fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

[Blogging] Tools Untuk Blogwalking

2 min read

[Blogging] Tools Untuk Blogwalking 1

Punya rumah baru itu bikin ribet, beneran deh. Ribet bukan soal pindahannya, karena basicly, pindah dari WP.com ke WP.org yang self-hosted itu mudah, coba aja cek tulisannya masbro yang baru pindahan juga. Yang bikin ribetnya adalah beberapa merasa lebih susah untuk komen dan like dan sebagainya di rumah baru ini. Karenanya saya ingin menulis soal tools untuk blogwalking yang bisa jadi alternatif.

WP READER

Dengan kemudahan yang diberikan oleh wordpress.com sebagai penyedia jasa blogging gratis, dia menyediakan fasilitas WP READER di mana kita sebagai user wordpress dapat membaca, memberi komentar dan sebagainya untuk blog-blog yang kita ikuti melalui jendela yang satu itu. Nah kesulitan mulai terlihat ketika seseorang dari yang difollow itu berubah haluan dari hosting WP.com ke self-hosted seperti WP.org yang saya lakukan.

Dulu saya mengikuti duniaelly.com sebelum dia berubah haluan ke self-hosted. Dan berasa itu pengaruhnya saat baca di WP Reader ini. Hanya tampilan summary atau full text (tergantung setting dari masing-masing) dan saat komen harus buka di browser. Tapi tetap saya lakukan, karena saya suka dengan tulisan-tulisan di sana. Jadi bagi teman-teman yang merasakan kesulitan komen blog saya sekarang, trust me, I’ve been there. Maafkan kalau merepotkan. Coba deh perhatikan tampilan di bawah ini, saya ambil salah satu blog yang saya follow – Jo’s blog dan blog saya sendiri.

See the difference?
See the difference?

Kalau sudah begini, apa tidak ada tools lain untuk membaca blog yang kita inginkan? Ada sebenarnya, banyak malah. Berikut dua tools blogwalking yang biasanya digunakan, namun tidak tertutup pada dua tools ini saja ya, setidaknya ini kedua inilah yang saya pakai atau pernah pakai:

POCKET

Pocket - Read it later tools
Pocket – Read it later tools

Ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk membaca artikel-artikel menarik nanti (read-it-later). Kita bisa saja membuka web dan menemukan artikel yang menarik ataupun video yang lucu yang ingin ditonton lagi nanti pas senggang, nah kita bisa add ke list yang kita buat di sini. Kita juga bisa menambahkan alamat web/blog yang kita suka sehingga akan muncul update di sini, termasuk twitter dan facebook.

Versi web dan mobile tersedia untuk pocket namun jika kita membuka web/alamat blog bukan artikel, aplikasi ini akan mengarahkan kita ke website tersebut (browser). Selain itu, list yang kita masukkan tidak dapat kita group sehingga semua tampil dalam satu dashboard seperti dalam gambar di bawah ini:

Tampilan dashboard Pocket
Tampilan dashboard Pocket

FEEDLY

Feedly - Blogwalking tools
Feedly – Blogwalking tools

Feedly merupakan rss feed agregator untuk segala jenis website seperti blog, portal berita, sosial media dan lainnya. Feedly ini juga merupakan extension yang tersedia di Chrome, sehingga pengguna chrome bisa dengan mudah menambahkan web yang diinginkan ke dalam daftar yang akan dibaca.

Tersedia juga versi mobile dan web. Dengan feedly kita bisa mengkategorikan website-website yang kita ikuti dalam kategori yang kita inginkan. Seperti dalam tampilan kategori yang saya pakai di bawah ini:

Kategori dalam Feedly yang bisa diatur sendiri
Kategori dalam Feedly yang bisa diatur sendiri

Nah, dengan kedua tools untuk blogwalking di atas, sebenarnya kita masih bisa mengikuti blog yang kita ingin baca dengan bebas. Yang namanya sebuah aplikasi tentunya ada kelebihan dan kekurangannya, termasuk keduanya ini. Kekurangan di kedua aplikasi di atas adalah kita harus meng-copy paste dulu alamat web yang ingin kita ikuti dan baca. Yah, akan agak report sih – tapi bagi saya sih hal ini cukup worth to do.

Kalau kalian, adakah tools lain yang digunakan oleh kalian untuk blogwalking? Atau tips lainnya mengenai blogwalking? Jangan sungkan share di sini ya.

NB: Jangan lupa mampir dan tinggalkan jejak langkahmu di About Me ya…. 

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

44 Replies to “[Blogging] Tools Untuk Blogwalking”

  1. blogwalking memang sangat diperlukan untuk menambah kunjungan ke web kita, tulisan bagus kak. mudah-mudahan bisa menambah ilmu bagi saya yang masih newbie. kunjungin juga website saya

  2. udah blog walking tapi traffic masih kecil aja ini gimana kak? aku ikut blog walking yang di grup facebook gitu, ternyata orange gak back BW ke websiteku. Gimana donk? what should i do? Mohon pencerahannya ya suhu

    1. Untuk BW, memang gak menjamin akan di BW balik mas Feri.

      salah satu caranya adalah dengan kasih komentar yg bagus dan lengkap. yg bikin orang mau klik blog mas.

      1. Boleh juga cek tulisan terbaru di blog mas. Itu saya ada nulis sumber traffic blog yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan pengunjung blog. BW gak termasuk sih yang pasti.

    1. Halo mas Levi,

      Untuk Alexa Rank, ada banyak faktor juga yang dilihat – gak hanya blogwalking aja. Kalau mas perhatikan di dashboard alexa sendiri, dia mengangkat keywords di blog, lama waktu kunjungan di blog, bounce rate.Itu faktor yang terlihat.

      Kalau kita aktif dan mendapatkan traffic dari search engine, saya yakin alexa rank mas naik kok. Cuma diingat juga ya, kalau menaikkan rank dari puluhan juta ke jutaan itu lebih mudah daripada menaikkan dari jutaan ke ratusan ribu.

  3. hmmm… belum pernah coba aplikasinya sih… tp bukannya bisa dengan bookmark ya kalo mau nyimpen web2 yg mau dibaca lagi nanti…
    apasih perbedaan 2 aplikasi ini sama bookmark??

  4. mau coba sih plugin buat blogwalking gitu, tapi masih ragu kalo pake fasilitas model feedly atau feedburner karena banyak yang sering copas konten soalnya. pengaruh ngga ya mas?

  5. Aku pake Feedly. Cuma repot kalo mau komen. Akhirnya lihat di dashboard blogger.com aja, tapi ya mesti buka laptop dulu >.<

      1. Iya Mas. Mana kalo visit websitenya melalui google chrome bukan internet explorer. Soalnya blogspotnya gak pake account google 🙁

  6. ada yang ketinggalan, satu lagi namanya Bloglovin’
    selama ini aku pake itu, di desktop maupun app androidnya.
    kalo mau follow suatu blog tinggal search trus follow. nanti updatenya tampil di feed. bisa bikin list sendiri juga/kategori kayak feedly.

  7. Masih belum nyambung dengan feedly aku, Mas. Saya cara konvensional sajalah. Hehe… kecuali kalau saya juga terikut pindah ke blog self-hosting ya.

  8. Kalau kata orang, old dog hard to change. Karena sudah kebisaan menggunakan WP readers, jadi malas pindah2, Mas Ryan. Pernah sih coba pasang Feedly, tapi karena tak terterbiasa, jadi kelihatan susah. Ya sudah stick on WP Readers 🙂

    1. Haha. Iya mbak. Memang awalnya sih agak ribet and bingungin baca di feedly. Tapi lama2 asik juga sih.
      Old dog hard to change. Suka frase ini. Hahaha

  9. Ryan itu guwe buanget.
    kemarin aku mau comen tempat Deni susah buanget kalau lewat HP.
    Jadi menyerah dah, kalau buka lele kan ngak praktis.
    jadi kadang cuma baca aja tapi ngak pakai comen.
    Sebel n ngak asyik kan…

    1. Hahaha. Memang repot ya Mbak jadinya. Gak bisa komen langsung ya.
      Coba deh pakai feedlynya. So far sih akunya nyaman dg ini. Bisa buat yang blogspot juga kok.

  10. Aku skrg lbh suka bw via rss agregator blogku sendiri http//letupankecil.com/link
    Feedly utk baca blog2 yg gak butuh dikomentari.
    Pocket untuk baca2 ulang. 🙂

    1. Wah dah bikin rss aggregator sendiri yak? Akunya blm ngerti cara bikin aggregator. Ajarin dong Nit.
      Jadi kalau di feedly cuma dibaca aja ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *