fbpx
Hari Ke-4 Belajar Bersama 1

Hari Ke-4 Belajar Bersama

Yup. Pada saat post ini kalian baca artinya sudah hari ke-4 saya dan keluarga belajar bersama. Bingung? Jangan terlalu bingung yak.

Jadi kami sepakat untuk belajar bersama ikutan bazaar. Bazaarnya adalah bazaar sarapan pagi di lingkungan rumah doang. Di depan Kantor Pemasaran tepatnya.

Di perumahan yang saya tempati ini memang boleh dikata sepi. Jarang manajemen melakukan kegiatan bersama. Beda dengan saudaranya yang di seberang jalan.

Makanya ketika baca spanduk Weekend Bazaar, saya penasaran. Dan harga untuk sewa standnya ternyata gak semahal yang lain. So? Ayolah kita belajar bersama.

Perencanaan

Yang paling pertama dipikirkan oleh kami adalah apa yang kami tawarkan ya? Dan hal yang ditanyakan juga oleh manajemen adalah apa yang kami jual.

Akhirnya sepakat kita jual Bubur Kacang Hijau dan Bubur Ketan Hitam siap makan. Iya dong. Tinggal pesan dan makan saja. Akhirnya deal juga untuk ikut bazaar.

Setelah memikirkan yang dijual, kami mama pun mulai mempersiapkan deh. Sehari sebelum jualan, sudah memilah biji kacang hijau dan ketan hitamnya. Rendam. Terus paginya dimasak.

Persiapan lainnya adalah beli wadah untuk jual buburnya. Sepakat menggunakan gelas ukuran 14oz aja. Biar gak ribet. Sudah dibeli sehari sebelumnya juga.

Siap? Yak. Mari kita jualan.

Hari Pertama Bazaar – Belajar Bersama Langganan Bazaar

Pas datang ke bazaar hari pertama itu, saya dan mama saya memang agak siang. Jam 6:30. Ternyata yang lain sudah pada siap. Dan all in banget. Spanduk dan standing banner serta brosur siap.

Bahkan ada satu yang siap dengan koki yang langsung diturunkan dari restonya. Sushi bo’. Siap banget kan? Sedang saya dan mama hanya bawa panci berisikan bubur dan gelas buat wadah saja.

Masih tercengang dengan kesiapan para langganan bazaar itu, kami tetap jalan. Dan kemudian dikejutkan dengan satu hal lagi. Tutup gelasnya gak dikasih. Saya gak cek pas beli gelasnya.

Tutup gelas ini satu paket dengan gelasnya. Tapi pas beli kemarin saya gak cek dan gak ada dong. Ada yang beli dan ingin bawa pulang. Karena gak ada tutup jadinya batal.

Berpikir keras dengan kerutan di wajah, saya jalan ke toko tempat saya beli gelas. Masih tutup. Ada nomor telepon. Akhirnya saya call aja. Dan dia baru buka jam 8-an. Saat itu masih jam 7.

Kembali ke Bazaar tanpa tutup. Ada beberapa yang ternyata datang beli lagi dan batal karena tutup. Akhirnya jam 8-an saya lari lagi ke toko dan mendapatkan tutupnya.

Setelah mendapatkan tutup akhirnya balik lagi dan jam 10-an saya dan mama pulang. Tak habis semua sih. Tapi banyak belajar.

Pembelajaran: perhatikan benar-benar barang yang dibeli. All in untuk bazaar tidak merugikan kok. Perhatikan keinginan calon pembeli.

Hari Kedua – Cici Yang Ditinggal

Nah pas hari kedua, cici saya yang jaga bazaarnya. Dia dan suami. Berdua. Bubur sudah disiapkan oleh mama. Tapi saya, mama dan koko saya tidak bisa ikutan Bazaarnya. Kami ikut acara Bakti Sosial di Hutan Mangrove.

Belajar dari hari sebelumnya, kami memutuskan tidak masak terlalu banyak. Jadi porsinya gak banyak. Tapi mempersiapkan snack juga. Sekitar jam 8, cici saya mengabarkan kalau buburnya habis.

Dua-duanya habis. Karenanya dia sudah kembali jam 9-an. Snack tidak laku semuanya. Ada yang habis ada yang tidak terjual sama sekali. Hmmm. Pusing juga kan ya?

Pembelajaran Kedua: Minggu lebih banyak orang. Snack harus dipilih lagi.

Hari Ketiga – Another Learning

Hari ketiga yaitu kemarin, saya gak bisa ikut bazaarnya lagi karena ada kegiatan di Jakarta. Jadi akhirnya ya Mama dan Koko yang urus.

Ternyata gak habis sih yang kita siapkan kemarin. Dan ada miss untuk masalah kue. Jadi harusnya janjian untuk beli pagi-pagi. Eh karena kita gak telepon, dia gak jadi datang.

Di sisi lain, mama saya dah bilang buat datang sehari sebelumnya. Hanya karena kita gak telepon untuk konfirmasi, dia jadinya tak datang. Hehe. Jadi ada-ada aja ya.

Pembelajaran: selalu konfirmasi. Ini juga berlaku buat wawancara. Harus konfirmasi lagi loh.

Berikut beberapa foto dari kegiatan selama kemarin ini ada yang senam. Hehehe.

Nah… ini ada video juga. Bisa di-play gak?

Baru coba upload video langsung nih gak pakai youtube. Kabarin kalau gak bisa ya.

Seperti janji saya. Jawaban untuk post kemarin What is X adalah:

Nothing

22 Comments

  1. jarwadi 1 Juni 2015
  2. Arman 1 Juni 2015
  3. Nadia Khaerunnisa 1 Juni 2015
    • Febriyan 1 Juni 2015
  4. jampang 1 Juni 2015
    • Febriyan 1 Juni 2015
  5. Syamsu 1 Juni 2015
  6. aLdy putRa 31 Mei 2015
    • Febriyan 2 Juni 2015
  7. Ira 31 Mei 2015
    • Febriyan 31 Mei 2015
  8. Gara 31 Mei 2015
    • Febriyan 31 Mei 2015
  9. dani 31 Mei 2015
    • Febriyan 31 Mei 2015
  10. Lia Harahap 31 Mei 2015
    • Febriyan 31 Mei 2015
  11. Ninik Setyarini 31 Mei 2015

Leave a Reply