantang dirinya kembali dengan yang baru. Mengembangkan KLink Indonesia akan menjadi tantangan untuk dirinya berkembang (dan menjadi tokoh pengusaha sukses seperti sekarang).

tokoh pengusaha sukses k link indonesia

Apakah menjadi tokoh pengusaha sukses selalu tentang uang? Ternyata tidak, Dato Radzi Saleh mengatakan kalau K Link Indonesia adalah tentang memberi bantuan pada teman (member)

Bermula dari sebuah Ruko di Mangga Dua, Dato’ Radzi Saleh mulai mengembangkan program dan sistem yang baik untuk KLink Indonesia. Perlahan tapi pasti, sistem support yang dikembangkan untuk KLink Indonesia mulai terlihat.

Kerja kerasnya selama ini tidaklah sia-sia dan menghantarkan dia menjadi salah satu tokoh pengusaha sukses bersama KLink Indonesia, yang kini memiliki kantor di K-Link Tower di jalan Gatot Subroto.

Sekilas tentang K-Link Indonesia – MLM Syariah

K-Link Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan dari K-Link International, sebuah perusahaan yang telah berkembang dan beroperasi di 46 negara. Didirikan tepatnya bulan Mei 2002, kini anggota perusahaan MLM Syariah ini sudah lebih dari 2 juta anggota.

Perusahaan penjualan langsung (direct selling) ini selalu memberikan produk berkualitas dan teruji. Sebagai perusahaan MLM Syariah, K Link Indonesia selalu memastikan impian para distributor tercapai melalui marketing plan yang adil, mudah dicapai, produk yang mudah dipasarkan serta pelatihan dari para pakar.

Baca juga: Inspirasi dari Botol, Bagaimana Mengemas Diri Kita?

Dengan mengembangkan sistem bisnis yang baik, K-Link Indonesia, dengan produknya, telah meraih berbagai penghargaan. Perusahaan ini pun tidak lepas dari mengembangkan diri, mengenalkan metode baru untuk kemajuan berkelanjutan. Seperti yang dilakukan terakhir dengan kerjasama K-Link dengan XL Axiata kemarin.

Klink berkomitmen membangun bisnis yang saling menyejahterakan sesuai prinsip syariah. Kami berharap K-Link Indonesia bisa menjadi MLM syariah nomor satu. Kami juga sangat memperhatikan peran perempuan yang banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Bangsa yang maju hanya bisa terbentuk dari keluarga.

Dan, perempuan berperan vital untuk membangun keluarga yang sejahtera. Karena itu, kami memiliki banyak program untuk mengoptimalkan dan memberdayakan perempuan, salah satunya Rumah Cantik K-Link yang baru saja kami luncurkan di Bandung. Menyusul kemudian di Medan, Yogyakarta dan kota-kota lainnya., ujar Presiden Direktur PT. KLink Indonesia, Dato’ Radzi Saleh.

Ragam produk KLink terdiri dari berbagai produk suplemen kesehatan, kecantikan, perawatan tubuh, UIE dan perawatan mobil dan rumah. Sebut saja produk terkenal dari K Link, Klorofil, sebagai salah satu bukti produk berkualitasnya.

tokoh pengusaha sukses k link indonesia

Salah satu produk berkualitas dari K Link Indonesia

Perkembangan K Link Indonesia sendiri tidak bisa dilepaskan dari peran tokoh pengusaha sukses di baliknya, yaitu Presiden Direuktur PT. K-Link Indonesia, Dato Radzi Saleh. Perjuangannya membangun perusahaan ini sejak awal, dari ruko di bilangan Mangga Dua hingga mencapai posisi sekarang ini bukanlah perjalanan singkat.

Inspirasi dari Tokoh Pengusaha Sukses dari K-Link Indonesia

Seperti saya bilang di awal, saya suka membaca kisah-kisah sukses. Apalagi kalau orangnya seperti Dato’ Radzi Saleh ini. Sekalipun kita mengenalnya sebagai salah satu tokoh pengusaha sukses melalui K Link Indonesia sekarang ini, dia memulai semuanya dari nol.

Tidak pernah menyerah, setidaknya itu yang diungkapkan oleh Dato Radzi Saleh di salah satu video motivasinya.

Jika ingin menjadi seperti dirinya, tokoh pengusaha sukses, ya kita juga gak boleh menyerah kan. Karena, menurut beliau, hidup ini punya cara sendiri dengan memberikan beragam rintangan.

What doesn’t kill you, make you stronger

Ya gak? Nah, itu sih kisah tentang tokoh pengusaha sukses K Link Indonesia, Dato Radzi Saleh ini. Kalau kalian, adakah sosok pengusaha inspiratif yang kalian suka? Share dong.

Advertisements

12 Responses

  1. Lisdha
    14 Oktober 2018
    • Febriyan
      17 Oktober 2018
  2. galih pramono
    5 Mei 2018
    • Febriyan
      7 Mei 2018
  3. Erin
    19 April 2018
    • Febriyan
      20 April 2018
  4. Anisa Deasty
    17 April 2018
    • Febriyan
      20 April 2018
  5. Mudrikah stories
    17 April 2018
    • Febriyan
      20 April 2018
  6. Alris
    17 April 2018
    • Febriyan
      17 April 2018

Write a response

%d blogger menyukai ini: