tentang berdoa dan mengharapkan hasil dalam hidup

Berdoa dan (Mengharap) Hasil … Sebuah Renungan Lama tentang Pray and Result in Life

Sebuah tulisan lama di blog ini yang dipublish ulang – dengan edit dikit. Dulu memang karena sering nyebar BBM Broadcast, gak jarang ada yang request tulisan. Seperti tulisan ini – tentang pray and result. Berdoa dan hasil dalam hidup… 

Tentang berdoa dan (mengharap) hasil begitu saja.

Kita memang perlu berdoa dan meminta bantuanNYA, namun bukan berarti, kita lupa berusaha!

Seorang kawan bbm pagi ini dan meminta saya membuat notes tentang Kelahiran Anak. Duh… Gimana ya? Belum pengalaman euy saya. Menikah aja belum. :d

Ya.. akhirnya saya coba menuliskan secara umum, not specific about it. Berdasarkan beberapa inputan dari dia juga. Moga artikel ini bermanfaat.

Kalau Memang BelumWaktunya…

Satu hal menarik yang dikatakan teman saya ini adalah: ‘Kalau memang belum rizkynya (baca: waktunya), seberapa lama menanti juga ga akan dapat. Terus berusaha dan berdoa.’

– tentang berdoa dan mengharapkan hasil – 

Masalah keyakinan kepada Yang Kuasa adalah suatu hal yang indah. Di sini saya tidak ingin membahas keyakinannya (baca: agama). Bahasan akan lebih kepada kita sebagai manusia dalam kehidupan kita. Mengenai kita dan suatu hal yang diinginkan.

Keinginan dalam Hidup itu Wajar

Seberapa banyak dari kita yang mendambakan sesuatu. Ada yang mendambakan kekasih – bagi yang jomblo-jomblo pasti ini nih yang diinginkan.

Ada yang mendamba pekerjaan, kekayaan, pasangan hidup (saya bedakan dari kekasih – ini istilah saya saja), dll. Termasuk keturunan.

Bagi yang baru menikah ataupun yang sudah lama menikah tapi belum punya keturunan, betapa banyak dari mereka yang mendamba keturunan. Tul kan?

Keinginan ini tentunya tidaklah salah. Sama seperti keinginan-keinginan lainnya itu. Semua hal-hal besar di dunia ini diawali dengan keinginan atau mimpi.

Kalau dalam lagu terkenal sih…

‘Saya ingin begini, saya ingin begitu… Ingin ini ingin itu banyak sekaliiiii….’

ada yang tahu lagu apa??? hehe

Tidaklah salah memiliki keinginan. Tapi… Janganlah kebablasan.

Terkadang, kita menginginkan banyak hal dalam satu waktu sekaligus. Sama seperti lagu tadi. Itu membuat kita seringkali tidak fokus dan gagal. Mulailah dengan satu hal terlebih dahulu.

Perlahan tapi jelas.

Sama seperti pasangan tadi, mereka jelas. Ingin mendapatkan keturunan. Karena sudah jelas, mereka akan berusaha untuk mewujudkannya.

Mulai dari usaha sendiri hingga meminta bantuan. Bantuannya pun kadang dari yang ahli hingga ‘super ahli’ seperti dukun. Yah… Banyaklah caranya. Bagaimanapun, mereka akan berusaha untuk itu.

Seperti dalam film serial ‘How I Meet Your Mother’, pasangan Lily dan Marshal berusaha keras untuk mendapatkan keturunan. Hingga mendatangi orangtua hingga dokter dan mencoba berbagai cara.

Bahkan agar mendapatkan keturunan dengan jenis kelamin pria, mereka melakukan macam-macam. Mulai dari makan jenis makanan tertentu hingga merubah posisi dalam hubungan. So funny when I watched it.

Berdoa dan Hasil akan Datang jika Kita… BERUSAHA!

Ya.. Kalau kita sudah punya keinginan, ya diusahakan untuk meraihnya dong. Kalau tidak demikian, mana bisa keinginan kita tercapai.

Seperti yang saya sebutkan di atas. Usaha ke mana saja agar dapat memperoleh keturunan. Ada yang ke dokter, ada juga yang ke dukun. Ada yang mulai baca-baca buku terkait itu, ada yang browsing juga. Macam-macam. Dan memang seharusnya begitu.

If we want something, do something to earn it.

Lakukan segala upaya untuk dapatkannya. Itu yang seharusnya kita lakukan, ditambah dengan doa.

Teman mengatakan: ‘Do the best and let God do the rest’. Ya walau gimanapun kita harus tetap usaha mendapatkannya.

Sayangnya, banyak yang ingin kemudahan.

Jadi ada yang cenderung menunggu dan menunggu. Detik demi detik, jam demi jam. Menunggu dan menunggu. Entah menunggu apa yang jatuh dalam pelukannya.

Tak berusaha sama sekali. Berupaya mendapatkan apa yang diinginkannya.

Ya kalau cuma menunggu sih… Kapan mau dapat? Saya percaya, semakin besar pengorbanan, kita akan dapat yang lebih lagi. Usahalah. Dan akan dapat yang pantas bahkan lebih dari yang diinginkan.

Baca juga: Bengong Ganteng di Toko…

‘Tapi… Menunggu kan juga sudah mengorbankan waktu. Dapet dong….’

yakin dapet? Iya sih udah berdoa, tapi… 

Wah kalau sudah seperti itu…. Sama seperti ingin naik kereta ke Surabaya tapi menunggu keretanya di depan rumah.

RealityCheck! Gak Ada yang Instant!

Selain itu, kebanyakan dari kita menginginkan instant. Cepat dapat. Kalau bisa usaha sekali langsung dapat semua. Yah… Ada sih. Tapi.. Ga semua bisa instant.

Terkadang kita sedang diuji dengan kesabaran kita dalam berusaha loh.

Untuk memastikan bahwa kita memang pantas mendapatkannya.
Seperti kawan saya. Mati-matian ingin punya anak. Tapi tidak berhasil. Tapi mereka tidak putus asa.

Sembari berusaha dan berdoa, mereka memupuk kesabaran mereka sebagai sepasang orang tua yang memang sudah layak.

Saat itulah, Yang Kuasa memberikannya. Karena dirasa sudah pantas.

Jadi… Kalau belum berhasil sekarang, kata teman saya sih:

‘terus usaha dan doa serta perbaiki diri agar siap atas apapun yang terjadi. Rizky takkan kemana. Jika sudah waktunya, kita akan dapatkan.’

a friend… 

Kebahagiaan Jadi Milik Kita

Bahagia? Sudah pasti. Kalau keinginan terpenuhi, sudah pasti kita akan bahagia. Senang. Gembira.

Itulah yang akan didapatkan kalau kita terus berusaha meraih keinginan kita dan juga bersabar bila kita belum mendapatkannya saat ini. Bersabar dan berdoa membawa kita dalam keindahan nantinya.

Baca juga: Pemuda Indonesia yang Menginspirasi dengan Aksi Nyata

Kebahagiaan ini sangat tak ternilai dan tak dapat digantikan oleh apapun. Rasa yang kita nikmati di hati kita saat semua tercapai.

tentang berdoa dan mengharapkan hasil dalam hidup

Kalau menurut teman saya itu, perasaannya sangat indah. Bagaikan mendapatkan anugrah terindah – sama seperti saat PDKT ke orang yang kita suka dan diterima (jadi ingat lagu Tante Titiek – ‘jatuh cinta… Berjuta rasanya….)

Mungkin bisa dianalogikan ke perasaan saat kita kecil dulu. Mendapatkan apa yang sudah kita impi-impikan. Kebahagiaan itulah yang sebenarnya kita kejar, di balik nama keinginan. Jadi… Jika memang kita ingin merasakannya, kenapa kita enggan melakukan sesuatu untuknya?

Tak pernah ada kata terlambat untuk meraih keinginan. FOCUS. PLAN. ACT. ACHIEVE.

Never too late to go after what we want. But.. Be careful, WANT and NEED are different (maybe in another topic).

Have a great day all.

‘Never give up in pursuing your dream.’

Ryan
060212 0745

Advertisements

4 Responses

  1. Zai Z
    15 November 2018
    • Febriyan
      16 November 2018
  2. Darin
    12 November 2018
    • Febriyan
      12 November 2018

Write a response

%d blogger menyukai ini: