fbpx
review-aplikasi-go-jek-indonesia

Review Satu Tahun Go Jek App Indonesia – Yang Baru: Gojek Line

Tanggal 7 Januari 2016 lalu, email saya menunjukkan satu pesan baru. Setahun perayaan Go Jek App Indonesia. Saya seneng aja, sebagai pengguna Go Jek, berharap dapat promo. Eh rupanya gak, hanya dapat informasi. Hahaha. Eh tapi jadi pengen Review Aplikasi Go Jek Indonesia, dalam rangka setahun aplikasi ini dilaunch. Terus ada satu lagi layanan baru dari Gojek Indonesia: Go Jek Line – pesan Go Ride lewat Line Apps.

Perkenalan Pertama Dengan Go Jek

Mau flashback dikit yak ke beberapa tahun silam eh maksud saya ke masa saya dikenalkan pertama kali dengan yang namanya Go Jek – jasa angkutan berbasis ojek ini. Saya tahu pertama kali itu pas baca blog-nya Mbak Olyvia Bendon yang femus itu. Komen dan akhirnya mencoba deh tuh pakai aplikasi Go Jek pertama kali dengan mendapatkan kredit dari kode-nya Mbak Olyvia.

review-aplikasi-go-jek-indonesia
Aplikasi Go Jek Indonesia – Setahun sudah digunakan

Sejak saat itu? Ketagihan! Walau begitu banyak drama terjadi bersama Go Jek ini, tapi rasanya sih gak mau lepas aja dari yang satu ini. Bagi saya, aplikasi buatan anak negeri ini sangat membantu. Gimana gak coba? Saya terkena yang getok harga ojek pangkalan semena-mena, hanya selang sehari – dengan trayek yang sama (Semanggi – Pluit), saya mengalami getok harga 100%. Hikss. Jadi ya begitu baca soal gojek online dengan tarif per km, ya seneng bangetlah.

Saya menggunakan aplikasi Go Jek ini bukan hanya untuk Go Ride aja tapi layanan-layanan lainnya juga pernah pakai, seperti Go Massage, Go Food dan Go Mart. Kalau teman saya, Pejalan Senja udah pernah pakai Go Box sih.

Review Aplikasi Go Jek Indonesia

Kalau bicara soal Go Jek Apps, masih inget banget gimana dulu tuh saya ngalamin yang namanya error di jam-jam tertentu. Pesan gagal eh malah yang datang lebih dari satu Go Ride. Ini salah satu yang ingin saya angkat juga tentunya dalam review aplikasi kali ini.

Kelebihan Aplikasi Go Jek Indonesia di iOS

Go Jek sendiri sudah mengeluarkan kedua versi aplikasi untuk pengguna iphone (iOS) dan juga Android. Saya sendiri pengguna iphone, jadi akan lebih fokus pada review aplikasi Go Jek di iphone ya. Berikut ini yang saya rasakan dari penggunaan aplikasi ini.

1. Mudah Penggunaannya

Satu yang saya rasakan sejak pertama kali pakai aplikasi ini adalah bahwa penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Kita hanya perlu mendaftar dengan email dan memasukkan nomor handphone kita lalu kita sudah bisa menggunakannya. Saat membuka aplikasinya pun, tampilan jenis layanannya itu sederhana, gak bikin pusing buat yang pakai.

Kita hanya perlu cari jenis layanan GO JEK Indonesia yang kita inginkan dan kemudian ikuti petunjukknya satu demi satu. Hal ini sangat membantu saya saat pertama kali menggunakan layanan Go Massage. Gak ribet kok, dan petunjuk pengisian formulir pemesanan di sana jelas.

Baca juga: Review Go Massage – Pijat Jadi Mudah

2. Menampilkan Sejarah Alamat Pesanan Kita

Saat menggunakan Go Ride dengan Go Jek Apps ini, kita pun diberikan beberapa tempat yang pernah kita pakai sebelumnya. History ini menjadi memudahkan saya yang memang suka lupa alamat, bahkan alamat kos aja saya suka lupa sampai sering diomelin teman kos karena nanya mulu.

Kalau kita termasuk yang sering bolak balik ke tempat yang itu-itu aja, history ini sangat membantu. Hal yang berbeda saya alami ketika menggunakan aplikasi moda transport online tetangga. Harus menginput ulang setiap kali memesan, termasuk untuk menggunakan layanan Go Mart.

Baca juga: Review Go Mart – Beli Buah Dengan Go Jek

3. Aplikasi Go Jek Indonesia Selalu Update

Beberapa kali saya mendapatkan notifikasi update versi aplikasi Go Jek Indonesia ini, entah untuk penambahan jenis layanan ataupun perubahan tarif dalam layanan. Jadi bukanlah aplikasi yang dibuat dan kemudian ditinggalkan begitu saja, seperti yang sering saya temui di store. Yang gak diupdate gitu kan bikin was-was yak, apa jangan-jangan aplikasi abal-abal atau bukan. Updating ini salah satu yang penting dalam dunia teknologi. Dulu pas di audit IT, kalau gak update, itu sign aplikasi gak bagus.

4. Informasi Kontak GO JEK Ditampilkan

Satu hal lagi yang menurut saya penting dalam sebuah aplikasi ataupun website atau blog sekalipun, adalah kontak support. Nah di aplikasi ini, kita bisa mendapatkan di bagian setting – nomor Customer Service yang bisa kita temui. Hal ini bermanfaat banget.

Saya sendiri pernah mendapatkan kejadian tidak mengenakkan dan bingung mau telepon ke mana, tapi karena ada nomor customer servis di sana, tinggal call aja, jadinya gampang deh.

Kekurangan Dalam Aplikasi Go Jek

Ada plus, ada juga minusnya. Dalam hal aplikasi Go Jek Indonesia (bukan layanan Go Jek-nya ya…) saya menyayangkan satu hal yang sangat mengganggu menurut saya pribadi. Yaitu masalah updating di server. Beberapa kali saya bicara dengan para driver, error yang terjadi pada jam sibuk sering disebabkan oleh updating di server.

Pertanyaan saya hanya satu, yaitu kenapa updating di server dilakukan di saat jam sibuk? Yang akhirnya bikin kita, calon pengguna jadi gak bisa pesan. Saran saya sih hendaknya dilakukan di jam kosong.

Yang Baru Dari Go Jek Indonesia – Layanan Baru dan Go Jek Line

Pada intinya sih, menurut saya aplikasi Go Jek Indonesia sendiri di smartphone sudah sangat mumpuni dan user friendly banget (compared to tetangga). Selain melakukan review Aplikasi Go Jek Indonesia, kali ini saya pun ingin menuliskan beberapa layanan baru yang saya dapatkan di email itu dan juga yang terbaru, Go Jek Line.

aplikasi-go-jek-indonesia
Go Ride Dengan Line

10 Layanan Go Jek Indonesia (per Januari 2016)

Saat ini sudah ada 10 layanan Go Jek Indonesia yang bisa kita akses melalui aplikasi Go Jek, yaitu:

  1. Go Send – Untuk pengiriman dokumen (jasa layanan kurir)
  2. Go Ride – untuk layanan ojek. Tarif sejak Desember 2015 adalah Rp 12ribu (untuk jarak s.d. 10 km), Rp 15 ribu (untuk jarak s.d. 15 km) dan jika di atas 15 km, akan dikenakan tarif Rp 2ribu per km jarak (tetap ya, jarak maksimum adalah 25 km).
  3. Go Food – untuk layanan pesan makanan
  4. Go Mart – untuk layanan belanja ke toko
  5. Go Busway  – untuk memesan Go Jek ke Halte Busway yang kita inginkan.
  6. Go Tix – untuk memesan tiket, bisa tiket nonton, tiket konser, dan lainnya.
  7. Go Box – untuk pengiriman barang yang lebih besar (tidak mungkin dengan Go Send).
  8. Go Clean – untuk bersih-bersih rumah.
  9. Go Glam – untuk layanan kecantikan di rumah
  10. Go Massage – untuk pijat di rumah.

Dari semuanya itu, fitur layanan baru seperti Go Busway, Go Tix, Go Box, Go Clean dan Go Glam belum pernah saya pakai. Nanti kalau sudah pernah pakai mau saya review ah (eh tapi yang go glam gimana reviewnya yak).

Go Jek Line

review-aplikasi-go-jek-indonesia
Welcome to Go Jek Line Indonesia

Rupanya, Go Jek Indonesia gak mau berhenti di aplikasi saja. Nah kemarin itu, saya mendapatkan email kalau Go Jek Indonesia bekerjasama dengan Line. Mereka membuat Go Ride Line. Dengan ini, layanan GO Ride bisa juga dipesan menggunakan aplikasi Line.

Saya mencoba registrasi sih kemarin, dan ternyata gampang untuk registrasinya. Tinggal isi email dan nomor handphone. Nanti akan dikirimkan kode verifikasi dan selesai deh. Nanti mau coba ah kapan-kapan untuk pakai layanan Go Ride Line ini, toh sama juga bayar tunai. Hehehe. Untuk detail bisa cek di Info Go Jek Line.

Kesimpulan

Aplikasi Go Jek Indonesia ini menurut saya sudah cukup bagus dan mudah-mudahan selalu akan semakin baik ke depannya. Penambahan layanan juga harus diikuti dengan peningkatan layanan, termasuk seperti yang saya sampaikan di atas, upgrade jangan pas jam sibuk dong. Selamat ulang tahun aplikasi Go Jek Indonesia. Semoga bisa selalu memberi yang terbaik.

Review Aplikasi Go jek Indonesia
  • User Friendly
  • Loading Aplikasi
  • Update versi rutin
3.8

Ringkasan

Setahun sudah aplikasi Go Jek Indonesia digunakan dan terasa sekali perubahan dari aplikasi ini, dari waktu ke waktu. User interface aplikasi ini bagus kalau menurut saya (si awam IT) dan rasanya juga mudah menggunakannya. Tapi ada juga kekurangannya, sering terjadi error, yang mana karena adanya upgrade di server – pada jam sibuk. Mungkin ini bisa dipertimbangkan untuk perbaikan ke depannya. Tapi overall, saya sangat puas dengan aplikasi go jek indonesia ini.

12 Comments

  1. atanasia_rian 16 Januari 2016
  2. Lidya 14 Januari 2016
    • Febriyan 14 Januari 2016
  3. anneadzkia 14 Januari 2016
    • Febriyan 14 Januari 2016
  4. adelinatampubolon 13 Januari 2016
    • Febriyan 13 Januari 2016
  5. Dian Rustya 13 Januari 2016
    • Febriyan 13 Januari 2016
  6. bemzkyyeye 13 Januari 2016
    • Febriyan 13 Januari 2016

Leave a Reply