fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Advertorial] Tips Memilih CMS yang Tepat untuk Website Anda

3 min read

cara memilih cms yang tepat

Memilih CMS yang tepat menjadi sebuah hal yang penting bagi Anda yang ingin memulai membuat sebuah website. Pada dasarnya sebuah CMS akan mampu beroperasi dengan baik dan optimal dalam rangka memberikan kemudahan kepada Anda untuk bisa melakukan berbagai aktivitas yang diinginkan dengan mudah.

Memilih CMS Website yang tepat!

Hal ini sangatlah penting karena CMS itu sendiri yang akan membantu Anda mengoperasikan seluruh web mulai dari tampilannya, isinya, semua konten yang ada di dalamnya, dan lain sebagainya.

CMS sendiri merupakan kepanjangan dari Content Management System yang mana artinya adalah sebuah sistem pembuatan website yang siap dipakai kapan saja.

Jadi pengguna bisa langsung membuat website dengan mudah memakai CMS tersebut tanpa harus susah payah belajar coding. Mereka hanya tinggal memilih CMS yang tepat dan menerapkan yang terbaik.

Pada zaman dahulu tidak ada yang namanya memilih CMS yang tepat. Anda untuk bisa membuat sebuah website harus benar-benar sangat bagus harus paham tentang bahasa coding. Bayangkan saja betapa susahnya membuat sebuah website kala itu.

Namun, hal tersebut bukanlah sebuah masalah mengingat kini anda akan bisa membuat sebuah website dengan mudah dengan hanya menggunakan sistem yang sudah ada.

Intinya adalah pada zaman seperti sekarang ini, semua lebih mudah untuk didapatkan.

Kemudahan teknologi sekarang membuat memilih CMS yang tepat itu sangat penting.

Bahkan untuk membuat website tersebut, Anda bisa mendapatkan langsung secara instan. Istilahnya adalah buy and use. Jadi Anda tinggal beli sebuah hosting yang Anda inginkan, kemudian anda tinggal memilih nama domain apa yang diinginkan. Kemudian, sebuah website akan bisa menjadi milik Anda.

Tips Memilih CMS Yang Tepat

tips memilih cms yang tepat
Memilih CMS yang tepat ibarat memilih teman berbagi yang tepat… Susah susah gampang

Tips memilih CMS yang tepat berikut ini akan membantu Anda mendapatkan kemudahan dalam mengoperasikan website yang Anda miliki dengan lebih mudah pastinya.

Hal tersebut tentu sangat penting jika Anda benar-benar ingin membuat sebuah website yang terbaik dan bisa dipakai dalam waktu terus menerus dan jangka panjang.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih CMS yang tepat untuk website Anda

Pertama, pastikan anda memilih CMS yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Yang perlu Anda tekankan di sini adalah selalu mengutamakan pilihan CMS yang mudah dan praktis digunakan.

Dengan demikian, Anda pun akan lebih mudah dalam mendapatkan semua yang Anda butuhkan di dalamnya dengan segera dan pasti. Anda bisa menggunakannya tanpa perlu ribet dan bingung tentang bagaimana cara menerapkan semuanya sesuai dengan yang Anda inginkan pastinya.

Kedua, pastikan memilih CMS yang tepat yang bisa Anda operasikan dengan baik semua fitur yang ada di dalamnya. Mulai dari plugin, tempat pengisian konten, dan juga berbagai theme dan template yang bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Pastinya ini akan sangat berguna, apabila Anda mampu dan benar-benar bisa menggunakan tema tersebut dengan baik.

Ketiga, dalam memilih CMS yang tepat ini, Anda juga harus mempertimbangkan apakah tampilannya nyaman digunakan atau tidak.

Pada akhirnya hal tersebut yang akan sangat menentukan bagi anda apakah akan menggunakannya untuk jangka panjang atau tidak. Dengan adanya pertimbangan kenyamanan tersebut, Anda sendiri pun juga akan mampu mendapatkan kemudahan yang Anda inginkan di dalamnya dengan segera dan pasti. Tidak ada yang perlu Anda bingungkan dan ragukan lagi.

Jenis CMS Yang Bisa Anda Pilih

tips memilih content management system yang tepat untuk website

Memilih CMS yang tepat juga tersedia dengan berbagai macam opsi yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini.

Apakah Anda termasuk orang yang ingin menggunakan jenis yang populer dan banyak dipakai oleh orang-orang?

Jika iya, maka anda bisa mencoba memilih satu yang terpopuler tersebut. Berikut adalah sejumlah rekomendasi yang bisa Anda pakai dalam memilih CMS tersebut agar tidak sampai salah dalam menentukan pilihan yang ada di depan Anda.

Faktanya memang memilih CMS yang tepat tak bisa dilepaskan dari WordPress.

Memilih CMS yang tepat untuk website by idwebhost

Kenapa? Karena ini adalah CMS pilihan sejuta umat. Sudah banyak orang yang menggunakan CMS ini. Jadi Anda pun juga bisa mencoba melakukan hal yang sama. Itulah yang akan membantu Anda merasakan manfaatnya yang Anda butuhkan.

Pada kenyataanya memang sudah banyak orang yang menggunakan CMS untuk berbagai kebutuhan. Tugas Anda hanyalah memilih opsi yang sesuai dan tepat untuk anda gunakan di dalamnya.

Ini adalah pilihan yang bisa Anda tentukan apabila menginginkan sebuah CMS yang benar-benar multi guna dan kaya akan plugin.

Hal tersebut akan memberikan Anda manfaat yang lebih besar lagi.

Sebetulnya jika dijabarkan lebih detail, ada dua jenis CMS yang bisa Anda gunakan, yakni CMS Hosted dan CMS Self Hosted.

CMS Hosted

Untuk memang memilih CMS pilihan hosted ini, Anda akan melihat sebuah CMS yaang mampu memberikan kepada Anda akses tak terbatas untuk mengakses halaman front end dan back end kapan saja Anda menginginkannya.

Untuk bisa menggunakan CMS yang satu ini, sudah pasti Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Kemudian, Anda juga harus login terlebih dahulu di platform penyedia CMS yang anda pakai tersebut.

Dengan cara inilah maka nantinya Anda akan bisa menggunakan CMS tersebut dengan lebih mudah dan pasti.

Kelebihan dari CMS hosted tersebut ada banyak, antara lain anda tak perlu berlangganan hosting sendiri.

Kelebihan CMS Hosted

Hal ini dikarenakan file CMS yang tersedia sudah disimpan di server penyedia layanan CMS tersebut. Anda juga tak perlu ribet harus membeli domain karena nantinya penyedia layanan CMS akan memberikan kepada anda sub domain gratis sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja.

Kekurangannya adalah Anda mungkin tak punya kendali penuh atas script website Anda. Hal ini akan membuat proses pengeditan yang akan dilakukan menjadi terbatas. Script yang nantinya Anda buat itu pun akan di simpan di dalam server penyedia CMS tersebut. Jadi provider akan mampu menghapus file tersebut kapan saja diinginkan.

Contoh CMS Hosted:
Medium < Klik untuk Baca

CMS Self Hosted

Jika Anda memilih menggunakan CMS yang satu ini, maka Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan. Karena CMS yang Anda pakai nantinya akan bisa disimpan di dalam server hosting Anda sendiri.

Kelebihannya juga banyak sekali karena Anda akan memiliki hak akses penuh unttuk mengakses seluruh file CMS dan mampu memodifikasi script yang ada di dalamnya sesuai kebutuhan.

jenis cms website hosted dan self hosted

Satu hal yang pasti. Anda kemungkinan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menggunakan hosting yang satu ini.

CMS Multi Purpose

Memilih CMS yang tepat juga bisa anda pertimbangkan untuk opsi yang satu ini. Di mana Anda akan bisa mengaksesnya dengan lebih mudah karena Anda tidak perlu paham coding atau membuat website dari awal.

Di sini yang harus Anda lakukan hanyalah dengan menggunakan beberapa platform hosting domain seperti salah satu yang terkenal yakni WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Dengan adanya penggunaan sejumlah platform tersebut, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa Anda dapatkan.

Untuk bisa memanfaatkan platform tersebut, tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Hal ini pastinya akan memberikan kepada Anda kemudahan yang istimewa tersebut.

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *