fbpx
sosok pemuda indonesia yang menginspirasi penerima satu indonesia awards 2018

Sosok Pemuda Indonesia yang Menginspirasi Melalui Aksi Nyata, Azza Aprisaufa – Penerima 9th SATU Indonesia Awards 2018 Kategori Teknologi

28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda, di mana 90 tahun yang lalu, para pemuda-pemudi Indonesia berkumpul dan berikrar untuk SATU Indonesia. Masih pada ingat gak isi Sumpah Pemuda ini?

Beda jaman, tentunya sudah beda lagi cara kita, pemuda Indonesia dalam memberi inspirasi ataupun memberi makna pada negari tercinta. Setuju?

Inilah yang dilakukan oleh 7 pemuda Indonesia yang menginspirasi (setidaknya buat saya sih). Mereka ini adalah penerima 9th SATU Indonesia Awards 2018 yang diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya oleh PT. Astra International, Tbk.

sosok pemuda indonesia yang menginspirasi penerima satu indonesia awards 2018

Sudah tahu dong soal SATU Indonesia Awards ini? Kalau belum, boleh baca tulisan saya sebelumnya tentang program tahunan ini.

Baca juga: 7 Sosok Muda Penerima SATU Indonesia Awards 2017

Dari 7 pemuda Indonesia inspiratif ini, ada 1 orang yang sejak ditayangkan pas acara pengumuman 27 Oktober 2018 kemarin telah menarik perhatian saya. Beliau adalah Azza Aprisaufa – penerima 9th SATU Indonesia Awards 2018 untuk bidang Teknologi.

Seperti apa sih kisah Azza Aprisaufa ini dan juga siapa 6 sosok pemuda keren lainnya dan apa saja yang mereka lakukan hingga mendapatkan apresiasi dari Astra? Simak terus kisahnya di sini ya.

9th SATU Indonesia Awards 2018 dan 7 Pemuda Indonesia Penerima Apresiasi

Sebelum membahas detail tentang sosok inspiratif itu, saya ingin bahas sekilas tentang Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2018.

Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-9 untuk SATU Indonesia Awards. Sejak digagas tahun 2010, program ini telah memberikan apresiasi kepada puluhan pemuda pemudi Indonesia yang aktif dalam kontribusi positif kepada masyarakat sekitar.

“Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards karena kami percaya masa depan bangsa ini terletak di pundak anak muda Indonesia. Mereka inilah penggerak Indonesia ke depan. Tahun ini Astra berkolaborasi dengan IdeaFest 2018 agar lebih banyak lagi dapat menginspirasi anak muda Indonesia, sehingga semakin banyak mereka membuat perubahan positif demi kemajuan bangsa,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam sambutannya pada malam ini (27/10).

Total pendaftar untuk SATU Indonesia Awards 2018 ini meningkat 84,3% dibandingkan tahun 2017 lalu, dengan total pendafar: 5.961 orang. Hingga tahun ini, PT. Astra International, Tbk. memberikan apresiasi sebanyak 53 orang tingkat nasional dan 192 orang untuk tingkat propinsi.

Para penerima apresiasi adalah sosok pemuda Indonesia yang telah berkarya di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi dan kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

pemuda indonesia yang menginspirasi penerima satu indonesia awards 2018

Inilah 7 Pemuda Indonesia yang Menginspirasi – penerima 9th SATU Indonesia Awards 2018 (foto dokumentasi Astra)

7 Pemuda Indonesia yang Menerima Apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018

Penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018, sama seperti tahun-tahun sebelumnya mendapatkan bantuan tunai dan juga pembinaan kegiatan mereka dari PT Astra International Tbk. Bantuan tunainya sebesar Rp60juta untuk masing-masing penerima apresiasi tingkat nasional.

Baca juga: Sosok Kartini yang Menginspirasi lewat Batik Bantengan

Berikut ini 7 penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 dan program mereka…

  1. Nordianto (Bidang Kesehatan – Kalimantan Barat): Program edukasi kesehatan terhadap remaja usia sekolah,
  2. Surya Dharma (Pendidikan – Sulawesi Tengah): Program tuntas belajar 12 tahun,
  3. Mohamad Hanif Wicaksono (Lingkungan – Kalimantan Selatan): Program konservasi tanaman buah asli Kalimantan,
  4. Franly Aprilano Oley (Lingkungan – Kalimantan Timur): Program pengelolaan karet,
  5. Narman (Kewirausahaan – Banten): Program promosi dan penjualan kerajinan khas baduy,
  6. Azza Aprisaufa (Teknologi – Aceh) rogram penyediaan kebutuhan masyarakat melalui aplikasi saufacenter.com,
  7. Meidy Fitranto & Faris Rahman (Kelompok – DKI Jakarta): Program pendirian perusahaan bernama Nodeflux untuk menyediakan teknologi berbasis intelligent video analytics dengan deep learning dan computer vision.

Penasaran dengan mereka? Coba kepoin IG mereka masing-masing yang ditag oleh @satu_indonesia ini:

Seperti yang saya utarakan di awal, di acara tersebut, saya sendiri terpukau pada satu sosok pemuda Indonesia yang menginspirasi – yaitu Azza Aprisaufa. Beliau ini penerima SATU Indonesia Awards 2018 untuk bidang Teknologi yang berasal dari Aceh.

Mengenal Azza Aprisaufa: Pemuda Asal Aceh, Indonesia, yang Menginspirasi Melalui Teknologi

Yang membuat saya tertarik pada sosok Azza Aprisaufa, pemuda Indonesia yang menginspirasi ini adalah apa yang dilakukannya melalui teknologi. Sebuah aplikasi yang membantu banyak orang di Aceh.

Saufacenter.com adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Azza Aprisaufa untuk mempertemukan orang yang mencari kerja dengan yang membutuhkan jasa orang-orang tersebut.

Azza Aprisaufa adalah seorang pemuda kelahiran Medan, 1 April 1990. Pemuda yang merupakan lulusan teknik informatika ini telah membuka lembaga bimbingan belajar (bimbel) Saufa Center di Takengon, Aceh Tengah pada tahun 2010.

Lembaga bimbel ini pun berkembang pesat hingga dia menyewa dua tempat untuk kegiatan. Total pengajar yang ada di bimbel ini ada 48 guru dengan jumlah murid sekitar 500 orang.

Permasalahan Lapangan Kerja di Aceh untuk Lulusan Sarjana dan Pasca Sarjana

Perkembangan lembaga bimbelnya itu telah menarik banyak lulusan baru yang ingin bekerja di tempatnya. Namun, karena keterbatasan tempat, Azza terpaksa menolak mereka yang melamar sebagai pengajar ataupun administrasi ini.

Memang, kondisi pendidikan di Aceh Tengah dan Bener Meriah saat itu sedang meningkat pesat. Hal ini tidak lain disebabkan juga dengan meningkatnya harga kopi Gayo. Masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi Gayo, merasakan kenaikan nilai ini dan menyekolahkan anak-anaknya hingga jenjang tertinggi.

Namun, sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan jumlah lapangan kerja yang ada. Sehingga banyak lulusan yang sulit mendapatkan pekerjaan.

Hal inilah yang mendorong Azza berpikir keras untuk menolong para lulusan Sarjana dan Pasca Sarjana dalam mencari kerja – yang tidak membutuhkan tempat yang luas.

Dimulai dengan Pelamar yang Ditolaknya, Azza Aprisaufa Menjadi Pemuda Indonesia yang Menolong Melalui Aplikasi

Dengan bekal pengetahuannya, dia mulai mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa mempertemukan para lulusan ini dengan para pencari kerja. Konsep yang tidak beda jauh dari aplikasi Go-Jek yang mempertemukan driver dengan customer.

Muncullah aplikasi Saufacenter.com sekitar setahun yang lalu. Kemudian, ketika aplikasi sudah hampir selesai, dia memanggil para pelamar kerja yang sebelumnya ditolak itu. Meminta mereka untuk mendaftar dan bergabung di aplikasi ini.

pemuda indonesia yang menginspirasi penerima satu indonesia awards 2018

Aplikasi Saufa Center yang membantu mempertemukan para pencari kerja di Aceh dengan yang membutuhkannya.

Rupanya, ditambah dengan efek share di social media yang dimilikinya, aplikasi ini telah menarik minat banyak orang. Dikembangkannya kembali aplikasi itu hingga menjadi Saufacenter.com yang seperti sekarang ini.

Aplikasi ini menjadi wadah mempertemukan orang yang memiliki keahlian dengan mereka yang membutuhkannya. Jasa yang dilayani di aplikasi Saufacenter.com ini antara lain…

  • Pendampingan balita
  • Pendampingan lansia
  • Ragam konsultasi (motivasi, arsitektur, pernikahan, agama, dll)
  • Pendamping wisata
  • Jasa pembuatan aplikasi
  • Kesehatan keluarga
  • Pelatihan bahasa/TOEFL
  • Manajemen perpustakaan/lingkungan
  • Jasa asisten rumah tangga
  • Pemberdayaan peternakan
  • Jasa presentator
  • Pelatihan public speaking

Dengan aplikasi buatannya ini, Azza Aprisaufa telah memberi banyak manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Dia membantu para sarjana dari segala disiplin ilmu untuk bekerja. Selain itu, kini, aplikasi ini pun juga membantu semua orang dari segala bidang dan dari beragam usia untuk mendapatkan penghasilan. 

Seperti yang dicantumkan pada post Instagram pertamanya ini, Azza Aprisaufa telah menjadi seorang pemuda Indonesia yang menginspirasi lewat tindakannya terhadap orang di sekitarnya.

3 Pelajaran Penting dari Pemuda Indonesia yang Menginspirasi ini – Azza Aprisaufa

Rasa penasaran saya saat melihat profil sekilas Azza Aprisaufa di malam penganugerahan SATU Indonesia Awards 2018 kemarin seakan terjawab. Iya, terjawab ketika saya kepo bertanya ke pemuda Indonesia ini dan juga scrolling akun instagramnya.

Ketika saya mulai mengikuti akun instagram beliau, rupanya, sejak awal, beliau share banyak kutipan yang bagus dan sangat memotivasi (saya).

1. Lakukan yang Kita Bisa!

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau kita fokus pada kekurangan kita dan menatap kelebihan orang, kita takkan maju. Lakukan yang kita bisa. Itu yang dilakukan oleh Azza Aprisaufa, yang membantu orang di sekitarnya dengan apa yang dia bisa – membuat aplikasi yang mumpuni.

pemuda indonesia yang menginspirasi penerima satu indonesia awards 2018

Kutipan penuh inspirasi (menurut saya ya) dari Azza Aprisaufa – pemuda Indonesia yang menginspirasi penerima SATU Indonesia Awards 2018

Kita sebagai blogger pun bisa kan ya… Membantu orang lain dengan apa yang kita bisa – yaitu tulisan kita.

Baca juga: 7 Inspirasi dari Hadi Apriliawan untuk Sukses Muda

2. Rintangan akan Selalu Ada – Carilah Solusinya

Ini saya dapatkan dari beliau juga. Dalam mengembangkan aplikasi ini, pemuda Indonesia yang satu ini bukan tanpa halangan.

Sebut saja respon masyarakat yang belum terlalu mengenal sistem online seperti di Jakarta atau kota-kota besar lain. Namun, dia tak berhenti di sana. Dia terus berusaha meyakinkan masyarakat.

Bahkan, Azza Aprisaufa, harus door-to-door mengenalkan aplikasi Saufacenter.com ini, mengisi acara radio 3x seminggu, menyisir pasar dan acara pesta.

Namun semuanya terbayar dengan jumlah pemesanan via aplikasi rata-rata 10 per hari, 80 orang pengajar dan non pengajar yang siap melayani dan 1.100 unduhan aplikasi per 14 September 2018 kemarin.

3. Inovasi, Inovasi dan Inovasi

Tidak jarang yang sudah memiliki usaha seperti Azza Aprisaufa akan berdiam diri melihat kondisi kurangnya lapangan kerja di daerahnya. Namun pemuda Indonesia yang menginspirasi lewat aksi nyata ini tidak demikian.

Dia terus berpikir bagaimana caranya membantu melalui inovasi. Bahkan ketika aplikasi ini mulai dilirik oleh lebih banyak orang, dia pun berinovasi kembali dengan menyediakan layanan tambahan.

Kita, sebagai blogger Indonesia pun, tidak boleh berhenti berinovasi yes? Apa perkembangan terbaru di dunia blogging, entah itu SEO ataupun infografis dan lainnya, ya kita pun harus mengikuti. Terus belajar.

Apa Inspirasi dari Pemuda Indonesia asal Aceh Ini?

Nah, menurut kamu, apa inspirasi yang bisa kamu ambil dari sosok penerima SATU Indonesia Awards 2018, Azza Aprisaufa ini?

Apakah kamu juga merasa kalau Azza Aprisaufa ini adalah sosok pemuda Indonesia yang menginspirasi? Yang memang layak menjadi pemuda jaman now?

Advertisements
8

6 Responses

  1. Nik Sukacita
    11 November 2018
  2. fitriyenti
    6 November 2018
    • Febriyan
      8 November 2018
  3. Mudrikah stories
    30 Oktober 2018
    • Febriyan
      31 Oktober 2018

Write a response

%d blogger menyukai ini: