fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Inspirasi dari Peserta Produce X 101 – Sudah Berusaha Namun Masih Gagal, Apa yang Akan Kamu Lakukan?

3 min read

sudah berusaha namun masih gagal apakah ada faktor x dalam kesuksesan

Beberapa waktu lalu, acara reality show pemilihan group K-Pop – Produce X 101 sudah berakhir. 11 orang sudah terpilih untuk debut menjadi group bernama X1. Setelah 100 hari, acara ini pun selesai.

Saya gak akan bahas siapa saja yang terpilih jadi 11 orang yang debut di Produce X 101 ini. Namun, saya akan membahas salah satu peserta yang menurut saya menarik banget. Peserta bernama Kim Min-Gyu dari agensi Jellyfish.

Sosoknya menarik karena dia sudah berusaha namun masih gagal untuk debut akhirnya.

Iya, sepanjang acara ini, kita diajak mengenal sosoknya dan usahanya untuk menjadi salah satu peserta yang akan debut.

min gyu produce x 101 sudah berusaha namun tetap gagal

Tidak Menyerah dan Terus Berusaha Agar Lolos dari Kelas X

Di awal, sosok Kim Min-Gyu ini masuk dalam kelas X, yang mana merupakan kelas untuk para peserta yang dianggap masih kurang oleh para mentor.

Secara wajah, jelas sih, sosoknya itu termasuk yang disuka oleh penggemar K-Pop, terbukti dengan dirinya menjadi pilihan terus. Namun, secara bakatnya, dari menyanyi dan menari, Min-Gyu memang masih kurang.

Menurut saya sih wajar ya, karena dia pun masih baru masuk agensi itu, masih belajar gitu. Namun, di kelas X, yang awalnya “dipulangkan”, dia berusaha untuk mempelajari semuanya.

Mulai dari teknik menyanyi yang benar. Bagaimana cara menggerakkan badannya dengan luwes agar bisa naik kelas. Hingga akhirnya dia lepas dari kelas X.

sudah berusaha namun masih gagal faktor x dalam kesuksesan

Perjuangan Masih Berlanjut Kawan…

Bersama teman-temannya di kelas X, dia berhasil untuk tetap menjadi peserta pelatihan Produce X 101 ini. Saya lupa, dia berhasil masuk kelas apa gitu. Namun, perjuangan masih berlanjut kawan.

Minggu ke minggu, dia bersama para peserta lainnya harus berjuang, menunjukkan kemampuannya dengan berbagai latihan dan juga evaluasi. Hingga akhirnya dia menjadi salah satu dari 20 finalis. Hinnga nantinya akan dipilih 11 peserta yang akan debut tersebut.

Tidak Sendirian – Sudah Berusaha Namun Masih Gagal

Eh, tapi dia sebenarnya gak sendirian kok. Semua peserta pun berusaha keras untuk berhasil. Mereka bekerja keras namun, sejak awal memang hanya akan ada 11 orang dari 101 peserta yang akan debut sebagai group K-Pop X1 ini.

Kalau mau monggo tonton langsung pas pengumuman ya. Sumber: Youtube MNet.

Sosoknya memang lebih sering disorot, yah namanya juga acara reality show ya… wajah gantengnya bisa bikin rating naik kan? Hehehe – eh ini sih pendapat pribadi saya ya.

Terus, yang seperti dia, masih baru di agensi pun juga banyak. Bahkan yang menempati posisi nomor 1 – Kim Yo Han pun baru 3 bulan masa pelatihan di agensinya (Oui).

Menurut saya, kegagalan Min Kyu (jujur masih bingung, yang bener Min-Gyu atau Min Kyu) kali ini menurut saya memang bukan “gagal” namun lebih menunda. Karena nyatanya (versi para penggemar acara ini), 11 peserta yang terpilih memang berbakat. So, dengan kata lain, memang belum waktunya dia untuk debut di X1 ini.

Lagipula, dengan popularitasnya – yang bisa membuatnya sampai 20 besar itu pun menunjukkan kalau di Korea sana, banyak yang suka sama dia. Jadi tinggal menunggu waktu saja untuk dirinya debut.

Faktor X dalam Kesuksesan

Ini yang membuat saya jadi terpikir. Ada yang namanya faktor X ini dalam hal menggapai sukses dalam hidup ini.

Ya… coba saja bayangkan.

Min Kyu (dan peserta lainnya) sudah berusaha keras namun masih gagal juga. Atau kita deh… sudah mati-matian berusaha namun ternyata mimpi kita masih belum tercapai juga.

Sudah berusaha namun masih gagal… gak bikin Min Kyu berhenti berusaha.

Ada hal yang di luar kendali kita!

Itu sih faktanya. Dalam acara reality show ini, faktor pemilih adalah salah satu faktor X ini. Mereka, peserta, tidak bisa mengendalikan faktor ini kan. Ataupun (kata beberapa orang) faktor dari pembuat acara – karena biasanya acara reality show itu ya gak benar-benar real.

Apakah Benar Faktor X itu Ada?

Yah, karena penasaran, saya pun bikin polling di twitter menanyakan hal ini ke teman-teman. Ternyata, sebagian besar menganggap memang ada faktor X ini.

Ada yang menyebut faktor X ini adalah keberuntungan. Ada juga yang mengatakan faktor X ini adalah hal-hal yang diatur oleh DIA. Kalau memang belum waktunya, kita berusaha seperti apapun, belum akan sukses.

Di sisi lain, di forum Quora Indonesia, saya pun menanyakan hal yang sama dan dijawab bahwa ada faktor X atau LUCK ini dalam hidup. Namun, faktor keberuntungan ini dalam menggapai kesuksesan, tetap harus diusahakan.

Bukan berarti dengan adanya faktor ini, kita hanya berdiam diri tanpa berusaha.

adakah faktor x dalam kesuksesan
Tentang Faktor X dalam Kesuksesan – memang ada faktor ini. Tapi ya tetap harus berusaha terus.

Berhenti Berusaha Atau Tetap Maju Berusaha agar Sukses

At the end, memang semua kembali ke kita sendiri lagi sih.

Mau tetap maju dan berusaha agar sukses ataukah diam saja. Mendingan lepas impian itu. Gak apalah gak sukses dan lainnya.

Untuk apa capek-capek. Sudah berusaha namun masih tetap gagal. Mendingan do something else.

Ya wajar aja sih kalau ada yang berpikirnya seperti itu. Akan tetapi, jangan sampai nanti marah-marah kalau nantinya hidupnya ya gitu-gitu aja.

It is all yours to choose!

febriyanlukito.com

Dalam hal yang dialami oleh MinKyu, dia terus berusaha namun tetap gagal. Tapi tidak berarti dia berhenti. Dia terus mencoba. Saya pribadi salut dengan sikapnya ini. Kalaupun sudah berusaha namun tetap gagal, ya sudah…. mungkin memang belum saatnya.

Saya pribadi yakin, kalau memang sudah waktunya akan datang kok.

So… What would you do if you experience the same thing?

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia