fbpx
teknlogoi jaringan 5g

Jaringan 5G Super Cepat Siap Gantikan 4G LTE

Siapa yang tidak kenal dengan internet, tempat di mana seluruh aktivitas dengan smartphone pasti membutuhkan jaringan internet. Untuk saat ini tersedia beberapa jenis jaringan internet seperti 3G dan 4G LTE.

Dengan jaringan internet yang cepat pasti akan sangat membantu mempermudah pekerjaan kita seperti mengirim e-mail, pesan pribadi, bermain games, dan masih banyak lagi.

Kini jaringan 5G siap menggantikan jaringan 4G LTE dan sekarang telah rilis dan di uji coba di beberapa negara.

Tahukah kamu ternyata ada orang Indonesia yang ikut serta dalam pengembangan teknologi 5G. Berikut orang Indonesia yang berjasa dibalik terciptanya teknologi 4G dan 5G. Luar biasa bukan? Untuk mengetahui apa itu jaringan 5G simak artikel dibawah ini hingga tuntas agar kamu lebih faham.

Apa itu jaringan 5G?

jaringan 5g
(Apa itu jaringan 5G – Situsnesia.com)

Jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi kelima, perkembangan penting untuk jaringan 4G LTE saat ini. 5G dirancang untuk memenuhi pertumbuhan eksplosif dalam data dan konektivitas di masyarakat saat ini dan Internet dengan miliaran perangkat yang terhubung dan inovasi masa depan.

Baca juga: Review Mifi Smartfren 4G

5G pada awalnya akan bekerja dengan jaringan 4G saat ini sebelum menjadi jaringan yang sepenuhnya independen saat diluncurkan dan perluasan cakupan selanjutnya. 5G menggunakan gelombang radio atau energi frekuensi radio (RF) untuk mengirim dan menerima suara dan data yang berhubungan dengan komunitas kami.

Selain menyediakan koneksi yang lebih cepat dan kapasitas yang lebih besar, fitur 5G yang sangat penting adalah waktu respon cepat yang disebut waktu transisi.

Cummins adalah waktu yang diperlukan suatu perangkat untuk saling menjawab melalui jaringan nirkabel. Jaringan 3G memiliki waktu respons khas 100 milidetik, 4G sekitar 30 milidetik, dan 5G kurang dari 1 ms. Segera membuka dunia baru aplikasi yang terhubung.

Kapan jaringan 5G siap rilis secara global?

jadwal rilis teknologi 5g
(Kapan jaringan ini dirilis – Situsnesia.com)

5G saat ini sedang dikembangkan dan diujicobakan siap untuk diluncurkan secara komersial mulai tahun 2020. Ketersediaan layanan 5G yang luas diharapkan pada tahun 2025. Namun, sudah ada 3 negara di dunia yang melakukan ujicoba jaringan ini Seperti di Amerika, Inggris, dan Australia

Jaringan 5G di Amerika

Verizon mengejutkan sebagian besar dunia dengan meluncurkan jaringan 5G pada awal April 2019, menjadikannya yang pertama di dunia yang menawarkan jaringan generasi berikutnya. Saat ini hanya tersedia di bagian terbatas seperti Chicago dan beberapa lokasi lain, dan hanya ada dua handset saat ini tersedia untuk digunakan pada jaringan 5G baru.

Di Chicago, AS, kami telah berhasil memperoleh kecepatan hingga 1,4Gbps, yang jauh lebih cepat daripada kecepatan puncak teoritis 4G 300Mbps (meskipun kecepatan rata-rata cenderung di bawah 100Mbps). Namun, cakupan 5G tidak merata dan kami harus bergerak di sekitar berbagai tiang 5G kota untuk mendapatkan kecepatan tertinggi ini. Kami memang cenderung berkeliling 1Gbps dengan cukup konsisten.

Jaringan 5G di Inggris

EE meripakan operator Inggris pertama yang meluncurkan jaringan 5G dan beroperasi di enam kota pada 30 Mei 2019. Perusahaan itu berjanji akan memindahkan 5G ke 10 kota lain pada akhir 2019. Vodafone mengikutinya pada 3 Juli 2019, ketika meluncurkan 5G di tujuh kota, kemudian meluncurkan delapan kota dan kota lagi pada 17 Juli.

O2 dan Three juga telah berjanji untuk meluncurkan jaringan 5G pada 2019, dengan O2 berencana untuk diluncurkan pada bulan Oktober, sementara kami belum menerima tanggal rilis tetap tiga. Setidaknya, tiga mengatakan kepada kami bahwa broadband lokal generasi kelima akan diluncurkan pada bulan Agustus dan bahwa proposal ponsel akan berlanjut akhir tahun ini dan berencana untuk membangun 5G di 25 kota besar dan kecil sebelum akhir tahun ini.

Jaringan 5G di Australia

Telstra 5G mulai mengudara pada Mei 2019, dengan meluncurkan smartphone 5G pertama di Australia: Samsung Galaxy S10 5G. Pada saat itu, jangkauannya terbatas pada 10 kota besar dan wilayah, dan wilayah itu sangat terbatas dan tidak merata di wilayah tersebut. Ini termasuk Adelaide, Brisbane, Canberra, Gold Coast, Hobart, Launceston, Melbourne, Perth, Sydney dan Toowoomba.

Namun, rilis terus berlanjut dan cakupan terus meningkat. Untuk peta cakupan terperinci dan terbaru di seluruh Australia, lihat halaman 5G khusus Telstra. Optus, di sisi lain, belum menerbitkan kalender atau peta jalan tertentu, meskipun situs web resmi menyatakan bahwa ia bertujuan untuk membuat 1.200 situs 5G pada bulan Maret 2020, yang dapat menunjukkan tanggal ketersediaan publik.

Seberapa Cepat 5G?

kecepatan jaringan 5g
(Kecepatan jaringan 5G – Pixabay.com)

Kecepatan 5G akan bervariasi di antara situs, negara, operator, dan perangkat, tetapi secara keseluruhan, kecepatan internet rata-rata yang Anda harapkan harus jauh lebih tinggi daripada yang saat ini tersedia di 4G.

Kami telah menguji jaringan 5 generasi pertama di Amerika Serikat. UU , Inggris dan Australia, kami telah menemukan bahwa kecepatan agak campur aduk. Telah ada data uji kecepatan 5G: 1.4Gbps di Chicago merupakan kecepatan yang luar biasa untuk saat ini.

Cukup sekian ulasan tentang teknologi jaringan 5G.Semoga dengan terciptanya jaringan 5G membuat generasi milenial semakin kreatif dan mampu berkompetisi dalam konteks global.

Tentang Penulis Tamu

situsnesia

Situsnesia adalah blog yang berkomitmen memberikan artikel menarik tentang teknologi, kesehatan, berita, tips, olahraga, dan games. Informasi yang diberikan berdasarkan fakta.

Leave a Reply