fbpx
cara agar sukses berbisinis dan memulai usaha

Sukses Berbisnis dengan Membuka Usaha yang Sesuai dengan Kebutuhan Lingkungan

Jika ditanya apakah ingin sukses berbisnis? Tentu semua akan mengatakan dengan tegas. Ya saya ingin sukses punya usaha sendiri. Agar bisa menjadi orang yang mapan dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Namun sayangnya, untuk bisa sukses dalam berbisnis itu bukanlah perkara yang mudah. Karena dibutuhkan skill yang mumpuni. Selain itu juga dibutuhkan kemampuan dalam membaca peluang usaha yang potensial. Keduanya amat sangat diperlukan bagi seorang calon pengusaha sukses.

Tanpa kemampuan ini, saya rasa akan sangat sulit untuk kita bisa meraih kesuksesan yang kita inginkan. Mengingat usaha yang kita mulai menjadi seperti tanpa arah dan tujuan yang jelas. Karena tidak sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar kita, yang menjadi target pasar yang utama.

cara agar sukses berbisinis dan memulai usaha
Guest Post: Cara agar Sukses Berbisnis dan Memulai Usaha yang Fokus Pada Kebutuhan

Untuk itulah, jika memang sahabat ingin sukses berbisnis, maka pastikan sahabat mulai merintis usaha sesuai dengan yang dibutuhkan lingkungan. Agar nantinya sahabat bisa lebih mudah dalam pengembangannya.

3 Cara Memulai Usaha Sesuai dengan Kebutuhan Lingkungan agar Sukses Berbisnis

Sebenarnya, agar bisa memulai usaha yang berakhir dengan kesuksesan itu doable namun memang tidak mudah. Berikut 3 cara agar kita bisa memulai usaha sesuai dengan kebutuhan lingkungan:

1. Melakukan Survei Pasar

Ini adalah hal utama yang harus sahabat lakukan jika memang sahabat ingin menemukan usaha yang tepat sesuai dengan lingkungan sahabat.

Sahabat bisa mulai melakukan survei dari hal yang paling mendasar di lingkungan kita. Seperti:

  • Mata pencaharian utama di lingkungan kita,
  • Tingkat pendidikannya,
  • Serta hal-hal yang paling banyak disukai atau yang menjadi primadona di lingkungan tersebut.

Lebih lanjut sahabat bisa juga memperhatikan hal-hal yang menjadi permasalahan yang sering muncul di lingkungan itu.

Misalnya kesulitan dalam mendapatkan barang tertentu, mka itu sudah menjadi peluang usaha yang menguntungkan untuk kita mulai.

Mengetahui permasalahan dan menciptakan solusi yang tepat adalah salah satu cara agar sukses berbinis (febriyanlukito.com
cara sukses berbisnis dengan memberi solusi atas masalah yang ada
Memahami apa yang jadi masalah lingkungan (target) adalah salah satu cara agar sukses berbisnis

2. Rajin Bergaul dengan Masyarakat

Saya ambilkan contoh dari seorang CEO Gojek yang menjadi salah satu start up tersukses di Indonesia.

Tahukah sahabat, ide dari pendirian Gojek ini berwal dari seringnya sang CEO, dalam hal ini Nadiem Makarim, berinteraksi dengan tukang ojek di pangkalan.

Dari seringnya dia melakukan interaksi tersebut, maka diapun bisa mengetahui apa yang menjadi kesulitan para tukang ojek konvensional selama ini.

Yaitu sulitnya mendapatkan penumpang karena hanya bersifat passive ataupun menunggu datangnya penumpang.

Maka tercetuslah ide untuk membuat suatu aplikasi yang bisa mempermudah penumpang dalam mencari ojek. Dan lahirlah aplikasi GOJEK yang terkenal dan sukses seperti sekarang ini.

Febriyan: Saya merasakan juga dalam pengembangannya, Go-Life hadir karena mengamati apa yang jadi masalah di masyarakat. Salah satunya kemudian hadir Go-Massage.

Memberi solusi pada masyarakat – itulah yang membuat Go Jek sukses berbisnis selama ini.

Belajar dari pengalaman Nadiem Makarim tersebut, kita bisa memetik bagaimana caranya agar sukses berbisnis. Yaitu dengan menciptakan usaha yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Untuk mengetahui kebutuhan itu adalah dengan terjun langsung dan banyak bergaul dengan masyarakat.

Ingin sukses berbisnis? Belajarlah dari yang sudah mulai usaha duluan…

Jangan Ragu untuk Mempersiapkan Skill

Dari hasil survei dan penelusuran kita, terkadang kita banyak menemukan peluang usaha ya potensial. Hanya saja terkadang tidak sesuai dengan kemampuan yang kita milki.

Nah dalam hal ini, maka saya sarankan sahabat jangan ragu untuk berinvestasi. Investasi lebih dan mempersiapkan skill yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

cara untuk memulai usaha dan sukses berbisnis
Siapkan diri dengan pelatihan yang cukup

Caranya?

Yang tentunya dengan mengikuti pelatihan ataupun kursus lebih dahulu. Agar kita bisa menjadi ahli di bidang tersebut. Setelah itu sahabat bisa mulai mencetuskan usaha tersebut.

Kalau misalnya tempat kursusnya tidak ada gimana?

Saya rasa di zaman sekarang ini masalah seperti ini bukanlah suatu halangan. Karena jika di tempat tinggal kita kita tidak bisa menemukan tempat kursus yang tepat. Maka kita bisa mencari tempat kurus di daerah lain.

Tapi kan jauh?

Ya , segala sesuatu tentulah butuh pengorbanan dan tekad yang kuat. Kalau kita ingin sukses maka kita harus bisa melakukannya meskipun itu mungkin sulit.

Sama halnya kalau ingin sukses ngeblog dan sukses mendapatkan uang dari blog. Harus memahami apa saja yang dibutuhkan pembaca. Terus jangan lupa untuk aktif dalam mengembangkan diri sebagai blogger.

curhatan titipan febriyanlukito.com

Demikianlah…

Demikianlah sedikit ulasan tentang sukses berbisnis dengan membuka usaha yang sesuai dengan lingkungan semoga bermanfaat untuk sahabat pembaca semua.

Data Penulis:

Nama : Tresna Amanah
Blog : https://www.kerjaonline.my.id yang membahas seputar dunia usaha online dan offline serta artikel inspiratif lainnya.

Leave a Reply